Cara Pasang Kabel Aki Motor

Tips Cara Pasang Kabel Aki Motor Yang Baik dan Benar

Posted on

Empat Pilar – Tips Cara Pasang Kabel Aki Motor Yang Baik dan Benar. Ingin tahu cara pasang kabel aki motor yang benar dan aman? Ikuti panduan lengkap ini untuk memastikan Kamu berhasil melakukannya dengan mudah dan cepat.

Ketika Kamu memutuskan untuk mengganti atau memasang kabel aki motor, ada beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan.

Artikel ini akan membahas cara pasang kabel aki motor dengan mudah dan aman, lengkap dengan berbagai tips dan trik yang perlu Kamu ketahui. Mari kita mulai!

Pengertian Aki Motor

Accu atau Aki adalah komponen yang umum ditemukan pada kendaraan. Fungsinya sebagai penyimpan daya listrik yang diperlukan agar mesin kendaraan dapat menyala. Saat mesin kendaraan dihidupkan, daya listrik yang dihasilkan akan disimpan di dalam baterai terlebih dahulu sebelum didistribusikan ke komponen kendaraan lainnya.

Meskipun Aki penting, namun sebenarnya bukan merupakan komponen vital yang menentukan kinerja kendaraan. Contohnya, pada motor, baterai hanya digunakan saat melakukan starter atau menyalakan sistem kelistrikan. Baterai hanya berfungsi sebagai penyimpan energi listrik dan melepaskannya saat dibutuhkan.

Namun, meskipun bukan komponen yang paling vital, peran baterai tetap penting bagi kinerja kendaraan. Jika baterai mengalami kerusakan atau soak, kinerja sistem kelistrikan kendaraan akan terganggu bahkan dapat membuat kendaraan mogok dan sulit dihidupkan.

Oleh karena itu, menjaga Aki tetap dalam kondisi baik sangat penting. Hal ini akan membuat penggunaan kendaraan lebih nyaman dan aman.

Fungsi Aki Motor

Sebuah kendaraan membutuhkan arus listrik untuk bekerja dan menghidupkan mesin. Untuk mendukung proses tersebut, digunakanlah komponen bernama aki sebagai tempat penyimpanan listrik.

Namun, selain sebagai tempat penyimpanan listrik, aki juga memiliki fungsi lain pada kendaraan motor. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai fungsi-fungsi aki motor:

1. Menstabilkan Tegangan

Aki merupakan komponen yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan pada kendaraan. Sebelum mencapai aki, tegangan AC yang dihasilkan oleh motor akan disetabilkan oleh kiprok terlebih dahulu.

Dengan demikian, saat mencapai aki, tegangan listrik telah stabil dan terjadi konversi dari arus AC menjadi arus DC. Arus listrik tersebut siap didistribusikan ke seluruh komponen kendaraan.

2. Sumber Energi Listrik

Aki juga berfungsi sebagai sumber energi listrik pada kendaraan seperti mobil atau sepeda motor. Aki membantu kendaraan untuk menyala saat mesin dihidupkan.

3. Menyimpan Energi Listrik

Aki kendaraan juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi listrik. Ketika energi listrik masuk ke dalam aki, terjadi reaksi kimia yang mengubah energi listrik tersebut menjadi bahan kimia yang dapat disimpan dan didistribusikan ke seluruh komponen kendaraan.

Jalur Kabel Aki Motor

Sebelum kalian memahami Cara Pasang Kabel Aki Motor, Kalian harus pahami dulu jalur kaber aki motor. Kabel aki terdiri dari dua jenis, yaitu kabel positif dan negatif. Kabel positif berwarna merah, sedangkan kabel negatif berwarna hitam. Kedua kabel tersebut memiliki jalur yang berbeda.

Kabel positif aki terhubung dengan motor starter, yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke mesin agar bisa dinyalakan.

Selain itu, kabel positif juga terhubung ke beberapa komponen lain, seperti dinamo ampere, yang berfungsi untuk mengisi daya listrik pada aki.

Sementara itu, kabel negatif atau hitam terhubung ke massa atau sasis motor. Kabel ini juga dikenal sebagai kabel grounding, yang berfungsi untuk menstabilkan arus listrik yang mengalir sehingga kinerja kelistrikan menjadi lebih optimal saat digunakan.

Cara Pasang Kabel Aki Motor

Setelah mengetahui beberapa hal tentang kabel aki motor, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu cara pasang kabel aki motor.

Baca Juga :  Kenali, Perbedaan Shock Tabung dan Biasa : Kelebihan dan Kekurangan

Untuk kalian yang ingin ganti aki motor namun belum mengetahui bagaimana cara pasang aki motor, maka bisa melihat caranya dibawah ini.

1. Posisi Kunci Off

Sebelum melakukan penggantian aki dan melepas kabel aki, pastikan posisi kunci motor sudah dalam posisi off.

Hal ini sangat penting karena jika posisi kunci masih on, maka arus listrik masih dapat dialirkan ke sistem kelistrikan kendaraan, sehingga dapat menyebabkan bahaya listrik atau kerusakan pada komponen elektronik.

2. Lepas Kabel Negatif

Langkah selanjutnya setelah memastikan posisi kunci off adalah melepaskan kabel negatif terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting atau percikan api yang dapat menyebabkan kecelakaan atau kerusakan pada kendaraan.

Sebelum melepas kabel negatif, pastikan untuk menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan atau kain untuk menghindari terjadinya kontak langsung dengan kabel dan mengalirnya arus listrik yang dapat membahayakan keselamatan Kalian.

Setelah kabel negatif terlepas, baru melepas kabel positif dengan hati-hati untuk menghindari kontak dengan kabel negatif atau bagian lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya korsleting atau percikan api.

3. Bersihkan Ujung Kabel

Setelah kedua kabel terlepas dari aki motor, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian ujung kabel yang terhubung ke aki.

Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau oksidasi pada kabel yang dapat menghambat aliran arus listrik.

Kalian dapat membersihkan ujung kabel dengan menggunakan amplas atau sikat kecil yang dapat membantu menghilangkan kotoran dan karat pada kabel.

Setelah itu, periksa kembali kabel apakah masih dalam kondisi baik atau sudah rusak dan perlu diganti.

4. Pasang Kabel Positif

Setelah membersihkan kabel, selanjutnya pasang aki yang baru dengan hati-hati. Mulailah dengan memasang kabel positif terlebih dahulu, karena pada saat melepas kabel aki, kabel negatif dilepas terlebih dahulu.

Pastikan kabel positif terpasang dengan baik dan kencang pada terminal positif aki, lalu ikat kabel dengan klem atau baut pengunci.

Penting untuk memastikan bahwa kabel positif terhubung dengan benar dan tidak ada kendor atau longgar.

5. Periksa Kembali

Setelah semua kabel terpasang dengan baik, nyalakan mesin dan periksa kembali sistem kelistrikan kendaraan.

Pastikan semua lampu, klakson, dan sistem elektronik lainnya berfungsi dengan baik. Jika ada masalah, periksa kembali kabel dan pastikan kencang dan terpasang dengan benar.

Daftar Harga Aki Motor

Setelah kalian memahami Cara Pasang Kabel Aki Motor, nah berikutnya kami rekomendasikan Daftar harga aki motor bisa dilihat di bawah ini.

1. Aki GS

  • GS Y GTZ5S Accu Kering mulai dari Rp135.000 untuk Yamaha Mio J
  • GS ASTRA OTOPART MAINTENANCE GT6A mulai dari Rp185.000
  • GS GTZ5S Aki Kering mulai dari Rp150.000 untuk Honda Vario 110 cc
  • GS Astra GTZ5S Sealed MF mulai dari Rp209.900

2. Aki Yuasa

  • Yuasa TYZ5S Aki Kering mulai dari Rp185.000 untuk Honda BeAT
  • Yuasa GTZ8V Aki Kering mulai dari Rp400.000 untuk Vespa LX 150
  • Yuasa YTZ5S Aki Kering mulai dari Rp199.000 untuk Honda Karisma, Vario, BeAT, Xeon
  • Yuasa YTZ7V Accu Kering mulai dari Rp290.000 untuk motor Yamaha NMAX

3. Aki Motobatt

  • Motobatt MTX9 Aki Kering / Aki Gel mulai dari Rp275.000 untuk motor Bajaj Pulsar
  • Motobatt MTX7D Aki Kering mulai dari Rp255.000 untuk motor Yamaha Scorpio
  • Motobatt MTZ5S Aki Kering mulai dari Rp160.000 untuk Yamaha Vixion tipe lama
  • Motobatt MTZ6S Aki Kering mulai dari Rp245.000 untuk Suzuki Satria FU

4. Aki Motorcell

  • Motorcell GTZ5S Aki Kering mulai dari Rp105.000 untuk Yamaha Jupiter MX
  • Motorcell GTZ5S Aki Kering mulai dari Rp105.000 untuk Honda BeAT
  • Motorcell GTZ5S Aki Kering mulai dari Rp105.000 untuk Yamaha Byson
  • Motorcell GTZ5S Aki Kering mulai dari Rp105.000 untuk Yamaha Fino

Semoga daftar harga aki motor di atas dapat membantu sebagai referensi untuk motor Kalian. Selamat melanjutkan aktivitas kamu berikutnya!

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Cara Pasang Kabel Aki Motor Yang Baik dan Benar yang telah kami sampaikan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Mengeluarkan Angin : Penyebab dan Solusi

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Cara Pasang Kabel Aki Motor ini, bermanfaat bagi Kalian yang ingin memasang kabel aki motor dengan cara yang tepat dan aman.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan saat bekerja dengan kabel aki dan gunakan peralatan yang sesuai.

Terapkan tips yang telah kami berikan agar Kalian dapat merawat kendaraan Kalian dengan baik dan menghindari kerusakan yang tidak perlu. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *