Komponen Penting Di Komputer

Komponen Penting Di Komputer Yang Perlu Kalian Tahu

 

Komponen Penting Di Komputer-Komputer berasal dari kata Computare yang artinya menghitung. Namun secara umum Komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang mengubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu.

Komputer terdiri dari 3 elemen yakni : Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak) dan Sistem Operasi yangakan bekerja sesuai perintah yang diberikan oleh pengguna itu sendiri. Komputer sudah menjadi bagian penting di kehidupan yang serba modern seperti saat ini. Meskipun sekarang hampir tergantikan oleh perangkat yang lebih kecil seperti laptop dan ponsel pintar namun komputer masih menjadi piiihan utama buat mengerjakan tugas-tugas yang cukup rumit. Kali ini kami akan menguraikan beberapa bagian penting yang ada di dalam komputer agar kalian bisa memahami mengenai perangkat komputer yang kalian gunakan.

 

Simak di bawah untuk penjelasannya:

1. Casing Komputer

Untuk bagian dari sebuah komputer yang pertama tentu saja casing, casing sendiri adalah salah satu hardware yang berfungsi sebagai rumah dari seluruh perangkat komputer. Fungsi lain casing komputer juga untuk melindungi perangkat di dalam agar tidak terkena debu dan benda benda lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen komputer.

2. Motherboard

Atau juga biasa di sebut Mainboard adalah bagian penting dari komputer karena berfungsi sebagai tempat atau rumah dari beberapa perangkat inti komputer dan sebuah wadah atau jalur dari beberapa hardware komputer. Semua komponen yang terpasang di dalam motherboard memang memiliki peran penting sehingga ketika salah satu mengalami masalah. Maka komputer tersebut hampir bisa dipastikan tidak akan bisa berjalan dengan baik.

3. CPU/Processor

CPU atau singkatan dari (central processing unit) juga komponen inti dari sebuah komputer karena berfungsi sebagai pusat pemrosesan data yang ada di dalam sistem komputer. CPU adalah otak dari komputer yang berperan penting dalam mengendalikan semua kegiatan pemrosesan data dan semua aktivitas komputer baik itu menerima atau mengirim,menginput dan lain sebagainya.

4. RAM (Random Access Memory)

RAM memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara yang mana data tersebut didapatkan dari hardisk, data dari program, maupun data yang berasal dari input atau output. RAM bekerja secara bersama dengan CPU dengan memproses data yang di simpan di harddisk untuk bisa di tampilkan di layar monitor secara visual.

5. VGA (Video graphic Aray)

Atau bisa di sebut dengan kartu grafis ini adalah media penyimpanan grafis yang mana dia menerima perintah dari prosesor untuk memproses data yang kemudian ditampilkan dalam bentuk visual ke layar monitor. Beberapa merk VGA yng terkenal: NVIDIA,GEFORCE,ATI RADEON,INTEL HD dan lainnya.

6. LAN/WI-FI CARD

Wifi card berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet atau kable LAN WAN dan lainnya.

7. Haddisk

Atau bias di sebut HDD ini berfungsi sebagai media penyimpanan data-data atau berbagai file penting yang ada di komputer yang nantinya akan di proses oleh CPU DAN RAM. Jika harddisk yang kalian gunakan terlalu penuh dengan berbagai macam data, maka akan berpengaruh terhadap kinerja pada komputer kalian.

8. SDD (solid state drive)

SSD adalah drive penyimpanan paling umum oleh beberapa pemilik komputer saat ini. SSD lebih kecil dan lebih cepat daripada HDD dan SSD tidak berisik dan memungkinkan PC dibuat secara sederhana dan lebih ringan. Maka dari itu SDD untuk saat ini lebih di andalkan daripada HDD.

9. Power Supply

Power supply adalah bagian yang berpengaruh besar terhadap sebuah komputer, karena power supply merupakan komponen yang memasok daya ke satu atau bahkan lebih beban listrik. Sehingga power supply ini dirancang untuk mengubah beberapa bentuk energi yang berbeda, seperti matahari, energi mekanik, kimia, hingga listrik.

10. FAN

Fan atau kipas pendingin adalah alat buat menjaga temperatur didalam selubung sebuah komputer. Kipas pendingin ini bisa membuat seluruh komponen perangkat keras komputer terjaga dengan baik dan tahan lama karena pendinginan yang di lakukaan ketika komputer mulai di hidupkan.

 

Itulah beberapa hal yang bisa kami uraikan mengenai Komponen Penting Di Komputer Yang Perlu Kalian Tahu, Semoga Bisa Bermanfaat Dan Mudah Di pahami yaa. Terima Kasih