Merk Multimeter Digital Terbaik

11 Rekomendasi Merk Multimeter Digital Terbaik, Kenali Sebelum Membeli

Posted on

Empat Pilar – 11 Rekomendasi Merk Multimeter Digital Terbaik, Kenali Sebelum Membeli. Seiring perkembangan teknologi, alat pengukuran listrik pun semakin canggih. Salah satu alat yang wajib dimiliki oleh para teknisi listrik, penghobi elektronik, dan DIYers adalah multimeter digital.

Dalam artikel ini, kita akan membahas merk multimeter digital terbaik yang ada di pasaran, serta tips memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, mari kita mulai!

Mengenal Multimeter Digital

Multimeter digital atau yang biasa disebut multitester adalah alat yang digunakan untuk mengukur parameter listrik seperti tegangan, arus, dan hambatan.

Selain itu, multimeter juga sering disebut AVOmeter, singkatan dari Ampere, Volt, dan Ohm.
Dengan kemajuan teknologi, multimeter tidak hanya dapat mengukur parameter listrik, tetapi juga dapat mengukur nilai HFE transistor dan frekuensi bahkan dengan skala kecil.

Penggunaan multimeter digital dapat memudahkan semua orang, termasuk bagi pemula, karena hasil pengukuran ditampilkan dalam bentuk angka, sehingga mengurangi kesalahan baca.

Oleh karena itu, banyak orang mencari multimeter digital untuk digunakan. Namun, karena banyak merek yang tersedia di pasaran, memilih multimeter yang tepat bisa menjadi sulit.

Kelebihan Multimeter Digital

Salah satu keuntungan utama dari Multimeter Digital adalah kemampuannya dalam menampilkan hasil pengukuran dalam bentuk angka, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan pembacaan pada skala (paralaks) dari mata manusia.

Selain itu, Multimeter Digital juga meningkatkan kecepatan pembacaan dan hasil pengukuran digitalnya dapat direkam dan digunakan sebagai masukan untuk perangkat lain.

Multimeter digital tersedia dalam berbagai level tegangan (AC dan DC), level arus, dan level resistansi, tergantung pada kebutuhan Kalian. Harga Multimeter Digital bervariasi, mulai dari beberapa dolar hingga ribuan dolar.

Fungsi Multimeter Digital

Sebelum kalian mengetahui Merk Multimeter Digital Terbaik, sebaiknya mengenali beberapa fungsi Multimeter Digital, yaitu:

1. Mengukur Tegangan

  • Putar kenop pemilih yang sesuai untuk Bagian AC / DC dan voltase (V).
  • Pilih rentang yang dibutuhkan dengan kenop pemilih. Selalu pilih rentang yang lebih besar dari tegangan yang akan diukur.
  • Sambungkan probe dengan Multimeter dan tempatkan di input yang memiliki tanda polaritas (yaitu tanda plus dan minus).
  • Gunakan probe Tegangan Tinggi jika Anda perlu mengukur tegangan di atas 1KV.

2. Mengukur Arus

  • Putar kenop pemilih yang sesuai untuk Bagian AC / DC dan arus (A).
  • Pilih rentang yang dibutuhkan dengan kenop pemilih. Selalu pilih rentang yang lebih besar dari arus yang akan diukur.
  • Jika Anda mengukur arus di bawah 0,2 Ampere, sambungkan probe dengan Multimeter dan tempatkan di input yang ditandai dengan tanda polaritas plus dan minus. Untuk mengukur arus dari 2-10 Ampere, probe input yang tinggi harus dihubungkan ke titik probe 10A.

3. Mengukur Resistansi

  • Putar kenop pemilih yang sesuai untuk Bagian “OHM”.
  • Pilih rentang yang dibutuhkan dengan kenop pemilih. Selalu pilih rentang yang mendekati nilai resistansi.
  • Sambungkan probe dengan Multimeter dan tempatkan di input yang memiliki tanda polaritas (yaitu tanda plus dan minus).

Daftar Merk Multimeter Digital Terbaik

Setiap merek memiliki spesifikasinya masing-masing dan memiliki banyak peminat. Di bawah ini adalah daftar Merk Multimeter Digital Terbaik yang sering digunakan oleh para teknisi listrik.

1. Multimeter Digital Fluke 101

Rekomendasi kami untuk multimeter digital terbaik adalah perusahaan alat elektronik asal Australia, yaitu Fluke.

Perusahaan ini memiliki spesialisasi dalam pembuatan alat ukur seperti multimeter dan salah satu produk terbaiknya adalah Fluke 101.

Produk Fluke ini memiliki desain yang kokoh dan dijamin tahan lama. Oleh karena itu, Fluke adalah merek multimeter digital yang sangat awet.

Selain itu, Fluke 101 memiliki banyak keunggulan, seperti tingkat kesalahan atau error yang rendah dan akurasi yang tinggi.

Multimeter digital ini juga memiliki rating keamanan CAT III 600 V dan dilengkapi dengan fitur uji dioda dan kontinuitas dengan buzzer.

2. Tofuda DT830B

Pada urutan kedua rekomendasi multimeter digital, terdapat Tofuda DT830B. Multimeter digital ini banyak diminati karena memiliki fungsi dasar yang dibutuhkan untuk sebuah multimeter digital.

Tofuda DT830B bisa menjadi pilihan terbaik untuk merek multimeter digital terlengkap. Alat ini sering digunakan di laboratorium, pabrik, sekolah, hobi, dan digunakan oleh para teknisi.

Keunggulan dari Tofuda DT830B adalah dapat menampilkan simbol low voltage dan pengukuran baterai pada tampilan LCD.

Selain itu, tersedia fitur overload protection yang berguna untuk mencegah kerusakan alat akibat penggunaan yang berlebihan.

3. Fluke 117

Fluke 117 adalah multitester digital terbaik yang sangat cocok digunakan di area seperti gedung, perkantoran, rumah sakit, dan sekolah.

Selain itu, Fluke 117 dilengkapi dengan fitur deteksi voltase non-kontak bawaan untuk pengoperasian yang lebih cepat.

Multimeter ini dilengkapi dengan LCD berlampu latar berwarna putih dengan angka besar yang mudah dibaca.

Baca Juga :  Mengenal Zelio Smart Relay Secara Lengkap dan Jelas

Fungsi VoltAlert digunakan untuk pemeriksaan non-kontak dan indikasi LED untuk keberadaan voltase.

Casing karet pelindung juga melindungi multimeter dari kotoran dan benturan mekanis saat digunakan.

4. Mastech DT9205A

Salah satu rekomendasi produk multimeter digital lain yang bisa menjadi pilihan Kalian adalah Mastech Digital Multimeter DT9205A.

Multimeter digital dari Mastech ini sangat ringan dan ramping sehingga mudah dibawa-bawa.

Selain itu, Mastec DT9205A dilengkapi dengan layar LCD untuk memudahkan pembacaan hasil pengukuran.

Mastech Digital Multimeter DT9205A merupakan multimeter digital terbaik yang dapat menampilkan perhitungan daya hingga angka 1999.

Alat ini dapat digunakan untuk menguji frekuensi, resistansi, tegangan AC/DC, dan duty cycle.

Multimeter digital ini juga sangat hemat energi dengan adanya fitur power saving-nya, sehingga tidak ada daya yang terbuang percuma selama pemakaian.

5. Visero Yellow A830L

Visero Yellow A830L adalah merek multimeter digital yang patut dipertimbangkan bagi Kalian yang belum dapat menentukan pilihan.

Multimeter digital buatan anak bangsa ini telah mendapatkan banyak review positif sebagai multitester digital murah terbaik di platform digital.

Harga multitester digital terbaik ini sangat terjangkau. Visero Yellow A830L memiliki desain bodi yang sederhana namun terbuat dari bahan berkualitas tinggi.

Lebih lanjut, Visero Yellow A830L dilengkapi dengan layar LCD yang memiliki hasil akurasi pengukuran yang tinggi. Multimeter digital ini juga dilengkapi dengan fitur Auto Power Off, yang secara otomatis mematikan perangkat saat tidak digunakan untuk jangka waktu tertentu.

6. Zotek ZT102

Salah satu rekomendasi multimeter digital lain yang bisa dipertimbangkan adalah Zotek ZT102. Ini adalah multimeter digital termurah yang memiliki fitur yang mempuni.

Zotek ZT102 adalah merek multimeter digital yang cocok bagi mereka yang membutuhkan multimeter yang mudah dibawa-bawa.

Dilengkapi dengan layar yang dapat menampilkan 6000 nilai terukur, alat ukur listrik ini efektif digunakan untuk mengukur arus dan tegangan.

Tidak hanya itu, layarnya juga dapat menampilkan penyimpanan data dan status baterai hingga skala maksimal. Oleh karena itu, Zotek ZT102 menjadi multitester digital otomatis terbaik.

7. Heles UX-838TR

Jika Kalian sedang mencari multimeter digital dengan harga terjangkau, Heles UX-838TR mungkin menjadi pilihan yang cocok untuk dipertimbangkan.

Multimeter digital ini tidak hanya terjangkau, tetapi juga sangat ringan dengan berat hanya 170g sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Dimensinya adalah 96 x 138 x 31mm. Lalu, bagaimana dengan spesifikasi multimeter digital termurah ini?

Heles UX-838TR memiliki serangkaian fitur yang cukup lengkap, termasuk buzzer hubung singkat, ampere, volt, dan ohmmeter.

Tak hanya itu, multimeter digital ini dilengkapi dengan standar keamanan CAT II 600V dan dapat menampilkan nilai pengukuran pada layar LCD hingga 1999.

8. Kyoritsu 1021R

Kyoritsu 1021R adalah multimeter digital lain yang direkomendasikan dan dapat menjadi pertimbangan Kalian. Multimeter digital ini memiliki desain yang stylish dan mudah digunakan.

Selain itu, Kyoritsu 1021R dilengkapi dengan dua braket yang dapat dilepas, yaitu tipe flat dan tipe wing.

Kyoritsu 1021R merupakan salah satu merek multimeter digital terbaik dan memiliki standar keamanan CAT III 600 V dan IEC 61010-1.

Tidak hanya itu, Kyoritsu 1021R dilengkapi dengan kapasitas on-screen count hingga 6000 dan juga sudah memiliki layar backlight. Dengan berbagai fitur tersebut, membuat multimeter digital ini layak untuk dipertimbangkan.

9. ProSkit MT-1707

Salah satu rekomendasi multimeter digital berikutnya adalah ProSkit MT-1707. Multimeter digital ini dirancang untuk melakukan berbagai tes dan memberikan pembacaan yang akurat.

ProSkit MT-1707 mendukung pengujian 90-100V dan menampilkan kekuatan sinyal tegangan melalui detektor non-kontak.

Multimeter digital ini juga termasuk dalam kategori multitester digital terbaik terlengkap, yang dirancang untuk dapat mengukur ACV, ACA True RMS, DCV, DCA, dan banyak lagi.

ProSkit MT-1707 dapat membaca hingga 5999 digit dan juga dapat membaca dalam kondisi gelap karena dilengkapi dengan layar backlight.

10. Dekko DM-148C

Dekko DM-148C adalah multimeter digital yang kami rekomendasikan selanjutnya. Multimeter digital ini memiliki kualitas yang patut mendapat perhatian besar karena terbuat dari bahan berkualitas tinggi.

Dekko DM-148C memiliki kemampuan untuk mengukur tegangan, arus, dan hambatan. Selain itu, multimeter digital ini memiliki desain ergonomis yang sangat nyaman saat digunakan.

Seperti multimeter digital sebelumnya, Dekko DM-148C memiliki fitur pembacaan yang dapat ditampilkan pada layar dengan angka maksimal 1999.

Spesifikasi lainnya termasuk sekering pemulihan 250 volt dan voltase baterai rendah. Fitur terakhir dari multimeter digital ini adalah memiliki layar backlight manual dan juga mati secara otomatis untuk menghemat daya baterai.

11. Sanwa CD800A

Rekomendasi multimeter digital terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah Sanwa. Sanwa adalah produsen produk multimeter digital yang berasal dari Jepang.

Penggemar dan penggila elektronik mungkin sudah tidak asing lagi dengan merek yang satu ini. Kualitas produk Sanwa tidak perlu diragukan lagi karena telah berpengalaman lebih dari 60 tahun.

Salah satu produk terbaiknya adalah Sanwa CD800A yang direkomendasikan sebagai multimeter digital terbaik yang dapat dicoba.

Multimeter digital jenis ini memiliki tingkat ketelitian sebesar 0,7% yang cukup tinggi saat digunakan untuk pengukuran tegangan, arus, hingga resistansi.

Selain itu, multimeter digital ini dapat menampilkan hingga 4000 bacaan dan memiliki kabel uji yang tidak dapat dilepas. Namun, Sanwa CD800A tidak cocok untuk pengukuran arus bocor.

Baca Juga :  Download Software Zelio Soft Secara Gratis dan Terbaru Disini

Tips Memilih Multimeter Digital Terbaik

Setelah mengetahui Merk Multimeter Digital Terbaik selanjutnya secara mendasar, multimeter terdiri dari dua jenis, yakni multimeter analog dan multimeter digital. Apa perbedaan antara keduanya? Perbedaan yang paling mencolok terletak pada tampilan hasil pengukuran.

Multimeter analog menampilkan hasil pengukuran dengan menggunakan jarum yang menunjukkan nilai, sedangkan multimeter digital menampilkan hasil pengukuran dalam bentuk angka pada layar.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih multimeter digital :

1. Perhatikan Standar Kelayakan

Tips pertama dalam memilih multimeter digital terbaik adalah memperhatikan standar kelayakan yang dimilikinya. Ada beberapa standar kelayakan yang berlaku untuk multimeter digital, baik standar nasional maupun internasional.

Beberapa contohnya adalah SNI (Standar Nasional Indonesia), CE (Standar Eropa), JIS (Standar Industri Jepang), dan DIN (Standar Industri Jerman).

Standar kelayakan ini biasanya ditandai dengan huruf tertentu yang tertera pada multimeter digital.

2. Perhatikan Keakuratan Multimeter

Selain stKalianr kelayakan, Kalian juga perlu memperhatikan tingkat keakuratan multimeter digital. Tingkat keakuratan ini umumnya tertera pada label multimeter digital dan diukur dalam persentase.

Misalnya, jika multimeter digital terbaik memiliki toleransi akurasi ±5%, maka multimeter tersebut memiliki tingkat keakuratan antara 95% hingga 105%. Semakin rendah toleransi akurasi yang dimiliki, semakin akurat hasil pengukuran multimeter.

3. Perhatikan Resolusi Multimeter

Tips dalam memilih multimeter digital terbaik berikutnya adalah memperhatikan resolusi atau presisi multimeter. Resolusi ini menunjukkan kemampuan multimeter digital dalam mengukur tegangan.

Misalnya, jika multimeter digital memiliki resolusi 1 mV untuk mengukur volts AC, maka hasil pengukuran minimal yang dapat ditampilkan adalah 1 mV atau 1 milliVolt. Semakin rendah resolusi multimeter digital, semakin presisi hasil pengukuran yang dihasilkan.

4. Perhatikan Range Multimeter

Tips terakhir dalam memilih multimeter digital terbaik adalah memperhatikan range atau jarak pengukuran yang dimiliki.

Range ini menunjukkan rentang nilai pengukuran mulai dari nilai terendah hingga tertinggi yang dapat dilakukan oleh multimeter digital.

Misalnya, jika multimeter memiliki range pengukuran 1 ohm hingga -20 mohm, maka multimeter tersebut dapat mengukur hambatan mulai dari 1 ohm hingga 20.000.000 ohm.

Ada juga multimeter digital dengan range yang lebih luas yang dapat menjadi pertimbangan Kalian.

Penutup

Sebagai rangkuman, telah kita bahas mengenai rekomendasi merk multimeter digital terbaik yang dapat diandalkan untuk mengukur berbagai parameter listrik.

Dengan beragam fitur dan keunggulan yang ditawarkan, perangkat ini menjadi alat yang sangat penting untuk para teknisi, insinyur, dan hobiis dalam bidang elektronika.

Dalam memilih multimeter digital yang tepat, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan, akurasi, dan anggaran yang Kalian miliki.

Jangan ragu untuk mencoba beberapa merk yang telah kami rekomendasikan sebelumnya, seperti Fluke, UNI-T, Sanwa, dan Hioki, yang sudah terkenal akan kualitas dan keKalianlan produknya.

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Merk Multimeter Digital Terbaik ini membantu Kalian dalam menemukan multimeter digital terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Selamat mencoba dan semoga sukses dalam setiap pengukuran yang Kalian lakukan!

Artikel terkait :

Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/merk-multimeter-digital-terbaik/,multimeter digital terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *