Harga Fuel Pump Scoopy

Daftar Harga Fuel Pump Scoopy : Pahami Sebelum Membeli

Posted on

Empat Pilar – Daftar Harga Fuel Pump Scoopy : Pahami Sebelum Membeli. Apakah kalian seorang pemilik skuter Scoopy yang memerlukan penggantian fuel pump? Memahami daftar harga fuel pump Scoopy yang terbaru adalah langkah awal yang penting dalam proses pembelian. Fuel pump adalah komponen vital dalam sistem bahan bakar skuter kalian, dan memilih yang tepat adalah kunci agar skuter kalian tetap berjalan lancar.

Artikel ini akan membahas daftar harga fuel pump Scoopy terbaru serta memberikan tips berharga untuk memilih fuel pump yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Fungsi Fuel Pump

Secara prinsipal, pompa bahan bakar berperan sebagai penyedia bahan bakar yang akan diarahkan ke sistem injeksi atau karburator. Pada kendaraan yang lebih kuno, umumnya digunakan pompa bahan bakar mekanik untuk mengalirkan bahan bakar dengan tekanan rendah ke karburator.

Namun, pada sepeda motor yang telah mengadopsi sistem injeksi, digunakan jenis pompa bahan bakar listrik guna mencapai tekanan yang lebih tinggi, memastikan kinerja mesin lebih efisien. Sistem injeksi bahan bakar memang lebih efisien dibandingkan dengan penggunaan karburator.

Oleh karena itu, tanpa adanya pompa bahan bakar di dalam kendaraan, bahan bakar tidak akan dapat mengalir ke karburator atau injektor dengan sendirinya. Selain itu, peran penting pompa bahan bakar adalah menjaga tekanan bahan bakar tetap stabil dan konsisten.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, terdapat dua jenis pompa bahan bakar, yaitu mekanik dan listrik. Pompa bahan bakar mekanik umumnya digunakan pada motor yang masih mengandalkan sistem bahan bakar konvensional atau karburator. Sementara itu, pompa bahan bakar listrik digunakan pada kendaraan yang menggunakan sistem injeksi.

Gejala Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Rusak

Berikut ini beberapa gejala fuel pump motor yang mendekati ajalnya:

1. Motor Susah Distarter

Ketika Kalian mengalami kesulitan dalam menyalakan motor walaupun starter berfungsi normal, perlu dicurigai bahwa masalah mungkin terkait dengan fuel pump yang mulai melemah. Untuk memverifikasi apakah fuel pump masih berfungsi dengan baik, Kalian dapat mendengarkan suara yang berasal dari tangki bensin.

Apabila setelah Kalian mengaktifkan kunci kontak “On”, Kalian tidak mendengar suara berdengung atau suara yang terdengar sangat lemah, ini mungkin menunjukkan bahwa fuel pump mengalami masalah. Sebagai perbandingan, saat fuel pump masih berfungsi dengan baik, Kalian akan mendengar suara berdengung yang keras segera setelah kunci kontak diaktifkan.

2. Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Kehadiran kedipan pada lampu indikator check engine, atau Malfunction Indicator Lamp (MIL), menunjukkan adanya masalah pada motor. Namun, tidak selalu masalah fuel pump yang rusak akan ditunjukkan oleh kedipan pada lampu MIL ini.

Lampu MIL adalah indikator yang memberi tahu adanya masalah pada sistem injeksi motor. Lampu MIL biasanya berwarna oranye dan terletak di bagian spedometer motor. Jika terjadi kerusakan pada sensor atau sistem injeksi, lampu MIL akan menyala dan berkedip.

Saat Kalian mengaktifkan kunci kontak pada posisi “On”, lampu MIL akan menyala selama sekitar 0,3 detik dan kemudian mati. Selama lampu MIL menyala, Electronic Control Module (ECM) akan memeriksa adanya kerusakan pada sistem sensor. Jika tidak ada kerusakan yang terdeteksi, lampu MIL akan kembali mati.

Jika Kalian mengamati lampu MIL berkedip dan ada beberapa gejala lain yang telah dijelaskan sebelumnya, ini menunjukkan bahwa fuel pump motor Kalian kemungkinan perlu diganti. Untuk mengganti fuel pump, Kalian perlu melepas beberapa baut dan penutup di dalam tangki bensin.

Kalian dapat melakukan penggantian fuel pump di bengkel langganan atau bahkan mencoba untuk melakukannya sendiri di rumah. Asalkan Kalian memiliki peralatan yang diperlukan, proses penggantian sebenarnya tidak terlalu sulit, terutama karena banyak tutorial yang tersedia di platform seperti YouTube.

Daftar Harga Fuel Pump Scoopy

Hingga saat ini, kami telah mengulas mengenai apa saja yang berkaitan dengan Fuel Pump, termasuk beberapa alasan yang bisa menyebabkan komponen ini rusak. Jika Fuel Pump pada motor Scoopy anda mengalami masalah dan membutuhkan penggantian, langkah pertama yang akan anda lakukan tentu adalah mencari informasi mengenai harga Fuel Pump Scoopy.

Oke, kami sudah menyiapkan informasi harga Fuel Pump khusus untuk jenis motor matic dari Honda, seperti Honda Beat, Honda Vario, dan tentunya Honda Scoopy. Harga untuk komponen ini memang relatif tinggi, yaitu:

Baca Juga :  Penyebab Gas Mobil Kosong : Cara Mudah Mengatasinya

Anda dapat membeli komponen tersebut melalui platform eCommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Alternatif lainnya, anda juga bisa membeli secara langsung di AHASS terdekat, meskipun harganya mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan jika membeli secara online.

Tipe Fuel PumpHarga
Fuel Pump Assy HondaRp. 245.000
Fuel Pump 16700-K16-305Rp. 535.000

Jenis Fuel Pump

Pompa bahan bakar memiliki peran penting dalam menyediakan pasokan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan. Terdapat dua jenis utama dari pompa bahan bakar yang digunakan secara luas dalam kendaraan, yaitu pompa bahan bakar mekanik dan pompa bahan bakar elektrik. Kedua jenis pompa ini memiliki cara kerja yang berbeda, tetapi tujuannya tetap sama, yaitu menyediakan bahan bakar yang tepat ke mesin kendaraan.

1. Pompa Bahan Bakar Mekanik (Mechanical Fuel Pump)

Pompa bahan bakar mekanik beroperasi berdasarkan prinsip mekanik dan hidrolik. Pompa ini menggunakan tenaga mekanik yang dihasilkan oleh pergerakan mesin kendaraan. Sebagian dari tenaga ini diubah menjadi tenaga hidrolik melalui suatu mekanisme di dalam pompa. Tenaga hidrolik ini kemudian digunakan untuk memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar ke ruang bakar mesin.

Pompa bahan bakar mekanik biasanya terletak di dekat mesin kendaraan. Pompa ini dihubungkan dengan mesin melalui sebuah drive belt, yang memungkinkan pergerakan mekanik dari mesin untuk menggerakkan pompa. Ketika mesin berputar, drive belt akan menggerakkan pompa bahan bakar mekanik, yang pada gilirannya akan memompa bahan bakar ke mesin.

2. Pompa Bahan Bakar Elektrik (Electrical Fuel Pump)

Pompa bahan bakar elektrik bekerja dengan menggunakan tenaga listrik dari aki kendaraan. Biasanya, pompa ini terletak di dalam tangki bahan bakar atau di dekatnya. Pompa bahan bakar elektrik terhubung ke aki kendaraan melalui kabel listrik. Ketika pengemudi menyalakan kendaraan, pompa ini menerima tenaga listrik dari aki dan mulai beroperasi.

Pompa bahan bakar elektrik menggunakan motor listrik untuk menciptakan tekanan yang diperlukan agar bahan bakar dapat diambil dari tangki dan disalurkan ke mesin. Pompa ini memiliki sensor-sensor yang memantau tekanan dan aliran bahan bakar untuk memastikan pasokan yang konsisten sesuai dengan kebutuhan mesin.

Dalam kedua jenis pompa, fungsi utama adalah mengirimkan bahan bakar ke mesin dengan tekanan dan aliran yang sesuai. Memahami perbedaan antara pompa bahan bakar mekanik dan elektrik penting untuk pemeliharaan dan perbaikan kendaraan, serta untuk memahami bagaimana kendaraan bekerja secara keseluruhan.

Merawat Fuel Pump Mobil Supaya Awet

Perawatan bagi pompa bahan bakar sangat penting agar terhindar dari kemungkinan kerusakan yang dapat terjadi. Oleh karena itu, lakukanlah pembersihan secara berkala pada tangki bahan bakar untuk menjaga agar fungsi pompa bahan bakar tetap optimal.

Langkah pertama adalah dengan membersihkan bagian pompa bahan bakar setiap enam bulan sekali. Selain itu, bagian filter dan nosel injector pada mobil sebaiknya dibersihkan setiap kali mobil telah menempuh jarak 15.000 km. Untuk melakukan perawatan berkala ini, Anda dapat melakukannya sendiri jika memiliki pemahaman yang cukup dan peralatan yang lengkap.

Namun, jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam hal ini, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dilakukan servis. Apakah pompa bahan bakar yang rusak dapat diperbaiki? Tentu saja, hal ini memungkinkan. Menurut sumber dari Auto2000, pompa bahan bakar yang mengalami kerusakan dapat diperbaiki dengan beberapa langkah, seperti memeriksa relay, kabel penghubung, dan tahanan pada pompa bahan bakar.

Relay pompa bahan bakar adalah komponen yang berfungsi sebagai saklar elektronik untuk mengatur aliran arus listrik ke pompa bahan bakar. Langkah awal dalam memperbaiki pompa bahan bakar dimulai dari tahap ini.

  • Caranya adalah dengan melepas relay dari soketnya dan memeriksa tahanan pada terminal 3 dan 5. Biasanya, tahanan yang normal adalah sekitar 10 kilo Ohm atau lebih. Selanjutnya, periksa tahanan terminal 3 dan 5 dengan memberikan daya pada terminal 1 dan 2. Tahanan yang normal seharusnya kurang dari 1 Ohm.
  • Langkah berikutnya adalah memeriksa kabel penghubung. Pompa bahan bakar memiliki rangkaian kelistrikan dengan diagram kabel tertentu. Langkah ini penting untuk menghindari kemungkinan korsleting listrik. Proses pemeriksaan dilakukan sebagai berikut:
  1. Periksa hubungan antara terminal FC1 dengan relay F/P. Tahanan normalnya kurang dari 1Ω.
  2. Periksa hubungan antara terminal FC1 atau relay F/P dengan massa bodi. Tahanan normalnya sekitar 10 kΩ atau lebih.
  3. Periksa hubungan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar. Tahanan normalnya kurang dari 1 Ω.
  4. Periksa hubungan terminal 3 motor pompa dengan massa bodi. Tahanan normalnya sekitar 10 Ω atau lebih.
  5. Periksa hubungan terminal 4 motor pompa dengan massa bodi. Tahanan normalnya kurang dari 1 Ohm.
  • Langkah terakhir dalam memperbaiki pompa bahan bakar adalah memeriksa tahanan pada pompa tersebut. Tujuannya adalah untuk mengukur kinerja motor pompa.
Baca Juga :  Yuk, Kenali Oli Yang Bagus Untuk Honda Vario 125 Secara Lengkap

Jika tahanan terlalu besar, motor pompa akan berputar dengan lambat dan menyebabkan masalah seperti keterlambatan pasokan bahan bakar dan penurunan tekanan bensin. Pemeriksaan dilakukan dengan melepaskan terminal pompa bahan bakar dan mengukur tahanan pada terminal 3 dan 4.

Tahanan normal seharusnya berkisar antara 0,2-0,3 Ohm pada suhu 20 derajat Celsius. Jika terdapat perbedaan, kemungkinan motor pompa perlu diganti.

Meskipun pompa bahan bakar dapat dirawat dan diperbaiki, fungsi pompa tersebut juga akan terpengaruh seiring berjalannya waktu. Umumnya, umur pakai pompa bahan bakar adalah sekitar lima tahun, terutama untuk kendaraan injeksi. Jika umur pakai sudah habis, maka penggantian pompa bahan bakar menjadi suatu keharusan.

Kesimpulan

Dalam merawat kendaraan, terutama untuk pemilik motor Scoopy, memperhatikan komponen seperti fuel pump sangatlah penting. Banyak pemilik yang seringkali lalai dan baru menyadarinya ketika masalah sudah muncul. Sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius dan mempengaruhi performa kendaraan, alangkah baiknya Anda melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala.

Daftar harga fuel pump Scoopy bisa menjadi referensi awal Anda dalam memilih komponen pengganti yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Tentunya, harga bisa menjadi salah satu faktor penentu, tetapi jangan mengabaikan kualitas dan keaslian produk. Selalu utamakan produk asli untuk memastikan daya tahan dan performa yang optimal dari kendaraan Anda.

Dengan berbagai informasi yang telah disampaikan, kami harap Anda bisa menjadi konsumen yang lebih cerdas dan teliti dalam merawat motor Scoopy kesayangan. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *