Download Firmware TV TCL

Download Firmware TV TCL : Lengkap dengan Cara UPDATE-nya

Posted on

Empat PilarDownload Firmware TV TCL : Lengkap dengan Cara UPDATE-nya. Apakah TV TCL kalian tidak berfungsi dengan baik? Apakah gambar TV kalian tampak buram atau tidak tajam? Jangan khawatir, solusinya mungkin hanya memperbarui firmware TV kalian.

Firmware adalah sistem operasi TV kalian, dan memperbarui firmware dapat meningkatkan kinerja TV kalian. Artikel ini akan membahas bagaimana cara Download Firmware TV TCL terbaru dan cara memperbarui TV kalian.

Apa Itu Firmware Pada TV

Firmware pada televisi adalah perangkat lunak kecil yang tersimpan dalam IC memori atau eeprom atau IC Flash pada mainboard. Fungsi dari Firmware televisi adalah mengontrol komponen chipset atau perangkat keras pada mainboard televisi.

Saat ini hampir semua televisi menggunakan firmware di IC memori-nya. Fungsi firmware yang lebih kompleks adalah mengontrol, menyimpan data, dan juga daya on-off pada televisi.

Firmware juga berfungsi sebagai sistem operasi pada sebuah televisi, layaknya komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Semua menu, fitur, dan pengaturan pada televisi tersimpan dalam firmware yang tersimpan dalam IC memori atau Flash SPI.

Jika firmware rusak atau ada file yang hilang, maka televisi tidak akan bisa menyala atau jika masih bisa, performanya akan tidak normal.

Setiap merek televisi memiliki firmware yang berbeda-beda. Bahkan, firmware dari satu merek televisi saja bisa berbeda.

Firmware memiliki versi yang berbeda untuk setiap model televisi.

Firmware pada televisi tabung berbeda jauh dengan firmware pada televisi plasma, firmware pada televisi plasma berbeda jauh dengan firmware pada televisi LCD, firmware pada televisi LCD berbeda jauh dengan firmware pada televisi LED, firmware pada televisi LED berbeda jauh dengan firmware pada televisi OLED, firmware pada televisi OLED berbeda jauh dengan firmware pada televisi QLED.

Semakin canggih teknologi yang digunakan pada televisi, maka semakin besar pula ukuran file firmware. Hal ini karena firmware pada televisi model terbaru akan memiliki lebih banyak fitur yang disematkan.

Download Firmware TV TCL

Untuk memperbaiki kerusakan software pada TV TCL, Anda dapat melakukan flashing firmware. Flashing firmware dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggunakan flashdisk atau langsung flash IC Eeprom dengan alat khusus seperti USB Programmer.

Berikut ini adalah kumpulan Download Firmware TV TCL yang bisa untuk keperluan flashing firmware, baik melalui flashdisk maupun USB Programmer.

TIPE TV TCLFIRMWAREUKURAN
L32D15Download Gratis4 MB
L32D700Download Gratis4 MB
L32D3000Download Gratis4 MB
TCON 32D10Download Gratis8 KB
TCL 30D15Download Gratis4 MB
L29E4200Download Gratis4 MB
L29E3500Download Gratis4 MB
L29D2900Download Gratis4 MB
L24D10FDownload Gratis2 MB
L24D2700Download Gratis4 MB
LT24E3500Download Gratis4 MB
L23D3200Download Gratis4 MB
L17D20PBDownload Gratis4 MB
L32D2900Download Gratis4 MB
L24B2500Download Gratis4 MB
L29D2950Download Gratis4 MB
24B2520Download Gratis4 MB
40B3Download Gratis8 MB
32B3Download Gratis8 MB

Manfaat Firmware TV

Perlu kamu perhatikan bahwa kerusakan TV TCL terbagi menjadi dua kategori yaitu hardware dan software. Kamu harus menganalisa terlebih dahulu karena proses perbaikan tergantung dari tipe masalah tersebut.

Lantas, malfungsi yang berkaitan dengan firmware memang mudah untuk diperbaiki secara mandiri. Dimana kamu cukup melakukan update melalui flashdisk atau internet, tergantung pada jenis TV TCL tersebut.

Berikut beberapa keuntungan dari melakukan update firmware pada televisi TCL:

1. Memperbaiki Bug

TCL Indonesia telah melakukan pengujian standar yang ketat terhadap produk televisi mereka, baik dari segi hardware maupun software. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas produk agar dapat memuaskan pelanggan.

Baca Juga :  Download Firmware TV LED LCD Terlengkap : Semua Merk TV

Namun, terkadang bug atau kesalahan pada software baru terdeteksi setelah produk diluncurkan dan dapat mempengaruhi operasional televisi. Dalam hal ini, update firmware dapat membantu memperbaiki kesalahan tersebut sehingga televisi dapat berfungsi dengan normal.

2. Peningkatan Fitur

Fitur yang disediakan pada setiap seri televisi TCL dapat berbeda-beda tergantung pada spesifikasi produk. Namun, fitur maksimal atau tidaknya tergantung pada firmware yang dikodekan oleh produsen.

Oleh karena itu, TCL secara berkala menyediakan update firmware untuk tipe unit tertentu, tergantung pada kondisi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan fitur dan memperbarui aplikasi sistem, sehingga televisi dapat beroperasi lebih maksimal.

Cara Update Firmware TV TCL

Setelah menjelaskan cara Download Firmware TV TCL maka selanjutnya adalah proses update firmware hanya bersifat opsional yang tergantung dari keputusan pemilik produk sendiri. Pasalnya, selama TV TCL berfungsi secara normal, maka kamu dapat melewatkan penerapan pembaruan.

Berikut dua cara paling gampang untuk update firmware TV TCL:

1. Update Firmware Via USB

Dalam melakukan update firmware pada TV LED merek TCL, kamu perlu menggunakan media flashdisk. Sebelum memulai proses update, pastikan kamu sudah mengunduh firmware dari website resmi sesuai seri produk:

  • Gunakan flashdisk dengan kapasitas minimum 1GB.
  • Unduh firmware TV TCL versi terbaru dari website resmi.
  • Ekstrak firmware dan jangan mengubah nama file apapun.
  • Simpan firmware pada direktori root flashdisk yang tersedia.
  • Matikan TV TCL dan cabut kabel dayanya.
  • Hubungkan flashdisk ke dalam port USB pada TV TCL.
  • Sambungkan kabel daya ke stop kontak secara perlahan.
  • Tekan dan tahan tombol power untuk memunculkan menu update.
  • Lepaskan tombol ketika proses update firmware sudah dimulai.
  • Biarkan proses update firmware berlangsung hingga mencapai 100 persen.

2. Update Firmware Via Internet

Smart TV TCL merupakan produk canggih yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Proses update firmware pada Smart TV TCL ternyata mudah dan simpel, hanya perlu menghubungkan ke jaringan internet:

  • Persiapkan remote kontrol original pabrik.
  • Tekan tombol power untuk menghidupkan TV TCL.
  • Tekan tombol home untuk membuka menu dashboard.
  • Cari dan tekan opsi setting lalu sorot more setting.
  • Pilih device preferences dan pilih menu about.
  • Tekan system update dan enter untuk konfirmasi.
  • Biarkan sistem melakukan download firmware televisi.
  • Proses update firmware akan berjalan secara otomatis.

Smart TV TCL menggunakan sistem operasi Android dengan tampilan menu yang hampir sama pada setiap produknya. Namun, pada beberapa produk antarmuka bisa sedikit berbeda tergantung pada versi firmware yang digunakan.

Penyebab Flash TV TCL Gagal

Jika proses flashing TV TCL Anda mengalami kegagalan, seperti tidak merespon saat flashdisk dicolokkan ke port USB atau loading stuck (berhenti), mungkin disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Firmware yang digunakan tidak cocok dengan TV TCL Anda.
  • Flashdisk yang digunakan rusak atau kotor sehingga tidak terbaca oleh TV.
  • Port USB pada TV TCL yang digunakan longgar atau kotor sehingga tidak dapat membaca flashdisk dengan baik.

 

Artikel terkait Firmware TV lainnya :

Penutup

Demikianlah informasi mengenai download firmware TV TCL lengkap dengan cara update-nya. Dalam melakukan update firmware pada TV TCL, pastikan firmware yang digunakan cocok dengan seri produk dan ikuti panduan update firmware dengan benar agar proses berjalan dengan lancar.

Jika mengalami kendala seperti gagal dalam proses flashing, periksa firmware yang digunakan, kondisi flashdisk, dan port USB pada TV. Dengan melakukan update firmware secara berkala, kalian dapat meningkatkan performa dan fitur pada TV TCL kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Baca Juga :  Rangkaian Resistor Campuran (Seri dan Paralel) : Pahami dengan Baik
Kata Pencarian TerpopulerDownload fimware Tcl L32d300A,fimware tcl l24e4200,https://www empatpilar com/download-firmware-tv-tcl/,preamware tcl 24d3000,tcl l20d2700 firmware

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *