Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus

2 Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus : Mudah & Anti Ribet

Posted on

Empat Pilar – Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus Lengkap : (MPEG 4 & MPEG 2). Receiver yang restart terus bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan karena tidak dapat menonton program favorit Anda dengan lancar.

Hal ini juga bisa membuang-buang waktu dan uang Anda. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memperbaiki receiver restart terus secara lengkap.

Receiver parabola berfungsi untuk mengolah sinyal digital yang diterima oleh antena parabola dari satelit tertentu. Sementara itu, set top box membutuhkan antena TV untuk mengolah sinyal digital yang diterima dari BTS (Base Transmitter Station) terrestrial terdekat.

Jenis Kerusakan Receiver

Secara umum, jenis kerusakan pada receiver parabola dapat dibagi menjadi dua, yaitu software dan hardware. Gangguan pada sisi firmware lebih mudah diperbaiki daripada kerusakan salah satu komponen di dalam decoder.

Kerusakan pada firmware dapat terjadi ketika pengguna gagal melakukan upgrade, atau sistem mengalami corrupt sehingga tidak mampu di-load secara sempurna oleh receiver. Selain itu, bisa juga terdapat bug di dalam firmware tersebut.

Sementara itu, kerusakan pada sisi hardware misalnya power supply mati, kabel terputus karena perangkat jatuh, jalur pcb retak, IC Eeprom lemah, dan lain-lain. Kondisi seperti ini memerlukan penanganan yang lebih lanjut, dengan cara penggantian salah satu komponen yang rusak.

Beberapa kendala yang sering dialami oleh pengguna decoder, antara lain:

  • Receiver parabola mengalami hang, error, atau hanya menampilkan tampilan “on” saja.
  • Receiver mati total sehingga tidak mampu menampilkan gambar maupun suara.
  • Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus

Kenali Kerusakan Antena Parabola Agar Bisa Memperbaiki dengan Benar

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus, sistem kerja receiver parabola cukup kompleks bagi mereka yang tidak memahami alur kerjanya. Apabila terjadi kerusakan, maka harus dilakukan deteksi kerusakan terlebih dahulu agar bisa memperbaiki kerusakan secara benar dan tepat. Berikut adalah beberapa jenis kerusakan yang biasa terjadi pada receiver antena parabola.

1. Hang dan error

Salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi pada receiver parabola adalah hang dan error. Hal ini biasanya disebabkan oleh receiver yang dinyalakan terlalu lama atau berada dalam posisi stand by dalam waktu yang terlalu lama.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mematikan receiver dan diamkan selama beberapa saat sebelum menyalakannya kembali. Jika masalah masih terjadi, cobalah melakukan reset ulang receiver agar pengaturannya bisa kembali seperti semula.

Pada beberapa receiver parabola, terdapat tombol power dan menu yang bisa ditekan secara bersamaan selama 5 hingga 10 detik untuk melakukan reset ulang.

2. Jenis receiver yang mempunyai banyak fitur

Jenis receiver khusus dengan spesifikasi hardware yang memiliki banyak fitur memang rawan mengalami error atau kerusakan. Fitur-fitur seperti YouTube, layanan streaming, autoroll key, autoroll powervu, dan lainnya membutuhkan banyak sumber daya dari hardware receiver yang digunakan.

Hal ini dapat menyebabkan receiver bekerja terlalu berat dan meningkatkan risiko hang dan error.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya cukup sederhana. Anda dapat memilih untuk tidak menggunakan fitur yang memerlukan banyak sumber daya atau memilih jenis receiver antena parabola yang lebih berkualitas.

Dengan memilih jenis receiver yang tepat, Anda dapat meminimalkan risiko kerusakan dan memastikan kualitas tayangan yang lebih baik.

3. Receiver restart terus menerus

Jenis receiver yang digunakan untuk antena parabola seringkali mengalami masalah gagal start. Masalah ini umumnya terdeteksi ketika receiver baru pertama kali dinyalakan dan hanya muncul logo, kemudian receiver melakukan restart terus-menerus.

Biasanya, masalah ini disebut dengan gagal booting atau gagal start yang perlu diatasi dengan cepat.

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus adalah dengan mengganti elco pada mainboard receiver. Kerusakan pada receiver ini biasanya disebabkan oleh suplai tegangan yang kurang atau arus yang tidak cukup, sehingga kinerja firmware terlalu berat dan mengalami crash.

Baca Juga :  √ Contoh Receiver Yang Bisa Nonton Bola Tanpa Diacak : Terbaru

Masalah juga bisa terjadi ketika memori terlalu penuh dan menyebabkan receiver mengalami restart terus-menerus.

Adapun Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus adalah dengan mengganti komponen Elco yang terdapat di main board receiver dengan nilai sekitar 200 yg atau 16 volt dengan komponen Elco yang ukurannya jauh lebih besar seperti 470 uf atau 16 volt.

a. Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus MPEG 4

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus. Biasanya, ketika dinyalakan, receiver parabola hanya menampilkan logo kemudian melakukan restart terus-menerus (gagal booting atau start). Masalah ini terjadi pada receiver MPEG 4 keluaran terbaru seperti Extra HD, Matrix Burger, Tanaka, dan Getmecom new FTA.

Kerusakan tersebut disebabkan oleh supply tegangan atau arus yang kurang, firmware terlalu berat, crash, atau memori yang penuh sehingga menyebabkan receiver restart terus.

Namun, cara memperbaiki receiver yang mengalami masalah seperti ini tidaklah sulit. Salah satu cara memperbaikinya adalah dengan mengganti Elco yang ada pada main board receiver dengan elco berukuran atau nilai yang lebih besar, misalnya 470 uf / 16 volt. Elco tersebut terletak di dekat LNB Out.

Beberapa kasus juga melibatkan penggantian elco pada bagian PSU, yaitu elco 22 uf / 400 volt. Untuk menggantinya, perlu membongkar receiver terlebih dahulu, copot elco yang rusak, dan ganti dengan yang baru dengan nilai yang lebih besar.

b. Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus Error Mati Sendiri MPEG 2

Sama seperti receiver MPEG 4, receiver MPEG 2 standar definition, terutama yang OTA seperti Matrix planet, primasat, tanaka, dan beberapa merk lainnya, juga sering mengalami masalah seperti mati sendiri, restart terus, atau bahkan tidak ada sinyal.

Kadang-kadang, ketika merubah pengaturan antena, menambah program, atau mengedit parameter receiver, receiver justru malah melakukan restart terus-menerus. Masalah ini biasanya disebabkan oleh IC matic yang rusak, elco yang melemah, dan beberapa sebab lainnya.

Namun, jangan langsung menganggap bahwa masalah tersebut disebabkan oleh komponen, karena kerusakan mungkin saja terletak pada software.

Receiver yang rusak pada bagian software biasanya disebabkan oleh sering mati listrik atau steker listrik receiver yang longgar. Hal tersebut dapat menyebabkan pembacaan di memori receiver menjadi korup.

Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus adalah dengan merubah receiver ke settingan awal (default program). Kemudian setelah pengaturan sistem kembali ke default, barulah selanjutnya edit pengaturan antena sesuai dengan pemasangan LNB yang dipakai. Setelah itu biasanya receiver akan kembali normal.

Jika masih belum, cara lain bisa digunakan yaitu dengan cara mengganti IC memori receiver.

Merawat Receiver atau Decoder Parabola

Merawat decoder sebelum terjadi kerusakan tentunya merupakan pilihan terbaik. Seperti peribahasa “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati.” Saya sendiri telah membeli 3 set top box yang masih berfungsi dengan baik hingga sekarang.

Berikut adalah beberapa tips merawat decoder agar lebih awet dan tahan lama:

  • Jangan melakukan update jika receiver masih berfungsi dengan baik, meskipun versi baru telah dirilis secara resmi oleh pihak produsen.
  • Matikan fungsi update otomatis jika opsi tersebut tersedia di dalam pengaturan.
  • Lakukan pembaharuan versi hanya ketika diperlukan saja.
  • Pasang kipas pendingin laptop untuk menjaga suhu decoder tetap stabil. Hal ini terbukti membuat decoder tetap awet meskipun kamu menonton televisi selama seharian.
  • Jangan menonton televisi ketika cuaca sedang hujan yang disertai petir.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, perangkat kamu dapat tetap awet dan tahan lama selama bertahun-tahun. Lebih baik mencegah daripada harus memperbaiki receiver parabola sendiri.

 

Artikel terkait :

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus. Semua langkah tersebut perlu diikuti secara cermat dan teliti untuk memastikan bahwa masalah tersebut dapat diatasi dengan baik.

Baca Juga :  Kenali, Tips Merawat Remote TV Supaya Awet dan Tetap Terjaga

Jika semua langkah di atas tidak berhasil memperbaiki masalah, kemungkinan besar ada kerusakan pada receiver itu sendiri dan diperlukan perbaikan atau penggantian.

Dalam hal ini, disarankan untuk membawa receiver ke teknisi yang ahli dalam memperbaiki masalah receiver. Jangan mencoba memperbaiki receiver sendiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan berkonsultasi dengan teknisi yang ahli, diharapkan masalah receiver yang terus-menerus restart dapat diatasi dengan baik dan kembali berfungsi dengan normal. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulercara menghapus bisskey yang penuh pada receiver matrix burger mpeg4,receiver parabola restart terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *