Pengertian Kabel NYYHY

√ Pengertian Kabel NYYHY : Gambar, Fungsi dan Jenisnya

Posted on

Empat Pilar –Pengertian Kabel NYYHY : Gambar, Fungsi dan Jenisnya. Dalam instalasi listrik, pemahaman yang jelas tentang komponen yang terlibat menjadi sangat penting. Salah satu komponen yang memainkan peran penting dalam memastikan efisiensi dan keamanan sistem listrik adalah Pengertian Kabel NYYHY, yang juga dikenal sebagai kabel NYYHY. Kabel-kabel ini banyak digunakan dalam berbagai aplikasi karena fitur-fitur dan manfaat yang unik.

Dalam panduan komprehensif ini, kita akan menjelajahi dunia kabel NYYHY. Mulai dari memahami definisinya hingga menjelajahi aplikasi, manfaat, dan lebih banyak lagi, semuanya akan kita bahas. Baik kalian seorang profesional industri yang mencari wawasan atau individu yang ingin belajar lebih banyak, artikel ini hadir untuk memberikan informasi yang kalian butuhkan.

Pengertian Kabel NYYHY

Kabel NYYHY ialah tipe kabel listrik yang terbuat dari beberapa inti kawat tembaga dengan isolasi PVC serta lapisan pelindung eksternal berbentuk selubung PVC.

Singkatan “NYYHY” sebetulnya merujuk kepada jenis kabel tertentu yang telah ditetapkan oleh standar IEC (Komisi Elektroteknis Internasional).

Setiap huruf dalam singkatan “NYYHY” memiliki makna yang berbeda. Huruf pertama, “N,” mengindikasikan bahwa kabel ini merupakan tipe kabel listrik untuk tanah.

Sementara huruf kedua, “Y,” mengungkapkan bahwa kabel ini diberi lapisan isolasi PVC. Huruf ketiga, “Y,” menandakan bahwa kabel ini memiliki inti kawat tembaga yang diisolasi dengan PVC.

Kemudian, huruf keempat, “H,” menandakan bahwa kabel ini ditujukan untuk sistem penghantar dengan tegangan rendah.

Terakhir, huruf “Y” kembali mengindikasikan bahwa kabel ini memiliki pelindung luar berbahan dasar selubung PVC.

Dalam penggunaannya, kabel NYYHY amat sesuai digunakan untuk instalasi listrik dalam bangunan atau gedung yang memerlukan daya listrik yang relatif rendah.

Kabel ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan seperti instalasi listrik di rumah tangga, kantor, dan bangunan rendah.

Pemasangan kabel NYYHY juga relatif mudah dan tersedia dalam berbagai ukuran serta panjang yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, perlu diingat bahwa saat digunakan, tegangan maksimum yang diperbolehkan pada kabel NYYHY mesti diperhatikan guna mencegah potensi kerusakan pada kabel tersebut.

Karakteristik Utama Kabel NYYHY

Berikut adalah Karakteristik Utama Kabel NYYHY yang bisa kalian pahami :

  • Kabel NYYHY memiliki beberapa penghantar yang terbuat dari tembaga atau aluminium. Penghantar ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik. Ukuran penghantar yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan daya dan tegangan yang akan dilalui.
  • Setiap penghantar pada kabel NYYHY dilapisi dengan lapisan isolasi. Lapisan isolasi tersebut berperan untuk memisahkan penghantar dan mencegah terjadinya kontak langsung antara penghantar dan bahan lainnya. Lapisan isolasi ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas dan kelembaban.
  • Kabel NYYHY dilengkapi dengan lapisan pelindung eksternal yang terbuat dari bahan seperti PVC (Polyvinyl Chloride).
  • Singkatan NYYHY merujuk pada karakteristik kabel ini: N (flexible), Y (berisolasi PVC), Y (berpelindung PVC), H (untuk instalasi di dalam tanah), Y (berpelindung PVC). Ini berarti kabel ini memiliki penghantar yang fleksibel, dilapisi dengan isolasi dan pelindung PVC, cocok untuk pemasangan di dalam tanah.

Secara umum, kabel NYYHY digunakan untuk menginstal saluran listrik di gedung, instalasi listrik di dalam bangunan, sistem distribusi daya di bangunan komersial, dan instalasi jaringan komunikasi. Kabel ini cocok digunakan di dalam tanah, dalam pipa, dan di dalam bangunan.

Fungsi Kabel NYYHY

Kabel NYYHY memiliki berbagai macam fungsi yang berguna dalam instalasi listrik. Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi kabel NYYHY yang umum digunakan:

1. Penghantar Kelistrikan Bangunan

Kabel NYYHY dapat diterapkan sebagai penghantar listrik dalam bangunan atau gedung guna mengalirkan pasokan listrik dari sumber daya ke berbagai perangkat rangkaian listrik yang memerlukan energi, seperti lampu, perangkat pendingin, dan peralatan listrik lainnya.

Baca Juga :  Pengertian Token Listrik : dan Cara Mengisinya

2. Instalasi Jaringan Telekomunikasi

Penggunaan kabel NYYHY juga sangat relevan dalam instalasi jaringan telekomunikasi, terutama untuk menghubungkan pusat pengendalian jaringan dengan perangkat terminal. Kabel ini umumnya dipergunakan dalam penyusunan jaringan internet, telepon, dan sistem CCTV.

3. Penghantar Kontrol

Selain itu, kabel NYYHY dapat dimanfaatkan sebagai pengantar kendali yang menghubungkan berbagai sistem pengendalian, seperti sistem pengaturan mesin atau otomatisasi. Kabel ini berperan dalam membawa sinyal kendali guna mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat serta sistem pengendalian lainnya.

4. Penghantar Perangkat Multimedia

Kabel NYYHY juga dapat dimanfaatkan sebagai penghantar audio dan video dalam sistem audio atau video di rumah atau gedung. Umumnya, kabel ini digunakan dalam pemasangan sistem home theater atau konfigurasi audio dan video yang lebih kompleks.

5. Penghantar Data

Penggunaan kabel NYYHY juga relevan sebagai penghantar data dalam pemasangan jaringan komputer atau jaringan LAN. Kabel ini mampu mengirimkan sinyal data untuk menghubungkan berbagai perangkat dalam jaringan, seperti komputer, printer, dan server.

Dalam penerapannya, perlu diperhatikan spesifikasi dan jenis kabel NYYHY yang sesuai agar tujuan fungsionalitas dapat terpenuhi dengan baik.

Selain itu, kapasitas daya listrik maksimum yang diizinkan juga harus diperhatikan secara cermat guna mencegah potensi kerusakan pada kabel tersebut.

Arti Kode Huruf NYYHY

Berikut adalah Arti Kode Huruf NYYHY yang perlu kalian ketahui :

  1. N, mengindikasikan bahwa kabel ini merupakan jenis kabel listrik yang digunakan di dalam tanah.
  2. Y, menunjukkan bahwa kabel ini dilapisi dengan bahan isolasi PVC.
  3. Y, menandakan bahwa kabel ini memiliki kawat tembaga yang dilapisi dengan lapisan PVC.
  4. H, menggambarkan bahwa kabel ini digunakan dalam sistem penghantar tegangan rendah.
  5. Y, mengisyaratkan bahwa kabel ini memiliki pelindung luar berupa selubung yang terbuat dari bahan dasar PVC.

Kabel NYYHY memiliki berbagai variasi tergantung pada standar dan peraturan setempat. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengacu pada peraturan dan persyaratan kabel yang berlaku di daerah kita.

Jika Anda berencana untuk menginstal kabel NYYHY, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional berpengalaman di bidang listrik untuk memastikan pemasangan kabel dilakukan dengan benar sesuai kebutuhan.

Kabel NYYHY juga dapat digunakan sebagai penghantar kontrol untuk menghubungkan berbagai sistem kontrol, seperti sistem pengendalian mesin atau otomatisasi. Kabel ini dapat mengirimkan sinyal kontrol untuk mengaktifkan atau mematikan perangkat serta sistem kontrol lainnya.

Selain itu, kabel NYYHY juga bisa digunakan sebagai penghantar data dalam instalasi jaringan komputer atau jaringan LAN. Kabel ini mampu mengirimkan sinyal data untuk menghubungkan berbagai perangkat dalam jaringan, seperti server, printer, dan komputer.

Jenis Jenis Kabel NYYHY

Berikut ini adalah beberapa jenis kabel NYYHY yang umum kita jumpai dalam kehidupan sehari hari:

1. Kabel NYYHY 1,5 – 2,5 mm²

Kabel NYYHY ukuran ini umumnya dipakai dalam pemasangan listrik untuk rumah, kantor, atau gedung bertingkat dengan kebutuhan daya listrik rendah. Kabel ini mampu mengalirkan arus hingga 20 ampere dan toleransi tegangan mencapai 450/750 volt.

2. Kabel NYYHY 4 – 6 mm²

Kabel NYYHY ukuran ini kerap dimanfaatkan dalam pemasangan listrik yang memerlukan daya listrik sedang, seperti untuk peralatan industri, penerangan jalan, atau sistem tenaga surya. Kabel ini dapat menampung arus hingga 32 ampere dan mampu menangani tegangan hingga 450/750 volt.

3. Kabel NYYHY 10 – 16 mm²

Kabel NYYHY ukuran ini sesuai digunakan dalam pemasangan listrik dengan kebutuhan daya listrik besar, seperti distribusi listrik di pabrik, gedung bertingkat, atau kompleks perumahan. Kabel ini mampu mengalirkan arus hingga 56 ampere dan toleransi tegangan mencapai 450/750 volt.

4. Kabel NYYHY 25 – 35 mm²

Kabel NYYHY berdimensi ini umumnya dipakai dalam pemasangan listrik yang mengharapkan pasokan daya yang amat besar, contohnya pada pembangkit listrik ataupun stasiun transformator. Kabel ini memiliki kapasitas untuk membawa arus hingga 91 ampere dan tegangan hingga 450/750 volt.

5. Kabel NYYHY 50 – 95 mm²

Kabel NYYHY ukuran ini lazimnya diterapkan dalam pemasangan listrik pada proyek-proyek konstruksi yang menuntut keperluan daya listrik ekstra besar, seperti pembangkit listrik dari tenaga air ataupun sistem transportasi publik seperti kereta api atau MRT. Kabel ini dapat mengalirkan arus hingga 178 ampere dan tegangan hingga 450/750 volt.

Baca Juga :  Cara Menghitung Kebutuhan Lampu Pada Ruangan Sebuah Rumah

6. Kabel NYYHY 120 – 240 mm²

Kabel NYYHY ukuran ini kerap digunakan untuk pemasangan listrik yang membutuhkan suplai daya yang amat besar, seperti di lingkungan industri skala besar atau daerah padat penduduk yang memerlukan pasokan listrik yang melimpah. Kabel ini mampu mengalirkan arus hingga 320 ampere dan menangani tegangan hingga 450/750 volt.

Penutup

Sebagai penutup dari empatpilar.com ini, pengertian Kabel NYYHY memang sangat penting untuk diketahui, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang elektrikal atau konstruksi. Kabel jenis ini menawarkan keunggulan berupa fleksibilitas dan ketahanan terhadap berbagai kondisi lingkungan, membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk instalasi baik di dalam maupun di luar ruangan.

Memahami spesifikasi dan fungsi dari Kabel NYYHY tidak hanya akan mempermudah proses instalasi, tetapi juga akan meningkatkan efisiensi dan keamanan suatu sistem kelistrikan. Dengan pengetahuan yang tepat, kita bisa membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih material dan komponen yang akan digunakan, sehingga menjamin keberlanjutan dan kekalianlan proyek. Jadi, selalu pastikan kalian memilih kabel dengan bijak untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan performa sistem kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *