Cara Unblock IP Internet

Cara Unblock IP Internet dengan Mudah

Posted on

Empat Pilar – Cara Unblock IP Internet dengan Mudah. Dapatkan cara unblock IP internet dengan mudah dan cepat. Pelajari langkah-langkah yang efektif untuk mengembalikan akses internet Kalian dengan panduan ini!

Ketika Kalian mencari cara unblock IP internet, mungkin Kalian merasa kesal karena akses internet Kalian dibatasi.

Tidak perlu khawatir lagi, karena artikel ini akan membantu Kalian dengan berbagai metode yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Artikel ini mencakup berbagai cara unblock IP internet menggunakan VPN, proxy, dan lainnya. Jadi, mari kita mulai!

Pengertian IP Address

Bagaimana definisi IP Address? IP Address atau Internet Protocol Address merupakan urutan angka yang dimiliki oleh setiap perangkat yang terhubung ke internet.

Angka-angka ini berbeda-beda pada setiap perangkat dan digunakan untuk saling terhubung di dalam jaringan internet.

IP Address berperan penting dalam menghubungkan perangkat dengan jaringan internet. Namun, bagaimana caranya agar dapat mengakses internet menggunakan deretan angka-angka tersebut?

Pada dasarnya, setiap situs web memiliki IP Address sendiri. Ketika kamu mengakses suatu situs, terjadi pertukaran data antara situs tersebut dengan perangkat yang kamu gunakan.

Perlu diketahui bahwa alamat IP dapat disembunyikan menggunakan proxy. Hal ini dilakukan untuk menjaga privasi dan keamanan, sehingga alamat IP tidak mudah dilacak.

Cara Unblock IP Internet

Saat ini, Kalian dapat melakukan unblock IP internet Kalian yang terblokir karena Kalian melakukan kesalahan login pada cpanel/email/FTP sebanyak 5 kali. Berikut adalah Cara Unblock IP Internet :

  • Cek IP Kalian di https://ipku.in. Ketika Kalian membuka halaman tersebut, akan muncul tampilan seperti yang terlihat di bawah ini. Catat atau kopi angka IP yang ditampilkan.

  • Login ke client area di https://client.jetorbit.com/clientarea.php.
  • Setelah login, masuk ke Services/Layanan -> klik Manage di hosting Kalian.
  • Klik tab Manage Firewall. Lalu pilih Unblock IP.
  • Di halaman tersebut akan muncul alamat IP Kalian. Jika alamat IP Kalian berbeda dari IP yang muncul di web ipku.in, maka masukkan IP yang dari ipku.in.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, silakan cek kembali akses Kalian pada website atau cpanel Kalian.

Fungsi IP Address

Setelah memahami Cara Unblock IP Internet, selanjutnya IP Address berfungsi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet. Ternyata ada fungsi lainnya jika dilihat lebih dalam. Berikut di antaranya:

1. Menghubungkan perangkat ke jaringan internet

Seperti yang telah disebutkan, fungsi utama dari IP Address adalah menghubungkan setiap perangkat (device) ke jaringan internet agar dapat berkomunikasi di dalam jaringan komputer.

Dengan memiliki IP Address, setiap perangkat yang terhubung ke internet dapat saling terhubung satu sama lain dan memudahkan proses komunikasi antar perangkat.

2. Menunjukkan identitas perangkat

IP Address juga dikenal sebagai identitas perangkat dalam jaringan internet. Setiap perangkat dapat diidentifikasi melalui alamat IP-nya.

Pemilik situs atau jaringan WiFi publik dapat mengetahui alamat-alamat IP yang mengaksesnya.

3. Mengidentifikasi host atau interface

Setiap kali perangkat meminta akses ke sebuah website, server website akan segera melakukan screening untuk mengidentifikasi IP Address yang akan masuk.

Baca Juga :  Cara Purge Clear Cache Cloudflare : Panduan Mudah

Jika IP Address tersebut dianggap aman, maka server akan memberikan akses untuk mengakses website tersebut.

Namun, jika IP Address tersebut dianggap sebagai ancaman, maka server secara otomatis akan menolak permintaan tersebut.

4. Sebagai alamat pengiriman data ke perangkat

Sesuai dengan namanya, IP Address berperan sebagai alamat pengiriman data ke perangkat. Ketika kamu mengakses sebuah website, sebenarnya terjadi proses pengunduhan data yang dilakukan oleh perangkat dari website tersebut.

Proses ini dapat terjadi berkat adanya IP Address sebagai alamat pengiriman data.

Cara Kerja IP Address

Cara kerja IP Address dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Komputer terhubung ke router jaringan yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP).
  • Kemudian, router akan berkomunikasi dengan server tempat website disimpan untuk mengakses file yang perlu dikirimkan kembali ke komputer kamu.
  • Komputer, router, dan server memiliki IP Address tertentu yang dapat saling dikenali.
  • Dengan alamat IP Address tersebut, masing-masing perangkat dapat berkomunikasi, mengambil data, dan mengirimkannya.

Bagian-Bagian IP Address

IP Address terdiri dari dua bagian, yaitu Network ID dan Host ID, yang dibedakan oleh subnet mask. Berikut penjelasan untuk keduanya:

1. Network ID

Network ID adalah identitas sebuah jalur dalam jaringan. Fungsinya adalah untuk menunjukkan di jaringan mana sebuah perangkat berada.

2. Host ID

Host ID adalah identitas dari perangkat (interface router, workstation, dan device) yang terhubung ke jaringan.

Perannya adalah untuk mengidentifikasi perangkat dalam suatu jaringan. Seluruh perangkat yang ada akan terhubung dalam jaringan yang sama, yaitu jaringan yang memiliki Network ID yang sama.

Penutup

Dalam rangkuman, cara unblock IP internet dengan mudah bisa menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi pemblokiran situs atau layanan di dunia maya.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, seperti menggunakan VPN, Proxy, mengganti DNS, atau menggabungkan beberapa metode, Kalian dapat mengakses konten yang dibatasi tanpa banyak kesulitan.

Ingatlah selalu untuk tetap menjaga keamanan dan privasi Kalian ketika menjelajah internet dan pastikan untuk memilih layanan VPN atau Proxy yang tepercaya.

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Cara Unblock IP Internet ini, bermanfaat dan membantu Kalian mengatasi pemblokiran IP dengan mudah, sehingga Kalian bisa menikmati pengalaman berselancar yang lebih bebas dan tanpa batasan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *