Pengertian RCBO Adalah

Pengertian RCBO Adalah : Pembahasan Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pengertian RCBO Adalah : Pembahasan Secara Lengkap. Pengertian RCBO Adalah merupakan topik yang penting untuk dipahami oleh semua orang yang berhubungan dengan instalasi listrik. RCBO (Residual Current Breaker with Overcurrent) adalah perangkat keamanan yang berfungsi untuk melindungi instalasi listrik dari arus bocor dan arus lebih.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara detail tentang pengertian RCBO Adalah, bagaimana RCBO bekerja, manfaatnya, serta pertanyaan umum seputar penggunaan RCBO.

Pengertian RCBO Adalah adalah perangkat listrik yang digunakan untuk melindungi instalasi listrik dari risiko arus bocor dan arus lebih. RCBO adalah gabungan dari dua perangkat, yaitu RCCB (Residual Current Circuit Breaker) dan MCB (Miniature Circuit Breaker).

RCCB berfungsi untuk mendeteksi adanya arus bocor, sedangkan MCB berfungsi sebagai pengaman terhadap arus lebih.

Pengertian RCBO Adalah

RCBO (Residual current Circuit Breaker with Over current Protection) merupakan inovasi terkini dari Schneider Electric yang mengintegrasikan fungsi MCB (Miniature Circuit Breaker) dan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker).

Dengan desain yang lebih kompak, RCBO ini dirancang untuk menghemat ruang. Manfaat lain dari RCBO adalah kemampuannya dalam mendeteksi kerusakan pada jaringan listrik dengan lebih mudah.

Pemasangan RCBO sangat dianjurkan di wilayah dengan tingkat kelembaban tinggi seperti kamar mandi, dapur, dan kolam renang. Secara umum, RCBO dioptimalkan untuk digunakan di area-area rumah yang lembab.

Singkatan RCBO

RCBO adalah akronim dari Residual Current Circuit Breaker with Over Current Protection, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Pemutus Sirkuit Arus Sisa dengan Perlindungan Arus Lebih.

Alat ini memiliki peran penting dalam sistem proteksi listrik, di mana fungsinya adalah memutus sambungan listrik atau dikenal dengan istilah ‘trip’ jika terdapat dua kondisi tertentu:

  • Arus sisa atau arus bocor
    kondisi ini terjadi ketika arus listrik ‘mengalir’ keluar dari sirkuit yang seharusnya, baik itu ke tanah atau melalui jalur yang tidak aman lainnya. Ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti peralatan listrik yang rusak atau instalasi yang tidak tepat.
  • Arus lebih
    kondisi ini dapat terjadi akibat hubungan singkat (short circuit) atau beban listrik yang terpasang melebihi kapasitas yang diberikan (overload). Misalnya, jika jumlah peralatan listrik yang terhubung ke sirkuit melebihi kapasitas maksimal yang bisa ditangani oleh sirkuit tersebut, maka RCBO akan ‘trip’ untuk melindungi sistem dari kerusakan lebih lanjut.

Dengan demikian, RCBO menjadi elemen penting dalam menjaga keamanan dan efisiensi sistem listrik, khususnya di area yang berpotensi kelembaban tinggi seperti kamar mandi, dapur, dan kolam renang.

Fungsi RCBO

Seperti kami jelaskan di atas RCBO ini merupakan alat keamanan dengan banyak kegunaan, beberapa diantaranya adalah:

1. Memutus arus listrik saat terjadi korsleting

Korsleting listrik atau hubung singkat adalah suatu gangguan yang terjadi ketika kutup positif (+) atau fasa terhubung dengan kutup negatif (-) atau netral. Saat korsleting terjadi dalam sebuah instalasi listrik, arus listrik akan mengalami lonjakan yang sangat tinggi.

Korsleting dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kulit kabel yang terkelupas sehingga menyebabkan kabel fasa dan netral saling terhubung saat terjadi kontak di area tersebut. Selain itu, peralatan elektronik yang mengalami masalah juga dapat menyebabkan terjadinya korsleting.

Seperti yang banyak diketahui, korsleting merupakan kondisi yang berpotensi membahayakan keamanan karena seringkali menjadi penyebab kebakaran di rumah. Namun, ketika RCBO dipasang sebagai perlindungan pada jaringan listrik di rumah, alat ini akan secara otomatis memutus aliran listrik saat terjadi korsleting.

2. Memutus aliran listrik saat terjadi Overload (Beban Berlebih)

Beban berlebih atau overload adalah kondisi yang terjadi ketika beban yang terhubung pada suatu instalasi listrik melebihi kapasitas listrik yang disediakan oleh PLN.

Misalnya, jika rumah Kalian memiliki pasokan listrik PLN dengan daya 900 Watt, dan Kalian menggunakan banyak peralatan elektronik seperti kulkas, rice cooker, dan pompa air listrik secara bersamaan dengan total daya melebihi 900 Watt, hal ini akan menyebabkan terjadinya overload.

Baca Juga :  Cara Kerja Smart Sensor (Sensor Pintar) Secara Lengkap

Overload adalah kondisi yang tidak boleh diabaikan karena berpotensi merusak komponen instalasi listrik dan menghasilkan panas berlebih. RCBO (Residual Current Breaker with Overload protection) memiliki kemampuan untuk mendeteksi overload dan akan secara otomatis memutus aliran listrik jika beban mendekati kapasitas maksimumnya.

3. Memutus aliran listrik ketika ada orang tersengat listrik

Kita semua menyadari bahwa risiko yang terkait dengan aliran listrik adalah sengatannya yang bisa membahayakan manusia. Misalnya, jika ada kabel listrik yang terkelupas sedikit dan seseorang secara tidak sengaja menyentuhnya, orang tersebut dapat mengalami sengatan listrik.

Seperti halnya ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker), RCBO (Residual Current Breaker with Overload protection) dapat mendeteksi adanya “kontak fisik” atau “orang yang tersetrum” dengan membandingkan arus fasa dan netral. Jika terdapat ketidakseimbangan arus pada kedua kabel tersebut, RCBO secara otomatis akan memutus aliran listrik untuk mencegah terjadinya dampak dari kontak fisik yang terjadi.

Cara Kerja RCBO

Masih dalam pembahasan Pengertian RCBO Adalah, nah berikut ini kami akan jelaskan mengenai Cara Kerja RCBO, ada dua cara kerja dari RCBO, simak di bawah ini :

1. Prinsip Kerja RCBO mendeteksi Kebocoran Arus

Metode yang RCBO gunakan untuk mendeteksi arus bocor adalah dengan mengukur dan membandingkan arus di kabel fasa dan netral. Ini merujuk pada prinsip dari hukum Kirchoff yang menyatakan, “Nilai arus yang mengalir masuk ke dalam penghantar adalah sama dengan arus yang mengalir keluar dari penghantar tersebut.”

Untuk menjelaskan cara kerja RCBO, silakan lihat gambar di atas:

  1. Misalnya, saat seseorang mencoba menyalakan televisi dengan menyambungkannya ke stop kontak, tetapi tanpa sengaja mendapat sengatan listrik
  2. Insiden tersebut menyebabkan terjadinya “Kebocoran Arus,” di mana sebagian arus listrik mengalir ke tubuh orang tersebut.
  3. Dapat dilihat pada gambar bahwa arus yang masuk ke instalasi adalah 10 A, sedangkan arus yang keluar dari instalasi adalah 9,7 A.
  4. Perbedaan ini disebabkan oleh sebagian arus listrik yang mengalir ke “orang yang tersengat,” yaitu sebesar 0,3 A.
  5. Lalu, RCBO akan membandingkan nilai arus di kabel fasa dan netral dan mendapati bahwa keduanya tidak sama.
  6. Saat hal tersebut terjadi, RCBO akan langsung memutuskan aliran listrik di instalasi tersebut, sehingga “orang yang tersengat” bisa selamat.

2. Prinsip Kerja RCBO Mendeteksi Lonjakan Arus

Lonjakan arus bisa terjadi karena dua faktor utama, yaitu hubung singkat dan beban berlebih.

  • Hubung singkat terjadi saat arus listrik pada kabel fasa dan netral terkoneksi secara langsung, yang berakibat pada lonjakan arus yang sangat tinggi. Fenomena ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk kerusakan isolasi, kesalahan instalasi, atau benda asing yang mengakibatkan kontak langsung antara kabel fasa dan netral.
  • Beban berlebih terjadi ketika jumlah beban yang terhubung pada suatu rangkaian listrik melampaui kapasitas maksimum Circuit Breaker. Misalnya, jika Circuit Breaker memiliki spesifikasi dengan rating 6 Ampere, tetapi beban listrik yang terpasang mencapai 10 Ampere. Ketika semua perangkat elektronik dihidupkan dan mengalirkan arus sebesar 10 Ampere, maka Circuit Breaker akan langsung memutus aliran listrik guna mencegah kerusakan atau bahaya yang lebih serius.

RCBO mendeteksi kebocoran arus dengan memanfaatkan bahan bimetal yang terdapat di dalamnya. Bimetal adalah material yang terbuat dari dua logam yang memiliki koefisien ekspansi termal yang berbeda dan disatukan menjadi satu.

Untuk menjelaskannya dengan sederhana, ketika terjadi lonjakan arus, maka energi panas akan dihasilkan pada penghantar listrik. Energi panas ini membuat bahan bimetal pada RCBO melengkung.

Pembengkokan ini kemudian menyebabkan kotak saklar terbuka, dan akibatnya RCBO memutus aliran listrik pada rangkaian tersebut.

Jadi, bimetal pada RCBO berperan sebagai sensor suhu yang dapat merespon terhadap perubahan arus listrik, memutus rangkaian ketika suhu meningkat akibat kebocoran arus.

Cara Pasang RCBO

Berikut adalah langkah-langkah cara pasang RCBO (Residual Current Breaker with Overload protection):

  1. Mematikan Listrik:
    Pastikan listrik dalam rumah sudah dimatikan sebelum memulai pemasangan RCBO. Ini adalah langkah paling penting untuk memastikan keselamatan.
  2. Mempersiapkan Kabel:
    Siapkan 2 buah kabel yaitu kabel fasa dan kabel netral. Pastikan kabel tersebut sudah sesuai dengan stKalianr yang telah ditetapkan.
  3. Menyiapkan RCBO:
    RCBO biasanya terdiri dari dua bagian, bagian atas adalah MCB dan bagian bawah adalah RCD. Jadi, Kalian bisa memasang MCB dulu, lalu RCD.
  4. Pemasangan RCBO:
    Pasanglah RCBO tersebut setelah MCB dari PLN. Kabel fasa masuk ke terminal atas RCBO, sementara kabel netral masuk ke terminal bawah RCBO.
  5. Penyetelan Arus:
    Kalian bisa mengatur arus yang akan dipotong oleh RCBO jika terjadi overload atau jika ada arus bocor. Misalnya jika MCB PLN memiliki arus 6A, maka Kalian bisa menggunakan RCBO dengan arus yang sama.
  6. Pengujian:
    Setelah selesai memasang RCBO, ujilah terlebih dahulu sebelum digunakan secara umum. Kalian bisa menggunakan tester untuk memeriksa apakah RCBO sudah terpasang dengan benar dan berfungsi dengan baik.
Baca Juga :  Cara Membuat Rangkaian Seri dengan Baik dan Benar

Ingatlah, jika Kalian merasa tidak yakin atau tidak aman untuk melakukan pemasangan RCBO sendiri, sebaiknya hubungi profesional listrik. Keselamatan harus menjadi prioritas utama.

Penutup

Dengan demikian, empatpilar.com telah menguraikan secara mendalam tentang Pengertian RCBO Adalah. Artikel ini diharapkan telah memberikan pemahaman yang lengkap dan mendalam kepada pembaca mengenai Pengertian RCBO Adalah, bagaimana cara kerjanya, serta manfaat dan kegunaannya.

Dalam dunia listrik dan elektronik, pengetahuan tentang RCBO sangat penting, dan artikel ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi yang berguna bagi siapa saja yang ingin memperdalam pengetahuan mereka di bidang ini.

Penting untuk kita semua mengingat bahwa pemahaman yang baik tentang RCBO dapat membantu kita dalam mencegah risiko kebakaran dan kejadian tidak diinginkan lainnya yang disebabkan oleh masalah listrik. Dengan demikian, kita harus terus belajar dan meng-update pengetahuan kita, serta menggunakan teknologi ini dengan bijaksana dan aman.

Akhir kata, semoga apa yang telah kita bahas dalam artikel mengenai Pengertian RCBO Adalah ini memberikan manfaat dan wawasan yang bermanfaat kepada pembaca.

Sampai jumpa di artikel berikutnya. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/pengertian-rcbo-adalah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *