cara mengkompres file pdf

Cara Mengkompres File Pdf Termudah 2021

Empatpilar.com – Cara Mengkompres File Pdf Termudah 2021 . Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memperkecil ukuran file pdf secara offline dan online. Apakah kamu berpikir kompres file pdf adalah hal yang sulit? Ukuran file pdf sering kali menjadi masalah pada beberapa kegiatan.

Apalagi pada saat pengisian tugas-tugas yang mengharuskan mengirim file pdf dengan ukuran KB sedangkan file pdf tersebut sangat besar dan memiliki ukuran Mega Byte. Seperti pada peng-uploadan file pdf pada Google Formulir. Kompres atau Convert adalah istilah lain untuk memperkecil ukuran file. Kompresisasi ini dapat kamu lakukan melalui website online atau offline dengan aplikasi. Sekarang sudah banyak website atau aplikasi memperkecil file pdf untuk hp ataupun pc.

Nah, gimana sih langkah mengkompres file pdf? Yuk simak penjelasan berikut.

Mengkompres file Pdf offline

Cara convert file secara offline, bisa kamu lakukan dengan software. Kalian dapat mendownload apl ini terlebih dahulu pada playstore handphone atau platform software pada PC. Apa aplikasinya?

Microsoft Word

Bagi kamu pengguna microsoft, kamu gak perlu lagi memasang aplikasi tambahan untuk mengompres file pdf. Pasalnya, microsoft word 2013 sudah memiliki feature untuk memperkecil file. Nah caranya pun cukup mudah, buka software ms word. Kemudian tekan ctrl+o untuk open file yang kalian maksud. Lalu ms word akan menampilkan file word artinya file milikmu berubah menjadi word dulu.

Nah agar mengembalikan serta memperkecil ukurannya, kamu klik save as dan ubah formatnya pada save as type. Untuk memperkecil file, pilih optimize tap minimum. Lalu simpan ya.

Mengkompres file Pdf melalui website

Kalau kalian termasuk golongan yang merasa penggunaan software itu ribet, kamu bisa mencoba cara mengkompres file pdf dengan chrome. Chrome? Serius? Yups. Browser ini dapat kalian gunakan untuk convert file pdf. Tentunya dengan website atau situs yang harus kalian kunjungi.

Situs Kompres Pdf 24

Cara memakai website kompres pdf 24, kamu klik browser dan klik kolom search engine lalu pilih ‘kompres pdf’. Selanjutnya muncul pada page teratas link yang mengarah pada situs ini. Apabila telah terbuka, upload file pdf pada kotak ‘pilih file file’. Jika sudah, maka pdf telah berhasil kamu kompres. Terakhir, simpan.

Ilovepdf.com

Selain dari kompres pdf 24, ada website lain yang dapat kalian pakai untuk memperkecil size file pdf, yaitu ilovepdf.com. Ilovepdf adalah situs kompres paling lengkap, karena pada Ilovepdf dapat mengconvert file selain dari pdf. Contohnya seperti poto dengan format Jpg.

Keistimewaan dari website kompres pdf ini adalah memperkecil size file pdf dengan kualitas yang bagus tidak membuat hasilnya buram. Caranya mudah sekali, cukup dengan membuka browser lalu ketik pada bagian pencari ‘ilovepdf.com’. Maka nantinya muncul halaman yang menunjukkan tampilan Ilovepdf.

Lalu memasukkan file pdf, tap pilih file pdf serta tambahkan file pdf. Upload file untuk mengompres file. Biarkan hingga proses kompres ukuran file berhasil. Lalu simpan file pdf yang telah kalian perkecil ukurannya. Perlu kalian ketahui bahwa file pdf yang kalian perkecil lewat situs memerlukan jaringan yang stabil. Jadi, untuk menghindari kompresasi gagal kalian bisa menggunakan jaringan wifi.

Tapi jaringan seluler juga bagus kok untuk proses kompres. Demikian cara mengkompres file pdf termudah. Jika kamu terkendala dengan website diatas, kalian dapat mencari situs lain. Semoga membantu dan bermanfaat, terima kasih