Diagram Kulkas 2 Pintu

Diagram Kulkas 2 Pintu Yang Mudah di Pahami : Penjelasan Rinci

Posted on

Empat Pilar – Diagram Kulkas 2 Pintu Yang Mudah di Pahami : Penjelasan Rinci. Apakah kamu tahu bahwa kulkas adalah salah satu alat rumah tangga yang paling penting di rumah? Tanpa kulkas, kita tidak bisa menyimpan makanan dan minuman dalam waktu yang lama.

Namun, dengan banyaknya jenis dan model kulkas yang beredar di pasaran, kita seringkali bingung untuk memilih yang tepat. Salah satu jenis kulkas yang populer adalah diagram kulkas 2 pintu yang mudah di pahami.

Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang kulkas 2 pintu dan diagramnya. Kulkas 2 pintu adalah salah satu jenis kulkas yang memiliki dua pintu.

Biasanya, pintu bagian bawah digunakan untuk menyimpan makanan beku, sedangkan pintu atas digunakan untuk menyimpan makanan segar.

Kulkas 2 pintu sering dipilih karena lebih mudah dalam mengatur dan memudahkan pengguna untuk mengakses makanan yang ingin diambil.

Namun, beberapa orang masih mengalami kesulitan dalam memahami bagaimana kulkas 2 pintu bekerja. Inilah mengapa diagram kulkas 2 pintu yang mudah di pahami sangat penting untuk dipahami.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

Diagram Kulkas 2 Pintu

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kulkas 2 pintu:

1. Kapasitas Lebih Besar

Salah satu keunggulan kulkas 2 pintu adalah kapasitasnya yang lebih besar. Dengan kulkas 2 pintu, kamu dapat menyimpan makanan atau minuman dalam jumlah yang lebih banyak.

Kamu tidak perlu lagi memotong makanan besar menjadi kecil untuk memasukkannya ke dalam kulkas. Sehingga kamu dapat menyimpan makanan dengan bentuk sesuai aslinya.

2. Efek Pendinginan yang Lebih Besar

Kulkas 2 pintu memiliki cara kerja yang lebih baik dalam hal efek pendinginannya dibandingkan kulkas 1 pintu. Efek pendinginan pada kulkas 2 pintu biasanya lebih besar daripada kulkas 1 pintu.

Hal ini dapat menjamin temperatur dingin yang merata pada seluruh item makanan yang disimpan. Temperatur yang lebih dingin membuat makanan bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama.

3. Kapasitas Freezer yang Lebih Luas

Lemari es versi lama biasanya memiliki kapasitas freezer yang sangat kecil, sehingga banyak orang kesulitan menyimpan makanan di kulkas.

Dengan adanya kulkas 2 pintu, kapasitas freezer menjadi lebih luas karena menyediakan kompartemen pada freezer yang terpisah.

4. Listrik Lebih Efisien

Ketika kamu membuka pintu kulkas, maka hawa dingin akan terbuang keluar kulkas. Namun, dengan terpisahnya freezer menjadi bagian tersendiri, membuat pendinginan pada kulkas menjadi lebih efisien.

Hal ini membuat daya listrik pada kulkas menjadi lebih hemat. Sebab jika kamu membuka freezer, kamu tak perlu membuka sistem pendingin atau cooler, atau sebaliknya.

5. Tidak Ada Bunga Es

Lapisan bunga es seringkali terbentuk di area sekitar dinding pada freezer dalam lemari es biasa. Hal ini secara perlahan mempersempit kapasitas freezer dan membuat kamu kesulitan menempatkan makanan pada kompartemen pembeku.

Namun, dengan keunggulan frost free pada kulkas dua pintu, kamu tidak akan lagi menemukan bunga es di dalam freezer.

Gambar Diagram Kulkas 2 Pintu dan Komponennya

Contoh Diagram Kulkas 2 Pintu bentuk skema jalur kelistrikan kulkas 2 pintu diperlihatkan pada gambar berikut ini :

Diagram Kulkas 2 Pintu

Bagian-Bagian Dari Kulkas 2 Pintu

Penjelasan mengenai fungsi bagian-bagian dan Diagram Kulkas 2 Pintu adalah sebagai berikut:

1. Kompresor

Kompresor adalah pompa listrik yang berfungsi untuk mengalirkan gas freon atau refrigerant ke dalam pipa pendingin. Biasanya kompresor terletak di bagian belakang kulkas dan berbentuk tabung yang tertutup rapat.

Semua bagian kompresor terletak di dalam tabung dan terendam dalam minyak pendingin. Untuk melakukan perbaikan pada kompresor, perlu membuka tabung menggunakan mesin pemotong.

2. PTC

PTC adalah komponen jenis resistor yang nilainya berubah sesuai dengan perubahan suhu. Nilai hambatan PTC akan semakin tinggi seiring dengan kenaikan suhu badan resistor atau PTC tersebut.

Fungsi PTC di dalam kulkas adalah untuk mengalirkan arus listrik ke kumparan bantu kompresor saat kompresor pertama kali menyala. Kumparan bantu diperlukan untuk membantu kumparan utama kompresor agar mampu memutar rotor untuk pertama kali.

Baca Juga :  Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu : Cara Kerja dan Ciri Kerusakannya

Ketika rotor sudah berputar stabil, panas yang dihasilkan oleh kumparan kompresor akan membuat suhu PTC semakin meningkat.

Peningkatan suhu PTC ini akan mengakibatkan hambatan yang dimilikinya akan bertambah besar. Sehingga akhirnya akan menghambat aliran arus listrik yang menuju ke kumparan bantu.

Dengan kata lain, ketika putaran rotor sudah stabil, maka hanya kumparan utama saja yang bekerja.

3. Door switch refrigerator

Door switch adalah saklar yang berfungsi untuk mengatur aliran arus listrik yang menuju ke lampu kulkas dan kipas evaporator. Saat pintu kulkas tertutup, posisi switch akan mengalirkan arus listrik ke kipas evaporator melalui door switch freezer.

Jika pintu kulkas dibuka, maka switch akan memindahkan aliran listrik yang menuju ke kipas evaporator beralih ke lampu kulkas.

Akibatnya lampu kulkas akan menyala, sementara kipas evaporator akan berhenti beroperasi. Dengan adanya switch ini, energi listrik dapat lebih hemat digunakan.

4. Door switch freezer

Door switch freezer berfungsi untuk memastikan tutup atau pintu freezer box tertutup rapat. Jika pintu freezer tidak tertutup dengan baik, maka switch tidak menutup sehingga aliran listrik tidak dapat menuju ke kipas evaporator. Pastikan pintu freezer tertutup rapat setelah digunakan agar pendinginan dapat berjalan dengan baik.

5. Overload protektor

Overload protektor melindungi kompresor dari panas yang berlebihan. Ketika kompresor menghasilkan panas yang berlebihan, protektor akan memutus arus listrik ke kompresor.

Dengan begitu, kerusakan kompresor akibat panas yang berlebihan dapat dicegah. Kompresor yang panas biasanya disebabkan oleh minyak pendingin kompresor yang habis atau muatan kulkas yang berlebihan.

6. Thermo fuse

Thermo fuse mencegah heater menghasilkan panas yang berlebihan. Ini adalah pengaman jika thermostat mengalami kerusakan dan arus listrik mengalir ke heater secara terus menerus.

Thermo fuse akan terputus jika suhu heater melebihi batas maksimum sekitar 72°C. Tanpa thermo fuse, panas dari heater yang terus menerus dan berlebihan dapat merusak komponen lain.

7. Kipas evaporator

Kipas evaporator menghembuskan udara dingin dari evaporator ke ruangan di dalam kulkas, terutama pada bagian freezer box. Kipas evaporator hanya dimiliki oleh kulkas yang menggunakan sistem defrost untuk menghilangkan bunga es di dalam freezer.

Daya kipas atau fan evaporator ini cukup kecil, sekitar 12 watt dengan arus maksimum 0,7A.

8. Lampu

Lampu kulkas menerangi ruangan di dalam kulkas saat kulkas dibuka. Nyala lampu diatur oleh door switch yang dipasang di salah satu bagian pintu kulkas. Door switch memutus dan menghubungkan arus listrik ke lampu saat pintu kulkas dibuka atau ditutup.

9. Heater

Heater atau elemen pemanas digunakan untuk memanaskan suhu freezer agar tidak terbentuk bunga es. Pada kulkas 2 pintu, terdapat dua buah heater yang digunakan untuk sistem defrost dan pemanasan. Komponen heater hanya ada pada jenis kulkas 2 pintu.

Cara menghilangkan bunga es pada kulkas 1 pintu dilakukan secara manual dengan mematikan kulkas untuk beberapa saat hingga bunga es mencair.

10. Thermo defrost

Thermo defrost mengaktifkan heater setiap 7 jam agar tidak terjadi pembentukan bunga es yang menutupi evaporator.

Ketika suhu freezer mencapai 13°C, sensor thermo defrost menghubungkan heater ke arus listrik yang berasal dari timer defrost.

11. Timer defrost

Fungsi utama timer defrost adalah untuk mengatur kerja kompresor dan heater dengan cara memindahkan arus listrik diantara keduanya.

Perpindahan arus listrik oleh timer defrost dikendalikan oleh sensor thermostat yang mendeteksi suhu ruangan di dalam kulkas.

Saat suhu kulkas telah mencapai dingin tertentu sesuai dengan yang sudah diatur, maka thermostat akan memerintahkan timer defrost untuk memindahkan arus listrik dari kompresor ke sistem heater atau defrost.

12. Thermostat

Thermostat merupakan sensor suhu yang berfungsi untuk mendeteksi suhu ruangan di dalam kulkas. Komponen utama yang ada di dalam thermostat adalah logam bimetal yang mudah berubah bentuk karena pengaruh suhu.

Thermostat terhubung langsung dengan timer defrost untuk mengendalikan kerja kompresor dan heater atau sistem defrost.

Cara kerja kulkas 2 pintu

Setelah memahami Diagram Kulkas 2 Pintu selanjutnya, secara umum operasi kulkas 2 pintu dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Proses pendinginan

  • Ketika dinyalakan untuk pertama kali, suhu di dalam kulkas belum mencapai titik dingin. Maka, sensor thermostat akan memerintahkan timer defrost untuk mengirim arus listrik ke kompresor.
  • Kompresor akan beroperasi dan mengambil gas freon dari dalam evaporator. Setelah itu, gas tersebut akan dikompresi dengan tekanan tinggi menuju kondenser melalui filter.
  • Melalui proses kondensasi di dalam jaringan kondenser, gas freon akan berubah menjadi cairan dengan suhu yang rendah.
  • Cairan freon yang dingin akan mengalir ke dalam pipa evaporator. Pipa evaporator akan mengeluarkan udara dingin dari evaporator ke dalam ruang kulkas. Suhu dalam kulkas akan semakin dingin seiring dengan waktu. Ketinggian suhu dalam kulkas dapat disetel dengan knop yang terdapat pada timer.
  • Zat freon akan terus beredar dalam sistem pendingin kulkas.
Baca Juga :  Daftar Dimensi Kulkas 2 Pintu Semua Merk : Terlengkap

2. Proses defrost

  • Ketika suhu dalam kulkas telah mencapai tingkat dingin yang diinginkan, thermostat akan memutuskan aliran listrik ke kompresor. Ini berarti sirkulasi gas freon akan terhenti.
  • Kulkas akan tetap mempertahankan suhu yang diinginkan karena operasi kompresor dikontrol oleh thermostat.
  • Sistem defrost pada kulkas 2 pintu diatur oleh timer defrost yang berfungsi sebagai relai.
  • Setiap 7 atau 8 detik, relai dalam timer defrost akan mengirimkan arus listrik ke pemanas selama beberapa saat.
  • Pemanasan otomatis ini mencegah terbentuknya bunga es di dalam kotak freezer.

 

Penutup

Dalam artikel ini empatpilar.com, telah dibahas tentang diagram kulkas 2 pintu yang mudah dipahami.

Semoga informasi yang telah disampaikan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai bagaimana diagram tersebut bekerja dan membantu pembaca dalam memahami lebih lanjut mengenai kulkas 2 pintu.

Dengan memahami diagram ini, diharapkan pengguna kulkas dapat merawat dan menjaga kulkas dengan baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *