TV LED Toshiba Suara Hilang

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LED Toshiba Suara Hilang

Posted on

Empat Pilar – TV LED Toshiba Suara Hilang, Menikmati film atau acara TV di rumah tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Namun, hal itu bisa saja terganggu oleh masalah suara yang hilang pada TV LED Toshiba.

Hal ini tentu menjadi hal yang sangat menjengkelkan karena membuat kualitas tontonan menjadi buruk. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab dan cara mengatasi masalah suara hilang pada TV LED Toshiba.

Kita akan mempelajari bagaimana mengatasi masalah ini secara efektif dan cepat, sehingga Anda bisa kembali menikmati tontonan favorit Anda.

Apa itu TV LED

LED adalah singkatan dari Dioda Pengeluaran Cahaya. TV LED bekerja mirip dengan panel LCD, tetapi menggunakan lampu LED sebagai sumber cahaya. Jika Anda memiliki TV LED, itu berarti bahwa panel yang digunakan adalah panel LCD yang menggunakan LED sebagai sumber cahaya.

Lampu fluoresen pada TV LCD selalu berada di belakang layar. Pada TV LED, LED penerang dapat ditempatkan di belakang layar atau di sekitar tepi layar. Perbedaan jenis lampu dan penempatan cahaya ini pada dasarnya memungkinkan TV LED lebih tipis daripada LCD, meskipun ini mulai berubah.

Ini juga berarti bahwa TV LED bekerja dengan efisiensi energi yang lebih baik dan dapat menghasilkan gambar yang lebih jelas dan terang daripada TV LCD pada umumnya.

Cara Mengatasi TV LED Toshiba Suara Hilang

Seiring dengan berjalannya waktu dan pemakaian mesin, televisi pasti akan mengalami kerusakan, baik itu pada bagian dalam mesin atau bagian luar televisi itu sendiri.

Jenis kerusakan bervariasi, dan salah satunya adalah kerusakan pada sistem audio atau suara.

Masalah yang sering terjadi pada sistem suara biasanya adalah suara televisi yang kecil, suara yang serak, suara yang tidak jelas, bahkan ada yang tidak memiliki suara sama sekali atau suaranya hilang.

Ada berbagai penyebab yang pasti harus diketahui, apa saja dan bagaimana cara mengatasinya. Mari kita bahas di bawah ini.

1. Pastikan Pengaturan Suara Sudah Benar

Periksalah apakah televisi kita berada dalam mode “MUTE”. Televisi tidak akan mengeluarkan suara meskipun kita mengganti kanal jika televisi berada dalam mode mute. Biasanya, ada logo atau ikon berupa gambar speaker yang terkunci di sudut layar televisi jika televisi berada dalam mode mute. Untuk menonaktifkannya, tekanlah tombol mute yang ada pada remote.

2. Periksa Kondisi Speaker

Speaker adalah komponen utama dalam televisi yang bertugas mengeluarkan suara. Oleh karena itu, memeriksa kondisi speaker apakah masih normal atau sudah rusak merupakan langkah penting untuk mengatasi masalah suara televisi yang hilang.

Seperti biasa, televisi dilengkapi dengan dua buah speaker agar suara menjadi stereo dan lebih enak didengar. Kerusakan pada speaker biasanya disebabkan oleh putusnya gulungan tembaga di dalam speaker atau putusnya kabel yang menyebabkan hilangnya suara.

3. Cek Tegangan Jalur Audio

Pada umumnya tegangan IC Audio berkisar antara 12 – 15 volt arus DC, jika kurang dari itu kemungkinan besar kerusakan ataupun yang menyababkan suara tv hilang terjadi pada IC Audio. Jadi memeriksa tegangan jalur audio juga penting untuk dilakukan karena merupakan komponen penting yang mengendalikan suara tv.

4. Menyolder Ulang Kaki IC Audio

Jika kita menemukan masalah seperti suara televisi hilang pada televisi yang sudah lama digunakan atau memiliki usia tua, ini biasanya disebabkan oleh soldering yang retak atau longgar, sehingga IC tidak terhubung dengan sempurna.

Baca Juga :  Sejarah Internet dan Manfaatnya Secara Lengkap

Biasanya, jika soldering sudah retak dan tidak terhubung dengan baik, saat televisi digoyangkan atau dipukul, suara akan muncul kembali. Ada juga yang hanya memiliki suara yang tidak jelas dan kemudian suara itu hilang lagi.

Hal yang bisa kita lakukan jika hal seperti diatas terjadi adalah solder ulang semua kaki IC Audio. Selanjutnya setelah penyolderan selesai, kita periksa juga kondisai IC Control tv, karena bisa jadi ada solderan yang longgar juga pada kaki IC Control.

Penyebab TV LED Toshiba Suara Hilang

Setelah membahas solusi untuk masalah suara televisi yang hilang, ada baiknya kita juga membahas penyebab masalah tersebut. Biasanya, penyebab suara televisi yang hilang adalah adanya masalah pada sistem audio, seperti kerusakan pada speaker, IC Audio, atau adanya jalur yang putus.

Kerusakan ini bisa terjadi karena pemakaian yang lama dan membuat komponen-komponen tersebut longgar atau lemah, sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Selain masalah pada sistem audio atau speaker, ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan suara tv hilang. Misalnya saat gambar tv bagus, tetapi suara tidak ada. Sebelum mencari solusinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan dan identifikasi masalah. Berikut beberapa poin yang perlu diperiksa:

  • Televisi menggunakan IF modul, didalamnya berisi penguat IF gambar dan MSP.
  • MSP fungsinya untuk memproses penerimaaan suara stereo serta untuk kontrol suara.
  • Penguat audio berfungsi normal.
  • Seteleh diperiksa memakai osiloskop, bagian IF modul tidak keluar suara ( pin-16/18 ) audio out.

Langkah langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi TV LED Toshiba Suara Hilang dengan penyebab diatas adalah:

1. Cek Komunikasi Data SDA/SCL

Yang pertama, kita harus memeriksa komunikasi data SDA/SCL antara mikrokontroller dan IC MSP yang terdapat dalam modul. Kita bisa menggunakan fitur SELF CHECK yang ada pada modul ini. Cara melakukannya sebagai berikut:

  • Yang pertama adalah kita masuk ke “service mode” terlebih dulu
  • Selanjutnya klik tombol “sembilan” (9)
  • Kemudian akan muncul display yang menerangkan apakah ada masalah pada sistem BUS LINE (SDA/SCL)
  • Selanjutnya jika ternyata BUS LINE tidak ada masalah, itu berarti IC MSP masih bekerja normal.

Karena IC MSP masih normal, maka yang perlu diperiksa selanjutnya yaitu “data eeprom”.

2. Cek Data Eprom

Langkah yang kedua atau yang selanjutnya yaitu memeriksa data eprom melalui DESIGN MODE. Berikut ini caranya :

  • Langkah pertama adalah masuk ke mode “service”
  • Kemudian tekan dan tahan tombol “DISPLAY” (CALL) pada remote, dan tekan tombol “MENU” pada TV
  • Gunakan tombol “PROGRAM UP/DOWN” untuk mencari dan memilih item MTS
  • Jika data MTS berubah menjadi “0”, itu menunjukkan ada masalah. Ubah data menjadi “1” menggunakan tombol “VOL-UP”
  • Keluarlah dari mode DESIGN dengan mematikan TV
  • Nyalakan TV kembali dan suara akan normal kembali.

Layanan Call Center TV Toshiba

Apabila telah menggunakan cara cara diatas tetapi tetap tidak keluar suaranya, sebaiknya anda hubungi call center ataupun service center dari toshiba.

Nomor Telepon : ( 021 ) 2664 5888
Alamat Email : sales.toshiba@carrier.co.id

Penutup

Dengan memahami penyebab dan cara mengatasi TV LED Toshiba suara hilang, maka kita bisa memecahkan masalah tersebut dengan lebih mudah dan efektif.

Terlepas dari kerusakan pada speaker atau kabel audio, masalah suara hilang bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada IC audio atau komunikasi data SDA/SCL antara mikrokontrol dan IC MSP.

Oleh karena itu, melakukan pemeriksaan dan mencoba beberapa langkah mengatasi seperti memeriksa mode mute, memeriksa kondisi speaker, masuk ke service mode, dan lain sebagainya adalah hal yang bijaksana untuk dilakukan.

Dengan demikian, suara TV LED Toshiba kita kembali normal dan kita bisa menikmati tontonan favorit kita dengan suara yang jernih dan enak didengar. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  √ Pengertian Alat Ukur Volume dan Jenis-Jenisnya Lengkap
Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/tv-led-toshiba-suara-hilang/,https://www empatpilar com/tv-led-toshiba-suara-hilang/#Cara_Mengatasi_TV_LED_Toshiba_Suara_Hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *