Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium : Terlengkap

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium : Terlengkap. Kusen merupakan elemen vital dalam desain rumah, dan pemilihan bahan kusen dapat memberikan dampak signifikan pada estetika dan fungsionalitas bangunan. Salah satu opsi yang semakin populer adalah kusen aluminium. Sebelum kalian memutuskan untuk mengadopsi atau menghindari bahan ini, penting untuk memahami dengan cermat kelebihan dan kekurangannya.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan ini, kalian dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi saat memilih kusen untuk rumah kalian. Artikel ini akan menjelajahi aspek-aspek Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium lebih mendalam, membantu kalian memahami apakah kusen aluminium adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan desain dan gaya hidup kalian.

Kusen Aluminium Adalah?

Kusen merupakan bagian vertikal yang berfungsi sebagai penopang pintu yang dipasang di sisi kiri dan kanan. Kusen harus memiliki kekuatan yang memadai untuk menahan beban pintu. Selain itu, kusen juga harus dapat mengunci pintu dengan aman, terutama pada bagian luarnya, untuk mencegah akses orang luar ke dalam rumah. Pemasangan pintu dan kusen harus dilakukan dengan teliti agar tidak ada celah di antara keduanya, sehingga tidak ada benda asing yang dapat masuk ke dalam ruangan.

Kusen Aluminium adalah jenis bahan logam yang memiliki karakteristik unik, ringan, dan tahan karat. Salah satu keunggulannya adalah kemudahan dalam pengerjaan dan perawatan. Di antara berbagai bahan yang tersedia untuk berbagai kebutuhan industri, Kusen Aluminium dapat dianggap sebagai yang paling menguntungkan oleh para pengguna berkat karakteristiknya. Bahan ini memiliki daya tahan tinggi terhadap korosi akibat air laut atau cuaca ekstrem, sehingga sangat cocok digunakan di daerah pesisir pantai dan lingkungan industri berat seperti pabrik, gudang, pusat tenaga listrik, dan sebagainya.

Sebenarnya, Kusen Aluminium dapat memantulkan suhu panas hingga 90%, menjadikannya pilihan yang tepat untuk menciptakan udara lebih sejuk dibandingkan dengan bahan lain. Hal ini meningkatkan kenyamanan dan keasrian lingkungan kerja di dalam ruangan. Oleh karena itu, bahan Aluminium sangat sesuai untuk konstruksi atap.

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium

Setelah mengetahui apa itu kusen aluminium, nah selanjutnya adalah kita akan membahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium, pahami dengan baik sebelum memutuskan menggunakannya :

A. Kelebihan Kusen Aluminium

Berikut adalah keunggulan kusen aluminium jika dibandingkan dengan berbagai material kusen lainnya, di antaranya:

1. Tahan terhadap cuaca

Aluminium memiliki sifat tahan terhadap korosi, bahkan terhadap air laut, sehingga kusen aluminium mampu menahan perubahan cuaca. Kusen aluminium sangat cocok digunakan pada area lembab seperti kamar mandi, ruang bilas, ruang cuci, dapur, pabrik, dan sebagainya.

2. Tahan terhadap rayap dan jamur

Kusen aluminium sangat sesuai untuk digunakan dalam bangunan yang berada di wilayah dengan tingkat populasi rayap yang tinggi. Kusen ini juga tahan terhadap jamur, sehingga ruangan di sekitarnya tidak mudah lembab.

3. Kekuatan yang Teruji

Aluminium memiliki kekuatan bahan yang cukup baik terhadap tegangan mekanik. Kusen aluminium juga tidak mudah mengalami perubahan dimensi, sehingga kusen ini tidak mudah melengkung. Hal ini mencegah dinding bangunan atau rumah mengalami retak akibat perubahan dimensi kusen jendela dan pintu.

4. Ringan dalam Bobot

Bobot yang ringan membuat kusen tidak memberikan beban berlebihan pada tembok atau dinding rumah kalian.

5. Tahan Lama

Dengan ketahanan terhadap cuaca, rayap, dan jamur, kusen aluminium memiliki usia pakai yang panjang, menghasilkan penghematan dalam investasi rumah atau bangunan kalian.

6. Beragam Pilihan Warna Menarik

Di pasaran saat ini, tersedia berbagai pilihan warna, memudahkan kalian untuk menyesuaikannya dengan warna rumah atau bangunan kalian.

7. Pemasangan dan Perawatan Mudah

Baca Juga :  Mengenal Batu Split : Fungsi dan Jenisnya Secara Lengkap

Proses pemasangan atau pembongkaran kusen aluminium relatif lebih mudah dibandingkan dengan kusen dari bahan kayu. Tidak perlu merusak dinding untuk melepaskannya, sehingga penggantian kusen aluminium dapat dilakukan dengan cepat. Perawatannya pun mudah, hanya perlu dibersihkan dengan lap yang dibasahi sedikit sabun cuci piring.

Itulah beberapa keunggulan kusen aluminum. Tetapi supaya seimbang, kita juga perlu mengetahui kelemahan dari kusen aluminum ini.

B. Kekurangan Kusen Aluminium

Meskipun memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan material lain yang digunakan pada kusen, berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih kusen Aluminium:

1. Desain Terbatas

Kusen aluminium memiliki keterbatasan dalam desain karena tidak dapat diukir atau diberi tambahan ornamen seperti kusen kayu. Desainnya cenderung terbatas dan kurang variatif.

2. Pengukuran Harus Teliti dan Akurat

Ukuran kusen aluminium yang sudah ditentukan secara akurat selama proses produksi pabrikan memerlukan ketelitian dalam pembuatan lubang pada dinding. Setiap ukuran harus tepat, tanpa kemiringan atau kelengkungan pada garis tepian lubangnya. Kesalahan ini dapat menyulitkan proses pemasangan, bahkan memerlukan pembongkaran dinding untuk menyesuaikan ukuran kusen aluminium yang sudah dipesan.

3. Pemasangan oleh Tenaga Ahli atau Profesional

Pemasangan kusen aluminium harus dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman, karena kusen ini hanya dihubungkan ke dinding dengan sekrup fischer atau angkur. Ketidakberpengalamanan tukang bisa merusak dinding selama proses pemasangan.

4. Rentan terhadap Kebocoran

Meskipun dipasang oleh tenaga berpengalaman, celah antara kusen aluminium dan dinding rumah bisa menjadi tempat air masuk saat hujan. Biasanya, digunakan sealant khusus untuk kusen aluminium, namun jika pemasangan atau kondisi sealant kurang teliti atau rusak karena usia atau cuaca, air dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah atau bangunan.

5. Biaya Lebih Tinggi Dibandingkan Kusen Kayu

Harga bahan dan biaya jasa tukang berpengalaman cenderung membuat biaya pembelian dan pemasangan kusen aluminium lebih tinggi dibandingkan dengan kusen kayu.

Tips Merawat Kusen Aluminum

Nah setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium, selanjutnya ada nih beberapa Tips Merawat Kusen Aluminum yang bisa kalian ketahui :

  1. Pembersihan Rutin
    Pastikan untuk membersihkan kusen aluminium secara rutin, setidaknya dua kali dalam setahun. Ini dapat membantu menghilangkan debu, kotoran, dan partikel lain yang menempel pada permukaan kusen.
  2. Cairan Pembersih Lembut
    Saat membersihkan kusen aluminium, gunakan cairan pembersih yang memiliki sifat lembut atau berbahan dasar minyak tanah. Hindari penggunaan bahan yang bersifat abrasif atau dapat merusak lapisan pelindung kusen.
  3. Sikat Lunak atau Kain Lembut
    Untuk menghindari goresan atau kerusakan pada permukaan aluminium, gunakan sikat lunak atau kain lembut saat membersihkan. Sikat atau kain ini dapat membantu membersihkan dengan efektif tanpa merusak lapisan pelindung kusen.
  4. Periksa Kondisi Sealant
    Selain membersihkan permukaan, secara berkala periksa kondisi sealant di sekitar kusen aluminium. Pastikan sealant tidak rusak atau aus karena pengaruh cuaca atau usia. Jika ditemukan kerusakan, segera lakukan perbaikan untuk mencegah kebocoran air.
  5. Hindari Bahan Kimia Agresif
    Jangan menggunakan bahan pembersih yang mengandung bahan kimia agresif atau asam, karena dapat merusak permukaan aluminium. Pilihlah produk pembersih yang dirancang khusus untuk logam seperti aluminium.
  6. Keringkan dengan Lembut
    Setelah membersihkan kusen aluminium, pastikan untuk mengeringkannya dengan lembut menggunakan kain bersih dan lembut. Ini dapat membantu mencegah pembentukan noda air atau bekas air yang sulit dihilangkan.
  7. Lubrikasi Bagian Engsel dan Kunci
    Jika kusen aluminium dilengkapi dengan engsel atau kunci, tambahkan pelumas pada bagian tersebut secara berkala. Ini akan membantu menjaga kelancaran fungsi engsel dan kunci, serta mencegah kemungkinan keausan.
  8. Lakukan Inspeksi Rutin
    Lakukan inspeksi rutin terhadap seluruh kusen aluminium, termasuk sambungan dan sudut. Perhatikan adanya kerusakan atau tanda-tanda keausan, dan lakukan perbaikan jika diperlukan untuk memastikan keawetan kusen.

Penutup

Dalam mengevaluasi kelebihan dan kekurangan kusen aluminium, penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pribadi. Dengan pemahaman yang jelas tentang karakteristiknya, kalian dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kondisi dan keinginan rumah kalian. Nah itu saja pembahasan yang bisa empatpilar.com berikan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium. Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berharga untuk membantu kalian membuat pilihan yang cerdas dalam merancang rumah impian kalian.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Dinding Roster : Secara Lengkap

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *