Jadwal SIM Keliling Banyumas

Ini Dia Jadwal SIM Keliling Banyumas : Update Setiap Hari

Posted on

Empat Pilar – Ini Dia Jadwal SIM Keliling Banyumas : Update Setiap Hari. Temukan jadwal lengkap Jadwal SIM Keliling Banyumas, layanan seluler yang membawa layanan SIM Kalian ke depan pintu Kalian. Pelajari tentang jadwal, persyaratan, dan manfaatnya. Tingkatkan pengalaman berkendara Kalian hari ini!

Pernahkah Kalian menginginkan kemudahan memperbarui atau mendapatkan SIM Kalian tanpa repot pergi ke kantor? Jangan khawatir! Jadwal SIM Keliling Banyumas menawarkan solusi inovatif untuk kebutuhan SIM Kalian. Dalam artikel ini, kami akan membahas detail layanan yang nyaman ini, merinci manfaat, jadwal, dan persyaratannya, sehingga Kalian dapat meningkatkan pengalaman berkendara tanpa stres.

Pengertian SIM keliling

SIM Keliling adalah inisiatif dari Polri untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam perpanjangan SIM A dan SIM C secara efektif, efisien, dan teratur. Sebagai bagian dari pelayanan Satpas, konsep ini memudahkan pemilik SIM yang ingin memperpanjang masa berlakunya dengan mengunjungi mobil SIM keliling di lokasi tertentu yang telah ditentukan. Meskipun layanan ini khusus untuk perpanjangan SIM, kehadirannya dianggap sangat membantu bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang jauh dari kantor SATPAS atau POLRES.

Jadwal SIM Keliling Banyumas

Dengan semakin banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap perpanjangan atau pembuatan SIM, Polres Banyumas di Jawa Tengah kini telah kembali membuka layanan SIM Keliling. Sebelumnya, layanan ini sempat terhenti seiring dengan penerapan PPKM. Meski demikian, layanan kini kembali beroperasi dengan beberapa pembatasan.

1. Pembatasan Layanan

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh masyarakat, terdapat pembatasan dalam pelayanan. Hanya akan diterima sekitar 50 hingga 60 pemohon SIM setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan dengan baik selama proses pelayanan.

2. Layanan Online vs Offline

Sejatinya, pelayanan pembuatan atau perpanjangan SIM sudah bisa dilakukan secara online. Namun, masih banyak warga yang lebih memilih untuk datang langsung atau secara offline. Bagi Anda yang berada di Banyumas dan ingin melakukan layanan ini secara offline, berikut informasi jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling:

  • Senin: Kecamatan Ajibarang
  • Selasa: Kecamatan Sokaraja
  • Rabu: Kecamatan Patikraja
  • Kamis: Kecamatan Cilongok
  • Jumat: Kecamatan Banyumas
  • Sabtu: Kecamatan Sumpiuh
  • Minggu: Libur

Bagi warga yang ingin memanfaatkan layanan ini, disarankan untuk datang lebih awal mengingat kuota terbatas setiap harinya. Pastikan juga untuk mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan agar proses pelayanan berjalan lancar. Jangan lupa mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama di lokasi.

Ketentuan Khusus SIM Keliling dari POLRI

Pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh kepolisian untuk mempermudah masyarakat. Namun, ada beberapa ketentuan khusus yang perlu diperhatikan sebelum Kalian memanfaatkan layanan tersebut:

1. Jenis SIM yang Bisa Diperpanjang

Hanya SIM C (untuk pengemudi sepeda motor) dan SIM A (untuk pengemudi mobil pribadi) yang dapat diperpanjang melalui layanan keliling.
Untuk jenis SIM lainnya, Kalian harus mengunjungi kantor SATPAS atau POLRES terdekat.

2. Masa Berlaku SIM

Pastikan SIM yang ingin diperpanjang masih dalam masa berlaku atau tidak melewati tanggal kedaluwarsanya.

3. Dokumen yang Diperlukan

Kalian harus membawa KTP atau Surat Keterangan Pengganti E-KTP asli beserta fotokopinya.

4. Waktu Perpanjangan

Perpanjangan dapat dilakukan mulai 14 hari sebelum SIM habis masa berlakunya.

5. Protokol Kesehatan

Selama pandemi, setiap peserta wajib menggunakan masker dan membawa hand sanitizer sebagai langkah pencegahan.

6. Ketentuan Kedaluwarsa

Jika SIM telah melebihi masa berlakunya, Kalian perlu mengunjungi kantor SATPAS atau POLRES dengan menunjukkan E-KTP dan mengajukan permohonan untuk mendapatkan SIM baru.

7. Jam Operasional

Layanan SIM keliling umumnya dimulai pukul 8 pagi dan berlangsung hingga seluruh peserta selesai dilayani. Namun, pendaftaran ditutup pada pukul 3 sore.

Baca Juga :  Ketahui, Ciri-Ciri Knalpot Tsukigi yang Asli dan Harganya

8. Keterangan Kesehatan

Kalian diharuskan membawa surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk oleh pihak kepolisian. Surat keterangan tersebut harus menyatakan bahwa Kalian sehat jasmani, tidak buta warna, tidak memiliki cacat fisik, tidak tuli, dan memiliki kemampuan penglihatan yang baik.

Sebelum memanfaatkan layanan ini, pastikan Kalian telah mempersiapkan semua kebutuhan dan memahami ketentuan-ketentuan di atas agar proses perpanjangan SIM berjalan lancar.

Syarat Perpanjangan SIM

Proses perpanjangan SIM memiliki keunggulan yang menarik dibandingkan dengan pembuatan SIM baru. Hanya dalam waktu 10 menit, kamu dapat menyelesaikan prosedur ini dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan selama 10 menit tersebut, serta syarat-syarat yang harus disiapkan sebelumnya:

  1. Persiapan Dokumen Diri: Pertama-tama, pastikan kamu membawa dokumen-dokumen diri yang diperlukan. Hal ini termasuk fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) beserta KTP aslinya, yang merupakan identitas utama kamu.
  2. Pas Foto: Kedua, pastikan kamu memiliki pas foto dengan ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar. Pas foto ini diperlukan untuk mengidentifikasi dirimu di dalam SIM baru yang akan diperpanjang.
  3. Kartu Keterangan Sehat: Syarat selanjutnya adalah membawa kartu keterangan sehat dari dokter, puskesmas, atau rumah sakit setempat. Ini menunjukkan bahwa kamu dalam kondisi kesehatan yang baik untuk mengemudi dan memiliki kemampuan fisik yang memadai.
  4. Pembayaran PNBP: Langkah terakhir adalah membayar PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sesuai dengan peraturan pemerintah No. 60 tahun 2016. Pembayaran ini merupakan kewajiban sesuai dengan peraturan yang berlaku dan berfungsi sebagai biaya administrasi untuk perpanjangan SIM.

Ketika semua persyaratan ini telah dipenuhi, kamu dapat mengunjungi kantor pelayanan SIM yang terdekat. Dalam waktu yang sangat singkat, sekitar 10 menit, petugas akan memeriksa dokumen-dokumen yang kamu bawa dan melakukan proses perpanjangan SIM. Kemudian, kamu akan menerima SIM yang diperpanjang dan siap digunakan kembali.

Cara Perpanjangan SIM

Bagi mereka yang belum begitu akrab dengan teknologi, memilih perpanjangan SIM secara offline tetaplah sebagai pilihan yang relevan. Bagi yang belum terbiasa dengan langkah-langkahnya, mari kita simak penjelasan berikut ini:

  • Persiapkan Dokumen dan Syarat
    Tahapan awal dalam perpanjangan SIM offline adalah menyiapkan semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Ini termasuk melakukan pembayaran biaya administrasi, membawa surat keterangan sehat dari puskesmas atau dokter, memastikan masa berlaku SIM asli, serta menyiapkan salinan fotokopi dan KTP asli.
  • Registrasi di Loket Formulir
    Datanglah ke loket formulir di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) untuk melakukan proses pendaftaran. Di sini, petugas akan membantu mengurus proses awal perpanjangan SIM.
  • Pemeriksaan Kesehatan
    Langkah berikutnya adalah mendatangi loket kesehatan. Di sini, akan dilakukan pengecekan tekanan darah dan kemampuan warna penglihatan, untuk memastikan kamu dalam kondisi kesehatan yang memadai untuk mengemudi.
  • Penyerahan Dokumen
    Setelah pemeriksaan kesehatan selesai, kamu perlu menyerahkan dokumen-dokumen seperti fotokopi KTP, surat keterangan sehat, dan SIM yang akan diperpanjang. Proses ini biasanya dilakukan di ruang informasi dan pendaftaran SIM.
  • Pengisian Formulir dan Identifikasi
    Kamu akan menerima kartu asuransi dan formulir berwarna biru yang akan dimasukkan ke dalam map berwarna putih. Setelah itu, kamu perlu mengisi formulir tersebut dan menunggu panggilan dari petugas untuk melakukan sidik jari, tanda tangan, serta pemotretan di ruang rekam.
  • Selesainya Proses
    Setelah menunggu proses ini selesai, kamu hanya perlu menunggu sebentar lagi. Setelah semuanya selesai, kamu dapat mengambil kembali SIM yang sudah diperpanjang.

Dengan metode ini, kamu bisa melakukan perpanjangan SIM secara konvensional tanpa melibatkan teknologi. Lakukan semua langkah di atas dengan seksama, dan kamu akan segera mendapatkan SIM baru yang telah diperpanjang.

Penutup

Dalam era digital saat ini, kemudahan akses informasi menjadi hal yang sangat penting, termasuk dalam hal perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Bagi masyarakat Banyumas, tak perlu khawatir lagi karena layanan SIM keliling hadir untuk memudahkan proses tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Bearing : Fungsi dan Macam-Macam Bearing

Tetap pantau jadwal SIM keliling Banyumas, agar Kalian tidak ketinggalan kesempatan untuk memperbaharui SIM dengan proses yang cepat dan praktis. Selalu utamakan keselamatan berkendara dan pastikan SIM Kalian selalu aktif. Terima kasih telah membaca artikel dari empatpilar.com ini, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *