Cara Mengkilapkan Lantai Granit

Cara Mengkilapkan Lantai Granit : Panduan Mudah

Posted on

Empat Pilar – Cara Mengkilapkan Lantai Granit : Panduan Mudah. Lantai granit memiliki daya tarik estetika yang tak tertandingi, memberikan sentuhan kemewahan dan elegan pada ruangan. Namun, seiring berjalannya waktu, kilau alami lantai granit dapat redup akibat penggunaan sehari-hari dan paparan elemen-elemen lingkungan. Tidak perlu khawatir, karena ada cara-cara praktis untuk mengembalikan kilau maksimal pada lantai granit kalian.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci cara mengkilapkan lantai granit agar tetap tampak segar dan memikat. Mulai dari langkah-langkah perawatan sederhana hingga tips khusus menggunakan bahan alami, temukan rahasia untuk mendapatkan lantai granit yang mengilap dan memukau. Mari kita mulai perjalanan menuju kilau maksimal lantai granit kalian!

Lantai Granit Adalah?

Lantai granit merupakan pilihan lantai yang istimewa karena terbuat dari batu granit, sebuah batu alami yang berasal dari magma yang telah mendingin dan terbentuk di bawah tekanan ekstrim selama bertahun-tahun. Keberadaan lantai granit mencakup sejarah panjang, digunakan sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Kekuatan, ketahanan terhadap goresan, ketahanan terhadap noda, dan sifat anti selip membuat lantai granit sangat sesuai untuk digunakan baik di rumah maupun di gedung perkantoran.

Terminologisnya, batu granit adalah jenis batuan beku dengan sifat asam. Batu ini terbentuk melalui proses pembekuan magma yang berlangsung secara bertahap dan perlahan di dalam bumi. Warna asli batu granit umumnya adalah abu-abu, putih, atau kombinasi keduanya, meskipun beberapa batu granit juga dapat menghasilkan warna jingga atau merah muda tergantung pada proses kimiawi dan kandungan mineral di dalamnya.

Keindahan estetika batu granit tidak hanya terlihat pada lantai rumah, tetapi juga disertai dengan kilau alami yang menakjubkan. Selain itu, keunggulan batu granit terletak pada ketahanannya terhadap cuaca panas maupun dingin, serta ketahanan terhadap asam. Batu granit ditemukan dalam bentuk batu raksasa dan kemudian dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan menggunakan alat potong khusus agar dapat digunakan sebagai material lantai granit yang elegan.

Kelebihan Lantai Granit

Lantai granit memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang istimewa dan menarik untuk digunakan di dalam rumah maupun gedung perkantoran.

1. Kesan Mewah

Lantai granit memberikan kesan mewah dan elegan di dalam ruangan. Sebagai salah satu tipe lantai termahal di pasaran, keberagaman pola, desain, dan warna lantai granit mampu meningkatkan estetika ruangan dengan menciptakan tampilan yang eksklusif.

2. Anti Gores, Anti Slip, dan Tahan Noda

Keunggulan lantai granit melibatkan ketahanan terhadap goresan, sifat anti slip untuk mengurangi risiko kecelakaan, serta ketahanan terhadap noda. Hal ini membuatnya cocok untuk area-area dengan tingkat lalu lintas tinggi seperti lobi gedung, ruang bermain anak, dan area dapur yang rentan terkena cairan dan noda.

3. Tidak Mudah Pudar

Lantai granit cocok untuk area yang sering terpapar sinar matahari seperti teras, kolam renang, dan gazebo karena daya tahan terhadap paparan sinar UV, menjadikannya pilihan yang awet untuk berbagai lingkungan.

4. Menambah Nilai Jual Properti

Penggunaan lantai granit dapat meningkatkan nilai jual properti. Keindahan dan keandalan lantai granit dapat menjadi daya tarik tambahan bagi calon pembeli atau penyewa properti.

5. Dingin di Kaki

Lantai granit memiliki pori-pori yang mampu menyerap hawa dingin dari udara bebas atau dari sistem pendingin udara (AC). Ini menciptakan sensasi kaki yang nyaman dan sejuk, terutama dalam iklim yang panas.

6. Kuat dan Awet

Lantai granit terkenal karena kekuatannya yang luar biasa dan kemampuannya untuk bertahan lama tanpa mengalami perubahan warna atau bentuk. Daya tahan yang tinggi membuatnya menjadi investasi yang baik untuk jangka panjang, memberikan nilai tambah pada lantai yang tidak hanya indah tetapi juga tahan lama.

Cara Mengkilapkan Lantai Granit

Cara Mengkilapkan Lantai Granit

Berikut adalah beberapa tips mengenai Cara Mengkilapkan Lantai Granit yang bisa kalian pahami dan terapkan dengan baik untuk lantai granit kalian :

Baca Juga :  Ketahui, Perbedaan Lantai Keramik dan Granit Secara Lengkap

1. Pel Granit dengan Air Hangat

Seperti halnya dengan bahan lain, perawatan lantai granit memerlukan pemeliharaan rutin untuk memastikan kilapnya tetap terjaga. Namun, teknik pembersihan lantai granit harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak lapisan pelindungnya dan mencegah noda dari cairan yang bisa meresap ke dalam pori-pori granit. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membersihkan lantai granit dan membuatnya mengkilap:

  • Siapkan pembersih lantai.
  • Campurkan cairan pembersih ke dalam ember berisi air hangat.
  • Jika menggunakan cairan pembersih yang bukan khusus untuk granit, uji terlebih dahulu di area kecil dan tersembunyi untuk memastikan tidak ada reaksi yang merugikan.
  • Sebelum memulai proses pengelapan, sedot lantai granit untuk mengangkat debu dari permukaan.
  • Setelah itu, lap lantai granit dengan kain lembut (gosok jika ada kerak yang menempel).
  • Ganti air pembersih jika sudah kotor, dan pastikan untuk menggunakan air bersih yang baru.
  • Lakukan pemeliharaan setiap hari atau dua hari sekali agar debu dan kotoran tidak menumpuk di lantai.
  • Pengelapan dengan Kain Lembut

2. Lap dengan Kain Halus

Granit memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi, sehingga rentan terhadap kekusaman jika tidak dirawat dengan benar. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara sederhana adalah dengan mengelap permukaan granit menggunakan kain halus yang telah dibasahi. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan lantai granit yang kusam:

  • Siapkan kain lembut seperti serat, air bersih, cairan pembersih khusus granit, dan ember.
  • Jika tidak ada cairan pembersih khusus, gunakan air bersih tanpa campuran apapun.
  • Basahi kain lembut dan gunakan untuk mengelap permukaan granit yang kusam.
  • Lakukan gerakan pelan-pelan berulang kali.
  • Lakukan proses ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

3. Bersihkan dengan Menggunakan Bahan Alami

Untuk merawat lantai granit, kamu dapat menggunakan bahan alami, Property People. Salah satu pilihan bahan alami yang efektif untuk membersihkan lantai granit yang kusam adalah campuran baking soda dan air. Selain itu, sitrun juga dapat menjadi alternatif yang efisien.

Langkah-langkah membersihkan lantai granit yang kusam:

  • Persiapkan alat semprot atau ember.
  • Campurkan baking soda dan air secukupnya (atau gunakan sitrun).
  • Semprotkan campuran ke area yang perlu dibersihkan.
  • Oleskan campuran baking soda atau sitrun tersebut dan biarkan selama 24 jam.
  • Setelah campuran mengering, bersihkan dengan menggunakan campuran air dan sabun.
  • Membersihkan dengan Pembersih Granit Kusam

4. Bersihkan dengan Pembersih Granit Kusam

Penggunaan cairan pembersih khusus dapat menjadi solusi efektif untuk membersihkan lantai granit yang kusam. Cairan pembersih granit kusam ini mampu mengatasi noda seperti minyak, tinta, dan lainnya, serta dapat dengan cepat membersihkan kerak yang membandel.

Pembersih khusus granit banyak tersedia di toko-toko dalam bentuk cairan atau serbuk. Cairan pembersih ini sangat efektif untuk mengembalikan kilap pada granit hitam. Dengan tingkat pH netral, cairan ini dapat membersihkan tanpa mengikis atau merusak permukaan granit.

Namun, pastikan untuk memilih pembersih granit yang tidak mengandung asam abrasif. Cara membersihkan granit kusam adalah dengan menggunakan kain halus, sesuai dengan takaran dan petunjuk pemakaian yang terdapat pada kemasan. Lakukan uji kecil dengan mengoleskan pada sebagian kecil lantai granit sebelum penggunaan secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada efek negatif.

5. Berikan Lapisan Khusus Granit

Pada poin kelima, memberikan lapisan khusus granit adalah langkah efektif untuk mengembalikan kilau lantai granit yang kusam. Lapisan khusus ini, sering disebut sebagai coating batu alam, dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

Proses penggunaannya pun sangat sederhana. Setelah mendapatkan pembersih granit kusam tersebut, cukup aplikasikan lapisan khusus granit ke seluruh permukaan dengan menggunakan kain lembut. Dengan melakukan langkah ini, lantai granit akan kembali bersinar seperti baru.

Tak hanya itu, cara mengkilapkan granit dengan lapisan khusus ini juga cukup praktis. Setelah mengelapnya ke seluruh permukaan, biarkan granit tersebut mengering selama 24 jam. Hasilnya, Anda akan melihat perubahan signifikan pada kilau dan tampilan keseluruhan lantai granit.

6. Lakukan Pemolesan

Selanjutnya, pada poin keenam, alternatif lain untuk membersihkan lantai granit yang kusam adalah melalui proses pemolesan. Meskipun pemolesan ini dapat dilakukan sendiri oleh Property People, perlu diingat bahwa beberapa kasus memerlukan alat khusus yang tidak selalu tersedia di rumah.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Lem Granit : Tips Lengkap dan Mudah

Namun, untuk mempermudah, banyak jasa pembersih yang menawarkan layanan pemolesan granit dengan berbagai harga. Dengan demikian, Property People dapat memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran untuk menjaga kualitas dan kilau lantai granit mereka.

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Cara Mengkilapkan Lantai Granit bukanlah tugas yang sulit jika dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat. Proses ini tidak hanya meningkatkan keindahan estetika ruangan, tetapi juga memperpanjang umur dan daya tahan lantai granit. Dengan mengikuti tips dan trik yang telah dibahas di atas, kalian dapat menjadikan lantai granit sebagai salah satu elemen kunci yang memancarkan keindahan dalam ruang hunian kalian.

Sehingga, ketika tamu datang, keindahan lantai granit akan menjadi sorotan utama yang memberikan kesan bersih, elegan, dan mewah. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan dan perawatan lantai granit secara rutin guna menikmati kilau yang indah dan tahan lama. Semoga artikel dari empatpilar.com ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi kalian yang ingin menjaga kecantikan lantai granit di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *