Ukuran Kertas A6 Dalam Beberapa Satuan

Ukuran Kertas A6 Dalam Beberapa Satuan (mm, cm, inci dan pixel)

Ukuran Kertas A6 Dalam Beberapa Satuan – Kertas A6 adalah ukuran kertas yang lebih kecil dari ukuran kertas A5. Ukurannya adalah 105 x 148 mm atau 4,13 x 5,83 inci. Kertas A6 sering digunakan untuk cetakan kecil seperti kartu nama, undangan, dan kartu ucapan. Selain itu, ukuran ini juga sering digunakan untuk membuat buku harian atau buku catatan kecil.

Ukuran Kertas A6 Dalam Beberapa Satuan

1. Kertas Ukuran A6 dalam Satuan mm

Ukuran kertas A6 dalam milimeter adalah 105 x 148 mm. Kertas A6 merupakan ukuran kertas yang lebih kecil dari ukuran kertas A5, dan sering digunakan untuk cetakan kecil seperti kartu nama, undangan, dan kartu ucapan. Selain itu, ukuran ini juga sering digunakan untuk membuat buku harian atau buku catatan kecil yang praktis dibawa ke mana saja.

2. Ukuran kertas A6 dalam Satuan cm

Menurut sumber yang sama, ukuran kertas A6 dalam centimeter adalah 10,5 cm untuk lebar (Width) dan 14,8 cm untuk panjang (Height). Bila dikonversikan ke milimeter, maka ukurannya adalah 105 mm untuk lebar dan 148 mm untuk panjang. Dalam satuan inci, ukurannya adalah 4,13 x 5,83 inci. Kertas A6 setara dengan setengah ukuran kertas A8 dan seperempat ukuran kertas A4. Kertas A6 merupakan ukuran yang minimalis, dengan ukuran 64 kali lebih kecil dibandingkan kertas A0 yang merupakan ukuran terbesar dalam seri A. Kertas A6 sering digunakan untuk cetakan kecil seperti brosur dan kartu nama, serta untuk membuat buku harian atau buku catatan kecil yang praktis dibawa ke mana saja.

3. Kertas Ukuran A6 dalam Satuan inchi

Dalam satuan inci, ukuran kertas A6 adalah 4,13 x 5,83 inci. Lebarnya adalah 4,13 inci sedangkan panjangnya adalah 5,83 inci. Satuan inci lebih banyak digunakan di luar negeri, sedangkan di Indonesia, satuan centimeter lebih populer untuk mengukur panjang dalam keperluan percetakan dan lain sebagainya.

4. Kertas Ukuran A6 dalam Satuan Pixel

Dalam satuan pixel, ukuran kertas A6 akan berbeda tergantung pada nilai DPI atau PPI yang digunakan. Namun, jika menggunakan nilai DPI sebesar 300, yang merupakan nilai yang direkomendasikan untuk hasil cetak yang baik, maka ukuran kertas A6 dalam pixel akan menjadi 1240 x 1748 pixel. Satuan pixel biasanya digunakan ketika desain diproses dengan menggunakan software desain.

  • A6-72 PPI: 298 x 420 pixel
  • A6-96 PPI: 397 x 559 pixel
  • A6-150 PPI: 620 x 874 pixel
  • A6-300 PPI: 1240 x 1748 pixel
  • A6-600 PPI: 2480 x 3508 pixel
  • A6-720 PPI: 2976 x 4195 pixel
  • A6-1200 PPI: 4961 x 6992 pixel

Tabel ukuran Kertas A6

Jika dibandingkan, ukuran kertas dalam satuan mm adalah sepuluh kali lebih besar daripada ukuran kertas A6 dalam satuan cm. Ukuran pixel sama dengan titik, sehingga cukup sulit untuk menjelaskan panjang dan lebar kertas A6 dalam pixel. Namun, ukuran pixel kertas A6 dapat digunakan sebagai acuan saat mencetak file bergambar di kertas A6. Semakin banyak pixel yang digunakan, semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan.

Baca Juga :  5 Jenis Sistem Operasi dan Fungsinya Yang Perlu Kalian Tahu

Penggunaan Kertas A6

1. Buku Catatan

Ukuran A6 ini sangat sesuai untuk dijadikan sebagai buku catatan karena cukup kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Buku catatan atau note biasanya tidak terlalu besar agar mudah dibawa dan digunakan untuk mencatat keperluan sehari-hari. Oleh karena itu, ukuran A6 sangat cocok untuk digunakan sebagai buku catatan.

2. Katalog Produk

Katalog produk adalah buku atau selebaran yang berisi daftar produk yang ditawarkan oleh produsen tertentu. Banyak produsen yang memilih untuk menggunakan ukuran A6 untuk katalog produk karena lebih simple dan dapat memuat cukup banyak informasi.

3. Brosur

Brosur juga sering menggunakan kertas ukuran A6. Brosur ini bisa digunakan untuk mempromosikan brand, produk, jasa, dan lainnya. Bagi pelaku bisnis, menggunakan kertas ukuran A6 untuk membuat brosur sebagai media promosi akan sangat menguntungkan.

4. Kartu Undangan

Kartu undangan untuk acara seperti pernikahan, ulang tahun, meeting perusahaan, dan lainnya sering menggunakan kertas ukuran A6. Ukuran A6 tidak terlalu besar sehingga sangat sesuai untuk dibuat sebagai undangan. Selain itu, penggunaan A6 juga memberikan kesan elegan dan ringkas.

5. Buku Manual

Buku manual adalah buku yang memberikan panduan bagaimana menggunakan atau mengoperasikan suatu peralatan elektronik, kendaraan, atau barang lainnya. Kertas ukuran A6 sering dipilih untuk dijadikan sebagai bahan buku manual karena ukurannya yang sesuai.

 

Penutup

Ukuran kertas A6 memiliki banyak kegunaan jika diproses atau digunakan untuk membuat sesuatu. Karena tidak terlalu besar, A6 sangat cocok dipilih untuk keperluan yang tidak membutuhkan kertas dalam ukuran yang besar dan memberikan kesan yang simple. Nah itulah ulasan dari kami mengenai Ukuran Kertas A6 Dalam Beberapa Satuan (mm, cm, inci dan pixel). Semoga bisa bermanfaat

Empat Pilar
administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ukuran Kertas A6 Dalam Beberapa Satuan (mm, cm, inci dan pixel) yang dipublish pada December 27, 2022 di website Empat Pilar

Artikel Terkait

Leave a Comment