Jenis Motor Custom

Kenali, Jenis Motor Custom : Rekomendasi Terbaik Buat Kalian

Posted on

Empat Pilar – Kenali, Jenis Motor Custom : Rekomendasi Terbaik Buat Kalian. Tergila-gila dengan dunia motor custom? Dapatkan insight mendalam tentang berbagai jenis motor custom dan rekomendasi terbaik untuk kalian di sini, di “Kenali, Jenis Motor Custom : Rekomendasi Terbaik Buat Kalian”!

Tidak ada yang lebih memuaskan bagi seorang pencinta sejati dari dunia motor custom daripada merasakan adrenalin yang meluap saat berada di belakang kemudi mesin yang unik dan dipersonalisasi.

Mungkin kamu juga merasakannya. Jadi, mari kita melangkah lebih jauh ke dalam dunia menakjubkan ini melalui artikel “Kenali, Jenis Motor Custom : Rekomendasi Terbaik Buat Kalian”.

Pengertian Motor Custom

Motor custom adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kendaraan yang mengalami perubahan drastis dalam penampilannya.

Perubahan ini dapat melibatkan modifikasi pada rangka, bodi, atau bahkan mesin kendaraan.

Motor kustom, seperti namanya, merupakan sepeda motor yang dibangun dengan spesifikasi yang disesuaikan atau dikustomisasi.

Biasanya, motor ini dibangun berdasarkan satu model dasar motor tertentu, dengan mengambil rangka atau mesin sebagai dasarnya.

Dalam hal mesin, motor custom sering menggunakan unit mesin yang diproduksi oleh pabrikan motor. Komponen ini menjadi pilihan umum karena kualitas pembuatan yang baik dari pabrik sangat penting untuk mendukung performa sepeda motor custom.

Jika ada motor custom yang dimodifikasi dari motor utuh, biasanya modifikasi tersebut melibatkan perubahan desain bodi sesuai dengan preferensi konsumen.

Berdasarkan desain baru tersebut, pembuat motor akan merancang desain yang sesuai dengan mesin dan rangka yang telah disepakati.

Salah satu contoh motor custom ekstrim adalah Royal Enfield Himalayan Custom. Motor ini telah mengalami perubahan yang signifikan pada berbagai aspeknya, termasuk rangka, bodi, dan mesinnya.

Modifikasi yang dilakukan mungkin meliputi perubahan bentuk, penambahan aksesori khusus, atau peningkatan performa mesin untuk mencapai tampilan dan kinerja yang unik dan sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Berikut Daftar Jenis Motor Custom

Meskipun Kalian menggunakan komponen dan basis motor bekas, biaya modifikasi motor ini bisa lebih tinggi daripada membeli motor baru.

Mempelajari dengan baik jenis motor kustom akan membuat Kalian lebih terampil dan efisien dalam merencanakan proyek modifikasi motor kustom.

Berikut adalah Jenis Motor Custom yang cukup komprehensif dan penting untuk Kalian ketahui:

1. Gaya Brat

Gaya Brat sebenarnya bukan nama jenis motor kustom spesifik. Brat Style adalah nama bengkel kustom yang terkenal di Jepang.

Gaya Brat mengacu pada gaya modifikasi yang dilakukan oleh bengkel tersebut. Brat Style memiliki desain dan penampilan yang mirip dengan Bobber, tetapi dengan nuansa yang lebih ramah dan santai.

2. Scrambler

Scrambler memiliki kesamaan dengan Cafe Racer, meskipun keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Sayangnya, masih ada yang menganggap keduanya sebagai jenis motor kustom yang sama. Scrambler adalah motor kustom yang dirancang untuk digunakan baik di jalan aspal maupun di jalan non-aspal.

PKaliannglah hanya pada ban dual-purpose yang digunakan. Jenis ban ini cocok digunakan baik di jalan utama maupun di jalan desa atau pedesaan yang berdebu dan sedikit ekstrem.

Scrambler juga menggunakan stang motor sport. Modifikasi Scrambler ini cocok bagi mereka yang sering bepergian antara kota dan pedesaan.

3. Chopper

Motor ini memiliki tampilan khas yang mudah dikenali. Chopper adalah motor kustom yang memiliki ban depan lebih besar dari ban belakang.

Selain perbedaan ukuran ban, posisi stang motor ini lebih tinggi daripada motor biasa. Ciri khas lainnya adalah jok yang rendah dan garpu yang panjang.

Chopper cocok untuk mereka yang menikmati perjalanan panjang di jalan raya yang mulus tanpa perlu banyak manuver. Modifikasi ini memiliki gaya yang tidak jauh berbeda dengan Bobber.

4. Street Cub

Street Cub masuk dalam daftar jenis motor kustom terlengkap tahun 2021. Modifikasi Street Cub unik dan dianggap tidak memerlukan banyak biaya.

Motor ini menggunakan basis motor bebek klasik, seperti Astrea Grand, Impres, dan C-Series. Harga motor-motor tersebut cukup terjangkau.

Street Cub mengubah motor bebek klasik menjadi lebih bertenaga tanpa kehilangan ciri khasnya sebagai motor bebek.

Motor ini memiliki stang flat bar, sementara bagian belakangnya tidak memiliki spakbor. Komponen yang digunakan juga cenderung terjangkau.

5. Flat Tracker

Dibandingkan dengan motor Tracker biasa, Flat Tracker lebih cocok untuk balap. Desain motor ini kurang cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Dalam hal kinerja, Flat Tracker dapat digunakan dengan baik di jalan aspal maupun di jalan off-road.

Motor ini cocok digunakan sebagai motor balap di lintasan oval. Bagian belakang atau ekor motor ini lancip dan terhubung langsung dengan jok.

Baca Juga :  Mobil 2 Pintu Murah Pada Tahun 2021

Bentuk tangki bahan bakarnya terlihat kompak. Pengguna motor Tracker untuk penggunaan sehari-hari kemungkinan akan menghindari jenis modifikasi ini.

6. Moped

Modifikasi Moped bertujuan untuk membuat motor bebek atau motor harian Kalian terlihat lebih keren dari sebelumnya.

Sebenarnya, tidak banyak perubahan yang dapat dirasakan dari segi mesin dan performa. Modifikasi ini lebih berfokus pada peningkatan penampilan.

Moped dirancang untuk penggunaan sehari-hari. Jika Kalian ingin melakukan modifikasi ini, Kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Modifikasi yang dilakukan tidak terlalu rumit, dengan sedikit jumlah komponen yang dibutuhkan.

7. Dirt Tracker

Persentase penggunaan off-road dari motor Tracker ini lebih tinggi dibandingkan dengan motor Tracker lainnya.

Dengan desain dan tampilan yang mirip dengan Flat Tracker, Dirt Tracker menggunakan buntut yang lebih besar. Sesuai dengan namanya, Dirt Tracker dirancang untuk dapat berjalan dengan baik di lintasan tanah.

Ukuran motor ini juga sedikit lebih kecil. Mengendarai Dirt Tracker di lintasan balap off-road akan memberikan kesenangan tersendiri.

Selain itu, motor ini juga cocok digunakan untuk menjelajahi daerah luar ruangan yang menantang.

8. Café Racer

Café Racer tentu saja masuk dalam daftar jenis motor kustom terlengkap tahun ini. Sudah banyak informasi yang tersedia tentang motor ini, dan pasti Kalian tidak akan bosan membaca mengenai motor ini. Inspirasi utama Café Racer berasal dari motor balap zaman dulu.

Café Racer memiliki karakteristik unik pada jok (seater tunggal) dan tangki bahan bakar (ramping dan panjang).

Sesuai dengan asal-usulnya, motor ini dirancang untuk balap jarak pendek dan kurang cocok digunakan sebagai motor harian.

9. Tracker

Motor Tracker adalah motor yang sangat serbaguna. Motor ini mampu menghadapi tantangan di jalan aspal maupun jalan non-aspal.

Tidak mengherankan jika banyak orang memilih untuk memodifikasi motor ini dengan tujuan penggunaan di berbagai medan.

Tracker dapat mengatasi tanah berpasir dengan baik dan tetap tangguh di jalan perkotaan.

Jenis motor custom Tracker memiliki banyak variasi. Kalian dapat memilih antara Board, Dirt, Street, dan jenis-jenis Tracker lainnya.

Tidak menutup kemungkinan di masa depan akan muncul variasi baru dari motor Tracker yang lebih ekstrem dan mencengangkan dalam jagat modifikasi motor custom.

10. Bobber

Bobber memiliki tampilan seperti rudal atau roket berotot yang siap melesat melalui segala halangan di jalannya.

Motor custom ini pasti akan memberikan aura yang kuat dan intimidatif. Otot pada motor ini mencerminkan bahwa pengendara harus memiliki keberanian yang sebanding dengan kekuatan motor ini.

Awalnya, motor ini dikenal sebagai Bob-Job pada dekade 30-an hingga 90-an. Bobber adalah pesaing dari Chopper.

Keduanya sering dibandingkan dan diperdebatkan mengenai mana yang lebih baik. Bobber lebih menekankan pada performa, sementara Chopper lebih fokus pada desain dan penampilan.

11. Jap Style

Tidak terlalu berbeda dari Tracker dalam hal fungsinya. Jap Style adalah modifikasi motor kustom yang sering dipilih oleh mereka yang mencari motor siap pakai untuk digunakan di jalan kota maupun desa.

Gaya Jap Style cenderung maskulin dengan ban yang besar dan rangka yang pendek. Banyak yang memilih Jap Style karena fleksibilitasnya.

12. Street Tracker

Motor aliran jalanan Tracker ini memiliki konsep yang sama dengan motor Tracker pada umumnya.

Motor ini harus dapat berjalan dengan baik di jalan aspal maupun jalan berdebu. Tidak heran, ban yang digunakan pada motor ini adalah jenis dual-purpose.

Perbedaan dari aliran Street Tracker dengan Tracker biasa terletak pada tampilan dan desainnya. Street Tracker tidak menggunakan spakbor sama sekali.

Selain itu, dimensi atau ukuran motor ini lebih pendek dibandingkan dengan Tracker biasa. Akibatnya, motor ini memberikan kesan lincah dan gesit ketika Kalian mengendarainya.

13. Sinner Socal

Sinner Socal (South California) memiliki tampilan yang mirip dengan Chopper. Sinner Socal sebenarnya merupakan pengembangan atau variasi dari Chopper.

Perbedaan antara keduanya terlihat pada ukuran ban dan jenis stang yang digunakan. Sinner Socal menggunakan ban yang lebih kecil (dengan penampilan yang lebih ramping) daripada Chopper dan menggunakan stang dengan jenis Z, T, atau U.

14. Brat Café

Brat Café adalah versi ramping dari Café Racer. Motor ini tidak menggunakan buntut tawon dan menggunakan ban dengan lebar tapak, baik di bagian depan maupun belakang.

Brat Café sering digunakan oleh pengendara dengan postur tubuh yang kecil. Terdapat kesan lucu dan imut pada modifikasi motor ini.

15. Board Tracker

Motor ini terinspirasi dari motor balap pada awal abad ke-20. Pedal sepeda sangat terlihat jelas dengan penggunaan ban yang biasanya berukuran sangat besar.

Ukuran ban yang besar tersebut menambah kesan gagah pada motor ini. Jok yang dirancang untuk satu orang memberikan kesan yang menegangkan.

Kelebihan Motor Custom

Setelah memahami Jenis Motor Custom, nah berikutnya kami juga akan berikan Kelebihan Motor Custom, simak di bawah :

  1. Motor Kalian adalah yang Unik, tidak akan sama dengan motor milik orang lain. Kecuali jika Kalian mengcustom dengan menjiplak 100% motor orang lain. Sangat disayangkan jika Kalian melakukannya, karena seni custom adalah menjadi unik, menjadi model yang tidak sama dengan motor lainnya.
  2. Kalian akan menjadi pusat perhatian, tatapan orang kepada Kalian tanpa harus berbicara, namun Kalian tahu bahwa mereka berkata, “Wah, keren ya motornya.”
  3. Motor custom adalah cara kita mengekspresikan jati diri dan karakter kita. Seperti halnya motor yang kita custom, coba perhatikan pengendara motor Harley dan pengendara motor dengan ban cacingan. Mereka sangat mencerminkan siapa mereka, bukan?
  4. Seni, kebahagiaan, kesenangan, kebanggaan, hobi, dan kepuasan diri seseorang dapat tercapai ketika mereka memiliki motor custom.
Baca Juga :  √ Pengertian Busi Motor : Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya

Kekurangan Motor Custom

Masih dalam pembahasan Jenis Motor Custom, selanjutnya kami berikan contoh Kekurangan Motor Custom, simak di bawah :

  1. Umumnya, banyak part yang tidak asli dan sudah mengalami modifikasi.
  2. Seringkali mengalami masalah, baik yang kecil maupun besar.
  3. Harga jual cenderung menurun karena custom yang kita lakukan belum tentu sesuai dengan selera orang lain, sehingga jarang mendapatkan harga yang sesuai.
  4. Dokumen-dokumen sering kali tidak lengkap dan tidak sesuai dengan kendaraan, oleh karena itu perlu disesuaikan terlebih dahulu.
  5. Motor custom menjadi sasaran utama saat terjadi razia, jadi jika tidak lengkap, maka harus siap menghadapinya.
  6. Kesulitan untuk mencapai keamanan yang sempurna, karena namanya juga custom, pasti ada perubahan yang dilakukan.
    Jika ada tambahan menurut pendapat Kalian, silakan ditambahkan. Menurut saya, itu saja kekurangannya yang perlu diperhatikan dengan serius.

Penutup

Demikianlah ulasan empatpilar.com mengenai berbagai jenis motor custom yang paling banyak direkomendasikan.

Setiap jenis memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri yang pastinya menambah gaya dan ekspressi kalian saat berkendara.

Ada motor custom dengan gaya vintage yang klasik, motor dengan performa yang tinggi, atau bahkan motor yang sepenuhnya bisa kalian desain sendiri.

Namun, yang paling penting dari memilih jenis motor custom adalah bagaimana motor tersebut bisa mewakili karakter dan kepribadian kalian.

Ingatlah selalu bahwa motor bukan hanya alat transportasi, tetapi juga refleksi dari jiwa pengendaranya.

Pilihlah jenis motor custom yang paling sesuai dengan kalian dan rasakan sensasi berkendara yang tak terlupakan.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menentukan pilihan. Selamat berkreasi dengan motor custom favorit kalian. Sampai jumpa di artikel rekomendasi berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *