Cara Scan Barcode di TV

Cara Scan Barcode di TV: (Android,iPhone&Google) Mudah Kok !!

Posted on

Empat Pilar – Cara Scan Barcode di TV: (Android,iPhone&Google) Mudah Kok. Apakah Kalian sedang mencari cara untuk memindai barcode di TV? Jika iya, artikel ini akan memberi tahu Kalian cara melakukannya dengan mudah. Di sini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara scan barcode di TV dengan benar.

Baru-baru ini, semakin banyak orang menggunakan TV untuk berbagai keperluan, termasuk berbelanja online. Ketika berbelanja online, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah memindai kode barcode produk yang ingin dibeli. Namun, memindai kode barcode di TV tidaklah sama dengan memindai kode di kertas atau layar ponsel. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara scan barcode di TV dengan benar dan efektif.

Apa Itu Barcode?

Apa Itu Barcode

Kode batang atau barcode adalah gambar yang terdiri dari deretan garis vertikal berwarna hitam dan putih dengan ketebalan yang berbeda-beda. Garis-garis tersebut mewakili kumpulan kode yang menyimpan informasi terkait suatu produk, seperti harga atau jenis produk.

Kode batang hanya dapat dibaca dengan menggunakan alat khusus yang disebut sebagai barcode scanner. Barode scanner ini berperan penting dalam membaca informasi yang tersimpan dalam kode batang.

Alat ini menggunakan teknologi optik untuk membaca pola garis-garis pada kode batang. Selanjutnya, informasi yang terkandung dalam kode batang akan diolah dan ditampilkan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pengguna.

Penggunaan kode batang atau barcode memiliki banyak manfaat dalam berbagai sektor, seperti perdagangan dan manufaktur.

Dalam perdagangan, kode batang memungkinkan informasi produk dapat terbaca dengan cepat dan akurat, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam proses penjualan.

Di sisi lain, dalam sektor manufaktur, penggunaan kode batang dapat membantu dalam mengelola stok barang dan meningkatkan akurasi pengiriman produk.

Fungsi Barcode

Walaupun barcode hanya terdiri dari susunan garis-garis dengan kode angka atau huruf di bawahnya, namun memiliki berbagai macam fungsi yang sangat penting, terutama dalam dunia bisnis. Terdapat beberapa fungsi penting dari barcode, antara lain:

  1. Memudahkan proses pembayaran, dalam hal ini kasir tidak perlu memasukkan data produk satu per satu, kini hanya perlu memindai barcode tersebut lewat aplikasi atau mesin pemindai khusus.
  2. Mampu menyimpan seluruh informasi terkait suatu produk antara lain tentang tanggal kadaluarsa produk, kode produksi, tempat penyimpanan, harga, dan lain sebagainya.
  3. Memuat sejumlah informasi detail terhadap suatu produk, sehingga barcode pada produk juga bisa menjadi pembeda atau penKalian barang asli.

Manfaat Barcode

Kehadiran barcode pada zaman ini telah sangat memudahkan proses bisnis, terutama dalam perhitungan barang dan transaksi di kasir. Oleh karena itu, manfaat apa saja yang didapat dari penggunaan barcode? Terdapat beberapa manfaat penting yang bisa didapatkan melalui penggunaan barcode, antara lain:

  1. Mempercepat proses penginputan data dengan bantuan mesin scanner dibandingkan penginputan secara manual.
  2. Meningkatkan tingkat akurasi dan ketelitian dalam pengolahan data dengan teknologi barcode.
  3. Meminimalisir risiko kerugian dan kesalahan pencatatan data, serta menghindari pekerjaan yang berulang ketika mendata seluruh barang.
  4. Dapat meningkatkan kinerja manajemen, terutama bagi bisnis skala menengah dan perusahaan berskala besar.

Oleh karena itu, penggunaan barcode merupakan solusi yang tepat bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis.

Cara Scan Barcode di TV

Cara Scan Barcode di TV, seperti yang diketahui, pada masa lalu, kode QR dan barcode hanya sering ditemukan pada bagian belakang kemasan sebuah produk saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kode QR dan barcode juga digunakan pada aplikasi di smartphone.

Jika Kalian penasaran bagaimana cara melakukan scan barcode pada layar TV melalui perangkat ponsel, berikut ini penjelasan mengenai langkah-langkah untuk melakukan scan barcode di televisi menggunakan HP agar Kalian dapat memahami setiap langkahnya dengan baik.

Baca Juga :  Komponen TV Tabung Lengkap dengan Fungsinya

1. Scan QR code di TV Melalui HP Android

Cara Scan Barcode di TV, mengenai cara melakukan pemindaian barcode di televisi melalui HP iPhone sendiri tidak perlu menginstal dahulu aplikasi QR code scanner. Hal itu dikarenakan biasanya pada HP iPhone sudah terpasang fitur scanner QR code. Lalu seperti apa cara scannya? Ikuti langkah berikut:

  • Lengkap pertama silakan buka kamera iPhone.
  • Jika sudah silakan klik ikon aplikasi “Camera”.
  • Kemudian arahkan kamera pada kode QR di TV.
  • Setelah itu, kamera akan difokuskan kepada kode.
  • Pastikan kode QR diposisikan di tengah layar dan dimuat dilayar.
  • Kemudian tunggu hingga barcode dipindai.
  • Setelah kode QR diposisikan di bagian tengah layar, maka akan otomatis barcode langsung dipindai.
  • Selanjutnya buka konten kode dan sentuh notifikasi yang ditampilkan di bagian atas layar.
  • Nantinya Kalian akan dibawa / membuka halaman web atau informasi lain yang dimuat dalam kode.

2. Scan QR Code di TV Melalui HP iPhone

Cara Scan Barcode di TV, jika sebelumnya telah dijelaskan cara scan barcode pada layar TV menggunakan perangkat iPhone, maka kini mari kita simak cara scan barcode melalui perangkat Android. Caranya sangat mudah, Kalian hanya perlu membuka aplikasi pemindai untuk melakukan scan barcode pada layar TV.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua perangkat HP Android sudah terinstal aplikasi pemindai. Jika perangkat Kalian belum terinstal aplikasi tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan scan barcode pada layar TV melalui perangkat Android.

  • Pertama silakan, download aplikasi QR Scanner di Playstore.
  • Kemudian instal aplikasi tersebut sampai selesai.
  • Setelah itu buka aplikasi scan QR Codenya.
  • Dilanjut dengan tunggu QR Code yang muncul di layar TV.
  • Saat sudah muncul, silakan scan dengan arahkan kamera HP ke barcode.
  • Otomatis di layar HP akan muncul link hasil scan.
  • Klik saja link tersebut guna membukanya dan Kalian akan masuk ke halaman web atau informasi lain yang dimuat dalam kode.

3. Scan QR Code di TV Melalui Google

Cara Scan Barcode di TV, selain dua cara yang telah disebutkan sebelumnya, melakukan scan barcode pada layar TV juga bisa dilakukan secara online tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Caranya adalah dengan langsung menggunakan browser yang ada di perangkat HP Kalian.

Bagi pengguna HP Android, dapat menggunakan Google Chrome sebagai browser, sedangkan bagi pengguna iPhone, bisa menggunakan browser Safari. Langkah-langkah untuk melakukan scan cukup mudah, ikuti langkah berikut ini.

  • Langkah awal silakan buka aplikasi browser di ponsel.
  • Setelah itu buka situs Web QR di https://webqr.com.
  • Kemudian silakan aktifkan fitur kamera dengan cara klik “Allow”.
  • Lalu tinggal arahkan kamera ke situs Web QR ke barcode atau QR code di TV yang akan dipindai.
  • Berikutnya akan muncul link barcode atau QR code.
  • Klik link tersebut guna membuka atau mengaksesnya.

Bagaimana Cara Kerja Barcode?

Cara kerja barcode sebenarnya cukup sederhana. Scanner akan membaca deretan garis pada barcode dari kiri ke kanan. Garis hitam dan putih pada barcode tersebut kemudian akan diterjemahkan oleh scanner menjadi kode binary (0 atau 1). Kode binary tersebut akan dibaca oleh komputer, dan kemudian akan ditampilkan pada layar dalam bentuk informasi yang bisa dibaca oleh pengguna.

Sebagai tambahan informasi untuk Kalian, dua atau tiga digit pertama merupakan kode negara dimana barcode tersebut dibuat. Berikut contoh kodenya untuk beberapa negara:

  1. Indonesia: 899
  2. Amerika Serikat dan Kanada: 00-13
  3. Prancis: 30-37
  4. Jepang: 45-49
  5. Rusia: 46
  6. Inggris: 50
  7. Hong Kong: 89
  8. Taiwan: 471
  9. Sri Lanka: 479
  10. Filipina: 480
  11. China: 690-692
  12. India: 890

Penutup

Demikianlah artikel tentang Cara Scan Barcode di TV menggunakan perangkat Android, iPhone, dan Google. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian yang ingin menikmati konten di layar TV dengan mudah dan cepat.

Baca Juga :  Kenali Perbedaan AC Standing dan AC Portable : Secara Lengkap

Dengan menggunakan teknologi scan barcode, Kalian tidak perlu repot-repot mencari konten secara manual atau memasukkan URL panjang-panjang. Selain itu, proses scan barcode juga sangat mudah dan tidak memerlukan kemampuan teknis khusus. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/cara-scan-barcode-di-tv/,Cara mencari kode tv scan qr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *