Harga Baja Ringan Taso Per Batang

√ Harga Baja Ringan Taso Per Batang : UPDATE

Posted on

Empat Pilar –Harga Baja Ringan Taso Per Batang : UPDATE. Dalam proyek-proyek konstruksi, memilih bahan bangunan yang tepat sangat penting untuk daya tahan, efisiensi biaya, dan integritas struktural. Salah satu bahan yang telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir adalah Harga Baja Ringan Taso Per Batang.

Dalam panduan ini, kami akan membahas secara mendalam opsi baja ringan ini, mengeksplorasi fitur-fiturnya, manfaatnya, dan harga. Baik Anda seorang pemilik rumah yang merencanakan renovasi atau seorang kontraktor yang mencari solusi inovatif, artikel ini akan memberikan pengetahuan yang Anda butuhkan.

Apa Itu Baja Ringan Taso?

Baja ringan taso merupakan teknologi mutakhir dalam struktur atap yang mengaplikasikan konstruksi baja yang kuat namun memiliki bobot yang ringan.

Salah satu merek baja ringan yang hadir di Indonesia sudah eksis sejak tahun 1994 melalui produksi PT Tatalogam Lestari.

Baja ringan taso terbuat dari bahan atap galvalum yang mengandung unsur karbon, aluminium, dan seng. Sehingga, baja ini lebih tahan terhadap korosi dan diproduksi sesuai standar ISO.

Jenis baja ringan taso termasuk salah satu yang terbaik di pasaran. Untuk memahami lebih dalam mengenai baja ringan ini, mari baca artikelnya!

Bahan baja ringan adalah jenis baja karbon yang memiliki sifat kaku dan kuat, sehingga sering digunakan dalam konstruksi, rangka mobil, pembuatan peralatan listrik, dan bahkan senjata api.

Umumnya, baja ringan tidak mudah berkarat, melainkan tahan terhadap karat. Setiap jenis baja ringan memiliki standar kekuatan tarik tinggi sekitar 550 Mpa (5500 kg/cm2), yang dipengaruhi oleh tegangan tarik.

Itulah sebabnya baja ringan disebut tahan karat, karena dilapisi dengan aluminium dan senyawa lainnya untuk mencegah kontak antara logam besi dengan oksigen. Karena alasan ini, kayu dan baja konvensional sering digantikan dengan kehadiran baja ringan.

Keunggulan Baja Ringan Taso

Berikut adalah Keunggulan Baja Ringan Taso yang secara umum bisa kalian ketahui dengan baik :

1. Pemasangan Baja Ringan Taso dengan Kemudahan Terpasang

Kelebihan utama dari model baja taso ini adalah kemudahan dalam proses pemasangannya. Proses pemasangan dilakukan dengan merakitnya menggunakan baut khusus, sehingga tidak diperlukan mesin las.

2. Baja Taso Rentan Terhadap Pemanasan Cepat

Setelah menyebutkan kelebihannya, terdapat juga beberapa kelemahan pada model baja taso ini. Salah satunya adalah sifatnya yang mudah terpapar panas. Cahaya matahari yang masuk dapat menyebabkan suhu dalam rumah meningkat dan penyerapan panas terjadi lebih cepat. Namun, jika Anda tinggal di daerah dengan suhu dingin, keadaan ini justru bisa menjadi menguntungkan.

3. Tahan Karat

Baja taso memiliki sifat tahan terhadap karat, berkat penggunaan bahan galvalum. Galvalum adalah lapisan pelindung yang terbuat dari campuran seng, karbon, dan aluminium yang efektif melawan proses karat.

Baja taso sangat cocok digunakan untuk area seperti garasi atau carport, karena mampu melindungi dari paparan panas dan hujan. Namun, perlu diingat bahwa dalam jangka panjang, perawatan rutin tetap diperlukan untuk menjaga kondisi baja taso Anda.

4. Model Taso sebagai Salah Satu Jenis Atap Ringan

Penggunaan atap baja ringan memiliki keuntungan dalam meminimalisir risiko yang mungkin timbul. Atap baja ringan dengan lapisan galvalum memiliki bobot yang ringan, menjadikannya aman digunakan dan tidak mudah bergeser dari posisinya.

5. Lebih Ekonomis

Kelebihan berikutnya dari baja ringan taso adalah kemudahan perawatannya, yang membuat biaya yang diperlukan lebih terjangkau dan menguntungkan bagi kantong Anda.

Selain itu, proses pemasangannya juga lebih ekonomis karena memerlukan waktu yang singkat. Dalam hal perawatan, model taso hampir tidak memerlukan lapisan tambahan yang khusus dan memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan bahan lain. Kemungkinan kerusakan juga minim, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang secara berlebihan.

6. Profesionalisme dalam Pemasangan

Selanjutnya, jika Anda ingin mendapatkan hasil pemasangan rangka baja taso yang rapi, sangat penting untuk melibatkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang ini. Dengan memanfaatkan tenaga ahli, waktu pengerjaan dapat dipercepat dan hasilnya lebih estetis.

7. Keunggulan Baja Ringan Taso yang Tahan Api

Baja taso memiliki tingkat keamanan yang lebih dijamin dibandingkan dengan jenis baja lainnya. Jenis baja taso mampu mencegah terjadinya kebakaran di rumah, karena memiliki rangka yang tidak mudah terbakar.

Baca Juga :  Daftar Harga Kaca Tempered Terbaru : Semua Jenis Kaca Tempered

Dengan kata lain, baja taso tidak dapat memicu api. Dengan demikian, jika terjadi kebakaran di rumah, baja taso tidak akan menyebabkan api semakin membesar atau menjalar ke bagian lain.

8. Kekuatan Tarik yang Luar Biasa

Selanjutnya, baja taso memiliki tingkat kekuatan tarik yang sangat tinggi, yakni sekitar 550 Mpa.

Hal ini disebabkan oleh sifat lentur dari atap baja ringan ini, yang memungkinkan energi matahari untuk dengan mudah meresap dalam jumlah besar. Baja ringan juga tidak akan mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sebaliknya, atap dengan model kayu cenderung mudah mengalami kerusakan. Selain itu, tampilan minimalis yang dihasilkan oleh atap baja taso akan memberikan kesan kekinian pada rumahmu. Konstruksi baja ringan ini memiliki sejumlah keunggulan yang patut diperhitungkan.

9. Tahan Terhadap Perubahan Suhu Tanpa Pemuaian dan Penyusutan

Keunggulan berikutnya dari baja taso adalah ketangguhannya dalam menghadapi perubahan suhu yang ekstrem. Saat bahan lain mungkin akan memuai atau menyusut, baja taso tetap kokoh tanpa mengalami perubahan dimensi. Dengan demikian, baja taso mampu bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan yang berubah-ubah.

10. Kemampuan Daur Ulang Material

Setelah penggunaan atap baja ringan selesai, bahan yang digunakan dapat dibongkar dan dimanfaatkan kembali. Proses daur ulang baja ringan memberikan banyak manfaat, karena tidak merugikan lingkungan dan tidak menghasilkan limbah. Penggunaan ulang ini juga membantu mengurangi penurunan hutan.

11. Kelenturan Khas Baja Taso

Keunggulan terakhir dari baja taso adalah kelenturannya yang memungkinkan untuk menyerap energi dalam jumlah besar dan mampu menahan beban yang cukup berat.

Dalam bidang teknik sipil, baja taso memiliki kemampuan deformasi yang besar tanpa menyebabkan kerusakan pada struktur bangunan.

Daftar Harga Baja Ringan Taso Per Batang

Merek baja ringan TASO telah eksis sejak 1994 di bawah pengawasan PT Tatalogam Lestari. Dengan lebih dari dua dekade pengalaman, kualitas produk TASO tentunya sudah terjamin.

TASO menawarkan dua jenis produk unggulan, yaitu Reng dan Kaso, yang keduanya dibuat dari material galvalum. Oleh karena itu, sesuai dengan apa yang telah disebutkan sebelumnya, kedua jenis produk ini terkenal ringan namun kuat, tahan lama, anti korosi, dan juga anti rayap.

Lalu, berapa sih harga per batang untuk baja ringan TASO?

Mengenai harga, Anda tidak perlu cemas karena tentunya tidak akan menguras isi dompet Anda sepenuhnya.

Berikut adalah daftar Harga Baja Ringan Taso Per Batang :

1. Daftar Harga Reng TASO

NoTipe Baja RinganPanjangKetebalanHarga
1Reng TASO Tipe R32.456 meter0,45 cmRp40,500
2Reng TASO Tipe R40.456 meter0,45 cmRp42,500
3Reng TASO Tipe 40.4606 meter0,45 cmRp50,000
4SNI K-Steel Truss C75.606 meter0.60 cmRp63,550
5SNI BMT Truss C75.706 meter0.70 cmRp70,550
6SNI Truss C75.756 meter0.75 cmRp73,550
7SNI Truss C75.756 meter0.75 cmRp76,550
8SNI K-Steel Truss C75.656 meter0.65 cmRp67,550
9SNI TASO Truss C75.756 meter0.75 cmRp85,550
10SNI Tangguh Truss C75.756 meter0.75 cmRp80,550
11SNI Truss C75.1006 meter1 mmRp105,550
12Alfa SNI Truss C75.1006 meter1 mmRp105,550
13CBM Truss Tipe C75.1006 meter1 mmRp120,550
14SNI TASO Truss C75.1006 meter1 mmRp125,550
15SNI TASO Truss C75.806 meter0.80 cmRp97,550

2. Daftar Harga Kaso TASO

TipePanjangHarga
Kaso TASO Tipe R75.656 meterRp84,000
Kaso TASO Tipe R75.756 meterRp84,000
Kaso TASO Tipe R75.806 meterRp101,000
Kaso TASO Tipe R75.1006 meterRp124,000
Truss C 0.65 mm6 mRp68,000
Truss C 0.75 mm6 mRp78,000
Truss C 0.80 mm6 mRp90,000
Truss C 1.00 mm6 mRp118,000
Baja Ringan6 mRp90,000
Rangka Baja Ringan Kanopi6 mRp99,000
Rangka Baja Ringan Atap6 mRp105,000
Rangka Baja Ringan Atap Kanopi6 mRp105,000
Baja Ringan Jabar TASO6 mRp120,000
Baja Ringan Gypsum6 mRp150,000
Baja Ringan Pvc6 mRp150,000
Baja Ringan TASO Zincalume Palembang6 mRp160,000

Jenis-Jenis Baja Ringan

Jenis baja ringan di pasaran saat ini ada banyak. Setiap jenis baja ringan memiliki fungsinya masing-masing. Inilah jenis baja ringan beserta fungsinya:

1. Hollow

Baja ringan tipe hollow terbuat dari bahan Galvanis. Karakteristiknya berbentuk balok dengan ujung persegi dan rongga di bagian tengah. Harga baja ringan tipe hollow bervariasi sesuai jumlah pembelian. Baja ringan tipe hollow berperan sebagai bahan dasar atap, kanopi, dan plafon.

2. Kaso atau Truss

Baja ringan kaso atau truss berfungsi sebagai kerangka atap yang mendukung penempatan genteng. Selain itu, kaso atau truss berperan sebagai elemen penguat tiang dan kuda-kuda. Baja ringan kaso memiliki ketahanan yang tinggi dengan ketebalan 0,75 hingga 1 mm. Kaso atau truss cenderung mengandung seng. Bentuknya menyerupai hollow atau merupakan gabungan dari dua baja ringan bondek.

Baca Juga :  Apa Itu Roster Beton? Pengertian dan Manfaatnya Lengkap

3. Baja Ringan Bondek

Bondek termasuk salah satu jenis baja ringan yang umum dijumpai. Fungsinya sebagai kerangka dalam struktur tulangan, digunakan sebagai penutup atau lapisan untuk menahan beban dan tekanan dari beton. Bondek umumnya digunakan dalam pembuatan kerangka atap atau sebagai pengganti bahan triplek.

4. Lembaran Spandek

Spandek adalah variasi baja ringan berbentuk lembaran dengan pola gelombang. Spandek gelombang umumnya digunakan sebagai pelapis atau penutup luar kerangka atap rumah atau kanopi. Selain itu, spandek sering digunakan sebagai lapisan dinding. Seperti baja ringan pada umumnya, spandek memiliki bobot ringan, daya tahan yang baik, dan ketahanan terhadap karat.

5. Reng Baja Ringan

Reng merupakan profil baja ringan yang terdiri dari bilah-bilah panjang. Reng dipasang secara horizontal untuk mendukung genteng atau bahan seng pada rangka kasau. Kelebihan reng baja ringan meliputi bobot yang ringan dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan reng dari bahan kayu atau bambu. Bahan Zinc pada reng ini membuatnya tahan terhadap karat, sehingga sangat cocok untuk cuaca tropis di Indonesia.

6. Baja Ringan Kanal C

Sesuai dengan namanya, profil baja ringan kanal C memiliki bentuk yang menyerupai huruf C. Ketika ditempatkan bersama dengan profil baja ringan lainnya, membentuk konfigurasi kotak persegi. Peran utama dari profil baja ringan kanal C adalah sebagai elemen penyusun kerangka atap dan kanopi pada bangunan rumah. Keunggulan baja ringan jenis ini adalah kekuatannya yang mampu menopang atap, kanopi, serta langit-langit rumah.

Kesimpulan

Sebagai bahan konstruksi yang kian populer, harga baja ringan Taso per batang menjadi salah satu informasi penting yang perlu diketahui oleh konsumen. Tidak hanya karena keunggulannya dalam hal kekuatan dan durabilitas, baja ringan Taso juga menawarkan kepraktisan dan efisiensi waktu dalam proses pemasangan.

Oleh karena itu, memahami detil harganya adalah langkah awal yang bijak sebelum melakukan investasi dalam proyek konstruksi kalian. Ingat, kualitas konstruksi tak hanya tergantung pada desain atau tukang yang kalian pilih, tetapi juga pada kualitas bahan baku yang digunakan.

Dengan mengetahui harga baja ringan Taso per batang, kalian dapat lebih mudah dalam merencanakan anggaran dan mengevaluasi pilihan lain yang mungkin tersedia di pasaran. Selalu lakukan riset dan pertimbangan matang sebelum membeli, agar kalian mendapatkan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang kalian miliki.

Itu saja uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Harga Baja Ringan Taso Per Batang. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *