Dongle WiFi Pada Set Top Box

Apa Itu Dongle WiFi Pada Set Top Box ? Pengertian & Cara Setting

Posted on

Empat Pilar – Apa Itu Dongle WiFi Pada Set Top Box ? Pengertian & Cara Setting. Jika Kalian pengguna set top box, Kalian mungkin pernah mendengar istilah dongle WiFi pada perangkat tersebut. Namun, apa sebenarnya dongle WiFi pada set top box dan apa manfaatnya bagi pengguna?

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian dongle WiFi pada set top box, manfaatnya, dan cara menggunakannya. Simak ulasannya di bawah ini.

Dongle WiFi pada set top box adalah perangkat tambahan yang memungkinkan set top box terhubung dengan jaringan WiFi. Biasanya, set top box hanya dilengkapi dengan port Ethernet untuk terhubung ke internet melalui kabel LAN.

Dengan dongle WiFi, pengguna set top box dapat terhubung ke internet secara nirkabel tanpa harus menghubungkan set top box ke router melalui kabel LAN.

Sehingga, pengguna bisa menempatkan set top box di lokasi yang lebih fleksibel tanpa terbatas oleh panjang kabel.

Pengertian dan Fungsi Dongle WiFi Pada Set Top Box

Dongle WiFi, yang dikenal juga sebagai adapter WiFi, ialah perangkat yang dihubungkan ke set-top box dan dapat mengakses jaringan WiFi.

Dengan kehadiran dongle WiFi ini, set-top box dapat terkoneksi dengan internet dan dapat mengakses konten online seperti layanan streaming video atau musik.

Fungsi utama dari dongle WiFi pada set-top box adalah untuk memberikan koneksi internet bagi set-top box tersebut.

Dengan adanya koneksi internet yang dihasilkan, maka set-top box dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam konten online, seperti layanan streaming video atau musik, atau melakukan browsing di internet melalui televisi.

Terdapat pula beberapa set-top box yang tidak memiliki kemampuan WiFi bawaan, sehingga dongle WiFi menjadi kebutuhan penting dalam menghubungkan kotak tersebut ke internet.

Tidak hanya sebagai penyedia koneksi internet, dongle WiFi juga dapat memberikan akses ke berbagai fitur dan layanan online lainnya, seperti pembaruan firmware atau game online.

Secara keseluruhan, tujuan utama penggunaan dongle WiFi pada set-top box adalah untuk memberikan koneksi internet yang memungkinkan akses ke konten dan fitur online dengan mudah dan cepat.

Apakah Dongle Wifi Penting untuk Set top Box?

Jika Anda sudah terbiasanya menonton film online, dongle wifi adalah alat yang wajib untuk set top box. Alasannya karena sebagian besar model set top box sekarang memang tidak bisa terhubung ke internet tanpa dongle wifi.

Cara Setting Wifi Dongle Ke Set Top Box (STB)

Berikut adalah cara untuk menghubungkan wifi dongle ke Set Top Box (STB) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Sambungkan wifi dongle ke port USB di STB. Port USB bisa terletak di bagian depan atau belakang STB, tergantung mereknya.

2. Masuk ke menu wifi.

3. Buka pengaturan pada STB. Untuk STB merek Matrix, pengaturan bisa diakses dengan menekan tombol hijau yang ada di bawah pada remote STB. Namun, setiap merek STB bisa memiliki tombol yang berbeda, jadi pastikan untuk mengikuti petunjuk yang ada pada STB Kalian.

4. Pilih jaringan wifi yang tersedia di sekitar Kalian. Jika tidak ada jaringan yang tersedia, Kalian dapat menggunakan hotspot di HP Kalian.

5. Masukkan password untuk jaringan wifi yang dipilih dan klik “OK” atau “Save”.

6. Sekarang, Kalian dapat membuka aplikasi seperti YouTube, TikTok, dan sebagainya.

Ingatlah bahwa untuk mengakses aplikasi streaming seperti YouTube, Vidio.com, Wetv, dan lain sebagainya di STB, Kalian perlu terhubung ke internet.

Baca Juga :  Cuci AC Berapa Bulan Sekali? Berikut Penjelasannya

Untuk terhubung ke internet, Kalian memerlukan alat bernama wifi dongle. Namun, jika Kalian hanya ingin menonton acara TV seperti SCTV, Indosiar, RCTI, dan lain sebagainya, Kalian tidak perlu menggunakan wifi dongle atau membayar internet.

Kelebihan dan Kekurangan Dongle Wifi Set top Box

Dalam penggunaan dongle wifi pada set top box, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan:

  • Ukurannya yang kecil memudahkan untuk dibawa ke mana-mana.
  • Memungkinkan untuk mengakses internet pada set top box.
  • Harganya relatif terjangkau.
  • Mudah ditemukan di marketplace atau toko offline.
  • Menggunakan USB, sehingga kompatibel dengan banyak perangkat.

Kekurangan:

  • Kecepatan internet yang diberikan cenderung biasa saja.
  • Jangkauan sinyal yang diberikan terkadang kurang luas.

Dalam memutuskan untuk menggunakan dongle wifi pada set top box, perlu dipertimbangkan baik kelebihan dan kekurangannya untuk memastikan kebutuhan internet dan penggunaannya sesuai dengan yang diharapkan.

Jenis-jenis Dongle Sesuai Fungsinya

Terdapat lima jenis dongle yang memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

1. Dongle WiFi

Dongle WiFi digunakan untuk menghubungkan perangkat TV atau komputer dengan internet. Caranya cukup mudah, Kalian hanya perlu menancapkan dongle ke dalam port USB yang terdapat pada STB.

2. Dongle Bluetooth

Dongle ini digunakan untuk menghubungkan perangkat smartphone dengan laptop. Setelah tersambung, Kalian bisa berbagi foto, video, dan berkas lainnya. Dongle bluetooth biasanya digunakan pada laptop yang tidak memiliki konektivitas bluetooth.

3. Dongle Penyimpanan

Dongle penyimpanan, atau yang biasa disebut flash drive atau drive USB, digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan pada perangkat yang terhubung.

4. Dongle Konektivitas

Dongle ini dapat menambahkan koneksi data pada perangkat, seperti 3G, 4G, atau 5G. Dongle konektivitas juga dikenal dengan sebutan modem USB.

5. Dongle Navigasi

Dongle navigasi digunakan jika Kalian ingin menambah fitur pencarian GPS pada laptop. Dengan alat ini, Kalian dapat mengubah fungsi komputer seperti smartphone yang memiliki aplikasi GPS.

Dalam memilih jenis dongle yang tepat, perlu dipertimbangkan fungsi dan kebutuhan perangkat yang akan digunakan agar dapat memaksimalkan penggunaannya.

Cara Setting Dongle HDMI ke Perangkat TV

Dongle HDMI memungkinkan Kalian untuk menampilkan tampilan smartphone ke layar TV tanpa menggunakan kabel. Berikut adalah cara untuk mengatur dongle HDMI ke TV:

1. Sambungkan dongle HDMI ke port HDMI di TV.

2. Sambungkan kabel USB ke port USB di TV. Jika Kalian menggunakan monitor, Kalian perlu menyambungkan kabel USB ke port charger, yang biasanya digunakan untuk smartphone.

3. Nyalakan TV dan lakukan pengaturan. Jika Kalian menggunakan smartphone Android, pilih mode Miracast dengan menekan tombol yang ada di dongle HDMI.

4. Lakukan pengaturan pada smartphone Kalian.

5. Masuk ke menu “Pengaturan”, aktifkan mode Wireless Display, dan sambungkan dengan dongle HDMI.

Dengan cara ini, Kalian dapat dengan mudah menampilkan tampilan smartphone ke layar TV tanpa kabel yang merepotkan.

Kesimpulan

Dengan menggunakan Dongle WiFi, pengguna dapat menikmati konten televisi yang disediakan oleh penyedia layanan TV kabel atau TV satelit melalui internet nirkabel.

Pengguna juga dapat mengakses aplikasi yang memerlukan koneksi internet, seperti YouTube, Netflix, dan lain sebagainya.

Dongle WiFi pada Set Top Box memiliki kelebihan dibandingkan dengan koneksi internet kabel, yaitu pengguna tidak perlu menarik kabel jaringan ke STB.

Selain itu, pengguna juga dapat memindahkan STB ke tempat yang lebih strategis tanpa perlu mengubah konfigurasi kabel jaringan.

Namun, perlu diingat bahwa kecepatan koneksi internet nirkabel dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti jarak antara STB dan router WiFi, interferensi sinyal, dan jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi.

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk memastikan bahwa jaringan WiFi yang digunakan memiliki sinyal yang kuat dan stabil agar dapat menikmati konten televisi dengan kualitas yang baik.

Baca Juga :  Mengenal Ukuran Tekanan Freon AC Secara Lengkap

Demikianlah penjelasan singkat dari empatpilar.com mengenai Dongle WiFi pada Set Top Box. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi para pengguna televisi. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/dongle-wifi-pada-set-top-box/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *