Pengertian Sensor Suhu LM35

Pengertian Sensor Suhu LM35 : Cara Kerja dan Kelebihannya Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Sensor Suhu LM35 : Cara Kerja dan Kelebihannya Lengkap. Sensor suhu adalah komponen penting dalam berbagai aplikasi yang membutuhkan pemantauan dan pengendalian suhu. Salah satu jenis sensor suhu yang populer adalah sensor suhu LM35.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci pengertian sensor suhu LM35, prinsip kerjanya, manfaatnya, dan berbagai pemanfaatannya dalam berbagai bidang.

Ingin tahu lebih banyak tentang pengertian sensor suhu LM35? Artikel ini akan membahas secara mendalam prinsip kerja sensor suhu LM35, manfaatnya, dan pemanfaatan dalam berbagai aplikasi. Temukan informasi yang Kalian butuhkan di sini.

Pengertian Sensor Suhu LM35

Sensor suhu LM35 merupakan komponen elektronika yang berfungsi untuk mengubah suhu menjadi sinyal listrik dalam bentuk tegangan.

Sensor suhu LM35 yang digunakan dalam penelitian ini diproduksi oleh National Semiconductor. Keunggulan LM35 adalah tingkat akurasi yang tinggi dan kemudahan dalam perancangan jika dibandingkan dengan sensor suhu lainnya.

Selain itu, LM35 juga memiliki impedansi keluaran yang rendah dan linieritas yang tinggi, sehingga mudah dihubungkan dengan rangkaian kendali khusus dan tidak memerlukan penyetelan tambahan.

Meskipun tegangan maksimal yang dapat dihasilkan oleh sensor ini mencapai 30 volt, pada penggunaannya tegangan yang diberikan kepada sensor hanya sebesar 5 volt.

Hal ini memungkinkan penggunaan catu daya tunggal dengan syarat bahwa LM35 hanya membutuhkan arus sebesar 60 µA.

Kemampuan LM35 untuk menghasilkan panas (self-heating) dari sensor dapat menyebabkan kesalahan pembacaan yang rendah, yaitu kurang dari 0,5 ºC pada suhu 25 ºC.

Pada gambar di atas, terlihat tampilan depan dan bagian bawah dari LM35. LM35 memiliki 3 pin yang memiliki fungsi masing-masing.

Pin 1 berfungsi sebagai sumber tegangan kerja untuk LM35, pin 2 (tengah) digunakan sebagai tegangan keluaran atau Vout dengan rentang kerja antara 0 Volt hingga 1,5 Volt.

Sensor LM35 dapat digunakan dengan tegangan operasi antara 4 Volt hingga 30 Volt. Keluaran sensor ini akan naik sebesar 10 mV setiap derajat Celsius, sehingga diperoleh persamaan sebagai berikut:

VLM35 = Suhu * 10 mV

Konfigurasi PinOut Sensor LM 35

Terdapat tiga pin pada LM35 yang memiliki fungsi masing-masing. Pin 1 berfungsi sebagai sumber tegangan kerja LM35, sedangkan pin 2 atau tengah digunakan sebagai tegangan keluaran atau Vout.

Rentang kerja tegangan keluaran ini adalah dari 0 Volt hingga 1,5 Volt. Sensor LM35 dapat dioperasikan dengan tegangan antara 4 Volt hingga 30 Volt :

Datasheet Sensor Suhu LM35

Setelah memahami Pengertian Sensor Suhu LM35, nah untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai datasheet sensor suhu LM35, dapat mengunjungi tautan unduhan datasheet LM35. Berikut ini beberapa fitur dan spesifikasi sensor suhu LM35:

  • Tegangan kerja berkisar antara 4 Volt DC hingga 30 Volt DC.
  • Output linear dengan peningkatan tegangan sebesar 10mV (0.01V) untuk setiap peningkatan suhu sebesar 1°C.
  • Arus kerja yang rendah, yaitu kurang dari 60 µA.
  • Dapat mengukur suhu dalam rentang -55°C hingga 150°C.
  • Akurasi ±0.5°C pada suhu ruangan 25 ºC.

Sensor suhu LM35 tersedia dalam berbagai jenis kemasan, seperti TO-92 (bentuk transistor), TO-46 (bentuk transistor logam), dan lainnya :


Karakteristik Sensor LM 35

Berikut adalah spesifikasi pin-out sensor LM35 pada jenis kemasan TO-92 (tipe transistor):

  1. Resolusi Sensor:
    10 mVolt/ºC, sehingga dapat dikalibrasi secara langsung dalam satuan Celcius.
  2. Keakuratan Kalibrasi:
    0,5 ºC pada suhu 25 ºC.
  3. Rentang Operasi Suhu Maksimal:
    -55 ºC hingga +150 ºC.
  4. Tegangan Kerja:
    4 volt hingga 30 volt.
  5. Konsumsi Arus Rendah:
    Kurang dari 60 µA.
  6. Pemanasan Diri yang Rendah (Low-Heating):
    Kurang dari 0,1 ºC pada udara diam.
  7. Impedansi Keluaran Rendah:
    0,1 W untuk beban 1 mA.
  8. Toleransi Ketidaklinieran:
    Hanya sekitar ± ¼ ºC.

Prinsip Kerja Sensor Suhu LM35

Masih dalam pembahasan Pengertian Sensor Suhu LM35, selanjutnya prinsip kerja sensor suhu LM35 terletak pada cara kerja komponen sensor dalam merespons perubahan suhu. Sensor ini memiliki karakteristik linear, yang berarti bahwa setiap perubahan suhu sebesar 1 derajat Celcius akan menghasilkan perubahan tegangan output sebesar 10 milivolt. Perubahan ini bersifat linear, yang berarti bahwa perubahan suhu dan tegangan sebanding.

Baca Juga :  Persamaan Flyback BSC25-0232K Secara Lengkap dan Mudah Dipahami

Dalam hal ini, jika suhu naik 10 derajat Celcius, tegangan output dari sensor akan naik 100 milivolt. Sebaliknya, jika suhu turun 10 derajat Celcius, tegangan output akan turun 100 milivolt.

Rumus dari sensor suhu LM35 bisa dirumuskan sebagai berikut:

Vout = 10mV/°C * T

Dimana:

  • Vout adalah tegangan output dari sensor.
  • T adalah suhu dalam derajat Celcius.

Hal penting lainnya untuk dicatat adalah bahwa sensor suhu LM35 dirancang untuk memiliki rentang operasional yang lebar, dari -55 derajat Celcius hingga 150 derajat Celcius, menjadikannya pilihan yang baik untuk berbagai aplikasi pengukuran suhu.

Sensor ini juga mempunyai kelebihan lain, yaitu tidak memerlukan kalibrasi eksternal untuk memberikan keluaran yang akurat, karena dia telah dikalibrasi di pabrik.

Pendeteksian Suhu Dengan LM35

Sensor ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi suhu dalam rentang 0 hingga 100 derajat Celsius. Karakteristiknya adalah setiap peningkatan 10 mV pada output sensor setara dengan peningkatan 1 derajat Celsius pada suhu.

Misalnya, ketika tegangan output sensor mencapai 300 mV, suhunya adalah 30 derajat Celsius, dan ketika tegangan output sensor mencapai 230 mV, suhunya adalah 23 derajat Celsius.

Untuk percobaan ini, kita menggunakan sumber tegangan 5 VDC dan sensor suhu LM35. Tujuan penggunaan AVO digital adalah untuk memudahkan pembacaan tegangan keluaran dari sensor.

Dalam percobaan ini, ujung kaki kiri (+5VDC) dihubungkan ke terminal positif menggunakan kabel merah sebagai catu daya.

Kemudian, kaki tengah sensor terhubung ke terminal positif menggunakan kabel merah AVO meter. Ini adalah tempat di mana kita dapat mengukur tegangan output dari sensor, yang nantinya akan memberikan informasi tentang suhu. Terakhir, kaki kanan sensor dihubungkan ke ground, yaitu pin dan klip hitam AVO meter dan catu daya.

Rangkaian Sensor Suhu LM35 Sederhana

LM35 dapat digunakan dalam rangkaian sensor suhu sederhana untuk membuat saklar otomatis yang mendeteksi perubahan suhu di dalam ruangan. Rangkaian ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan sesuai dengan kreativitas, seperti digunakan sebagai alarm kebakaran.

Berikut adalah skema rangkaian saklar otomatis dengan sensor suhu:

Kelebihan dan Kekurangan Sensor LM35

Sudah memahami Pengertian Sensor Suhu LM35 kan? nah berikutnya adalah penjelasan lebih rinci tentang kelebihan dan kekurangan sensor LM35:

1. Kelebihan sensor LM35:

  • Kisaran suhu yang luas dari -55 hingga +150 °C:
    Ini berarti sensor ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi yang membutuhkan pengukuran suhu dalam rentang ini. Dapat digunakan dalam penelitian ilmiah, otomotif, pemanas ruangan, pendingin ruangan, dan banyak lagi. Ini menjadikan sensor ini fleksibel dan serbaguna.
  • Pemanasan sendiri rendah, 0,08 °C:
    Ini berarti sensor ini tidak mempengaruhi suhu lingkungan yang diukur dengan pemanasan sendiri. Pemanasan rendah ini memungkinkan sensor untuk memberikan pembacaan yang akurat dan stabil.
  • Operasi pada tegangan dari 4 hingga 30 V:
    Sensor ini dapat bekerja pada berbagai tegangan operasi. Ini berarti bahwa sensor ini dapat digunakan dalam berbagai sistem dan perangkat yang memiliki sumber tegangan yang berbeda.
  • Sirkuit tidak rumit:
    Sensor ini memiliki desain yang sederhana, yang berarti mudah dipahami dan diimplementasikan dalam berbagai aplikasi. Ini juga berarti bahwa sensor ini cenderung lebih tahan lama dan kurang mungkin mengalami kerusakan.
  • Tidak diperlukan pengkondisian sinyal:
    Output dari sensor LM35 sudah dalam bentuk derajat Celsius, sehingga tidak memerlukan pengubahan atau kondisi sinyal tambahan. Hal ini memudahkan dalam pembacaan dan penginterpretasian data.

2. Kekurangan sensor LM35:

  • Membutuhkan sumber tegangan untuk operasi:
    Sensor ini tidak dapat bekerja tanpa sumber daya, yang bisa menjadi kendala dalam beberapa aplikasi. Misalnya, dalam aplikasi remote atau wireless, diperlukan sistem pengecasan atau sumber daya yang berkelanjutan, yang mungkin tidak selalu tersedia atau praktis.
Baca Juga :  Pengertian Media Transmisi : Karakteristik, Jenis dan Contohnya

Penutup

Dalam penutupan, telah empatpilar.com ulas secara mendalam mengenai pengertian sensor suhu LM35, cara kerjanya dan kelebihannya.

Sebagai sensor suhu yang mudah digunakan dan memiliki presisi yang tinggi, LM35 menjadi pilihan utama bagi banyak insinyur dan penggemar elektronika.

Kerja yang berbasis pada perubahan linier suhu membuat LM35 dapat menghasilkan pembacaan yang akurat dalam berbagai kondisi.

Akhirnya, kami berharap artikel mengenai Pengertian Sensor Suhu LM35 ini, mampu memberikan gambaran yang jelas tentang apa itu sensor suhu LM35, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja kelebihannya.

Dengan pemahaman ini, kita semua bisa memanfaatkan teknologi ini dengan lebih baik dan membuka peluang baru dalam inovasi dan penemuan di bidang elektronika dan teknologi suhu. Mari kita terus belajar dan berinovasi untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/pengertian-sensor-suhu-lm35/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *