Cara Mencari Channel TV Ninmedia

Cara Mencari Channel TV Ninmedia Update Terbaru

Posted on

Empat Pilar – Cara Mencari Channel TV Ninmedia, Mendapatkan informasi terbaru mengenai channel TV Ninmedia bisa menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang. Namun, dengan teknologi yang semakin maju, mencari informasi mengenai channel TV Ninmedia saat ini semakin mudah. Berikut adalah beberapa cara untuk mencari channel TV Ninmedia update terbaru.

Sekilas Tentang Ninmedia

Cara Mencari Channel TV Ninmedia

 

Ninmedia didirikan pada tahun 2013 dan saat ini menawarkan opsi layanan yaitu free to air yang dapat diakses secara gratis, free to view (STB rekomendasi) hingga layanan Pay TV dengan sistem berlangganan. Layanan TV ini menyediakan puluhan channel TV dengan program unggulan masing-masing, sehingga menjadi salah satu layanan TV yang banyak digunakan di Indonesia.

Ninmedia adalah salah satu stasiun satelit yang menyiarkan siaran televisi secara gratis dengan menggunakan frekuensi KU Band. Berbeda dengan parabola besar/jaring yang sistem penyiarannya menggunakan frekuensi C Band, kinerja keduanya hampir sama.

Ninmedia lebih mudah karena hanya menggunakan dish dengan ukuran kecil dan hanya membutuhkan satu LNB KU Band saja. Namun, siaran Telkom dan Palapa juga dapat terkunci. Oleh karena itu, parabola KU Band atau sering disebut parabola mini sangat cocok dan direkomendasikan untuk wilayah perkotaan, karena tidak memerlukan tempat yang luas untuk pemasangannya.

Kelebihan Televisi Digital Satelit Ninmedia

  1. Menawarkan sekitar 112 channel gratis (data per 01 Januari 2021) tanpa biaya bulanan untuk semua pemirsa yang menggunakan STB Rekomendasi.
  2. Perangkat antena dan Decoder rekomendasi mudah didapatkan, baik melalui toko online maupun offline.
  3. Kualitas siaran televisi digital begitu jernih sehingga dapat ditonton selama 24 jam non stop.
  4. Kekuatan sinyal mencakup seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

Berikut beragam STB Rekomendasi Ninmedia

  1. Boston Cerry HD
  2. Diamond Wolrd
  3. Gardiner G-88 HD Oracle
  4. Goldsat Revo
  5. Intra Jupiter
  6. LGSat LG-88HD Oracle
  7. Optus OP-88HD Oracle
  8. Tanaka OrionSky
  9. Venus Estilo
  10. Venus Yaris
  11. Vinsat Donuts

Pasang dan Cara Mencari Channel TV Ninmedia

Sedikit telah disinggung diatas bahwa agar kualitas gambar bagus serta lancar tanpa macet – macet, disarankan untuk memakai receiver rekomendasi, berikut beberapa receiver rekomendasi untuk Ninmedia :

  • LGSAT LG 101 Oracle.
  • Optus OP 88 HD Oracle.
  • Gardiner G 88 HD Oracle.
  • Orion Sky
  • Intra INT Jupiter.
  • Diamond World AK 369.
  • Venus Yaris.

Berikut adalah beberapa receiver rekomendasi yang digunakan untuk melacak siaran Ninmedia. Sementara untuk pemasangan dan melacak saluran, secara singkat meliputi: pertama, pasang LNB KU Band ke dish, kemudian arahkan parabola ke barat, terus hubungkan kabel dengan receiver, setelah itu atur frekuensi program satelit dan lakukan scanning. Untuk lebih jelas, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pastikan tempat pemasangan dish tidak terhalang dinding atau bangunan apapun.

2. Pasang tiang dengan kuat dan tegak lurus (0°).

3. Selanjutnya pasang LNB pada dudukanya, jangan terlalu keras agar bisa dinaik turunkan posisi LNB pada saat tracking.

4. Kemudian sambungkan kabel dekoder ke LNB, arahkan posisi dish ke barat.

5. Setelah semuanya terpasang, ambil receiver dan masukkan frekuensi Ninmedia. Pertama tekan menu pada remote, lalu masuk ke menu pengaturan satelit/instalasi.

6. Setelah itu, centang satelit yang diinginkan, misalnya Chinasat 11. Masukkan transponder-nya dengan cara mengklik menu GOTO/Transponder/Sat pada remote.

7. Kemudian buat transponder dengan cara mengklik tombol Add (warna merah), lalu tulis transponder pertama 12500 V 43199 dan transponder kedua 12560 V 43200 lalu klik tombol Save (warna biru). Jika posisi tepat, maka akan muncul kualitas dan intensitas sinyal. Jika tidak muncul, lakukan tracking agar mendapat posisi yang tepat untuk Ninmedia.

8. Cara melacak Ninmedia sama seperti melacak pada parabola besar, pertama-tama lepaskan baut parabola kemudian arahkan atau gerakkan parabola ke atas, ke bawah, ke kanan, ke kiri secara perlahan sampai menemukan sinyal yang maksimal. Setelah itu, setelah sinyal terkunci, kencangkan baut kembali dan lakukan pemindaian.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Noda Cat di Baju : Tips Mudah

9. Cara melakukan pemindaian adalah dengan menekan tombol biru pada remote, kemudian mengatur pemindaian buta (jika ingin mencari saluran secara penuh). Setelah itu, tekan tombol biru lagi untuk melanjutkan proses pencarian saluran, tunggu hingga proses pemindaian 100%, tayangan Ninmedia siap untuk dinikmati.

Faktor Penyebab Kualitas Sinyal Menurun

  1. Antena bergeser, karena pemasangan sudah lama atau karena pemasangan kurang kuat. Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki dudukan parabola dengan benar dan baik, kemudian melakukan tracking ulang.
  2. Tiang penyangga. Tiang yang tidak lurus dan kurang kokoh dapat membuat dish bergeser atau berubah posisi. Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki dudukan tiang agar lebih kuat sehingga posisi dish tidak mudah berubah karena terkena angin.
  3. Pemasangan LNB. Jangan memasang LNB terlalu rendah agar saat tracking atau mencari saluran bisa sesuai dengan sinyal yang diinginkan.
  4. Adanya penghalang. Dish yang tertutup atau terhalang dapat mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Cara mengatasinya adalah dengan memindahkan pemasangan antena agar bebas dari berbagai penghalang.
  5. Perubahan atau penambahan transponder. Ini bisa menyebabkan hilangnya sinyal saluran.
  6. Masalah pada komponen. Komponen pendukung seperti dish berkarat serts sudah tidak simetris lagi juga bisa menyebabkan sinyal lemah. Cara mengatasinya yaitu carilah atau gunakan komponen pendukung berkualitas, jadi bisa awet serta tahan lama serta bagus dalam menangkap sinyal.
  7. Komponen LNB dan Receiver rusak. Hal ini bisa terlihat jika intensitas terlihat 0%, menujukan bahwa kabel LNB dan receiver tidak terhubung sama sekali. Cara memperbaikinya yaitu periksa kembali komponen tersebut apakah pemasangan sudah tepat pada kedudukanya atau posisinya lalu ganti komponen jika ada kerusakan.

Daftar Frekuensi Ninmedia Terbaru

Setelah mengetahui Cara Mencari Channel TV Ninmedia kini saatnya kalian mengetahui daftar frekuensi ninmedia. Hingga saat ini Ninmedia masih menayangkan siarannya menggunakan frekuensi Ku band. Oleh karena itu pelanggan Ninmedia tetap dapat menikmati siaran Ninmedia dengan menggunakan parabola mini.

1. Frekuensi Ninmedia 12415 V 45000

Frekuensi Ninmedia Ku Band pertama memiliki nama yang sesuai dengan frekuensinya, yaitu 12415 dengan polaritas V yang menunjukkan arah Vertikal, yang berarti pancaran sinyal membujur dari barat dan timur.

Kemudian, untuk kecepatan sinyal yang dimiliki adalah sebesar 45000 dengan sistem yang digunakan adalah DVB-S2 8PSK. Tipe frekuensi yang sesuai dengan yang dibahas adalah tipe Ku Band dengan frekuensi LNB universal.

Jika Anda menggunakan frekuensi ini, maka saluran Ninmedia terbaru yang bisa Anda dapatkan meliputi:

  1. Pop Musik
  2. Maleo
  3. Ainos
  4. TV One
  5. ATV
  6. ANTV
  7. FTV
  8. NET TV
  9. A Shop
  10. Kompas TV
  11. Trans TV
  12. TVN
  13. Trans 7
  14. TVRI Nasional
  15. Metro TV
  16. Rajawali TV
  17. Jak TV
  18. JTV
  19. United Broadcasting TV
  20. Sinema Indonesia X
  21. M Cine Channel
  22. Magna Channel
  23. Kids Zone Pakistan
  24. Aljazerah English
  25. Ruai TV
  26. Arirang TV
  27. VoA TV Global
  28. GO To Luxe TV
  29. TV P
  30. MWD Cahnnel
  31. Sahara One
  32. DW English
  33. Macau Satelit TV
  34. Timor Leste
  35. Maldives TV
  36. Life TV Net.
  37. Xing Xong China
  38. France 24
  39. Drakor Plus
  40. HCBN Indonesia
  41. K Drama
  42. Sun TV
  43. King TV
  44. Knowledge TV
  45. Macau Lotus TV
  46. Rai Italia
  47. Star Max
  48. 48 News UK
  49. RTP Int.
  50. Dubai TV
  51. Pervy Kanal Asia
  52. YES
  53. TVRI NTT
  54. Cubavision
  55. RT News
  56. TVE Int

2. Frekuensi Ninmedia 12655 V 45000

Frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 sama halnya dengan Frekuensi Ninmedia 12415 V 45000, memiliki frekuensi 12655 dengan polaritas yang sama, yaitu Vertikal.

Kecepatan sinyal dan sistem yang dimiliki untuk transponder ini juga sama, yaitu 45000 dan DVB-S2 8PSK, dengan tipe frekuensi Ku Band dan frekuensi LNB universal.

Perbedaan dengan frekuensi 12415 adalah pada saluran. Saluran yang tersedia termasuk siaran lokal dan internasional, di antaranya:

  1. EmPhi 1
  2. Al Bahjah
  3. EmPhi 2
  4. Al Binaa TV
  5. EmPhi 3
  6. EmPhi 7
  7. Insan TV
  8. Quran TV
  9. Nabawi TV
  10. Al Iman TV
  11. NU Cahnnel
  12. Madani TV
  13. Hijrah TV
  14. Surau TV
  15. Izzah TV
  16. Niaga TV
  17. Salam TV
  18. Puldapii TV
  19. Rasyhaad TV
  20. Ashii TV
  21. Ahsan TV
  22. Muadz TV
  23. Rodja TV
  24. Fatwa TV
    Wesal TV
  25. Sunna TV
  26. Elkisi TV
  27. MHO TV
  28. MGGII TV
  29. TV MU
  30. Saling Sapa TV
  31. WION
  32. Sharjah TV
  33. TV 9 Nusantara
  34. Da Ai TV
  35. U Channel
  36. Hope Channel
  37. I Am TV
  38. Tawaf TV
  39. Madu TV
  40. BAlik Papan TV
  41. Riau TV
  42. Persija TV
  43. TVRI Sumbar
  44. RRI NET
  45. Space Toon
  46. RB TV
  47. BETV
  48. Euro News English
  49. NHK World Japan
  50. Dubai Sports
  51. Zing Asia
  52. My Cinema Asia
  53. My Cinema
  54. My Family
  55. My Kids
  56. Davinci Asia
  57. Zee Bioskop
Baca Juga :  Kenali Semua Jenis-Jenis Pondasi Rumah Secara Lengkap

Jadi, frekuensi ninmedia terbaru yaitu 12415 V 45000 dan 12655 V 45000. Dengan menggunakan satelit Asiasat 9 dan frekuensi Ku Band.

 

Penutup

Dengan informasi di atas, Anda sekarang sudah memiliki panduan lengkap tentang cara mencari channel TV Ninmedia update terbaru.

Mulai dari melakukan tracking, scaning, dan memahami frekuensi dan polaritas yang digunakan. Pastikan untuk memperbaiki posisi parabola dan tiang penyangga serta memindahkan jika ada penghalang untuk menjamin kualitas sinyal yang optimal.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui informasi frekuensi dan transponder yang tersedia untuk memastikan Anda selalu dapat menikmati tayangan terbaru dari Ninmedia. Nah itulah ulasan mengenai Cara Mencari Channel TV Ninmedia Update Terbaru. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *