Cara Setting Receiver Ninmedia

11 Cara Setting Receiver Ninmedia Terbaru

Posted on

Empat Pilar – Cara Setting Receiver Ninmedia, Ninmedia adalah salah satu penyedia layanan hosting TV satelit di Indonesia, dimana pelanggan dapat menikmati berbagai channel tanpa biaya apapun, atau yang dikenal dengan Free To Air (FTA). Ninmedia menyediakan channel lokal dan nasional secara gratis, serta menayangkan saluran premium gratis dengan menggunakan receiver rekomendasi dari Ninmedia.

Transmisi siaran Ninmedia dapat menjangkau keseluruh wilayah Indonesia menggunakan satelit Chinasat 11 melalui pita frekuensi Ku Band. Hal ini tentunya akan bermanfaat sekaligus keuntungan untuk wilayah yang kualitas sinyal UHF-nya lemah atau bahkan tidak ada sama sekali.

Untuk menikmati siaran dari Ninmedia, peralatan yang dibutuhkan adalah parabola mini dengan diameter dish 60-80 cm (karena menggunakan frekuensi Ku Band), LNB Ku Band dengan pengaturan universal 9750-10600, tanpa Diseq, 22K auto, LNB Daya Auto, dan transponder 12500 V 43200. Terakhir, Anda membutuhkan perangkat receiver yang sudah mendukung MPEG 4 dan codec audio AAC.

Untuk beberapa orang, mungkin setting receiver Ninmedia tidak sulit. Namun, masih ada yang bingung tentang cara setting receiver Ninmedia. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, teknisitv akan memberikan penjelasan mengenai cara setting receiver Ninmedia. Jika Anda sedang mencari informasi tentang cara setting receiver Ninmedia, silakan simak ulasan dari teknisitv.

Cara Setting Receiver Ninmedia

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Ninmedia adalah layanan TV satelit gratis atau free to air yang menawarkan berbagai channel TV lokal dan nasional. Channel premium juga masih bisa dinikmati gratis dengan syarat menggunakan receiver rekomendasi dari Ninmedia, seperti:

  1. Diamond World
  2. Gardiner G-88HD Oracle
  3. Boston Cherry HD
  4. Goldsat Revo
  5. Tanaka Orionsky
  6. Intra Jupiter
  7. Venue Donuts
  8. Venus Estilo
  9. Venus Yaris
  10. LGsat LG-88HD Oracle
  11. Optus OP-88HD Oracle

Sebelum masuk ke cara setting receiver Ninmedia, ada hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu yaitu mengenai setting instalasi peralatan parabola mini atau perangkaian perlengkapan parabola. Jadi setting receiver Ninmedia dilakukan setelah semua peralatan atau perlengkapan parabola seperti dish, LNB, Receiver dan perangkat televisi sudah dirakit/dirangkai atau saling terhubung.

Untuk cara memasang parabola, bisa dilihat di artikel sebelumnya dari teknisi TV dengan judul CARA MEMASANG PARABOLA MATRIX atau CARA PASANG PARABOLA NUSANTARA HD. Setelah semua terhubung, selanjutnya adalah setting receiver untuk mencari saluran Ninmedia. Secara umum, cara setting receiver rekomendasi Ninmedia adalah sama, namun sebagai contoh, teknisitv akan menggunakan receiver LGsat Oracle.

Cara Setting Receiver LGsat Oracle

1. Tekan tombol Menu pada remote receiver.

2. Pilih menu Instalasi.

3. Pilih Daftar Satelit dan akan muncul tampilan seperti gambar.

4. Tekan tombol SAT pada remote.

5. Tekan tombol Merah pada remote untuk menambahkan transponder Ninmedia di satelit Chinasat 11, masukkan transponder 1 Ninmedia, lalu pilih “simpan”. Ninmedia memiliki dua transponder yang bisa digunakan:

Transponder 1 : 12500 V 43200Transponder 2 : 12560 V 43200Frekuensi : 12500Frekuensi : 12560Simbol Rate : 43200Simbol Rate : 43200Polaritas : VertikalPolaritas : Vertikal

6. Untuk memasukan transponder 2 Ninmedia, ulangi langkah nomor 5 lalu masukan transponder 2 Ninmedia dan klik simpan

7. Setelah transponder disimpan, tekan tombol Biru pada remote untuk memulai proses pencarian channel dari kedua transponder. Pilih transponder 1 dan klik “Mencari”.

8. Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian selesai.

9. Ulangi langkah nomor 7 untuk pencarian channel transponder 2.

10. Tunggu beberapa saat lagi hingga proses pencarian channel transponder 2 selesai.

11. Proses setting receiver Ninmedia sudah selesai, semua saluran yang terdeteksi pada proses pencarian channel transponder 1 dan 2 akan secara otomatis disimpan.

Baca Juga :  Cara Kerja Vacuum Advancer pada Mesin Mobil

Kualitas Sinyal Ninmedia Tidak Maksimal

Pada suatu kondisi bisa terjadi saluran yang ada di Ninmedia kualitas sinyalnya tidak 100% atau tidak maksimal, berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasinya :

Penyebab

Berikut beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan kualitas sinyal Ninmedia tidak maksimal :

  1. Parabola bisa bergeser karena angin kencang akibat dari pemasangan yang sudah lama atau kurang kuatnya baut saat pemasangan
  2. Tiang penyangga dish mudah goyang atau koordinatnya tidak lagi tegak lurus, hal ini membuat dish mudah berubah
  3. Pemasangan LNB tidak sesuai/tepat
  4. Adanya halangan seperti gedung/rumah atau apa pun yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal
  5. Adanya penambahan/perubahan transponder
  6. Masalah pada peralatan parabola, seperti dish yang sudah karatan dan tidak simetris, masalah pada LNB, kabel atau receiver.
  7. Ketika intensitas 0%, maka bisa dipastikan penyebabnya adalah kabel, LNB atau receiver telah rusak karena sudah tidak bisa terhubung sama sekali. Namun hal ini bisa juga karena pemasangan tidak tepat.

Solusi

Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal Ninmedia tidak maksimal :

  1. Melakukan ulang setting atau tracking pada satelit dan memastikan posisi parabola tepat
  2. Memperbaiki atau menyetel ulang dudukan tiang penyangga agar kokoh dan tidak mudah bergeser
  3. Menyetel LNB dengan benar agar mudah dalam proses tracking dan memperoleh sinyal terkuat
  4. Memindahkan posisi pemasangan parabola ke lokasi yang tidak terhalang
  5. Mencari informasi mengenai perubahan atau tambahan frekuensi
  6. Mengganti komponen yang rusak/bermasalah

Kelebihan dan Kekurangan Receiver Ninmedia

Setiap produk pastilah ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ninmedia juga tak luput dari hal ini. Tentunya parabola ninmedia juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari pengalaman admin, ninmedia memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut ini:

1. Kelebihan Parabola Ninmedia

  • Ada beberapa chanel premium gratis selamanya dengan catatan receiver sudah di pairing. Bahkan chanel movies ninmedia menjadi yang terbagus dari provider lainnya.
  • Parabolanya mini sehingga tidak memakan tempat dan bisa dipasang di sembarang lokasi asalkan dari parabola ke satelit tidak ada penghalang
  • Tidak terpengaruh dengan gangguan frekuesi apapun karena mengggunakan frekuensi ku-band sehingga tidak terintervensi frekuensi lain

2. Kekurangan Parabola Ninmedia

  • Sinyal terganggu kalau hujan lebat
  • Chanel nasional tidak lengkap

Itulah pandangan tentang kelebihan dan kekurangan parabola mini Ninmedia. Kelebihannya sudah diketahui banyak orang, namun untuk kekurangan, ada hal yang perlu dibahas. Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh parabola mini yang menggunakan frekuensi Ku-Band adalah sering terjadi gangguan sinyal, terutama pada saat sebelum dan awal hujan turun. Ini karena pada saat hujan terjadi pengumpalan air di angkasa yang menghalangi sinyal.

Gangguan sinyal ini juga terjadi pada layanan parabola mini lain seperti Transvision, Big TV, Astro, dan lainnya. Meskipun tidak dapat dihindari secara total, namun bisa dikurangi dengan memastikan tracking parabola berjalan maksimal. Dengan begitu, gangguan hanya akan terjadi pada saat mendung sangat tebal sebelum hujan turun.

Jika terjadi mendung tebal dan tidak turun hujan, gangguan sinyal tidak terjadi karena tidak terjadi pengkristalan mendung ke air. Gangguan juga terjadi pas awal hujan lebat, setelah hujan turun, maka sinyal normal kembali.

 

Penutup

Demikianlah cara setting receiver Ninmedia terbaru yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat membantu dan menjadi referensi bagi Anda yang ingin menikmati layanan Ninmedia dengan lebih optimal.

Jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi teknisi atau layanan dukungan yang tersedia. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Nah itu dia ulasan mengenai cara setting receiver Ninmedia yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Baca Juga :  Cara Merawat Kain Babyterry : Tips Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *