Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV

Penyebab dan Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV

Posted on

Empat Pilar – Penyebab dan Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV. Saat menonton TV, tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada melihat warna hijau yang tiba-tiba muncul di layar. Terlebih lagi, masalah ini dapat mempengaruhi pengalaman menonton TV Anda dan dapat mengganggu saat menikmati film atau acara favorit Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan memberi tahu Anda cara menghilangkan warna hijau pada layar TV Anda.

Penyebab Warna Televisi Dominan Hijau

Gambar video dapat ditampilkan dengan warna pada televisi karena televisi berwarna merupakan salah satu teknologi transmisi televisi yang memuat informasi tentang warna gambar.

Pemancaran warna dapat dilakukan dengan cara mengirimkan tiga gambar monokrom yang masing-masing memiliki warna hijau, merah, dan biru (RGB). Ketika tiga gambar tersebut ditampilkan secara cepat atau bersama-sama, gambar-gambar tersebut akan bergabung menjadi satu dan menghasilkan gambar berwarna.

Penggunaan model warna RGB terutama digunakan untuk menampilkan gambar pada perangkat elektronik seperti televisi dan komputer.

Umumnya, warna utama yang muncul pada televisi adalah biru, merah, dan hijau. Jika salah satu warna tidak muncul, maka kerusakan tersebut dapat menyebar ke dalam rangkaian matriks televisi.

Apabila terjadi kerusakan seperti ini, pengaturan pada RGB harus dilakukan untuk menghilangkan warna yang dominan dan menampilkan warna yang tidak muncul. Proses ini akan membuat warna televisi menjadi stabil dan dinamis.

1. Kerusakan Pada Solderan Komponen Sistem Warna

Kehilangan salah satu warna pada televisi dapat disebabkan oleh kerusakan pada solderan pada kaki-kaki komponen yang memproses warna, baik karena pecah atau retak. Hal ini biasanya terjadi karena kualitas solderan yang kurang baik atau karena adanya faktor panas yang terus-menerus pada PCB yang menempel pada katoda tabung. Penggunaan timah yang kurang berkualitas juga dapat menyebabkan solderan mudah pecah.

Solusi untuk mengatasi solderan yang rusak adalah dengan melakukan penyolderan ulang dengan menggunakan bahan yang lebih baik.

2. Kerusakan Pada Komponen Transistor Warna

Kerusakan warna pada televisi juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada transistor yang mengendalikan warna. Kehilangan satu atau dua warna dapat menjadi tanda bahwa transistor mengalami kerusakan.

Solusi terbaik untuk masalah seperti ini adalah dengan mengganti transistor. Namun, sebelum mengganti transistor, kita harus mengetahui nilai kapasitansi dan ampere yang digunakan, serta output warna dari transistor tersebut. Selain itu, penggantian transistor juga harus menggunakan transistor yang sama dengan yang terdapat di dalam datasheet book.

3. Kerusakan Pada Komponen Resistor Akibat Short

Pada sebuah perangkat televisi dilengkapi dengan resistor pembatas tegangan, yang mana fungsinya sebagai pengatur arus yang masuk dan bekerja untuk sistem TV. Jadi jika resistor rusak akan mengakibatkan warna TV jadi tidak stabil, terkadang hanya ada satu warna yang dominan. Kerusakan paling sering terjadi pada jenis resistor yang memanjang, solusinya lakukan pergantian pada resistor pembatas, tentunya mengganti resistor sesuai dengan spesifikasinya.

4. Kerusakan Pada Soket Tabung

Penyebab lain dari kerusakan warna pada televisi adalah kerusakan pada soket tabung. Hal ini umum terjadi pada televisi yang sudah tua dan terlalu panas atau pada televisi yang tidak sering digunakan.

Soket tabung ini dirancang untuk menjaga warna televisi tetap stabil, sehingga ketika terjadi kerusakan pada soket, warna televisi dapat menjadi tidak jelas, buram, dan terkadang warna utama seperti merah, hijau, dan biru hilang. Solusinya adalah dengan mengganti soket tersebut.

5. Tegangan Turun

Kerusakan pantulan warna, yang mengakibatkan warna jadi lebih gelap merupakan salah satu akibat dari turunya tegangan pada katoda. Namun kerusakan seperti ini tidak hanya disebabkan karena tegangan yang turun saja, tetapi bisa juga karena kabel yang menghubungkan solderan dioda dan katoda rusak.

6. Kerusakan IC Croma

Penyebab kerusakan warna yang paling umum terjadi pada televisi adalah kerusakan pada IC Croma. Untuk memeriksanya, kita dapat melihat output IC Croma tersebut dari depan hingga belakang. Kerusakan pada IC Croma juga dapat memicu kerusakan pada komponen lainnya, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen lainnya.

7 Mainboard TV Rusak

Mainboard televisi yang rusak juga dapat mengakibatkan kerusakan warna pada televisi. Cara mengeceknya yaitu dengan memeriksa kabel LVDS dari mainboard menuju controller board, pastikan tidak ada kabel yang longgar. Setelah itu reset FPCB yang dari controller board menuju driver board. Periksa juga sambungan solder pada konektor kabel menuju board.

Baca Juga :  Cara Mengobati Biduran Secara Alami dan Mudah

Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV

Warna TV yang dominan hijau seringkali menjadi masalah yang ditemui. Teknik memperbaiki kerusakan TV dengan warna merah dan hijau sebenarnya tidak terlalu berbeda. Perbedaan terletak pada lokasi kerusakan yang harus diperbaiki. Penting untuk membaca postingan sebelumnya untuk informasi lebih lengkap. Dalam mempelajari sebuah bacaan, pengulangan membantu dalam memahami dan menguasai materi.

Dalam memperbaiki tv dengan kerusakan warna tv dominan hijau ada beberapa point penting yang harus Anda perhatikan diantaranya:

  • Memeriksa kondisi solderan dalam TV.
  • Menganalisis tegangan pada setiap katoda RGB.
  • Memeriksa komponen-komponen yang terdapat pada mesin RGB.
  • Menganalisis tegangan basis transistor pada mesin RGB.
  • Menganalisis kerusakan pada IC Chroma.

Kami akan menjelaskan setiap poin secara rinci agar pembaca dapat lebih mudah memahaminya.

1) Perhatikan kondisi solderan dalam tv

Kerusakan pada solderan di dalam TV yang retak atau pada mesin RGB yang sudah rusak dapat menyebabkan warna TV yang dominan hijau.

Ketika penulis menemukan kasus kerusakan dengan warna TV yang dominan merah, penulis dapat memperbaikinya dengan melakukan penyolderan ulang pada bagian mesin RGB dan TV tersebut dapat berfungsi normal kembali.

Oleh karena itu, penulis menyarankan pembaca untuk melakukan penyolderan ulang pada bagian RGB terlebih dahulu, mulai dari IC Chroma hingga pada blok atau mesin RGB. Setelah melakukan penyolderan ulang, penting untuk memeriksa kembali kondisi solderan terutama pada pin atau kaki IC Chroma, pastikan tidak ada solderan yang saling terhubung antara kaki IC Chroma satu dengan yang lainnya.

Hal ini penting untuk mencegah terjadinya konsleting dan kerusakan yang serius pada IC tersebut.

2) Analisa tegangan masing-masing katoda RGB

Penting untuk diketahui bahwa agar TV dapat menampilkan warna yang normal di layar, semua fungsi dalam TV harus bekerja dengan normal.

Jika terjadi masalah pada bagian TV yang berfungsi untuk memproses warna, maka TV tidak akan berfungsi dengan semestinya. Sebagai contoh, dalam kasus ini, warna dominan TV adalah hijau. Oleh karena itu, diperlukan analisa kerusakan pada blok RGB.

Cobalah untuk mengukur tegangan yang terdapat pada masing-masing Katoda RGB. Tegangan normal antara 75 hingga 125 VDC. Jika salah satu tegangan Katoda tidak ada atau tegangan kurang dari tegangan normal, misalnya hanya 50 V, apakah itu KR, KG, atau KB, selanjutnya ukur semua komponen yang satu jalur dengan Katoda RGB tersebut.

Ukur komponen resistor, elco, maupun transistor. Seringkali komponen tersebut rusak yang mengakibatkan warna TV menjadi hijau.

3) Cek komponen yang terdapat pada mesin RGB

Jika saat melakukan pengukuran tegangan pada katoda RGB tidak normal, langkah selanjutnya adalah dengan mengukur satu persatu komponen yang satu jalur dengan katoda yang tegangannya tidak normal.

Jika yang tegangannya tidak normal adalah katoda hijau (KG), maka ukur komponen yang satu jalur dengan KG.

Banyak ditemukan bahwa komponen resistor yang rusak. Solusinya adalah dengan menggantinya dengan resistor yang baru, biasanya setelah itu tv sudah bisa hidup normal kembali.

4) Analisa tegangan basis transistor pada mesin rgb

Jika setelah melakukan pengukuran dan tidak menemukan tegangan pada basis transistor mesin RGB, langkah selanjutnya adalah memeriksa kabel yang menghubungkan mesin RGB ke mesin TV yang terletak di dekat IC Chroma.

Pastikan kabel tersebut dalam kondisi baik dan tidak rusak, serta terhubung dengan baik pada mesin TV dan RGB. Jika kabel dalam kondisi baik, kemungkinan kerusakan ada pada transistor tersebut dan perlu diganti dengan yang baru.

5) Analisa kerusakan pada IC chroma

Setelah langkah-langkah sebelumnya, sekarang coba ukur lagi tegangan RGB OUT pada IC Croma, seharusnya tegangannya sekitar 4 VDC. Jika tegangan tidak terdeteksi, dapat disimpulkan bahwa IC croma telah rusak.

Untuk memperbaiki hal ini, gantilah IC croma dengan tipe yang sama. Biasanya, setelah penggantian, tv dapat kembali normal dan warnanya tidak bermasalah lagi.

Bagi yang sudah memahami bagian-bagian dan cara mengukur tegangan dalam tv, langkah-langkah di atas mudah untuk diikuti. Namun, bagi yang baru pertama kali memperbaiki tv, disarankan untuk memahami prinsip kerja televisi dan memiliki panduan “Tutorial servis tv tabung”.

Saya yakin jika Anda mengikuti petunjuk dengan serius, maka insya Allah Anda dapat memperbaiki tv dengan kerusakan warna seperti ini.

Cara Memperbaiki Warna TV Sharp Warna Hijau

Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV, jika sudah tahu akan penyebab mengapa warna TV Sharp dominan, maka selanjutnya tinggal mengetahui bagaimana cara memperbaiki. Di mana cara memperbaiki tinggal sesuaikan dengan faktor penyebab TV muncul warna berbeda.

1. Ganti RGB Mati

Jika RGB tidak berfungsi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengukuran pada setiap terminal katoda tabung untuk mengetahui besar tegangan. Dalam keadaan normal, besar tegangan pada tiga terminal katoda (KR, KG, KB) akan terukur sama.

Namun, jika salah satu terminal katoda memiliki tegangan yang lebih besar, blok penguat tegangan katoda tersebut akan mengalami masalah secara otomatis. Untuk memperbaikinya, Anda perlu melakukan solder ulang pada retakan di terminal transistor.

Baca Juga :  Kura-Kura Berkembang Biak dengan Cara ? Berikut Ulasannya

Jika RGB mati, tidak ada cara lain selain melepas RGB tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Secara umum, dengan cara ini, warna pada TV Anda akan kembali normal dan tidak menunjukkan warna dominan seperti warna hijau, merah, atau biru.

2. Ganti Chroma Rusak

Sama seperti saat memperbaiki atau membetulkan TV, jika ada komponen yang rusak dan menyebabkan warna TV Sharp menjadi dominan, Anda perlu memeriksanya terlebih dahulu dan mencoba memperbaikinya. Jika sudah tidak bisa diperbaiki, maka komponennya harus diganti.

Pastikan untuk mengganti IC chroma dengan jenis yang sesuai agar hasilnya tidak berbeda. Untuk memastikan hal ini, lepaskan IC chroma yang rusak dan bawa sebagai contoh saat membeli yang baru.

3. Coba Hilangkan Karat

Untuk memperbaiki masalah yang menyebabkan TV Sharp menunjukkan warna dominan karena soket yang berkarat, langkah pertama adalah mencoba melepaskan dan membersihkan karat tersebut, jika memang perlu.

Namun, jika soket tabung terlalu berkarat dan tidak dapat dibersihkan, yang mengakibatkan warna TV hilang, maka Anda perlu menggantinya dengan melepas dan menggantinya dengan soket yang serupa.

4. Periksa Kondisi Tabung

Untuk memastikan tabung apakah berfungsi dengan baik, silakan memeriksa terlebih dahulu secara manual. Jika menemukan kerusakan maka Anda hanya perlu memperbaiki tabung dengan menggunakan alat tembak tabung yang bisa dibuat sendiri. Untuk memastikan kondisi warna tabung juga bisa dilakukan dengan langkah-langkah mudah, seperti misalnya:

  • Silakan lepas hubungan terminal katoda tabung dengan PCB.
  • Kemudian gunakan multimeter dan atur pada mode pengukuran tegangan DC 250V.
  • Lanjut tempelkan probe hitam multimeter pada jalur ground.
  • Lalu sentuhkan probe merah multimeter pada setiap katoda.
  • Jika saja probe merah disentuhkan layar menghasilkan warna sesuai terminal katoda disentuh maka itu normal.
  • Namun jika tampilan warna dilayar TV Sharp ada yang redup berarti katoda tabung emisinya melemah.

 

Penutup

Kesimpulannya, warna hijau yang muncul pada layar TV bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kabel yang tidak terpasang dengan benar, masalah pada sumber daya listrik, atau masalah pada komponen internal TV.

Namun, Anda dapat menghilangkan warna hijau tersebut dengan beberapa cara seperti memastikan kabel terpasang dengan benar, menyesuaikan pengaturan warna pada TV, atau melakukan reset pada TV.

Jika masalah terus berlanjut, sebaiknya bawa TV Anda ke teknisi yang terpercaya untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat menikmati pengalaman menonton TV yang lebih baik dan bebas dari warna hijau yang mengganggu. Itulah ulasan mengenai Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV, semoga bermanfaat. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-menghilangkan-warna-hijau-pada-layar-tv/,layar tv warna hijau,Masalah layar tv warna hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *