Cara Menambah Ampere Power Supply

Cara Menambah Ampere Power Supply : Pahami Langkah-Langkahnya

Posted on

Empat Pilar – Cara Menambah Ampere Power Supply : Pahami Langkah-Langkahnya. Selamat datang di panduan komprehensif tentang cara menambah ampere power supply, di mana kita akan menjelajahi berbagai teknik dan metode untuk meningkatkan output daya perangkat Kalian.

Baik Kalian seorang penggemar teknologi atau seorang profesional di bidang ini, memahami bagaimana meningkatkan ampere power supply bisa sangat bermanfaat.

Artikel ini akan memberikan wawasan berharga dan petunjuk langkah demi langkah untuk secara efektif meningkatkan ampere power supply dengan aman dan efisien.

Sebelum kita mempelajari cara-cara berbeda untuk meningkatkan ampere power supply, mari kita terlebih dahulu memahami apa artinya dan mengapa hal itu penting.

Ampere power supply, sering disebut sebagai output arus, adalah jumlah arus listrik yang dapat diberikan oleh unit pasokan daya (PSU) ke perangkat yang terhubung.

Ini memainkan peran penting dalam memastikan kinerja stabil dan optimal dari berbagai perangkat elektronik, termasuk komputer, smartphone, dan konsol game.

Pengertian Power Supply

Power Supply, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Sumber Daya Listrik, dapat diartikan sebagai komponen yang berfungsi untuk menyediakan dan mengalirkan daya listrik kepada satu atau lebih perangkat.

Saat ini, Power Supply telah dirancang secara kompleks untuk dapat mengubah berbagai sumber energi seperti matahari, angin, dan energi kimia menjadi energi listrik.

Bagi komputer dan perangkat elektronik lainnya, Power Supply memiliki peran yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Jika terjadi masalah pada komponen ini, perangkat tersebut tidak akan berfungsi dengan normal.

Ketika sebuah perangkat seperti komputer dihidupkan, Power Supply langsung melakukan pemeriksaan dan pengujian sebelum sistem operasi pada komputer dapat berjalan.

Apabila pengujian dan pemeriksaan tersebut berhasil tanpa masalah, Power Supply akan melanjutkan tugasnya dengan mengirimkan sinyal ke motherboard bahwa sistem telah siap untuk dijalankan.

Setelah itu, Power Supply akan membagi daya listrik ke setiap komponen yang ada di dalam komputer. Besaran daya yang dialokasikan disesuaikan dengan kebutuhan dan kapabilitas masing-masing komponen.

Fungsi Power Supply

Power Supply, atau sumber daya listrik, memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai sistem elektronik dan komputer. Secara sederhana, fungsi power supply adalah untuk memberikan daya listrik yang dibutuhkan oleh perangkat keras (hardware) komputer. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi penting power supply:

  1. Konversi Tegangan
    Salah satu fungsi utama dari power supply adalah mengubah tegangan dari sumber daya primer (misalnya listrik PLN) menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komponen komputer. Biasanya ini melibatkan konversi dari tegangan tinggi (AC, Alternating Current) menjadi tegangan rendah (DC, Direct Current).
  2. Regulasi Tegangan
    Power supply juga berfungsi untuk memastikan bahwa tegangan yang disediakan ke komponen komputer adalah stabil dan konstan. Fluktuasi tegangan dapat merusak komponen komputer, sehingga fungsi ini sangat penting untuk melindungi sistem.
  3. Pemisahan Beban
    Dalam sistem komputer, berbagai komponen memerlukan tegangan dan arus yang berbeda-beda. Power supply berfungsi untuk membagi beban ini dengan benar, memastikan setiap komponen mendapatkan pasokan daya yang dibutuhkan.
  4. Pencegahan Kerusakan Akibat Sambungan Pendek
    Power supply modern biasanya memiliki perlindungan terhadap kondisi sambungan pendek (short circuit) yang dapat merusak komponen komputer. Jika terjadi sambungan pendek, power supply akan memutus pasokan daya, mencegah kerusakan lebih lanjut.
  5. Penyediaan Daya Cadangan
    Dalam beberapa kasus, power supply juga berfungsi untuk menyediakan daya cadangan melalui baterai, seperti dalam sistem UPS (Uninterruptible Power Supply). Ini memungkinkan sistem komputer untuk terus beroperasi bahkan saat pasokan listrik utama terputus.

Cara Menambah Ampere Power Supply

Secara umum, power supply biasanya dilengkapi dengan IC regulator atau penstabil, serta penurun tegangan. Biasanya, IC ini ditandai dengan kode awalan 78xx, diikuti oleh kode lainnya yang mencerminkan jumlah tegangan output yang dihasilkan.

Sebagai contoh, IC 7815 berarti menghasilkan output tegangan sebesar 15 volt. Sementara itu, ada juga IC regulator 7812 yang menghasilkan output tegangan sebesar 12 volt.

Dikarenakan kemampuannya untuk menurunkan tegangan dan menstabilkannya, IC regulator ini banyak digunakan dalam power supply. Namun, perlu diperhatikan bahwa jenis IC regulator ini memiliki kapasitas amper yang rendah, sekitar 1 amper saja.

Baca Juga :  Skema Modul Power Supply Mesin Cuci Polytron, Yang Mudah Dipahami

Maka dari itu, kita akan mencoba untuk meningkatkan ampere dari IC regulator ini. Jika memiliki anggaran lebih, meningkatkan ampere dapat dilakukan dengan mengganti trafo utama yang digunakan dengan yang memiliki output tegangan yang sama tetapi kapasitas ampere lebih besar. Namun, untuk kali ini, kita akan mencoba meningkatkan ampere hanya dari komponen regulatornya saja.

Lalu bagaimana cara menambah Ampere Power Supply?

Salah satu Cara Menambah Ampere Power Supply adalah dengan memasukkan komponen yang disebut transistor atau tr penguat sebagai tambahan. Transistor ini dapat berupa NPN atau PNP, dan biasanya ditempatkan pada jalur output dari regulator tersebut. Sebagai ilustrasi, untuk ic regulator tipe 7815, kita bisa memakai transistor TIP3055.

Transistor jenis TIP3055 bukanlah satu-satunya pilihan, Kalian juga bisa menggunakan transistor jengkol atau tr 2N3055. Setelah Kalian mengetahui tentang komponen penguat amper ini, langkah selanjutnya adalah pemasangan atau wiring. Berikut adalah metode penyambungannya.

Di atas adalah cara penyambungan penambah amper menggunakan tr TIP dan berikut di bawah adalah penyambungan menggunakan tr jengkol

Berikut adalah dua ilustrasi tentang cara menghubungkan 1 transistor untuk meningkatkan amper pada satu ic regulator. Lantas, apakah kita dapat menambah lebih dari satu transistor penguat?

Jawabannya adalah iya. Metode penyambungannya hampir mirip, hanya dihubungkan secara paralel dengan transistor lainnya. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan ampere secara bertahap, sebab semakin banyak transistor yang dipasang, semakin besar pula daya amper yang dihasilkan. Berikut adalah skema wiring untuk menambah amper dengan menggunakan lebih dari satu transistor.

Di atas adalah sebuah skema rangkaian untuk menambah amper menggunakan transistor pada jenis power supply tunggal. Apakah ada juga power supply dengan tegangan simetris yang memiliki dua jenis output? Ya, selain ic regulator seri 78xx, ada juga seri 79xx.

Meski keduanya memiliki fungsi yang sama, ic regulator seri 79xx digunakan untuk tegangan negatif. Sebagai contoh, jika 7815 menghasilkan tegangan output +15, maka ic 7915 menghasilkan tegangan output -15.

Jadi, kita akan mencoba membahas cara untuk meningkatkan amper pada power supply yang menyediakan jenis tegangan output ini, yang juga bisa disebut sebagai tegangan simetris (kombinasi 78xx dan 79xx).

Untuk ic regulator 79xx ini kita bisa menggunakan ic transistor TIP 2955 atau bisa juga memakai transistor jengkol MJ2955.

Sebelum kita melihat skema jalur tegangan simetris, akan lebih baik jika Anda memahami fungsi pin/kaki dari masing-masing ic regulator tersebut.

Karena kedua jenis ic regulator ini memiliki datasheet atau pin out yang agak berbeda. Sebagai contoh, untuk ic regulator 7815, pin no 1 adalah input dan pin no 2 adalah ground. Sementara itu, untuk ic 7915, pin no 1 adalah ground dan pin no 2 adalah input.

Harap berhati-hati dalam menentukan pin ini. Dari pengalaman pribadi saya, pemasangan tegangan yang terbalik dan kesalahan dalam memasukkan pin input dan ground dapat menyebabkan ic regulator konslet bahkan meledak. Untuk detail lebih lanjut, kita bisa mempelajari pada gambar berikut ini.

Jika Kalian merasa telah memahami perbedaan antara pin out dan pin in dari kedua jenis ic regulator tersebut, langkah selanjutnya adalah pemasangan transistor penguat pada kedua tegangan tersebut. Berikut adalah skema wiring untuk regulator tegangan simetris 7815 dan 7915, yang telah dipasangi transistor TIP3055 dan TIP2955 sebagai penguat untuk meningkatkan output amper.

Baiklah, teman-teman, dengan gambar dan beberapa penjelasan di atas, apakah pertanyaan Anda tentang cara menambah amper pada power supply sudah terjawab?

Mengapa Adaptor Penting?

Adaptor adalah komponen penting dalam sistem elektronik karena berfungsi sebagai catu daya, yang mengubah voltase tinggi dari sumber listrik utama menjadi voltase yang lebih rendah yang dapat digunakan oleh perangkat elektronik.

Misalnya, sumber listrik di rumah biasanya memiliki spesifikasi 220 VAC, sementara perangkat elektronik mungkin hanya memerlukan voltase 12VDC dan 5VDC.

Jika kita mencoba menghubungkan perangkat elektronik langsung ke sumber listrik utama, overvoltage dapat terjadi yang dapat merusak atau bahkan menghancurkan perangkat tersebut.

Oleh karena itu, adaptor berfungsi sebagai penurun tegangan atau transformator, mengubah 220VAC menjadi 12VDC dan 5VDC sehingga perangkat elektronik dapat berfungsi dengan aman dan efisien.

Baca Juga :  Firmware TV LED Panasonic : Download dan Panduan Pasang Gratis !!

Pada dasarnya, adaptor memungkinkan perangkat untuk bekerja dengan sumber listrik yang tersedia dan melindungi mereka dari kerusakan akibat overvoltage.

Tanpa adaptor, penggunaan sehari-hari dari berbagai perangkat elektronik akan menjadi jauh lebih sulit dan berisiko.

Penutup

Secara keseluruhan, Cara Menambah Ampere Power Supply bukanlah tugas yang mudah dan memerlukan pemahaman teknis yang baik tentang komponen elektronik. Ingatlah selalu bahwa segala upaya peningkatan daya harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan hati-hati.

Jangan pernah meremehkan potensi risiko jika melakukan penyesuaian yang salah. Jika tidak yakin, lebih baik mencari bantuan profesional atau membeli power supply dengan Ampere yang lebih tinggi.

Sekian penjelasan dari empatpilar.com tentang cara menambah Ampere power supply. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini bisa membantu Kalian dalam memahami dan mengambil keputusan yang tepat sehubungan dengan power supply. Ingatlah, keselamatan Kalian dan komputer Kalian adalah prioritas utama. S

elamat mencoba dan semoga sukses! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-menambah-ampere-power-supply/,menambah ampere,menambah ampere power supply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *