Membuat Katalog Produk

Tips Praktis Membuat Katalog Produk Untuk Toko Online

 

Membuat Katalog Produk – Katalog Produk adalah kumpulan produk dan informasi harga mereka. Untuk mengatur harga, Kalian perlu menentukan unit di mana produk Anda dijual, jumlah biaya untuk setiap unit, dan penawaran diskon kalian berdasarkan volume yang akan di beli.

Nah kalian tahu ngga sih bahwa langkah awal sebelum pelanggan membeli produk jualan ternyata mereka melihat foto barang dan daftar harga barang dahulu, apalagi toko online dimana konsumen ngga bisa lihat dan cek langsung produk yang ingin mereka beli tetapi mereka bisa melihat review produk dan foto foto yang kalian pajang di toko kalian.

Biasanya sebelum membeli sebuah barang atau produk di toko online pasti hal pertama yang di lihat dari calon pembeli adalah gambar produk duluan, bisa di bilang foto atau gambar produk adalah kunci kesuksesan penjualan bisnis kalian karena ketika tidak ada foto produk di bisnis online kalian maka calon pembeli akan merasa kurang tertarik buat membeli produk kalian.

Pentingnya Katalog Produk Bagi Toko Online

 

Keberadaan katalog masih menjadi bagian yang penting dari sebuah bisnis online, karena katalog produk bisa berfungsi sebagai strategi bisnis yang efektif dan efisien. Karena bisa kamu jadikan sebagai strategi marketing sekaligus alat branding bisnis kamu sehingga konsumen bisa lebih mengenal toko online kamu. Adanya katalog sebagai salah satu langkah promosi saat kalian menawarkan kepada pelanggan dan dengan begitu juga pelanggan akan menemukan produk dengan mudah.

Beberapa tips buat kalian agar toko online kalian bisa menarik pembeli dan berkunjung ke toko online kalian, Caranya foto harus terlihat detail, menarik, dan sesuai sama kebutuhan dari konsumen, dijamin deh mereka langsung beli produk. Bukan cuma itu aja, kalo kamu jualan di marketplace tentunya yang harus bisa meyakinkan calon pelanggan dengan gambar produk yang bagus. Faktor pertama yang dapat menarik konsumen saat membeli barang adalah foto produk baru deh selanjutnya mereka bakalan melihat deskripsi produk.

Cara membuat Katalog Produk Online

1. Perlihatkan Kelebihan Dari Produk Kalian

Yang pertama ada baiknya kalian menyiapkan foto produk dari beberapa angle(sisi) apalagi kalo kalian menjual fashion, pastikan keunggulan dan detail produk yang kalian jual terlihat jelas di foto dan jangan sampai memakai foto yang palsu yaa, kalian harus menyajikan foto yang real. Kalian dapat memotret dari sisi depan, belakang, dan samping lalu ada foto yang menjelaskan detail dari deskripsi barang. Tujuannya untuk menampilkan kualitas barang, mulai dari bahan sampai pola jahitannya.

2. Pastikan Cahaya Pengambilan Foto Baik dan Jernih

Ketika kalian akan memotret produk yang akan kalian jual dan di tampilkan di katalog maka usahakan memotret dengan pencahayaan yang baik sehingga bisa meningkatkan suasana pemotretan secara menyeluruh. Dan jang lupa buat menempatkan posisi produk agar tersorot dengan jelas, Selain itu, perhatikan juga nih sudut pencahayaannya apakah ada bayangan atau tidak, lalu jika kamu ragu bisa gunakan warna yang cerah.

3. Siapkan SKU Produk

SKU (Stock Keeping Unit) artinya barcode yang bisa dipindai. SKU paling sering dilihat di bagian label produk. Biasanya, SKU memiliki delapan atau lebih karakter yang terdiri dari kombinasi alfanumerik. SKU adalah solusi mudah bagi para retailer yang ingin menjual barang dengan jumlah ribuan. Maka perhatikan SKU produk dan bedakan SKU barang khusus promosi dengan yang ada di masing-masing produk agar nantinya kalian engga ribet dan pusing ketika mengurus stok barang.

4. Perhatikan Desain Katalog Pada Barang

Agar pelanggan tidak bosen maka kalian bisa membuat desain katalog barang sesuai dengan ciri khas dari toko online kalian, Tidak hanya berisi penjelasan detail barang,gambar, dan harga kalian juga harus memperhatikan estetika dari toko online kalian.

5. Desain Formulir Pemesanan

Walaupun membuat formulir pemesanan akan sedikit membosankan, ingatlah bahwa pelanggan mungkin tidak jadi membeli salah satu jenis lampu karena formulir pemesanannya terlalu membingungkan. Termasuk juga nomor layanan pelanggan yang akan membuat pelanggan lebih mudah untuk menghubungi Anda jika mereka bingung.

 

Nah itulah beberapa uraian dari kami mengenai Tips Praktis Membuat Katalog Produk Untuk Toko Online , kalian bisa pelajari cara cara di atas sebelum terjun dan mempratikkannya satu saran dari kami yaitu jangan sampai menyerah buat mencoba yaa, Semoga Bermanfaat.