Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Cara Membuat Inverter Backlight TV LED : Gampang Banget !!

Posted on

Empat Pilar – Cara Membuat Inverter Backlight TV LED : Gampang Banget !!. Belajar cara membuat inverter backlight TV Led dengan mudah dan hemat biaya, serta memahami manfaat menggantikan inverter lama dengan yang baru.

Ingin menonton TV favorit Kalian dalam kegelapan tanpa harus mengeluarkan biaya besar?

Berikut ini adalah panduan lengkap cara membuat inverter backlight TV Led yang efisien dan hemat biaya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara menggantikan inverter lama dengan yang baru, serta manfaat yang diperoleh dari proses ini. Mari kita mulai!

Inverter backlight merupakan komponen penting pada TV LED yang berfungsi untuk mengontrol pencahayaan latar belakang.

Inverter ini mengatur intensitas cahaya yang diterima oleh layar, sehingga menghasilkan kualitas gambar yang optimal.

Pengertian Backlight TV LED

Backlight adalah komponen penting dalam televisi LED dan monitor LCD yang berisi beberapa lampu LED yang disusun merata untuk memberikan pencahayaan pada layar LCD di depannya.

Layar LCD pada televisi bersifat pasif, sehingga tidak dapat memancarkan cahaya sendiri.

Oleh karena itu, gambar yang ditampilkan akan gelap dan sulit dilihat tanpa bantuan pencahayaan dari belakang layar.

Fungsi utama lampu latar atau backlight LED adalah memberikan pencahayaan yang merata pada layar LCD sehingga gambar yang ditampilkan terlihat jelas dan cerah merata.

Dengan demikian, backlight pada LED TV adalah susunan lampu yang bertujuan untuk memberikan cahaya terang dan merata untuk menyalakan layar LCD di depannya. Letak backlight ini terdapat di belakang lapisan-lapisan layar LCD.

Pada awalnya, lampu backlight masih menggunakan jenis lampu neon kecil yang dipasang di kedua sisi atas dan bawah layar, disebut juga CCFL (Cold Cathode Flourence Lamp).

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, lampu neon tersebut digantikan oleh lampu LED yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan lampu neon.

Fungsi Backlihgt TV LED

Dalam melihat beberapa komponen pada pesawat televisi, seperti inverter dan layar LCD, dapat disimpulkan bahwa fungsi utama backlight adalah untuk memberikan cahaya putih merata agar tampilan layar LCD dan gambar yang ditampilkan terlihat cerah merata dan memiliki white balance yang baik sehingga dapat dilihat dengan jelas.

Cahaya yang dihasilkan oleh backlight memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Warna yang dihasilkan adalah putih yang bersih
  • Kecerahan yang dihasilkan sangat baik
  • Cahaya merata pada seluruh layar
  • Memberikan kontras dan kecerahan yang baik bagi layar LCD.

Apakah Membuat Inverter Backlight Sulit?

Sebelum ke pembahasan Cara Membuat Inverter Backlight TV LED, sebaiknya kalian mengetahui dulu apakah membuat inverter backlight sulit ?. Tidak ada masalah yang tidak memiliki solusinya. Bagi yang penasaran dan ingin membuat Inverter Backlight, Kalian bisa mencoba membuatnya sendiri.

Kalian tidak memerlukan modal besar karena dengan budget sekitar RP10 ribu sudah cukup. Yang terpenting, Kalian harus memahami cara membuatnya.

Cara membuat Inverter Backlight terbilang mudah. Kalian harus memahami skemanya dan mencari komponen di toko terdekat.

Salah satu skema yang bisa digunakan adalah Voltage Doubler dengan IC 555 yang harganya murah dan mudah digunakan. Setelah merakit, coba pada project board untuk melihat hasilnya.

Namun jika Kalian merasa frustasi atau tidak dapat membuatnya sendiri, Kalian bisa menggunakan jasa yang sudah berpengalaman.

Dengan menggunakan jasa tersebut, hasilnya tidak perlu diragukan lagi karena dapat diselesaikan dengan cepat dan memiliki kualitas yang baik.

Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada TV LED meliputi layar yang mati total, suara normal tetapi tidak ada gambar, gambar bergaris, dan gambar yang berubah warna.

Jika terjadi kerusakan pada bagian gambar, kemungkinan yang rusak adalah backlight TV LED.

Berikut adalah Cara Membuat Inverter Backlight TV LED. Yuk intip caranya!

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan AC Denpoo, Kenali Sebelum Membeli

1. Pahami Skema

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami skema inverter backlight TV LED Polytron atau merek televisi lain yang dimiliki.

Setelah memahami skemanya, cari komponen pembangunnya di toko terdekat atau beli inverter backlight LED universal yang lebih mudah ditemukan di pasaran.

2. Rakit Sesuai dengan Skema

Tahap berikutnya adalah merakit komponen sesuai dengan skema bernama Voltage Doubler menggunakan IC 555 yang simpel dan mudah didapatkan di pasaran.

Selain mudah didapat, skema ini juga murah. Sebaiknya coba terlebih dahulu pada project board sebelum merakitnya secara langsung. Jangan lupa untuk membuat PCB, bisa menggunakan PCB lubang.

3. Alat dan Bahan

Sebelum memulai cara membuat inverter backlight TV LED dengan menggunakan inverter backlight universal yang sudah dipersiapkan, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu.

Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain mesin lampu 3 watt atau 3 watt, relay 8 kaki, PCB, serta 2 resistor 1k ohm dan LED 3 kaki.

4. Cara Kerja

Langkah untuk mengatasi penyebab backlight TV LED mati adalah dengan merangkai semua jalur sesuai dengan skema.

Cara kerjanya adalah dari USB, di mana voltase 5 volt digunakan untuk menyuplai induksi relay yang berasal dari output USB.

Selanjutnya, mesin lampu akan menyuplai LED backlight dari output kit mesin lampu. Ketika TV dalam keadaan standby, maka lampu LED D17 akan menyala berwarna merah.

Sedangkan ketika TV dinyalakan, LED D17 akan menyala berwarna hijau. Jika tombol power ditekan, tegangan 5 volt yang berasal dari USB akan menyuplai induksi dan mengaktifkan relay.

Kalian juga bisa membuat alat tes backlight TV LED untuk memeriksa LED dengan lebih mudah.

5. Memastikan Inverter LED Backlight Bekerja

Jika BL inverter belum berfungsi setelah perakitan, perlu menyiapkan biaya untuk mengganti backlight TV LED.

Untuk mengetahuinya, lihat pada contoh gambar dan ukur tegangan di titik B. Jika tegangan di titik B sama dengan tegangan di titik A dan sama dengan VIN, itu berarti BL inverter belum bekerja.

Jika backlight inverter sudah bekerja, maka titik B akan memiliki tegangan yang lebih tinggi daripada VIN.

FET yang terhubung pada GATE berperan sebagai pembangkit tegangan di titik B. Sedangkan FET yang terhubung dengan PWMO berperan sebagai pengatur terang gelapnya lampu LED backlight.

Jika tidak bekerja, maka perlu menyiapkan biaya untuk melakukan service pada TV LED LG yang layarnya gelap agar dapat diperbaiki.

Untuk memastikan apakah inverter backlight TV LED sudah berfungsi atau belum, perlu mengukur tegangan di titik B.

Hidupkan televisi atau colokkan ke stop kontak, dan perhatikan volt-meter. Awalnya, akan keluar tegangan rendah yang sebesar VIN.

Setelah itu, tegangan akan naik. Namun, ada kemungkinan bahwa tegangan akan turun kembali setelah naik.

Jika itu terjadi, maka hal tersebut menunjukkan adanya kerusakan pada lampu backlight.

Biaya ganti backlight TV LED

Setelah memahami Cara Membuat Inverter Backlight TV LED, selanjutnya biaya untuk mengganti backlight LED dalam layanan servis bisa berkisar dari 20.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung pada jenis servis yang dibutuhkan.

Jika lampu backlight normal namun BL inverter belum berfungsi, maka perlu diperiksa tegangan VIN, tegangan pada pin-Vcc IC inverter, tegangan pin-kontrol ON OFF IC inverter, kemungkinan terjadinya short pada diode penyearah, dan elco filter tegangan backlight.

Semua faktor ini akan menentukan biaya untuk mengganti backlight TV LED LG atau merek lainnya.

Selama digunakan, TV LED dapat mengalami berbagai macam kerusakan. Salah satunya adalah kerusakan pada bagian backlight TV LED, yang dapat mengakibatkan gambar menjadi tidak tajam, buram, atau bahkan tidak muncul sama sekali.

Biaya servis untuk backlight TV LED bisa bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan dan ukuran layar televisi yang Kalian miliki.

Penutup

Dalam rangkuman ini, empatpilar.com telah membahas cara membuat inverter backlight TV LED dengan langkah-langkah mudah dan sederhana.

Melalui pengetahuan dasar tentang komponen elektronik dan sedikit keterampilan dalam perakitan, Kalian dapat menghidupkan kembali layar TV LED yang lama atau rusak dan menghemat biaya perbaikan yang mahal.

Baca Juga :  Magic Com Philips Vs Yong Ma : Simak Perbandingannya

Proyek DIY ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri saat berhasil memperbaiki perangkat yang kita gunakan sehari-hari.

Selamat mencoba, dan semoga artikel mengenai Cara Membuat Inverter Backlight TV LED ini, menjadi panduan berguna untuk membantu Kalian dalam membuat inverter backlight TV LED. Kata Pencarian TerpopulerCara sambung blecklef,gambar cara fasang backlight fakai riley,https://www empatpilar com/cara-membuat-inverter-backlight-tv-led/,Skema Inverter backlight TV LED Polytron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *