Cara Pasang Parabola Nusantara HD

Cara Pasang Parabola Nusantara HD Yang Mudah : C & Ku Band

Posted on

Empat Pilar – Cara Pasang Parabola Nusantara HD Yang Mudah : C & Ku Band. Apakah Kalian sedang mencari cara pasang parabola Nusantara HD yang mudah? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan memberikan informasi lengkap mengenai cara pasang parabola Nusantara HD yang mudah untuk Kalian ikuti.

Sebelum kita memulai, sebelumnya kami sudah membahas Kelebihan Receiver Nusantara HD dan sekarang mari kita bahas terlebih dahulu apa itu parabola Nusantara HD. Parabola Nusantara HD merupakan alat penerima siaran televisi yang menggunakan sinyal satelit untuk menangkap siaran televisi digital berkualitas tinggi.

Pengertian Receiver Nusantara HD

Receiver Nusantara HD adalah produk kerja sama antara Transvision dengan perusahaan receiver Tanaka. Produk ini telah diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2019 di Jakarta.

Keberadaan receiver Nusantara HD bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tayangan hiburan dan informasi berkualitas.

Selain itu, produk ini juga dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dan masih menggunakan antena biasa untuk beralih ke parabola.

Receiver Nusantara HD menawarkan berbagai jenis hiburan, tayangan TV nasional, informasi, dan tayangan edukatif melalui saluran eksklusif Transmedia.

Produk ini juga menawarkan tayangan mancanegara dengan total saluran mencapai 60 channel.

Harga receiver Nusantara HD sangat terjangkau, dengan harga di bawah 500 ribu. Di toko online, harga produk ini bervariasi mulai dari 285-300 ribuan.

Untuk paket lengkap dengan parabola mini, harganya sekitar 650 ribuan. Selain di toko online, receiver Nusantara HD juga sudah tersedia di lebih dari 4000 toko parabola yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang merupakan mitra dari Tanaka.

Cara Pasang Parabola Nusantara HD

Sebelum melakukan pemasangan parabola, terutama Nusantara HD, perlu diperhatikan beberapa hal penting yang berhubungan dengan penggunaan parabola tersebut.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, diharapkan setelah parabola terpasang, tidak akan menimbulkan penyesalan karena parabola yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam Cara Pasang Parabola Nusantara HD :

a. Memilih Tipe Parabola Nusantara HD

Seperti yang telah kita ketahui, Nusantara HD adalah jenis parabola hybrid yang dapat digunakan pada parabola besar C Band maupun parabola mini Ku Band.

Oleh karena itu, pemilihan parabola yang tepat harus memperhatikan kebutuhan dan segala aspek yang terkait seperti lokasi, anggaran yang tersedia, dan lain sebagainya.

Secara umum, parabola terdiri dari dua jenis, yaitu parabola jaring dan parabola solid.

Sementara itu, ukuran parabola juga dibagi menjadi dua tipe, yaitu parabola besar yang menggunakan pita frekuensi C Band dan parabola mini yang menggunakan pita frekuensi Ku Band.

Parabola besar dengan pita frekuensi C Band memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap gangguan cuaca, sehingga sinyalnya tetap stabil meski cuaca sedang mendung atau hujan.

Hal ini berbeda dengan parabola mini Ku Band yang sinyalnya terkadang hilang saat kondisi cuaca sedang buruk.

Namun, untuk urusan lokasi atau tempat pemasangan, parabola mini terbilang lebih simpel dan tidak memakan banyak tempat karena ukurannya yang kecil. Sementara itu, parabola besar C Band membutuhkan tempat yang luas untuk pemasangannya.

b. Menyiapkan Alat Pasang Parabola

Setelah memilih dan membeli parabola Nusantara HD, langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan untuk memasangnya.

Persiapan yang matang akan memudahkan proses pemasangan dan memastikan hasil yang optimal. Berikut adalah beberapa peralatan yang perlu disiapkan:

  1. Kunci pas berukuran 10, 17, dan 19
  2. Obeng plus
  3. Gunting
  4. Solatip
  5. Bor, paku, dan palu
  6. Aplikasi Satfinder
  7. Satu paket perangkat parabola Nusantara HD

Pastikan peralatan sudah tersedia dan dalam kondisi baik sebelum memulai proses pemasangan parabola.

Selain itu, pastikan juga untuk membaca petunjuk pemasangan dengan seksama agar proses pemasangan berjalan lancar dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga :  Tabel Kode Error Mesin Cuci Sharp Terlengkap : Penyebab & Solusi

c. Memasang Parabola Nusantara HD

Setelah semua peralatan serta perlengkapan pemasangan parabola Nusantara HD siap, langkah selanjutnya yakni masuk ke tahap cara pasang parabola Nusantara HD. Adapun cara atau langkah-langkah cara pasang parabola Nusantara HD yaitu sebagai berikut :

1. Memilih Lokasi Pemasangan

Pilihlah lokasi pemasangan parabola dengan tepat, hindari tempat yang dekat dengan sumber listrik atau kabel. Pastikan juga tidak ada penghalang sinyal seperti pohon atau bangunan.

2. Memasang Tiang dan Dish Parabola

Pasanglah tiang penyangga parabola dengan kokoh dan stabil. Kemudian, pasang dish parabola pada dudukan tiang penyangga dengan teliti.

3. Kencangkan Baut Parabola

Pastikan untuk mengencangkan semua baut penahan tiang penyangga dengan kencang, agar posisi dish parabola tidak berubah.

4. Memasang LNB dan Konektor Parabola

Langkah terakhir adalah memasang LNB pada dudukannya dan pasanglah kabel penghubung atau konektor dari LNB ke receiver. Pastikan semua komponen terpasang dengan benar.

5. Setting Receiver

Kemudian setelah LNB serta kabel konektornya terpasang, hubungkan/colokan kabel konektor tersebut ke receiver untuk langkah selanjutnya yaitu setting receiver Nusantara HD sesuai dengan sateli dituju.

Untuk parabola C Band satelit yang dituju yakni Telkom 4 dan Ku Band yaitu satelit Measat 3b.
Sebagai contoh disini satelit dituju adalah Measat 3b, maka pada menu receiver cari satelit measat 3b dan jika ternyata belum ada maka tambahkan satelit measat 3b dengan frekuensi LNB universal yakni 9750-10600, lalu buat TP baru memakai frekuensi Transvision Nusantara HD yaitu 12643 H 30000, posisikan receiver Nusantara HD di frekuensi tersebut.

6. Tracking Satelit

Setelah proses setting receiver selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan proses tracking satelit. Pertama-tama, arahkan dish parabola ke koordinat satelit Measat 3b menggunakan bantuan aplikasi satfinder untuk mendapatkan posisi yang tepat.

Berikut adalah langkah-langkah atau cara tracking satelit:

  • Posisikan dish parabola tegak lurus ke atas, dan perlahan turunkan dish sambil memperhatikan monitor TV hingga terlihat atau muncul sinyal.
  • Setelah sinyal terdeteksi, gerakkan dish dan putar LNB perlahan-lahan sampai mendapatkan sinyal yang maksimal.
  • Setelah mendapatkan sinyal yang maksimal, kencangkan baut penahan supaya posisi dish parabola tidak berubah dan proses tracking selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dengan baik, maka dish parabola akan mengarah ke satelit Measat 3b dengan tepat dan sinyal dapat diterima dengan baik.

Cara Aktivasi Nusantara HD

Setelah mengetahui Cara Pasang Parabola Nusantara HD, dalam dunia televisi satelit berlangganan, Nusantara HD menjadi pilihan yang paling diminati saat ini. Banyak penonton yang mencari cara aktivasi Nusantara HD agar bisa menikmati tayangan berkualitas yang disajikan.

Selain biaya berlangganan yang terjangkau, Nusantara HD juga menawarkan channel lengkap dan berkualitas, termasuk channel televisi lokal dengan kualitas gambar dan jaringan yang lebih baik, serta channel bonus dan premium.

Cara daftar dan aktivasi Nusantara HD sebenarnya sangat mudah dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan lengkap mengenai Nusantara HD, mulai dari penawaran yang diberikan hingga daftar channel yang tersedia.

Selain itu, akan dijelaskan pula cara berlangganan dan langkah-langkah aktivasi Nusantara HD.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki, tidak mengherankan bila banyak penonton yang penasaran mengenai cara daftar dan berlangganan Nusantara HD.

Dengan informasi yang lengkap dan jelas, diharapkan para penonton bisa menikmati tayangan berkualitas dari Nusantara HD dengan mudah dan nyaman.

Kesimpulan

Dalam menginstall parabola Nusantara HD, diperlukan pemahaman yang baik mengenai tahapan-tahapan yang perlu dilakukan.

Dari memilih lokasi pemasangan yang tepat, memasang tiang dan dish parabola, hingga tracking satelit, semua tahapan tersebut harus dilakukan dengan benar agar hasil yang didapat memuaskan.

Dengan mengikuti cara pasang parabola Nusantara HD yang mudah dan benar, Kalian dapat menikmati tayangan berkualitas dari televisi satelit berlangganan terbaik ini dengan nyaman.

Jangan lupa untuk memperhatikan persiapan dan peralatan yang dibutuhkan, serta mengikuti langkah-langkah dengan cermat untuk memastikan hasil yang optimal.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Nusantara HD Tidak Ada Siaran Dengan Mudah

Dalam hal ini, Nusantara HD menawarkan banyak keunggulan, mulai dari biaya berlangganan yang terjangkau, channel yang lengkap dan berkualitas, hingga cara aktivasi yang mudah.

Dengan begitu, para penonton dapat menikmati tayangan berkualitas tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Jadi, tunggu apa lagi? Ikuti langkah-langkah pasang parabola Nusantara HD dengan benar dan nikmati tayangan berkualitas dari televisi satelit berlangganan terbaik ini.

Demikian ulasan dari empatpilar.com mengenai Cara Pasang Parabola Nusantara HD. Semoga bermanfaat Kata Pencarian TerpopulerCara pasang parabola nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *