Cara Memilih Booster TV Yang Bagus

8 Cara Memilih Booster TV Yang Bagus : Saran Terbaik Buat Kalian

Posted on

Empat Pilar – 8 Cara Memilih Booster TV Yang Bagus : Saran Terbaik Buat Kalian. Saat menonton televisi, gangguan sinyal bisa menjadi momok yang mengganggu kenyamanan menonton. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan booster TV yang bagus.

Namun, dengan banyaknya jenis booster TV yang tersedia di pasaran, memilih yang paling tepat bisa menjadi tugas yang membingungkan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan tips terbaru dalam memilih booster TV yang bagus agar Kalian dapat menikmati acara TV tanpa gangguan sinyal.

Mengenai Booster Antena TV

Rangkaian Booster Antena TV merupakan solusi untuk memperkuat penerimaan sinyal televisi UHF, terutama bagi masyarakat yang tinggal jauh dari stasiun pemancar atau di daerah pelosok yang sulit menangkap sinyal.

Booster ini menjadi idola di kalangan masyarakat karena dapat memberikan saluran televisi yang beragam dan gambar yang lebih jelas.

Namun, perlu diingat bahwa pemilihan antena yang tepat juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas sinyal siaran televisi. Tidak selalu membutuhkan antena yang tinggi-tinggi untuk menangkap sinyal, karena hal tersebut bisa menjadi bahaya terutama di daerah pemukiman padat penduduk saat musim hujan tiba.

Oleh karena itu, dengan menggunakan rangkaian booster antena TV, dapat memperkuat penerimaan sinyal televisi tanpa harus memasang antena yang tinggi dan berisiko bahaya.

Fungsi Booster TV

Booster TV memiliki fungsi utama sebagai alat pendukung untuk memperkuat sinyal TV, sehingga dapat meningkatkan kualitas tampilan gambar pada layar televisi menjadi lebih jernih dan stabil.

Dengan sinyal yang kuat dan stabil, Kalian dapat menikmati sajian televisi dengan lebih nyaman dan menyenangkan bersama keluarga.

Jadi, jika Kalian sering mengalami gangguan sinyal atau gambar televisi yang buruk, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan penggunaan booster TV sebagai solusinya.

Cara Memilih Booster TV Yang Bagus

Cara Memilih Booster TV Yang Bagus, kalian bisa dengan mudah membeli Booster antena TV di toko elektronik atau marketplace yang ada di daerahmu. Namun, sebelum membeli ada beberapa Cara Memilih Booster TV Yang Bagus, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Pilih yang Kokoh

Pastikan bodi booster televisi yang Kalian pilih itu benar-benar bagus dan kokoh. Booster terbuat dari material metal lebih baik karena lebih kokoh, tahan air, anti petir, serta anti karat.

2. Harga Terjangkau

Harga booster TV yang bagus namun masih terjangkau berkisar 200 hingga 300 ribuan. Namun, jangan memilih yang terlalu murah karena biasanya kualitasnya juga murahan.

3. Pilih Booster TV Eksternal

Booster TV eksternal lebih mahal dibandingkan Booster TV indoor. Namun, booster eksternal dilengkapi dengan kotak tahan panas berbahan karet yang melindungi Booster TV dari cuaca panas, kelembaban atau sejenisnya.

Sehingga booster antena TV tidak mudah rusak dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama. Booster eksternal diletakan diluar ruangan dekat dengan antena TV.

4. Pastikan Dilengkapi dengan Filter Smartphone

Beberapa jenis Booster TV belum dilengkapi dengan filter smartphone, sehingga ketika ponsel ditempatkan di dekat Booster TV, frekuensi antena bisa terganggu dan kualitas gambar di televisi menjadi terpengaruh.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya pilih Booster TV modern yang sudah dilengkapi dengan filter smartphone. Filter ini dapat mengurangi interferensi dari sinyal ponsel, seperti 3G, 4G, atau LTE.

Pastikan Kalian memeriksa apakah Booster TV yang akan Kalian beli sudah dilengkapi dengan filter smartphone atau tidak.

5. Pilih yang Memiliki Power Supply Berkualitas

Pastikan Booster TV yang akan Kalian beli memiliki power supply berkualitas. Hal ini penting karena power supply akan mempengaruhi jangkauan tangkapan sinyal televisi.

Dengan memilih Booster TV yang dilengkapi dengan power supply berkualitas, Kalian dapat memperoleh tangkapan sinyal yang lebih baik meskipun lokasi Kalian jauh dari pemancar sinyal.

Baca Juga :  40+ Arti Kode Error Kulkas Samsung Inverter, Pahami dengan Baik

6. Bisa Digunakan pada Berbagai Jenis Antena

Booster TV yang baik adalah yang dapat digunakan pada berbagai jenis antena, baik itu antena UHF maupun VHF.

Dengan Booster TV yang dapat diterapkan pada berbagai jenis antena, Kalian akan lebih mudah dalam penggunaannya. Kalian tidak perlu lagi mengganti booster ketika mengganti jenis antena di rumah Kalian.

7. Pilih Booster TV dengan Fitur Pengontrol Frekuensi

Agar dapat menikmati lebih banyak saluran televisi, pilihlah booster TV yang dilengkapi dengan fitur pengontrol frekuensi. Dengan begitu, Kalian dapat menonton channel TV luar negeri selain channel TV Indonesia.

Pengalaman menonton TV pun akan semakin menyenangkan dengan fitur ini.

8. Kelebihan Sistem Heat Sinking pada Booster TV

Booster TV yang dilengkapi dengan sistem heat sinking dapat menjaga suhu booster tetap stabil meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan suhu yang tetap terjaga, booster TV akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Keuntungan Menggunakan Booster

Jika berada di daerah yang sulit menangkap sinyal atau jauh dari stasiun pemancar televisi, kualitas siaran, gambar, dan suara yang dihasilkan akan terganggu.

Untuk itu, penggunaan Booster menjadi penting untuk diperhatikan. Setelah mengetahui cara memilih Booster TV yang baik, setelah mempelajari mengenai Cara Memilih Booster TV Yang Bagus maka berikut beberapa keunggulan yang bisa Kalian dapatkan dengan menggunakan Booster TV:

1. Kualitas Gambar yang Lebih Bagus

Booster TV berfungsi untuk menguatkan sinyal dari antena televisi sehingga sinyal yang diterima antena akan lebih kuat dan jernih ketika diteruskan ke televisi. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan akan lebih bagus, lebih jernih, dan variasi saluran yang tersedia juga lebih beragam.

2. Lebih Aman dan Instalasi yang Lebih Mudah

Beberapa pengguna sering meletakkan Booster TV di luar rumah bersama dengan antena televisi. Namun sebenarnya, Booster TV bagian Indoor sudah cukup dipasang di dalam rumah dan tetap bisa mendapatkan sinyal yang baik.

Tidak hanya itu, dengan dipasang di dalam rumah, TV juga akan lebih aman karena jika dipasang di luar bersama antena, TV akan lebih rentan terkena listrik dari petir yang dapat mengakibatkan konsleting.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Setelah mempelajari Cara Memilih Booster TV Yang Bagus sekarang saatnya kalian pelajari Cara pasang booster tv ke antena, Kalian bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan teknisi yang ahli. Namun jika Kalian khawatir terkait arus listrik dan kesalahan pada pemasangan, ada baiknya Kalian memanggil tukang yang ahli untuk menyelesaikannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasang kabel antena TV ke booster secara step by step:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti booster antena TV yang berkualitas, kabel yang sesuai dan dalam kondisi baik, serta panduan singkat pemasangan dari produk booster yang ingin Kalian gunakan.
  2. Perhatikan port booster, karena terdapat dua jalur yang harus dipasangkan. Pastikan kabel tersedia dan sesuai dengan ukuran yang disediakan.
  3. Pasangkan jalur kabel pertama yang mengarahkan antena ke port TV, kemudian lanjutkan dengan memasangkan jalur kabel antena TV menuju booster.
  4. Terdapat tiga tambahan jalur dari antena TV menuju booster, yakni bagian bawah, antena UHF, dan antena VHF. Pasangkan sesuai dengan tempat yang tersedia pada produk booster.
  5. Setelah semua kabel terpasang dengan sempurna, maka penyambungan port booster telah selesai. Sebelum digunakan, periksa sekali lagi apakah ada salah pemasangan kabel untuk menghindari kerusakan pada perangkat yang digunakan nantinya.

Daftar Harga Booster TV Penguat Sinyal Terbaik

Jika televisi tidak dipasangi dengan booster TV, maka kemungkinan besar gambar yang dihasilkan akan kurang jernih. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan beberapa jenis booster TV yang terjangkau dan relatif murah.

Setelah mempelajari Cara Memilih Booster TV Yang Bagus maka berikut adalah tabel yang memuat informasi lebih lengkap mengenai jenis-jenis booster TV tersebut:

Merk Booster TVHarga Terbaru
Mascom V20Rp. 27.500
TanakaRp. 30.000
Q2Rp. 30.000
SanexRp. 45.000
Sunnyco WB-88TGRp. 50.000
DaimaruRp. 50.000
RaydenRp. 65.000
SUOER SON-8620D3Rp. 68.000
ToyosakiRp. 80.000
IntraRp. 81.500
UsatRp. 85.000
Trilion W-6600Rp. 110.000
Falcom S50Rp. 115.000
PF DX-W9900Rp. 130.000
AlcadRp. 500.000
Baca Juga :  √ Tips Cara Pasang Booster TV : Panduan Mudah dan Lengkap

Itu dia daftar harga booster TV yang bisa kalian peroleh di toko-toko elektronik terdekat. Jika di toko offline tidak ada, silahkan beralih ke toko offline melalui situs jual beli Shopee, Bukalapak dan Tokopedia. Selain lengkap, biasanya juga terdapat selisih harga yang lebih murah.

 

Baca juga artikel terkait lainnya :

Penutup

Setelah mengetahui 8 cara memilih booster TV yang bagus, saran terbaik untuk kalian adalah memilih booster TV yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Pastikan juga untuk memeriksa kualitas dan spesifikasi dari produk sebelum membeli agar hasil yang didapatkan lebih memuaskan.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan booster TV yang tepat dan memasangnya dengan benar agar dapat memaksimalkan kualitas siaran televisi yang dihasilkan.

Dengan menggunakan booster TV yang baik, kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin jernih dan saluran televisi yang tersedia akan semakin beragam.

Selamat memilih booster TV yang sesuai dan menikmati pengalaman menonton televisi yang lebih menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *