Ukuran Paku Rivet

Daftar Ukuran Paku Rivet dan Harganya Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Daftar Ukuran Paku Rivet dan Harganya Secara Lengkap. Ukuran paku rivet memiliki peran krusial dalam berbagai proyek konstruksi dan manufaktur. Keakuratan dan kecocokan ukuran paku rivet tidak hanya mempengaruhi kekuatan struktural suatu objek, tetapi juga menentukan keberhasilan penyambungan material.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya memahami ukuran paku rivet serta dampaknya terhadap keberlanjutan dan keamanan konstruksi. Dari dimensi hingga jenis material, mari kita kupas tuntas segala hal yang perlu diketahui tentang ukuran paku rivet untuk memastikan hasil akhir yang optimal dalam setiap proyek.

Pengertian Paku Rivet

Paku rivet atau paku keling merupakan jenis paku yang terbuat dari logam, memiliki dua bagian utama yaitu kepala dan batang. Secara sederhana, paku rivet digunakan secara luas untuk menghubungkan plat besi dengan menggunakan metode keling.

Salah satu ciri khas paku ini adalah sifatnya yang permanen atau tetap. Artinya, sambungan yang dibuat dengan paku rivet tidak dapat dibongkar atau dilepas kembali. Contoh penerapan paku ini termasuk dalam kategori mur, baut, dan jenis paku lainnya yang hanya dapat dibongkar dengan merusaknya.

Paku rivet memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah sifat tetapnya yang tidak menyebabkan perubahan struktural pada logam. Hal ini membuatnya sering digunakan dalam sambungan yang mengalami pembebanan dinamis.

Namun, ada beberapa kekurangan pada penggunaan paku rivet. Pertama, diperlukan pekerjaan awal berupa pengeboran logam pada bagian yang akan disambung. Kedua, mungkin terjadi karat di sekitar lubang sambungan selama proses pemasangan paku rivet. Selain logam, paku ini juga dapat terbuat dari berbagai bahan seperti aluminium, tembaga, perunggu, baja, atau nikel. Secara umum, paku rivet terdiri dari dua bagian utama, yaitu tangkai dan kepala.

Daftar Ukuran Paku Rivet

Berikut adalah beberapa Daftar Ukuran Paku Rivet yang bisa kalian ketahui dan bisa di pahami dengan baik :

1. Boiler Rivet (12-50 MM)

Paku rivet ini memiliki diameter berkisar antara 12 hingga 50 mm. Ukurannya yang besar membuatnya sangat cocok untuk penggunaan di berbagai aplikasi, terutama di bidang industri dengan kebutuhan yang lebih besar.

2. Structural Rivet (12-45 MM)

Rivet struktural dirancang khusus untuk penggunaan pada permukaan yang mengalami getaran kuat. Jenis ini sangat ideal untuk aplikasi tugas berat, seperti fabrikasi kendaraan utilitas, konstruksi kereta api, pembuatan pagar keamanan, dan banyak lagi. Rivet struktural juga populer sebagai pengikat yang kuat untuk menggabungkan dua atau lebih bahan atau komponen. Ukurannya berkisar antara 12 hingga 45 milimeter.

3. Small Rivet (2-10 MM)

Paku rivet ini memiliki diameter lebih kecil, yaitu antara 2 hingga 10 mm. Ukurannya yang kecil membuatnya cocok untuk penggunaan di area dengan kebutuhan presisi tinggi. Jika kalian perlu memastikan dimensinya dengan akurasi tinggi, kalian dapat menggunakan jangka sorong untuk mengukurnya. Meskipun kecil, paku rivet ini tetap menjadi pilihan yang efektif untuk aplikasi yang memerlukan kekuatan pengikatan pada skala yang lebih kecil.

Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai ukuran paku rivet ini, kalian dapat memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek atau aplikasi yang kalian kerjakan.

Baca Juga :  Biaya Atap Baja Ringan Ukuran 6x12 Per Meter : UPDATE Terbaru

Harga Paku Rivet 

ingin beli ukuran paku rivet dengan harga terbaik? berikut kami sarankan berbagai ukuran paku rivet serta menjamin kualitas terbaik. Berikut daftar harganya :

Sherlock PAKU RIVET S-550 (4X13MM)-40PCSRp9.50
Sherlock PAKU RIVET S-540 (4X11MM)-50PCS11
PAKU RIVET S-450 (3.2X13MM)-50PCS8.5
PAKU RIVET S-435 (3.2X9.5MM)-75PCS13.83
PAKU RIVET 64010.3
PAKU RIVET 4405.0999999999999996

Cara Memasang Paku Rivet

Berikut adalah langkah-langkah dalam memasang paku rivet yang perlu Anda ketahui:

  1. Persiapkan Pelat Besi
    Mulailah dengan menyiapkan pelat besi yang akan Anda sambungkan. Pastikan pelat tersebut sudah dalam posisi yang tepat dan stabil untuk pemasangan paku rivet.
  2. Buat Lubang Sesuai Ukuran
    Buatlah lubang di pelat besi tersebut sesuai dengan ukuran paku rivet yang akan digunakan. Penting untuk diingat bahwa diameter lubang sebaiknya 1,5 mm lebih besar dari diameter paku rivet. Hal ini bertujuan untuk menghindari gesekan berlebihan antara lubang dan paku rivet.
  3. Masukkan Paku Rivet
    Setelah lubang-lubang sudah dibuat, masukkan paku rivet ke dalam lubang di pelat tersebut. Pastikan bagian kepala paku rivet juga masuk ke dalam lubang dengan baik.
  4. Tekan Kepala Paku Rivet ke Ekor
    Tekan kepala paku rivet ke arah ekor menggunakan mesin penekan khusus dengan tenaga hidrolik untuk memastikan proses pemasangan berjalan dengan baik. Untuk paku rivet berukuran kecil, Anda dapat menggunakan hand riveter atau bahkan palu dengan hati-hati.
  5. Potong Ekor Paku Rivet yang Tersisa
    Setelah sambungan antar pelat cukup kuat, potonglah bagian ekor paku rivet yang masih tersisa. Penggunaan alat pemotong khusus direkomendasikan untuk memastikan hasil potongan rapi dan permukaan sambungan menjadi sama rata dengan pelat yang disambung.

Penutup

Dalam dunia konstruksi dan pengrajin, penggunaan paku rivet menjadi hal yang umum untuk menggabungkan material yang berbeda. Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi berbagai ukuran paku rivet yang sering digunakan dalam berbagai proyek. Dari ukuran yang lebih kecil hingga yang lebih besar, setiap paku rivet memiliki peran dan kegunaannya masing-masing.

Dengan mengetahui daftar ukuran paku rivet, para profesional dan penghobi dapat memilih dengan tepat sesuai kebutuhan proyek mereka. Semakin mendalam pemahaman kita terhadap variasi ukuran paku rivet, semakin efisien kita dalam menangani tugas konstruksi dan penggabungan material. Dengan demikian, daftar ukuran paku rivet menjadi pedoman berharga bagi mereka yang ingin mencapai hasil kerja yang kokoh dan tahan lama dalam setiap proyek mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *