Klaim Asuransi Mobil Berjalan

Langkah Penting Supaya Klaim Asuransi Mobil Berjalan Lancar

 

Klaim Asuransi Mobil Asuransi kendaraan saat ini jadi keinginan penting untuk pemilik mobil. kendaraan akan aman dari berbagai resiko yang mengintai dengan produk asuransi yang tepat. Untuk menemukan asuransi mobil terbaik, kalian perlu memilih industri asuransi yang menawarkan layanan komplit. Premi juga wajib kompetitif, tidak murah, tetapi tidak juga kemahalan.

Tidak hanya itu, kalian juga harus menguasai aturan main yang diaplikasikan industri asuransi agar bisa memakai layanan secara maksimum. Alasannya banyak dari pelanggan tidak membaca dengan cermat dan mempelajari polis asuransi sebelum meneken akad.

Umumnya, kendala terjadi dikala klaim asuransi mobil. Sering terjadi penolakan karena tidak cocok dengan polis. Sementara itu kalian beranggapan akan gampang mengajukan klaim. Jika demikian ini kan kalian yang akan rugi. Sudah beri uang premi tiap bulan, tetapi kesempatan ingin klaim nyatanya tidak sesuai aturan main.

 

Klaim Asuransi Mobil

 

1. Segera hubungi pihak industri asuransi

Saat sesuatu yang kurang baik terjadi pada mobil kalian, misalnya kecelakaan, kehilangan, rusak akibat banjir ataupun resiko yang lain yang wajib segera ditangani, maka mendatangi pihak industri asuransi mobil kalian.

Syarat pelaporan maksimum 3 x 24 jam pasca peristiwa. Jadi jika bisa secepat mungkin melapor, supaya tidak terlambat. Informasi itu akan memudahkan kalian mengajukan klaim dan cara survei sebagai salah satu prosedur klaim.

Jelaskan pada pihak industri asuransi kronologi peristiwa yang kalian alami, sehingga mereka paham dan jelas. Apabila mobil kalian misalnya mengalami kecelakaan, lekas telepon pihak asuransi serta mengajukan klaim. kalian akan menemukan layanan mobil derek, perbaikan di bengkel rekanan, ataupun yang lain.

Industri asuransi akan membagikan formulir klaim pada kalian. Isi dan lengkapi formulir ini, supaya bisa digunakan untuk membenarkan mobil itu di bengkel rekanan. Jangan lupa buat menyampaikan kalau dokumen pengajuan klaim sedang disiapkan.

2. Siapkan dan tunjukkan bukti- bukti

Mengajukan klaim asuransi mobil sebaiknya dilengkapi dengan bukti- bukti yang nyata. Ini membuktikan kalau kalian tidak mengada- ada suatu insiden untuk memperoleh ganti rugi dari industri asuransi.

Fakta kecelakaan misalnya, bisa foto badan( body) mobil yang penyok. Mobil hilang di parkiran, ditunjukkan dengan bukti CCTV, ataupun fakta yang lain. Tidak hanya itu, bukti bukti- bukti ini juga bisa menjadi bahan informasi ke pihak yang berwajib( polisi).

3. Jelaskan kronologi insiden dengan rinci dan jelas

Saat pengajuan klaim asuransi mobil, kalian akan dimohon untuk menjelaskan kronologi suatu insiden secara gamblang. Bukan hanya itu, kalian juga perlu menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin saja dilemparkan karyawan asuransi bagian klaim.

Yakinkan kalian menjawab pertanyaan itu dengan baik. Jadi ingat- ingat betul ya, jalan peristiwa, lokasi, waktu peristiwa, posisi pengemudi mobil ketika peristiwa, serta lain sebagainya.

4. Lengkapi dan serahkan dokumen yang diperlukan

Mengajukan klaim asuransi mobil, syaratnya harus memberikan beberapa dokumen penting. Dokumen ini dicocokkan dengan keinginan klaim kalian dan bersumber pada peristiwa.

Klaim kecelakaan mobil:

  • Formulir pengajuan klaim
  • Surat penjelasan dari kepolisian
  • Fotokopi polis asuransi mobil
  • Fotokopi KTP serta SIM
  • Fakta peristiwa( beberapa foto setelah kecelakaan terjalin).

Apabila kecelakaan melibatkan orang lain ataupun pihak ketiga:

  • Fotokopi KTP, SIM, STNK dari pihak ketiga
  • Surat penjelasan dari kepolisian
  • Surat statment atas tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang dibubuhkan meterai
  • Surat statment dari pihak ketiga, di mana tertulis kalau yang bersangkutan tidak mempunyai layanan asuransi

Untuk klaim kehilangan akibat pencurian:

  • Formulir pengajuan klaim
  • Fotokopi KTP, SIM, STNK
  • Surat penjelasan dari kepolisian terkait peristiwa perampokan mobil kamu
  • Surat bukti penghentian STNK kendaraan kalian.

Pilih Asuransi Mobil TLO atau All Risk Ya?

Saat sebelum membeli produk asuransi, yakinkan dahulu kalian memilih layanan asuransi yang memberikan proteksi sesuai keinginan dan kemampuan keuangan. Jenis proteksi pada asuransi mobil ada 2, ialah All Risk ataupun Comprehensive dan TLO( Total Loss Only).

All risk memberikan jaminan segala kehancuran mobil kalian. Mulai dari kerusakan ringan, berat, sampai kehilangan mobil. Sedangkan TLO, memberi jaminan apabila terjadi kehilangan ataupun kerusakan di atas 75%. Kalau mobil rusak sedikit, seperti kaca spion patah ataupun lecet, ya tidak diganti rugi oleh pihak asuransi.

Untuk kedua tipe asuransi mobil ini menawarkan premi berlainan. Pasti saja yang jenis all risk, preminya lebih besar dibanding TLO. So, ingin pilih yang mana?

 

 

Penutup

Itu dia urain dan saran dari kami mengenai Langkah Penting Supaya Klaim Asuransi Mobil Berjalan Lancar, dengan beberapa point di atas semog bisa membantu kalian dalam memahami cara-cara klaim asuransi buat mobil kalian yaaa. Semoga Bermanfaat