Jenis Genteng Baja Ringan

Rekomendasi Jenis Genteng Baja Ringan Terbaik Saat Ini

Posted on

Empat Pilar – Rekomendasi Jenis Genteng Baja Ringan Terbaik Saat Ini. Genteng merupakan salah satu elemen penting dalam konstruksi atap sebuah bangunan. Dalam memilih genteng, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk tahan lama, daya tahan terhadap cuaca ekstrem, serta kemudahan pemasangan. Salah satu jenis genteng yang semakin populer belakangan ini adalah genteng baja ringan. Keunggulan dari genteng ini tidak hanya terletak pada kekuatan materialnya, tetapi juga pada variasi jenisnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera estetika pemilik bangunan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis genteng baja ringan yang tersedia di pasaran. Dari desain yang elegan hingga warna yang beragam, genteng baja ringan dapat memberikan sentuhan modern pada tampilan atap rumah atau bangunan lainnya. Selain itu, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis genteng, membantu kalian membuat keputusan yang tepat dalam memilih genteng baja ringan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kalian.

Simak informasi lengkapnya untuk mengetahui berbagai jenis genteng baja ringan yang dapat meningkatkan keindahan dan kekalianlan atap bangunan kalian.

Kelebihan Genteng Baja Ringan

Kelebihan genteng baja ringan memang sangat beragam dan dapat memberikan banyak keuntungan bagi pemilik rumah. Berikut adalah beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui:

1. Lebih Ringan

Genteng baja ringan memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan genteng keramik dan beton. Dengan bobot yang 15 kali lebih ringan, genteng ini tidak memerlukan rangka yang kuat untuk menopangnya. Hal ini tidak hanya membuat proses pemasangan lebih mudah, tetapi juga mengurangi biaya produksi pembuatan rumah karena struktur atap yang lebih ringan.

2. Lebih Mudah Dipasang

Selain bobotnya yang ringan, genteng baja ringan juga dikenal karena kemudahan pemasangannya. Proses pemasangan genteng ini dapat dilakukan dengan cepat, bahkan dalam hitungan jam. Penting untuk diingat bahwa genteng jenis ini harus dipasang menggunakan rangka berbahan baja ringan, bukan menggunakan bahan kayu seperti pada pemasangan genteng keramik. Ini membuat atap lebih kokoh, tahan terhadap serangan rayap, dan aman.

3. Tahan Karat

Genteng baja ringan memiliki ketahanan terhadap karat, perubahan cuaca, dan kelembapan. Sifat ini menjadikannya pilihan yang tahan lama dan dapat memberikan perlindungan optimal terhadap elemen-elemen lingkungan. Selain itu, genteng ini juga tidak merambatkan api, sehingga memberikan tingkat keamanan tambahan. Kekuatan struktur genteng ini juga membuatnya tahan terhadap gempa, sehingga rumah tetap aman dalam kondisi darurat.

Rekomendasi Jenis Genteng Baja Ringan

Genteng baja ringan telah menjadi pilihan populer karena keunggulannya yang meliputi bobot ringan, kekuatan yang tangguh, daya tahan yang lama, kemudahan pemasangan, dan ketahanan terhadap cuaca. Meski demikian, genteng baja ringan memiliki beragam jenis dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis genteng baja ringan yang tersedia:

1. Genteng Baja Ringan Jenis Metal

Genteng baja ringan jenis metal sangat sesuai untuk digunakan bersama atap baja ringan karena memiliki sifat yang tidak panas dan tampilan yang modern. Kuda-kuda baja ringan mampu menopang beban genteng metal yang ringan, sehingga tidak memberikan beban berlebih pada struktur atap.

Genteng baja ringan jenis metal juga memiliki kelebihan berupa daya tahan yang lama, ketahanan terhadap karat, dan ketahanan terhadap api. Di dalam ruangan, genteng ini dapat menciptakan sirkulasi udara yang sejuk. Untuk menciptakan tampilan depan rumah yang menarik, kombinasikan dengan gaya minimalis saat menggunakan jenis genteng ini.

2. Genteng Keramik

Genteng keramik merupakan jenis genteng yang terbuat dari campuran tanah liat. Meskipun tidak termasuk genteng yang ringan, genteng keramik memiliki kelebihan dalam tahan terhadap benturan benda keras, sehingga sangat cocok untuk digunakan di wilayah pesisir pantai atau daerah dengan banyak pohon tinggi. Genteng ini mampu melindungi atap dari kerusakan akibat jatuhnya buah-buahan dari pohon.

Genteng keramik memiliki warna yang menarik dan bersinar dengan berbagai varian warna. Dengan dipadukan bersama rangka baja ringan, genteng keramik dapat menahan angin kencang. Umur panjang genteng ini juga membuatnya menjadi pilihan ekonomis dalam jangka panjang. Selain itu, genteng keramik termasuk sebagai bahan bangunan yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga :  Harga Borongan Pasang Roster Beton : Terbaru Saat Ini

3. Genteng Baja Ringan Berbahan Aspal

Untuk menciptakan tampilan atap dengan tekstur artistik yang memberikan kesan doff, genteng baja ringan berbahan aspal menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari campuran aspal, bubuk kertas, serat organik, dan resin, genteng ini tidak hanya memberikan penampilan menarik tetapi juga memiliki keunggulan dalam mencegah kebocoran atap. Saat musim hujan tiba, kalian tidak perlu khawatir tentang adanya kebocoran di rumah kalian.

Proses pemasangan genteng aspal ini relatif mudah dan cepat, membantu menghemat waktu. Padukan dengan rangka baja ringan berwarna untuk memberikan kesan netral pada struktur bangunan. Meskipun genteng aspal memiliki kelebihan, tetap penting untuk memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan saat memasangnya karena genteng ini mengandung serat yang berbahaya jika terhirup.

4. Genteng Polycarbonate

Pilihan genteng baja ringan yang tidak menyerap panas dan tahan air dapat ditemukan dalam bentuk genteng berbahan polycarbonate. Genteng ini dapat dipasang dengan rangka atap baja ringan, menciptakan tampilan hunian yang minimalis dan menarik dengan atap datar yang dapat disesuaikan dengan selera kalian.

Selain penampilannya yang menarik, genteng ini dilengkapi dengan pelindung sinar UV yang menciptakan suasana yang lebih sejuk di dalam rumah. Proses pemasangan genteng polycarbonate relatif mudah karena ringan dan dapat dibentuk dengan mudah. kalian dapat mengaplikasikan genteng ini pada kanopi atau atap di area rooftop. Genteng polycarbonate juga memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca, menjadikannya pilihan yang ideal untuk digunakan pada bagian atap outdoor perumahan.

5. Genteng Spandek

Genteng ini memiliki daya serap yang tinggi, menjadikannya tahan lama dan awet. Keunggulan genteng spandek juga terletak pada ketahanannya terhadap pecah dan minimnya risiko keambrukan di area atap, sehingga kalian tidak perlu khawatir saat menghadapi cuaca ekstrem. Bahan genteng spandek juga ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Dengan menggunakan rangka baja ringan, kalian dapat memilih genteng spandek dengan motif dan warna sesuai keinginan, bahkan tersedia genteng spandek transparan. Menariknya, harga genteng spandek lebih terjangkau dibandingkan genteng jenis lain, sehingga tidak perlu khawatir tentang biaya yang tinggi.

6. Genteng Asbes

Material atap ini terbuat dari campuran fiber dan semen, memberikan tampilan khas yang meningkatkan daya tarik eksterior rumah kalian. Penggunaan genteng asbes juga memberikan keleluasaan karena tidak perlu khawatir tentang serangan rayap yang dapat merusak material atap. Genteng asbes dilengkapi dengan bahan anti rayap, sehingga rayap sulit menembus lapisan genteng tersebut.

Dalam hal pemasangan, asbes tersedia dalam bentuk lembaran, memudahkan dan efisien dalam penggunaan waktu. Ciri khasnya adalah bentuk bergelombang dengan ketebalan yang bervariasi sesuai kondisi. Jika kalian memilih genteng asbes, perawatannya menjadi lebih mudah, juga memberikan perlindungan agar atap tetap tahan lama.

7. Genteng Baja Ringan Tanah Liat

Untuk jenis genteng ini, terkadang tidak memungkinkan untuk disandingkan dengan atap baja ringan dalam beberapa kondisi. Meskipun demikian, dengan pemahaman yang baik mengenai penempatan dan pemilihan rangka baja ringan yang sesuai, hasilnya pasti tidak akan mengecewakan.

Kuda-kuda yang dipasang dalam rangka atap dibuat dari kanal C dengan ukuran dan ketebalan yang berbeda. Penting untuk melakukan pengukuran bobot genteng agar seimbang dengan kekuatan rangka baja.

Jika kalian memilih genteng tanah liat, disarankan untuk memilih kuda-kuda baja ringan kanal C dengan ketebalan sekitar 75 x 1mm. Hal ini didasarkan pada perhitungan bobot basah genteng sekitar 59 kg. Genteng tanah liat termasuk jenis genteng baja ringan yang tidak menyerap panas. Material ini mampu menyerap panas dan tidak akan menghasilkan suara bising saat hujan turun.

8. Genteng Baja Ringan Fiber

Genteng baja ringan fiber terbuat dari campuran serat fiberglass dan bahan lainnya, menjadikannya sangat ringan dan mudah dipasang. Genteng ini juga memiliki ketahanan terhadap cuaca ekstrem, seperti hujan dan panas matahari.

Namun, genteng jenis ini lebih rentan terhadap kerusakan jika tidak dirawat dengan baik dibandingkan dengan genteng baja ringan lainnya. Oleh karena itu, perawatan ekstra diperlukan agar genteng baja ringan fiber dapat tetap awet dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga :  Apa Itu Batako? : Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

Meskipun demikian, genteng ini memiliki keunggulan estetika yang baik, sehingga cocok digunakan untuk berbagai jenis bangunan, seperti rumah tinggal, vila, atau gedung perkantoran.

Pemilihan jenis genteng baja ringan yang tepat akan sangat memengaruhi kualitas dan daya tahan atap rumah kalian. Sebelum memutuskan untuk membeli genteng baja ringan, pastikan untuk mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing jenis genteng baja ringan yang tersedia.

Penutup

Dengan mengetahui lebih dalam tentang jenis genteng baja ringan, diharapkan dapat membantu pembaca untuk membuat keputusan yang tepat dalam merancang atap bangunan. Pemilihan genteng yang tepat tidak hanya meningkatkan tampilan estetika bangunan, tetapi juga memastikan keberlanjutan dan ketahanan atap terhadap berbagai kondisi cuaca. Sehingga, perencanaan yang matang dalam memilih jenis genteng baja ringan menjadi kunci utama untuk mendapatkan atap yang kokoh dan berdaya tahan.

Itu saja pembahasan yang bisa empatpilar.com berikan mengenai Rekomendasi Jenis Genteng Baja Ringan. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *