Tabel Ukuran Pipa Kapiler

Tabel Ukuran Pipa Kapiler, Untuk AC 1 PK dan Cara Membacanya

Posted on

Empat Pilar – Tabel Ukuran Pipa Kapiler, Untuk AC 1 PK dan Cara Membacanya. AC terdiri dari banyak komponen, salah satunya adalah pipa kapiler. Pipa ini merupakan komponen elektronik penting karena berfungsi sebagai penurun tekanan refrigeran dan sebagai pengalir refrigeran dari kulkas menuju evaporator.

Ada berbagai ukuran pipa kapiler yang tersedia, tabel ukuran yang sering dipakai sebelum membeli pipa dapat dilihat di bawah ini.

Temukan cara membaca tabel ukuran pipa kapiler untuk AC 1 PK, serta tips dan trik untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi dalam pemakaian.

Saat memasang sistem pendingin udara di rumah atau kantor, penting untuk memilih ukuran pipa kapiler yang tepat.

Tabel Ukuran Pipa Kapiler, Untuk AC 1 PK dan Cara Membacanya adalah alat penting yang membantu memastikan efisiensi dan kinerja maksimal dari sistem pendingin kalian.

Pengertian Pipa Kapiler

Pipa kapiler adalah bagian dari mesin pendingin, seperti AC dan kulkas. Pipa kapiler ini merupakan pipa yang paling kecil dibandingkan dengan pipa-pipa lainnya.

Ukuran pipa kapiler untuk frezzer atau dispenser adalah 0,26″ hingga 0,31″, sedangkan untuk AC berukuran 1/2 hingga 2 pk adalah 0,5″ hingga 0,7″.

Kerusakan pada pipa kapiler biasanya disebabkan oleh kebuntuan akibat masuknya kotoran dan oli.

Gas refrigerant yang keluar dari kompresor dalam keadaan bertekanan tinggi mengalir melalui pipa kondensor (outdoor) dan melewati proses penyaringan yang disebut drier strainer sebelum masuk ke pipa kapiler.

Panjang pipa kapiler yang dibutuhkan pada mesin pendingin biasanya sekitar 80 hingga 100 cm. Pipa kapiler biasanya diletakkan dalam gulungan untuk menghemat ruang, dengan menggunakan mal kapasitor bekas agar tidak tertekuk.

Fungsi Pipa Kapiler

Sebelum mengetahui Tabel Ukuran Pipa Kapiler, kalian harus memahami fungsi pipa kapiler terlebih dahulu. Pipa kapiler memiliki beberapa fungsi untuk kulkas, diantaranya adalah:

1. Menghubungkan Dua Bagian Komponen

Di dalam kulkas terdapat dua komponen yang bekerja secara bersamaan, yaitu komponen dengan tekanan tinggi dan komponen dengan tekanan rendah.

Pipa kapiler berfungsi untuk menghubungkan kedua komponen tersebut. Cara kerjanya adalah dengan mengubah tekanan pada komponen dengan tekanan tinggi sebelum melewati pipa kapiler.
Setelah melewati pipa kapiler, tekanan pada komponen tersebut menjadi rendah.

Jika suhu dan tekanan turun, maka suhu dapat menurun hingga menjadi fase cairan. Hal ini akan membuat suhu dalam kulkas menjadi terendah.

2. Mengalirkan Refrigan

Ukuran pipa kapiler pada AC 1 pk memang bervariasi, tetapi fungsinya tetap sama yaitu untuk mengalirkan refrigeran.

Refrigeran adalah komponen yang berbentuk cairan di dalam kulkas, sehingga perpindahannya harus melalui pipa kapiler. Tidak jarang, saat refrigeran mengalir, terdengar suara seperti air yang mengalir.

Ukuran pipa kapiler harus disesuaikan dengan baik sebagai pengalir refrigeran. Umumnya, pabrikan kulkas telah menyediakan ukuran standar untuk pipa kapiler yang digunakan.

Jika ingin menggantinya, harus merujuk pada ukuran tersebut atau diameternya dan panjang pipa kapiler yang terhubung.

Tabel Ukuran Pipa Kapiler

Terdapat berbagai macam jenis dan ukuran pipa kapiler. Untuk mengetahui ukuran pipa kapiler, Kalian dapat melihat diameter bagian dalam pipa.

Berbeda dengan pipa tembaga yang diukur dari bagian luar pipa. Rincian komponen pipa kapiler adalah sebagai berikut:

 

  1. Pipa kapiler menghubungkan saringan dengan evaporator, sehingga kulkas dapat berfungsi secara ideal dengan memberikan batasan tekanan pada komponen bertekanan tinggi dan rendah.
  2. Di bagian tengah terdapat saluran hisap yang dipasang dengan cara disolder. Fungsinya sebagai penukar kalor di dalam kulkas.
Baca Juga :  Cara Membuat Rangkaian Lampu LED Yang Mudah: Untuk Rumah

Berikut adalah Tabel Ukuran Pipa Kapiler kulkas 1 pintu yang dapat memudahkan Kalian mengetahuinya:


Dari tabel berikut, dapat dilihat bahwa semua ukuran inside diameter (ID) pipa kapiler dikalikan dengan panjang pipa untuk mengetahui ukuran pipa yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulkas.
Metode ini sering digunakan jika Kalian tidak mengetahui ukuran pasti dari pipa kapiler dalam kulkas dan ingin menggantinya.

Terdapat tabel ukuran pipa kapiler yang dapat digunakan sebagai rincian lebih lanjut untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kulkas yang digunakan. Tabel tersebut adalah sebagai berikut:

Cara Membaca Ukuran Pipa Kapiler

Setelah memahami Tabel Ukuran Pipa Kapiler, selanjutnya untuk mengetahui ukuran pipa kapiler, Anda perlu mencatat ukuran inside diameter pipa di bagian kiri tabel.

Kemudian, tarik garis horizontal ke kanan untuk menemukan faktor pengali. Kalikan panjang pipa dengan faktor pengali yang ditemukan.

Dengan cara ini, Anda akan menemukan ukuran pipa kapiler baru yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah cara membaca panjang pada pipa kapiler:

  1. Catat ukuran inside diameter pada kolom kiri tabel.
  2. Tarik garis horizontal ke kanan untuk menemukan faktor pengali.
  3. Kalikan panjang pipa dengan faktor pengali yang ditemukan.
  4. Dengan cara ini, Anda akan menemukan ukuran pipa kapiler baru yang sesuai dengan kebutuhan kulkas.

Daftar Harga Pipa Kapiler Terbaru

Berikut kami berikan rekomenasi Daftar harga pipa kapiler tembaga terbaru, sebagai berikut :

Harga PIPA KAPILER 0,26 METERAN / PER METERRp5,200
Harga Pipa Kapiler Tembaga 0.54Rp7,300
Harga Pipa Kapiler 0,80 mm Tembaga Meteran-Pipa Capiler AC-Kapiler KulkasRp12,500
Harga PIPA KAPILER / CAPILER 0,26 TERMURAH DAN TERLARISRp129,000
Harga PIPA KAPILER 0,28 METERAN / PER METERRp5,200
Harga PIPA KAPILER 0,54 METERAN / PER METERRp7,000
Harga pipa capiler 0.31 pipa kapilerRp148,000
Harga PIPA KAPILER 0,80 METERAN / PER METERRp9,400
Harga tang jepit pipa kapiler merk valueRp85,000
Harga Pipa kapiler 0.31Rp5,700

Penutup

Demikianlah pembahasan dari empatpilar.com mengenai Tabel Ukuran Pipa Kapiler untuk AC 1 PK dan cara membacanya yang telah kami sampaikan.

Semoga informasi ini membantu Kalian dalam memahami berbagai ukuran pipa kapiler yang sesuai untuk AC 1 PK dan cara yang tepat untuk membaca tabel tersebut.

Dengan mengetahui Ukuran Pipa Kapiler yang tepat, Kalian dapat mengoptimalkan kinerja AC serta mencegah kerusakan yang mungkin terjadi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi AC profesional jika Kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan bantuan dalam pemasangan atau perawatan AC Kalian.

Selamat mencoba dan semoga sukses!.

Baca juga :

Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/tabel-ukuran-pipa-kapiler/,Tabel ukuran pipa kapiler kulkas,Ukuran pipa kapiler berdasarkan pk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *