Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi

Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi : Mudah Banget

Posted on

Empat Pilar – Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi : Mudah Banget. Ketika kalian ingin menciptakan suasana hangat dan mengundang di rumah, tidak ada yang bisa mengalahkan aroma alami dari kopi. Dalam panduan komprehensif ini, kami akan menunjukkan kepada kalian cara mengubah ampas kopi bekas menjadi pengharum ruangan yang menyenangkan. Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi bukan hanya ramah lingkungan tetapi juga proyek DIY yang menyenangkan yang memberikan sentuhan pribadi pada ruang tinggal kalian. Ikuti langkah-langkah sederhana ini dan biarkan aroma kopi yang kaya dan alami melingkupi rumah kalian.

Jenis Kopi dan Aroma yang Dihasilkan

Berikut beberapa biji kopi atau bubuk kopi pilihan yang dapat tepat dijadikan sebagai pengharum ruangan:

1. Robusta Toraja

Kopi Robusta Toraja dikenal dengan aroma manis yang serupa dengan cokelat. Ketika Anda menyeduh kopi ini, Anda akan merasakan sentuhan manis yang menggoda, mirip dengan sensasi cokelat yang lembut. Aroma yang kuat ini bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk mengharumkan ruangan Anda dengan nuansa manis yang menyenangkan.

2. Robusta Gayo

Kopi Robusta Gayo memiliki ciri khas perpaduan aroma buah dan rempah-rempah yang kuat. Kopi ini akan memberikan nuansa hangat dan beraroma di ruangan Anda. Aroma buah yang segar dan rempah-rempah yang kuat akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan menggugah selera di dalam ruangan.

3. Arabika Bajawa

Kopi Arabika Bajawa dikenal karena aroma kacang karamel yang manis. Kopi ini akan mengisi ruangan Anda dengan keharuman yang lembut dan manis seperti kacang karamel yang membungkusnya. Aroma ini menciptakan suasana yang nyaman dan hangat.

4. Robusta Kintamani

Kopi Robusta Kintamani menghadirkan aroma kopi yang dipadukan dengan aroma buah jeruk. Ruangan Anda akan terasa segar dan hidup dengan aroma kopi yang kuat namun seimbang dengan aroma buah jeruk yang cerah. Ini adalah pilihan yang unik untuk mengharumkan ruangan.

5. Sumatera Lintong

Kopi Sumatera Lintong memiliki aroma tanah segar. Aroma ini memberikan nuansa alami dan segar di ruangan Anda. Kopi ini akan membawa Anda dekat dengan alam dengan wangi tanah yang khas, menciptakan lingkungan yang tenang dan alami.

A. Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi

Berikut adalah Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi yang bisa kalian praktekkan dirumah :

1. Persiapkan Bahan-Bahan Berikut:

  • Sehelai kaos kaki atau stocking, bekas pun tak masalah, selama sudah dicuci bersih dan tidak berlubang. Kalian juga dapat menggunakan sepotong kain jaring kecil yang biasanya digunakan untuk membungkus suvenir pernikahan.
  • Biji kopi atau kopi bubuk. Biji kopi memberikan aroma yang lebih kuat dibandingkan kopi bubuk.
  • Karet atau pita penghias.

2. Langkah-Langkahnya Sangat Mudah:

  • Jika kalian menggunakan biji kopi, sangrai biji kopi terlebih dahulu. Jika kalian menggunakan kopi bubuk, sebarkan atau anginkan bubuk kopi agar tidak lembap. Hal ini akan mencegah pertumbuhan jamur.
  • Isi kaos kaki/stocking/kain jaring dengan biji atau bubuk kopi sesuai selera kalian.
  • Ikat bagian atas kaos kaki/stocking/kain jaring dengan karet atau tali secara rapat. Kalian juga dapat menambahkan pita untuk memberikan sentuhan dekoratif.
  • Tempatkan pengharum ruangan kopi ini di berbagai ruangan di rumah kalian. Aroma kopi versi kalian akan secara otomatis menyegarkan ruangan dan menciptakan suasana yang harum dan nyaman.
Baca Juga :  Urutan Tata Cara Debat yang Baik dan Benar Yaitu

B. Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi

Kalian bisa memanfaatkan ampas kopi bekas dengan sangat mudah untuk menciptakan pengharum ruangan yang alami dan menyenangkan. Ampas kopi, yang biasanya dibuang begitu saja, dapat diubah menjadi pengharum ruangan yang harum dan ramah lingkungan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  • Paper bag kecil
  • Alat pembolong kertas
  • Bubuk kopi baru atau ampas kopi bekas
  • Tali

Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Ampas Kopi:

1. Lubangi Paper Bag:

Mulailah dengan mengambil paper bag berukuran kecil. Untuk membuat pengharum ruangan, Anda perlu melubangi bagian atas paper bag di beberapa tempat. Ini akan memungkinkan aroma kopi yang sedap untuk keluar dengan sempurna. Pastikan untuk tidak melubangi bagian bawah paper bag agar menghindari tumpahan bubuk kopi.

2. Keringkan Ampas Kopi (jika digunakan):

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan ampas kopi bekas, pastikan untuk mengeringkannya terlebih dahulu. Ini penting untuk menghindari pertumbuhan jamur atau daya tarik bagi serangga. Ampas kopi yang kering akan lebih efektif dalam melepaskan aroma kopi.

3. Isi Paper Bag dengan Bubuk Kopi atau Ampas Kopi:

Selanjutnya, masukkan bubuk kopi baru atau ampas kopi yang sudah dikeringkan ke dalam paper bag yang telah dilubangi. Pastikan Anda tidak mengisinya terlalu penuh agar ruang untuk bau kopi bisa terbentuk dengan baik.

4. Lipat dan Kaitkan Dengan Tali:

Lipat bagian atas paper bag dan lubangi bagian tengahnya untuk mengaitkan tali. Ini akan membantu menjaga isi paper bag tetap tertutup dan aromanya tetap bertahan lebih lama.

5. Tempatkan di Ruangan Anda:

Sekarang, pengharum ruangan dari kopi yang telah Anda buat siap digunakan. Anda dapat meletakkannya di berbagai ruangan, seperti ruang tamu, kamar tidur, atau kamar mandi. Biarkan pengharum ini mengisi ruangan dengan aroma kopi yang menyegarkan.

Cara Membuat Ruangan Aroma Kopi

Untuk menciptakan suasana ruangan dengan aroma kopi yang harum, kalian dapat membuat pengharum ruangan berbentuk lilin aromaterapi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Bahan yang Diperlukan:

  • Gelas kaca
  • Lilin kecil (tealight)
  • Kopi bubuk
  • Sumbu lilin

A. Persiapkan Alat dan Bahan

Pastikan kalian memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan sebelum memulai proses pembuatan lilin beraroma kopi.

  1. Melelehkan Lilin
    Letakkan lilin kecil atau tealight dalam mangkuk tahan panas, lalu lelehkan lilin tersebut dalam microwave selama sekitar 30 detik. Hal ini akan membuat lilin menjadi cair dan siap digunakan.
  2. Menyusun Sumbu Lilin
    Letakkan sumbu lilin di dalam gelas kaca. Pastikan sumbu tersebut berdiri tegak dan berada di tengah gelas. Ini akan menjadi sumbu lilin yang akan membakar lilin beraroma kopi.
  3. Menyusun Lapisan Pertama
    Tuangkan sedikit lilin cair ke dalam gelas di sekitar sumbu lilin. Pastikan lapisan lilin ini cukup tebal untuk menahan sumbu lilin dengan baik.
  4. Menambahkan Kopi Bubuk
    Taburkan bubuk kopi ke atas lapisan lilin cair di dalam gelas. Kopi bubuk akan memberikan aroma kopi yang khas pada lilin aromaterapi kalian. Pastikan bubuk kopi merata di sekitar sumbu lilin.
  5. Menyusun Lapisan Berikutnya
    Tuangkan lagi sedikit lilin cair di atas bubuk kopi. Lakukan ini secara berselang-seling dengan menambahkan bubuk kopi sehingga gelas kaca terisi penuh. Lapisan-lapisan ini akan membentuk lilin beraroma kopi yang cantik dan harum.
  6. Mendinginkan dan Mempersiapkan
    Biarkan lilin beraroma kopi kalian mengeras dan mendingin selama beberapa jam. Setelah lilin keras, kalian bisa memotong sumbu lilin sejajar dengan permukaan lilin untuk memastikan pembakaran yang lebih baik.
  7. Menggunakan Lilin Aromaterapi Kopi
    Sekarang, kalian dapat menyalakan lilin aromaterapi kopi ini ketika kalian ingin mengisi ruangan dengan aroma kopi yang lezat. Nikmatilah suasana yang tenang dan beraroma kopi di sekeliling kalian.

Penutup

Dalam artikel ini, telah empatpilar.com bahas cara membuat pengharum ruangan dari kopi dengan langkah-langkah yang sederhana dan bahan yang mudah ditemukan. Pengharum ruangan alami ini bukan hanya akan memberikan aroma harum yang menyegarkan, tetapi juga memberikan sentuhan estetika yang unik untuk rumah kalian. Dengan mengikuti panduan di atas, kalian dapat menciptakan pengharum ruangan yang ramah lingkungan dan hemat biaya, sambil menikmati aroma kopi yang menyenangkan. Selamat mencoba!

Baca Juga :  Daftar Harga Franchise Teh Desa Seluruh Indonesia Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *