Komponen Mesin Cuci 2 Tabung

Komponen Mesin Cuci 2 Tabung : Kenali dan Pahami dengan Baik

Posted on

Empat Pilar – Komponen Mesin Cuci 2 Tabung : Kenali dan Pahami dengan Baik. Dalam artikel ini, Kalian akan menemukan informasi mendalam tentang berbagai komponen mesin cuci 2 tabung serta cara perawatannya untuk menjaga performa mesin cuci tetap optimal.

Siapa yang tidak mengenal mesin cuci? Alat yang satu ini telah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu jenis mesin cuci yang populer adalah Komponen Mesin Cuci 2 Tabung. Dalam artikel ini, kita akan membahas komponen-komponen utama mesin cuci 2 tabung dan cara merawatnya.

Mengenal Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung atau twin tub adalah mesin cuci yang menggunakan 2 tabung terpisah untuk mencuci dan mengeringkan pakaian.

Mesin cuci 2 tabung memiliki bentuk yang lebih besar dari mesin cuci lainnya. Namun, jangan tertipu dengan bentuknya yang besar karena mesin cuci 2 tabung justru lebih hemat daripada mesin cuci lainnya, lho!

Mesin cuci ini menggunakan air dan daya listrik yang 10-15% lebih sedikit dari mesin cuci lainnya. Tak hanya itu, mesin cuci ini juga dijual dengan harga yang lebih ekonomis.

Dalam hal perawatan, mesin cuci 2 tabung memiliki biaya perawatan yang lebih murah karena sebagian besar komponennya terbuat dari plastik.

Kamu juga masih bisa menggunakan mesin ini untuk mencuci atau mengeringkan pakaian meski salah satu tabungnya rusak.

Penasaran dengan ketangguhan mesin cuci ini? Sekarang kamu bisa membeli mesin cuci 2 tabung secara online yang dijual mulai dari harga Rp1.049.900 untuk kapasitas 8 kg.

Kelebihan Mesin Cuci 2 Tabung

Sebelum memahami Komponen Mesin Cuci 2 Tabung, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak orang memilih mesin cuci 2 tabung daripada jenis mesin cuci lainnya.

Ini karena mesin cuci 2 tabung memiliki keunggulan yang lebih memudahkan masyarakat. Harga mesin cuci 2 tabung relatif lebih murah daripada jenis mesin cuci lainnya.

Selain itu, mesin cuci 2 tabung lebih hemat listrik dalam penggunaannya dan opsi pengaturan airnya bisa dilakukan secara manual.

Semua hal ini membuat banyak orang tertarik dengan jenis mesin cuci ini. Selain itu, biaya perawatan dan perbaikannya juga lebih murah.

Komponen Mesin Cuci 2 Tabung

Apa saja yang termasuk dalam komponen mesin cuci 2 tabung? Sebagai seorang teknisi, tentu Kalian sudah tahu nama dan fungsi setiap komponen yang ada dalam mesin cuci.

Kita harus mengetahui nama dan fungsi dari setiap komponen mesin cuci tersebut agar dapat memperbaikinya jika terjadi masalah.

Berikut adalah beberapa komponen mesin cuci 2 tabung dan fungsinya:

1. Body Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci ini memiliki body yang lebih besar dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung tipe top loading.

Seperti namanya, mesin cuci ini memiliki 2 tabung, 1 untuk mencuci dan 1 lagi sebagai pengering.

Umumnya, body mesin cuci 2 tabung terbuat dari bahan plastik berkualitas yang tahan terhadap panas dan dingin.

Hal ini bertujuan untuk melindungi komponen kelistrikan pada mesin cuci agar tidak terkena air dan agar suhu tetap terjaga.

2. Display Selector

Pada display selector mesin cuci 2 tabung terdapat 4 selector, yaitu:

  • Wash Timer berfungsi untuk mengatur waktu pencucian.
  • Wash Selector berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran mesin dinamo.
  • Drain Selector berfungsi untuk membuang air di dalam tabung pencucian.
  • Spin Timer berfungsi untuk mengatur waktu pengeringan.

3. Inner Wash Tube

Inner Wash Tube, atau yang sering disebut bagian dalam tabung mesin cuci, berfungsi sebagai tempat atau wadah pakaian selama proses mencuci atau washing berlangsung. Bagian ini biasanya terbuat dari bahan plastik yang kuat dan tahan lama.

4. Pulsator

Pulsator adalah bilah yang dapat bergerak memutar secara bolak-balik. Fungsinya adalah menciptakan pusaran air untuk mencuci atau membilas pakaian.

Namun, pulsator dapat cepat rusak jika sering terkena benda keras seperti jarum, kunci, baut, dan lain sebagainya.

Karena itu, disarankan untuk selalu memeriksa saku pakaian yang akan dicuci, apakah ada benda-benda tersebut atau tidak.

Tindakan ini juga dapat membantu menjaga pulsator agar lebih awet dan mesin cuci lebih tahan lama.

5. Spin Tube

Spin Tube merupakan tabung yang berfungsi sebagai wadah atau tempat pakaian akan dikeringkan.

Pakaian yang telah dicuci akan ditempatkan di dalam tabung ini dan diputar dengan tenaga mekanik melalui bantuan motor spin.

Baca Juga :  Kelebihan & Kekurangan Antena Parabola : Pembahasan Lengkap

Hal ini akan memeras air yang masih menempel pada pakaian. Air tersebut kemudian akan jatuh ke bawah melalui lubang kecil yang ada di tabung tersebut.
Selanjutnya, air akan mengalir melalui saluran pembuangan dan dibuang melalui selang pembuangan.

6. Billows ( Seal Spin )

Billows adalah karet elastis dengan lobang di tengah yang berisi besi dan berbentuk bulat dengan ketebalan kurang lebih 1/2 cm.

Bagian dalamnya dilengkapi pengait yang berfungsi untuk menyatukan body tabung pengering bagian bawah dengan motor spin.

Dengan adanya pengait ini, saat tabung pengering berputar dengan kecepatan tinggi, akan tetap seimbang dan billows tidak akan lepas dari motor spin.

Hal ini sangat penting untuk menjaga agar mesin cuci tetap berfungsi dengan baik dan aman digunakan.

7. Wash Timer

Wash Timer berfungsi sebagai pengatur waktu kecepatan putaran motor wash. Tujuannya adalah untuk memutar pulley yang dihubungkan dengan van belt ke gearbox sehingga pulsator bisa berputar.

Semakin besar angka yang dipilih pada Wash Timer, semakin lama waktu pencucian.

8. Spin Timer

Sama seperti Wash Timer, Spin Timer juga berfungsi untuk mengatur waktu dan kecepatan motor spin yang akan memutar tabung pengering dan mengeluarkan air dari pakaian.

Dengan pengeringan menggunakan mesin cuci, kadar air di dalam pakaian bisa berkurang hingga 70%.

Semakin besar angka yang dipilih pada Spin Timer, semakin lama waktu pengeringan.

9. Speed Reducer/GearBox

Speed Reducer atau Gearbox berfungsi untuk menggerakkan pulsator dengan tenaga mekanik dari motor wash melalui van belt.

Speed Reducer terdiri dari beberapa roda gigi yang sering disebut gear. Bagian ujung atau shaft dari GearBox terbuat dari besi, dan itulah yang menggerakkan pulsator.

Gearbox ini sangat penting untuk menjaga kecepatan putaran pulsator agar tetap stabil dan tidak terlalu cepat rusak.

10. Motor Wash

Motor Wash adalah motor berkecepatan rendah yang digunakan untuk menggerakkan pulsator selama proses pencucian berlangsung.

Motor ini terdiri dari sebuah lilitan yang saling berkaitan dan berfungsi sebagai penggerak utama pada mesin cuci selama tahap pencucian.

11. Motor Spin

Motor Spin adalah motor yang memiliki kecepatan tinggi dan digunakan untuk menggerakkan tabung pengering atau Spin Tube.

Tujuannya adalah agar air yang terserap di pakaian bisa terkuras dan terbuang keluar.

12. Van Belt

Van Belt terbuat dari karet dan berfungsi untuk menghubungkan Motor Wash dengan GearBox. Kerusakan yang sering terjadi pada Van Belt adalah karena faktor usia atau pemakaian mesin cuci yang sudah lama.

Jika Van Belt sudah kendur, putaran mesin cuci akan berkurang dan tidak kencang lagi, sehingga dapat mengganggu kinerja mesin cuci.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa keadaan Van Belt secara teratur dan mengganti jika sudah tidak berfungsi dengan baik.

13. Case Divi (Saluran Pembuangan)

Case Divi berfungsi sebagai alat pembuangan air pada mesin cuci. Alat ini dilengkapi dengan katup dan karet (seal).

Karet ini akan tertarik ketika Kalian menarik tuas drain, sehingga air akan terbuang keluar dari mesin cuci.

Kerusakan yang paling sering terjadi pada Case Divi adalah ausnya karet dan peryinya sehingga tidak dapat menutup katup dengan sempurna.

Hal ini dapat menyebabkan air terus menerus mengalir keluar dan mengganggu proses mencuci. Jika hal ini terjadi, solusinya adalah dengan mengganti karet atau peryi yang aus.

14. Capacitor

Capacitor berfungsi untuk menyimpan arus secara sementara pada mesin cuci dan pengering.

Kerusakan yang sering terjadi pada capacitor adalah melemahnya daya, konsleting, atau bahkan terbakar akibat tegangan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Jika capacitor sudah rusak, solusinya adalah dengan menggantinya dengan ukuran yang sesuai.

Ukuran capacitor setiap mesin cuci bisa berbeda-beda, oleh karena itu disarankan untuk menggantinya dengan ukuran yang tertera pada label diagram mesin cuci.
Memperbaiki atau mengganti capacitor yang rusak dapat membantu mesin cuci berfungsi dengan lebih baik dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

15. Switch Pintu Spin

Switch Pintu Spin berfungsi untuk mengatur proses pengeringan pada mesin cuci. Saat pintu spin tertutup, saklar pintu akan saling berhubungan dan proses pengeringan masih berlangsung.

Namun, saat pintu spin dibuka, saklar pintu tidak lagi berhubungan sehingga secara otomatis proses pengeringan terhenti karena motor akan mengerem pemutaran.

Masalah yang sering terjadi pada Switch Pintu Spin adalah pintu pengering yang patah sehingga saklar tidak bisa berhubungan baik saat pintu spin ditutup maupun dibuka.

Namun, masalah ini dapat diatasi dengan cara menyambung saklar secara permanen dan melepas rem motor spin.

16. Selang Pembuangan

Selang pembuangan berfungsi sebagai tempat saluran pembuangan air saat proses mencuci atau pengeringan berlangsung, sehingga air tidak mengalir kemana-mana.

Baca Juga :  Tips Memilih Mesin Cuci Yang Bagus dan Awet : Saran Terbaik

Kerusakan yang sering terjadi pada selang pembuangan adalah penyumbatan atau keretakan.

Jika terjadi kerusakan, selang pembuangan harus segera diganti agar mesin cuci dapat berfungsi dengan baik.

Mesin Cuci 2 Tabung Bagus Apa Tidak?

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan mesin cuci telah menjadi populer di kalangan masyarakat.

Terutama bagi mereka yang menginginkan pakaian bersih dengan cepat tanpa banyak tenaga dan waktu.

Bagi yang sibuk dengan kegiatan sehari-hari seperti membersihkan rumah dan mencuci pakaian, mesin cuci menjadi solusi terbaik.

Dengan mesin cuci, Kalian dapat mencuci baju dengan cepat dan mengeringkannya menggunakan fitur pengering yang hampir tersedia di semua jenis mesin cuci.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju, mesin cuci semakin memiliki banyak keunggulan dan sangat berguna untuk digunakan.

Terlebih jika Kalian memilih untuk menggunakan mesin cuci 2 tabung, mesin cuci ini lebih hemat energi dibandingkan dengan mesin cuci lainnya.

Meskipun dari segi penggunaannya mungkin kurang praktis, namun masih banyak orang yang menggunakan jenis mesin cuci ini untuk mempermudah aktivitas mencuci mereka.

Kesimpulan

Dalam rangkuman ini, empatpilar.com telah membahas berbagai komponen mesin cuci 2 tabung yang memiliki peranan penting dalam proses pencucian pakaian.

Dari motor listrik, timer, tabung pencuci dan pengering, hingga katup air, setiap komponen berperan penting untuk memastikan kinerja yang optimal dari mesin cuci Kalian.

Dengan mengetahui lebih dalam tentang komponen mesin cuci 2 tabung, kita dapat lebih menghargai kinerja dan kegunaan mesin cuci dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, pemahaman yang lebih baik tentang komponen ini juga akan membantu kita dalam perawatan mesin cuci, sehingga dapat meningkatkan umur pakai dan mengurangi biaya perbaikan.

Akhir kata, jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan mesin cuci Kalian secara berkala, serta melakukan perawatan yang diperlukan agar komponen mesin cuci 2 tabung tetap berfungsi dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Kalian dalam memahami lebih jauh tentang mesin cuci yang menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Selamat mencuci!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *