Frekuensi RCTI

Daftar Frekuensi RCTI Paling Baru : Pembahasan Lengkap

Posted on

Empat PilarDaftar Frekuensi RCTI Paling Baru : Pembahasan Lengkap. Apakah Anda sering mengalami gangguan saat menonton siaran televisi RCTI? Salah satu faktornya bisa jadi adalah frekuensi RCTI yang tidak tepat. Namun jangan khawatir, dalam artikel ini akan dibahas cara memperoleh frekuensi RCTI yang jernih dan siaran yang lebih baik.

RCTI merupakan salah satu stasiun televisi terbesar dan paling populer di Indonesia. Namun, terkadang sinyal RCTI bisa terganggu dan menyebabkan siaran menjadi buram atau bahkan hilang sama sekali. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan frekuensi yang jernih.

Mengenai Frekuensi RCTI Terbaru

RCTI adalah stasiun televisi yang menyiarkan beragam program yang dapat ditonton seperti acara hiburan, musik, agama, sinetron, film, FTV, kuis, dan program-program lainnya.

RCTI telah mengudara di Indonesia sejak tahun 90-an dan hingga saat ini dapat ditonton melalui dua jenis frekuensi, yaitu satelit dan UHF yang gratis.

Sinyal frekuensi parabola satelit biasanya dibutuhkan oleh pemirsa yang berada jauh dari pemancar antena TV RCTI terdekat, sehingga perlu menggunakan parabola untuk menangkap sinyal dari satelit.

Mulai Januari 2022, jaringan televisi MNC Grup yang menggunakan satelit, termasuk RCTI, Global TV, dan MNC TV, telah memutuskan untuk berubah menjadi TV berbayar dan tidak lagi gratis jika ditonton melalui frekuensi satelit.

Dengan kata lain, RCTI bersama dengan Global TV dan MNC TV akan diacak dan tidak dapat ditonton atau harus berlangganan menjadi TV berbayar.

Namun, masih ada beberapa jenis receiver yang dapat digunakan untuk menonton RCTI, seperti K-Vision, Transvision, MNC Vision Nex Parabola, dan lain sebagainya.

Daftar Frekuensi RCTI Paling Baru

Sebelum membahas apa saja channel RCTI terbaru. Ketahui terlebih dahulu kalau setiap kota memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Jadi, kali ini pembahasannya ada frekuensi pada beberapa satelit.

Frekuensi Channel RCTI MPEG4

Saluran RCTI sedang mengalami perubahan untuk memberikan siaran terbaik kepada pelanggannya. Namun, masih banyak pelanggan yang mengalami gangguan sinyal di saluran RCTI.

Beberapa pelanggan bahkan sering kehilangan jaringan secara tiba-tiba saat menonton acara. Ada juga yang mengalami layar hitam dengan tulisan “no signal”. Tentu saja, ini akan sangat menjengkelkan karena membuat Anda tidak dapat menonton acara kesukaan Anda.

Jangan khawatir jika terjadi hal seperti itu karena penyebabnya bukan pada parabola Anda atau gangguan cuaca, melainkan pada channel RCTI yang sedang mengalami perubahan frekuensi dari yang lama ke yang baru.

Bagi Anda yang membutuhkan frekuensi MPEG4, frekuensi terbaru untuk saluran RCTI adalah 3934 H 7200 yang menggunakan satelit Palapa D 113.00E. Berikut ini adalah daftar frekuensi yang dapat dilihat:

  • Kode frekuensi : 04533
  • Simbol rate : 07199
  • Polaritas : H
  • Kode VPID : 1120
  • Kode APID : 1110

Kode Frekuensi RCTI MPEG2

Setelah membahas frekuensi saluran RCTI pada jaringan MPEG4, selanjutnya adalah mengenai frekuensi MPEG2. Jika Anda masih menggunakan frekuensi yang lama, maka harus segera menggantinya dengan yang baru agar bisa mendapatkan jaringan yang jernih. Berikut adalah ulasan mengenai frekuensi MPEG2 terbaru yang dapat diterima melalui satelit C2/D.

  1. Kode frekuensi : 04188
  2. Simbol rate : 08799
  3. Polaritas : V
  4. Kode VPID : 1111
  5. Kode APID : 1121

Anda bisa memasukkan kode frekuensi di atas. Tapi, jika Anda sudah memasukkan dan sinyal RCTI masih hilang. Maka cara mengaktifkan kembali sinyalnya dengan melakukan Scanning Buta (Blind Scan).

Frekuensi Channel RCTI pada Satelit C2

Satelit Palapa C2 adalah satelit komunikasi Indonesia yang mulai beroperasi pada tahun 1996 dan masa orbitnya akan berakhir pada tahun 2011. Untuk menggantikan perannya, PT Indosat Tbk mengoperasikan Satelit Palapa D.

Satelit tersebut menjadi pilihan banyak stasiun televisi dan radio, seperti MNC Group yang memiliki MNCTV, GTV, RCTI, dan iNews. Selain itu, stasiun televisi SCTV, O Channel, dan Indosiar dari EMTK Group juga menggunakannya.

Selanjutnya, Indosat Ooredoo juga mengoperasikan satelit tersebut dan menawarkan berbagai channel seperti Space Toon, Jawa Pos, TVOne, JTV, MetroTV, JekTV, K Drama, Sinema Indonesia, serta channel lainnya.

Baca Juga :  Ketahui, Perbedaan Sabun dan Deterjen : Pemahaman Penting

Sedangkan untuk radio meliputi Pop FM, Radio Rodja, Motion Radio, MTA FM, dan yang lainnya. Berikut uraian frekuensi channel RCTI yang memakai satelit Palapa C2.

  1. Frekuensi RCTI : 3934 H 7200
  2. Format :MPEG4
  3. Penyedia : MNC Media
  4. Nama Channel : RCTI
  5. SID : 6
  6. VPID : 1110
  7. Kode VPID : 1111
  8. Kode APID : 1121
  9. Frekuensi RCTI : 4186 V 8800
  10. Format MPEG2
  11. Penyedia : MNC Media
  12. Nama Channel : RCTI
  13. SID : 5
  14. VPID : 1111
  15. APID : 1121

Anda perlu mengetahui bahwa pada channel RCTI akan terus mengalami perubahan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mengikuti informasi terbaru mengenai perubahan tersebut.

Jika Anda ingin menonton siaran acak pada RCTI, silakan gunakan BISS key untuk Palapa D, yang merupakan satelit terbaru yang digunakan saat ini. Namun, jika ingin menonton siaran langsung atau live streaming, Anda bisa menggunakan kode frekuensi terbaru untuk saluran RCTI.

Frekuensi Channel RCTI di Satelit Telkom 4

Satelit Telkom 4 adalah salah satu satelit terbaru Indonesia yang menggantikan satelit pendahulunya, yaitu Palapa D dan Telkom 3S. Perubahan ini akan memberikan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Kelebihan dari satelit Telkom 4 adalah teknologinya yang lebih canggih, sehingga memberikan kualitas gambar dan suara yang lebih bersih, sehingga Anda dapat menikmati menonton TV dengan lebih nyaman.

Namun, sayangnya tidak semua stasiun televisi dapat menangkap sinyal dari satelit Telkom 4. Hanya beberapa merek receiver yang merupakan produk terbaru yang dapat digunakan. Oleh karena itu, jika Anda masih menggunakan perangkat lama, silakan masukkan kode terbaru secara manual.

Jika tiba-tiba Anda kehilangan tayangan televisi, maka jangan risau. Kali ini akan ada uraian informasi dari channel RCTI dari satelit Telkom 4.

  • Frekuensi : 4035
  • Polaritas : Horizontal
  • Symbol Rate : 16600
  • SID : 0003
  • System : MPEG4 HD

Itulah kode frekuensi channel RCTI dari satelit Telkom 4. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa memasukkan kode tersebut. Jadi, silakan Anda mulai mencari tutorialnya di internet. Sehingga bisa segera menikmati tontonan dari channel RCTI.

Daftar Frekuensi RCTI Digital di Semua Daerah Indonesia

Menyetel transponder untuk menangkap sinyal stasiun TV sebenarnya mudah, namun seringkali masalahnya adalah kode frekuensi yang selalu berubah-ubah, yang membuat penonton kesulitan menyetel transponder tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memahami satelit yang mengirimkan sinyal RCTI sebagai dasar untuk menyinkronkan frekuensi RCTI yang baru dengan transponder.

Setiap kota atau daerah memiliki yang berbeda untuk RCTI, agar tidak terjadi tabrakan antar frekuensi dan penipuan. Stasiun TV tersebut tentunya telah melakukan perhitungan yang matang dalam menentukan frekuensi RCTI digital di Indonesia.

Sangat penting untuk melakukan pembaruan dan perubahan TV agar kualitas sinyal dan gambar yang diterima tetap jernih. Dalam kesempatan ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai kode frekuensi RCTI terbaru di seluruh kota di Indonesia. Mohon perhatikan dan cocokkan pada televisi Anda seperti yang tertera di bawah ini:

DAERAH/KOTA : FREKUENSI RCTI

  1. Ambon : 12 UHF
  2. Balikpapan : 30 UHF
  3. Bandar Lampung : 32 UHF
  4. Banda Aceh : 28 UHF
  5. Bandung : 50 UHF
  6. Batam : 43 UHF
  7. Banjarmasin : 30 UHF
  8. Batu Sangkar : 31 UHF
  9. Bukittinggi : 58 UHF
  10. Bengkulu : 30 UHF
  11. Cirebon : 38 UHF
  12. Garut : 34 UHF
  13. Denpasar : 35 UHF
  14. Gorontalo : 58 UHF
  15. Jambi : 33 UHF
  16. Jember : 58 UHF
  17. Jakarta : 43 UHF
  18. Jayapura : 24 UHF
  19. Kediri : 57 UHF
  20. Kotabaru : 54 UHF
  21. Kendari : 26 UHF
  22. Kupang : 12 UHF
  23. Malang : 40 UHF
  24. Lhokseumawe : 24 UHF
  25. Makassar : 33 UHF
  26. Madiun : 46 UHF
  27. Manado : 30 UHF
  28. Mamuju : 48 UHF
  29. Mataram : 10 VHF
  30. Merauke : 11 VHF
  31. Medan : 33 UHF
  32. Padang : 43 UHF
  33. Palembang : 24 UHF
  34. Painan : 32 UHF
  35. Palangkaraya : 31 UHF
  36. Palu : 27 UHF
  37. Pangkal Pinang : 50 UHF
  38. Purwokerto : 41 UHF
  39. Pekanbaru : 22 UHF
  40. Pontianak : 47 UHF
  41. Sabang : 11 VHF
  42. Sawahlunto : 30 UHF
  43. Samarinda : 43 UHF
  44. Semarang : 33 UHF
  45. Sukabumi : 24 UHF
  46. Serang : 59 UHF
  47. Surakarta : 32 UHF
  48. Surabaya : 30 UHF

Cara Mencari Frekuensi Rcti

Ada dua format frekuensi RCTI saat ini, yaitu Mpeg2 dan Mpeg4. Untuk transponder RCTI ini, pengguna receiver Mpeg2 akan berbeda dengan kode frekuensi untuk Mpeg4.

Untuk tracking RCTI saat ini, dapat dilakukan di transponder satelit Telkom 4 untuk pengguna parabola C-Band FTA dan Pay TV.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Engsel Pintu : dan Fungsinya Secara Lengkap

Namun, terdapat kendala sedikit dalam penerimaan receiver biasa FTA. Meskipun sinyalnya full, siaran bisa saja diacak karena RCTI sudah menjadi TV berlangganan.

Untuk menonton siaran Rcti, Anda perlu mempersiapkan antena parabola berukuran 10 atau 12 feet agar bisa mendapatkan sinyal dari Telkom 4 dengan kualitas di atas 50%.

Untuk menambahkan channel Rcti, Anda bisa melakukan scan otomatis pada receiver dengan catatan antena parabola sudah terhubung dengan baik ke Telkom 4 pada posisi 108E.

Jika ingin menambahkan channel secara manual, Anda bisa memasukkan kode frekuensi Rcti dan kode lainnya pada menu pengaturan penambahan saluran baru pada receiver.

 

Penutup

Dengan mengetahui daftar RCTI terbaru, Anda dapat menikmati siaran RCTI dengan kualitas gambar dan suara yang jernih.

Meskipun terkadang kode selalu berubah-ubah, tetapi dengan mengikuti informasi terbaru, Anda tidak akan kehilangan momen menarik dari RCTI.

Semoga pembahasan lengkap mengenai daftar RCTI terbaru ini dapat membantu Anda dalam menikmati siaran RCTI dengan lebih nyaman dan berkualitas. Terima kasih Kata Pencarian Terpopulerfrekuensi Rcti di nex parabola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *