Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung yang Mudah Dipahami

Posted on

Empat Pilar – Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung yang Mudah Dipahami. Dapatkan informasi mendalam tentang Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung, cara kerja, tips pemilihan, perawatan, dan perbaikan untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan penggunaan mesin cuci Kalian.

Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung adalah salah satu solusi terbaik yang dapat membantu Kalian membersihkan pakaian dengan mudah dan efisien.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai aspek penting tentang mesin cuci 2 tabung, termasuk cara kerjanya, bagian-bagian utama, tips pemilihan, perawatan, dan perbaikan.

Selain itu, Kalian akan menemukan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan tentang Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung.

Mengenal Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung atau twin tub adalah mesin cuci yang menggunakan 2 tabung terpisah untuk mencuci dan mengeringkan pakaian. Mesin cuci 2 tabung memiliki bentuk lebih besar dari mesin cuci lainnya.

Namun, meskipun bentuknya besar, mesin cuci 2 tabung lebih hemat dari mesin cuci lainnya.

Mesin cuci ini menggunakan air dan daya listrik 10-15% lebih sedikit dari mesin cuci lainnya. Selain itu, mesin cuci ini juga dijual dengan harga yang lebih ekonomis.

Dalam hal perawatan, mesin cuci 2 tabung memiliki biaya perawatan lebih murah karena sebagian besar komponennya terbuat dari plastik.

Kalian juga masih dapat menggunakan mesin ini untuk mencuci atau mengeringkan pakaian meskipun salah satu tabungnya rusak.

Jika Kalian ingin membeli mesin cuci 2 tabung, sekarang dapat membelinya secara online di Tokopedia dengan harga mulai dari Rp1.049.900 untuk kapasitas 8 kg.

Penggunaan mesin cuci sudah menjadi hal yang umum di masyarakat karena dapat membersihkan pakaian dengan cepat, mudah, dan hemat waktu.

Mesin cuci 2 tabung menjadi pilihan yang bagus karena lebih hemat dibandingkan dengan mesin cuci lainnya.

Meskipun dari segi penggunaannya tidak terlalu praktis, masih banyak orang yang menggunakan mesin cuci 2 tabung untuk mempermudah aktivitas mencuci.

Teknologi yang semakin berkembang membawa keunggulan yang banyak pada mesin cuci, termasuk pada mesin cuci 2 tabung.

Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Mempelajari rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung sangat penting jika Kalian ingin melakukan perbaikan sendiri.

Setiap produk mesin cuci biasanya memiliki skema gambar tersendiri, sehingga sebelum membaca pembahasan lebih lanjut, pastikan Kalian telah mempelajari skema tersebut terlebih dahulu.

Dengan memahami rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung, proses perbaikan dapat dilakukan dengan lancar.

1. Tentukan jalur kabel dinamo

Langkah ini sangat penting karena seringkali terjadi kesalahan dalam jalur kabel dinamo pada mesin cuci 2 tabung.

Terkadang, kesalahan ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang jalur kabel dinamo, terutama setelah membeli dinamo baru. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pengujian kembali.

Salah satu cara yang paling mudah untuk menguji jalur kabel dinamo pada mesin cuci 2 tabung adalah dengan membaca gambar rangkaian kabel.

Sebelum memahami rangkaian kelistrikan, ada baiknya untuk mengenal berbagai komponen yang ada di dalam mesin cuci dan memahami fungsi masing-masing komponen. Pengetahuan ini akan memudahkan dalam membaca skema kelistrikan.

Pada dinamo asli, melihat gambar rangkaian kabel tidak akan terlalu sulit. Pada dasarnya, dinamo pada mesin cuci 2 tabung memiliki 3 kabel, yaitu 1 kabel listrik dan 2 kabel kapasitor. Salah satu kabel kapasitor kemudian disambungkan ke kabel listrik kedua.

2. Menentukan jalur cable dinamo motor spin dan wash

Mungkin beberapa orang akan mengalami kesulitan saat memasang dinamo pada mesin cuci, khususnya dalam menentukan jalur listrik langsung dan kapasitor.

Baca Juga :  Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas? 1 dan 2 Pintu

Untuk mengetahui hal tersebut, Kalian dapat menggunakan AVOmeter untuk menentukan hambatan pada kabel.

Atur AVOmeter dengan skala Ohm dan lakukan pengecekan secara bergilir. Untuk menemukan sambungan kabel langsung, cari hasil pengukuran hambatan paling kecil.

Kemudian, periksa sambungan dengan hambatan paling besar, yang biasanya terhubung ke kapasitor.

Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci 2 Tabung yang Putus

Setelah memahami Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung, selanjutnya kabel dinamo putus memang kerap menjadi masalah banyak orang. Untuk mengatasinya, silakan perhatikan cara menyambung kabel mesin cuci yang putus berikut ini.

1. Buka tutup belakang mesin cuci

Pertama, silakan lepas seluruh baut pada penutup mesin cuci. Kemudian, lepaskan dari badannya.

Ketika bagian tutup belakang telah terbuka, periksalah sistem perkabelan di dalamnya. Akan ada 3 buah kabel dengan warna putih, biru, merah, dan orange. Perhatikan kabel mana yang putus.

Kasus paling banyak terjadi adalah putus karena gigitan tikus. Kabel ini terhubung ke bagian panel atas.

2. Lepaskan tali pengait

Sebagai contoh, misal kabel yang putus adalah pada tombol drain. Maka dari itu, lepaslah bagian pengait penghubung katup dan tombol drain.

Proses melepaskan pengait ini cukup penting karena apabila tetap pada tempatnya, maka tutup akan sulit dibuka dikarenakan tertahan tali terhubung ke pengait.

3. Buka tutup panel atas

Selanjutnya, bukalah pada bagian tutup panel atas. Lepaskan dua baut pada bagian belakang panel atas dengan memakai obeng plus.

Apabila baut sudah terlepas, cungkil menggunakan obeng minus pada sambungan di antara badan serta panel atas.

4. Tarik kabel putus ke atas

Untuk memudahkan penyambungan kabel yang putus, sebaiknya tarik kabel yang putus ke atas terlebih dahulu. Tarik kabel melalui lubang yang terhubung ke panel atas.

Caranya adalah dengan memasukkan kawat dari atas ke bawah. Kemudian, ikat tali pada bagian kabel dan tarik ke atas.

5. Sambungkan kabel

Ketika kabel yang putus sudah berhasil ditarik ke atas, langkah selanjutnya adalah menyambungkannya.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan isolasi atau menggunakan solder dengan memanaskan timah.

Jika ingin mendapatkan sambungan yang lebih kuat, disarankan menggunakan cara kedua.

5. Pasang panel dan tutup belakang

Setelah kabel berhasil disambungkan, pasang kembali panel-panel yang telah dibuka sebelumnya.

Jangan lupa untuk memasang kembali semua baut agar kencang. Lakukan pengetesan untuk memastikan mesin cuci berfungsi normal kembali.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung

Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung secara lengkap :

1. Kelebihan Mesin Cuci 2 Tabung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak orang yang memilih untuk menggunakan mesin cuci 2 tabung karena keunggulannya yang memudahkan masyarakat.

Selain harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis mesin cuci lainnya, mesin cuci 2 tabung juga lebih hemat listrik dalam penggunaannya. Selain itu, semua opsi pengaturan air pada mesin cuci ini dapat dilakukan secara manual.

Kelebihan-kelebihan ini membuat banyak orang tertarik dengan jenis mesin cuci ini, ditambah lagi dengan biaya perawatan dan perbaikannya yang lebih murah.

2. Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung

Meskipun memiliki banyak kelebihan, mesin cuci 2 tabung juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah teknologi pendukungnya yang tidak terlalu canggih.

Selain itu, mesin cuci ini membutuhkan banyak air dalam proses pencuciannya. Sistem pengaturannya juga masih secara manual, sehingga membutuhkan sedikit usaha ekstra dalam penggunaannya.

Selain itu, tingkat pengeringannya juga terbatas hingga mencapai 70%, yang artinya masih membutuhkan waktu lebih lama untuk mengeringkan pakaian dibandingkan dengan mesin cuci dengan teknologi yang lebih canggih.

Namun, dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan mesin cuci 2 tabung ini, Anda dapat memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung yang Mudah Dipahami.

Semoga dengan penjelasan yang telah disampaikan, Kalian dapat lebih memahami cara kerja mesin cuci 2 tabung serta mengatasi masalah yang mungkin timbul pada kabel-kabelnya.

Baca Juga :  Fungsi Manifold Gauge : Peralatan Penting Teknisi AC

Ingatlah untuk selalu memastikan rangkaian kabel dalam kondisi yang baik dan aman untuk menghindari risiko kerusakan lebih lanjut pada mesin cuci Kalian.

Selalu lakukan perawatan rutin dan konsultasikan dengan ahli teknisi jika diperlukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Kalian dalam merawat mesin cuci 2 tabung kesayangan Kalian.

Itu saja yang bisa empatpilar.com uraiakan mengenai Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung. Selamat mencuci!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *