Cara Membuat Antena TV

Cara Membuat Antena TV Yang Sederhana : Mudah Dilakukan

Posted on

Empat Pilar – Cara Membuat Antena TV Yang Sederhana : Mudah Dilakukan. Apakah Kalian ingin menikmati siaran TV berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli antena TV? Jangan khawatir, karena Kalian bisa membuat antena TV yang sederhana sendiri di rumah dengan mudah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat antena TV yang sederhana dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

Antena TV adalah alat yang digunakan untuk menangkap siaran televisi yang ditransmisikan melalui udara. Tanpa antena TV yang baik, gambar yang ditampilkan pada televisi akan menjadi buram atau bahkan tidak muncul sama sekali.

Namun, terkadang membeli antena TV baru bisa memakan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu, membuat antena TV yang sederhana sendiri bisa menjadi solusi hemat untuk menikmati siaran TV berkualitas.

Apa Itu Antena?

Antena dapat didefinisikan sebagai salah satu alat listrik untuk mengubah sinyal atau energi listrik ke dalam gelombang elektromagnetik, lalu memancarkan gelombang tersebut ke ruang bebas, dan sebaliknya.

Antena juga bisa dikatakan sebagi Transduser sebab bisa mengubah bentuk energi yang satu ke bentuk energi yang lainnya.

Fungsi Antena

Antena adalah komponen utama dari berbagai jenis perangkat yang menggunakan radio. Termasuk di dalamnya adalah perangkat siaran televisi, siaran radio, penerima komunikasi, ponsel, radar, radio dua arah, dan bahkan komunikasi satelit.

Selain itu, Antena juga digunakan pada perangkat lain seperti mikrofon nirkabel, pembuka pintu garasi, jaringan komputer nirkabel, bluetooth perangkat yang diaktifkan, tag RFID pada barang dagangan, dan monitor bayi.

Antena dapat mencakup unsur direktif, reflektif, dan permukaan yang tidak terhubung ke penerima atau pemancar seperti reflektor parabola, elemen parasit, dan tanduk. Hal ini berguna untuk mengarahkan sistem gelombang radio ke dalam sinar atau pola radiasi yang diinginkan.

Perangkat antena dapat dirancang untuk menerima atau mengirimkan gelombang radio ke seluruh arah yang sama atau hanya dalam satu arah tertentu.

Antena dapat berfungsi dengan baik di berbagai lokasi, seperti ruangan hampa udara, udara terbuka, lorong bawah tanah, atau di dalam air.

Antena yang paling baik adalah yang dapat meneruskan sinyal menggunakan spektrum energi frekuensi radio yang paling besar dalam hal penerimaan jarak jauh.

Jenis-Jenis Antena

Sebelum membahas cara kerja antena TV, ada beberapa jenis antena yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Antena Omni Directional

Merupakan jenis antena dengan wide beam width dan sudut pancaran lebih besar, namun jaraknya dapat lebih pendek.

Antena ini digunakan untuk menerima atau mengirimkan sinyal ke semua arah, seperti antena pada pemancar hostpot, dipole, antena HP, dan sejenisnya.

2. Antena Directional

Jenis antena ini memiliki narrow beam width, yang artinya hanya memiliki sudut pancaran kecil namun lebih terarah. Beberapa contohnya adalah antena satelit parabola, antena sectoral, yagi, grid, wajan bolic, dan sejenisnya.

Cara Membuat Antena TV Sederhana dengan Mudah

Seperti apa cara membuat antena TV beserta langkah-langkahnya? Simak pembahasannya bersama-sama!

Cara Membuat Antena TV

1. Persiapan Peralatan

Cara Membuat Antena TV, dibutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Namun, tidak perlu khawatir karena barang bekas yang masih layak juga bisa digunakan untuk membuat antena sederhana dengan mudah.

Berikut adalah beberapa perlengkapan antena TV indoor yang dibutuhkan:

-Plat seng jenis nisplang berukuran satu meter
-Kabel coaxial 75 ohm beserta konektornya
-Beberapa baut dan paku secukupnya

Perkakas seperti obeng dan tang (bisa menggunakan peralatan dari rumah)
Setelah semua peralatan dan perlengkapan tersedia, proses selanjutnya adalah Cara Membuat Antena TV.

2. Memotong Plat Seng atau Aluminium

Langkah kedua adalah mempersiapkan plat seng atau aluminium dan memotongnya dalam bentuk trapesium sesuai ukuran menengah. Pastikan juga membuat plat persegi sebagai pelapis dengan ukuran antara 13 cm hingga 20 cm.

Baca Juga :  Cara Mencari Channel TV Sharp : Otomatis & Manual Paling Lengkap

3. Potong plat tersebut dengan presisi agar mudah dibentuk dengan baik.

Menghubungkan Penampang Aluminium dengan Kabel
Langkah ketiga adalah menghubungkan penampang atau inti dari plat seng/aluminium dengan kabel coaxial 75 ohm pada slot antena TV yang terpasang dalam rangkaian paralel.

4. Menyelesaikan Pemasangan Antena TV

Setelah rangkaian kabel terpasang dengan baik, hasil antena akan menyerupai antena yang dijual di pasaran. Pada sisi antena yang terhubung kabel dan penampang, bisa dipasang pelapis sebagai pengarah sinyal TV berdasarkan satuan UHF.

Pelapis antena bisa menggunakan bahan seng atau papan triplek yang dilapisi oleh kertas aluminium.

Hal-hal Penting dalam Membuat Antena TV Sederhana

Selain Cara Membuat Antena TV, proses pembuatan antena TV dengan bahan secukupnya, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan agar antena dapat berfungsi dengan baik.

Pertama, pastikan baut-baut sudah dipasang dengan kencang dan kuat sehingga antena mampu menahan angin kencang jika dipasang di luar ruangan. Selain itu, pastikan kabel coaxial menempel pada antena dengan baik karena ini sangat mempengaruhi daya tangkap siaran TV.

Biaya untuk Membuat Antena TV Sederhana

Cara Membuat Antena TV, modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Berikut adalah estimasi biaya produksi antena TV sederhana:

  • Plat aluminium: Rp15 ribu
  • Kabel coaxial 75 ohm: Rp25 ribu
  • Baut dan paku: Rp5 ribu

Dengan total biaya sekitar Rp45 ribu, kamu sudah dapat membuat antena TV sederhana ini. Biaya tersebut bisa lebih murah jika kamu menggunakan barang-barang bekas.

Dibandingkan dengan antena TV indoor yang harganya berkisar antara Rp60 ribu hingga Rp150 ribu, membuat antena TV sederhana ini jelas lebih murah dan bisa menjadi alternatif yang hemat biaya.

Cara Kerja Antena

Antena adalah sebuah komponen elektronika yang terbuat dari bahan logam, yang berfungsi sebagai transduser untuk mengubah energi listrik menjadi bentuk energi yang lain.

Cara kerja antena cukup sederhana. Pertama, antena terhubung dengan saluran transmisi yang terdapat pada pemancar atau penerima gelombang.

Kemudian, sinyal elektromagnetik yang tertangkap dari udara diolah oleh antena menjadi sinyal listrik. Sinyal listrik tersebut kemudian dialirkan melalui kabel dan difokuskan pada frekuensi tertentu agar kita dapat menikmati berbagai saluran dengan baik.

Selain itu, ada juga jenis antena yang bersifat sebagai pengirim gelombang. Jenis antena ini dapat memancarkan sinyal elektromagnetik yang berupa gelombang ke ruang bebas.

Kita dapat menemukan banyak contoh antena di sekitar kita, seperti antena TV, antena radio, antena wifi, antena modem, dan lain sebagainya.

Meskipun cara kerja dari masing-masing alat tersebut tidak jauh berbeda, namun karakteristik dan kemampuan dalam menangkap gelombang bisa berbeda-beda.

Dalam dunia teknologi, antena merupakan salah satu komponen elektronika yang sangat penting. Tanpa adanya antena, kita tidak akan bisa menikmati siaran televisi, radio, atau internet secara optimal.

Oleh karena itu, pemahaman tentang cara kerja antena dan jenis-jenisnya sangatlah penting.

Contoh-Contoh Antena Beserta Kegunaannya

Berikut ini adalah beberapa contoh antena beserta kegunaannya yang dapat dijadikan referensi:

1. Antena TV Parabola

Antena ini biasanya digunakan untuk menangkap sinyal TV dari satelit. Sinyal elektromagnetik akan dikumpulkan dan dipantulkan ke titik fokus sehingga dapat dipakai untuk menonton siaran TV atau mengakses internet lewat receiver parabola. Ada dua jenis antena TV parabola yaitu Offset dan Prime fokus.

2. Antena Grid

Antena jenis ini banyak digunakan untuk menangkap sinyal Wifi karena dapat difokuskan ke titik tertentu. Namun, seiring perkembangan zaman, antena ini banyak dimodifikasi untuk menangkap jaringan 3G, HSPA, atau EVDO.

3. Antena Wajan Bolic

Antena jenis ini digunakan untuk menerima sinyal Wifi atau 3G dari BTS terdekat.

4. Antena Yagi

Antena ini umumnya digunakan untuk menangkap sinyal elektromagnetik dari sistem pemancar TV atau Radio. Namun, seiring perkembangan zaman, jenis antena ini banyak digunakan untuk menguatkan gelombang pada perangkat Hp atau modern HSPA.

5. Antena Omni

Antena jenis ini sering digunakan sebagai transmitter atau pemancar FM. Pada perangkat TV jadul, jenis antena ini masih sering digunakan. Namun, jika digunakan untuk menangkap sinyal, antena ini kurang efektif karena belum terfokus atau terarah. Oleh karena itu, antena jenis ini sekarang jarang digunakan untuk menerima sinyal.

Baca Juga :  Perbedaan Android TV dan Google TV : Secara Lengkap

6. Antena Sectoral

Antena ini banyak digunakan sebagai access point untuk mengirim atau menerima sinyal Wifi atau Hostpot. Jenis antena ini merupakan salah satu jenis antena yang paling banyak digunakan.

 

Penutup

Nah setelah kami berikan Cara Membuat Antena TV Yang Sederhana, maka selanjutnya kalian bisa lihat Rekomendasi Kabel Antena TV Yang Bagus.

Membuat antena TV yang sederhana sebenarnya tidak sulit. Dalam artikel ini, telah dijelaskan berbagai jenis antena dan kegunaannya.

Namun, jika Anda ingin membuat antena TV sederhana sendiri, Anda bisa mencari tutorial di internet. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan panduan yang jelas, membuat antena TV sederhana bisa dilakukan dengan mudah.

Demikian ulasan dari empatpilar.com mengenai Cara Membuat Antena TV Yang Sederhana. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *