Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung : Pengertian & Fungsi

Posted on

Empat Pilar – Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung : Pengertian & Fungsi. Apakah Kalian ingin mengalami suara yang lebih baik ketika menonton TV? Menghubungkan TV Kalian ke sistem audio eksternal adalah cara terbaik untuk mencapai hal tersebut.

Salah satu cara untuk menghubungkan TV Kalian ke sistem audio eksternal adalah dengan menggunakan Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung dan cara menghubungkannya ke TV Samsung Kalian. Mari kita mulai!

Apa itu Port Optical Audio?

Port Optical Audio merupakan salah satu port yang berfungsi sebagai penerima sinyal suara, selain port HDMI.

Perbedaannya, port Optical Audio hanya mampu mengirimkan sinyal suara, sedangkan port HDMI mampu mengirimkan sinyal suara dan video sekaligus.

Kabel Optical Audio menggunakan kabel serat optik dan menggunakan sinar laser sebagai media pengiriman sinyal suara.

Pada gambar di bawah ini, terdapat contoh kabel Optical Audio dengan bentuk kepala yang menyerupai ujung pistol untuk menembakkan sinar laser.

Teknologi ini telah dikenalkan sejak tahun 1983 oleh Toshiba dan awalnya dibuat untuk digunakan pada Compact-Disk mereka.

Kebanyakan orang mengenal port ini dengan sebutan Toshiba-link atau kabel TOSLINK. Meskipun kini jarang digunakan karena kehadiran port HDMI yang dapat mengirimkan sinyal suara dan video sekaligus serta mendukung format audio beresolusi tinggi seperti Dolby TrueHD, namun port Optical Audio masih memiliki banyak kegunaan yang dapat dimanfaatkan di waktu yang tepat.

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung Terbaik

Kabel Optical Digital Audio Out TV Samsung, TOSLINK adalah sistem konektor serat optik stKalianr yang sering disebut sebagai audio optik.

Kabel Optical Digital Audio ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki ketebalan yang lebih besar dari kabel biasa dengan panjang 1,5 meter yang dapat digunakan untuk TV LED, komputer, dan konsol video game modern seperti PS3 Sony, Home Theater Media player HD, DVD HD player, MiniDisc, CD player, DAT recorders, AV receiver, XBOX, serta speaker home theaters (DTS).

Kabel ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan LED TV dengan line out audio yang berlubang audio digital ke home theaters atau speaker lubang line input digital audio.

Kabel Optical Audio out TV Samsung terbaik memiliki kualitas yang sangat baik dan menyajikan suara yang bersih meskipun pada tingkat volume yang tinggi.

Kabel optical audio out Samsung terbaik ini dilengkapi dengan 11 mm low loss core, konektor metal, dan low jitter synthetic, sehingga dapat memberikan output suara yang berkualitas tinggi dengan getaran yang dapat diredam oleh konektor metal.

Kabel Optical Audio out terbaik Samsung ini mampu mentransfer sinyal dengan menggunakan cahaya sehingga tidak akan terjadi gangguan ground loop, RFI, atau EMI.

Kabel ini dilapisi dengan PVC seberat 5,5 mm untuk mencegah kerusakan kabel selama bertahun-tahun, dan konektornya dilapisi dengan emas ferrule untuk mencegah korosi dan memberikan perlindungan yang maksimal.

Kegunaan Port Optical Audio

Mungkin beberapa dari kalian beranggapan bahwa dengan adanya HDMI, port Optical Audio tidak lagi berguna dan jadi ribet untuk digunakan.

Namun, sebenarnya port Optical Audio masih dapat digunakan dengan optimal di era sekarang ini. Berikut ini adalah tiga kegunaan dari port Optical Audio yang bisa kita rangkum:

1. Bisa digunakan untuk pemutar musik klasik

Jika kalian memiliki pemutar musik klasik dengan kualitas yang bagus, namun tidak memiliki port HDMI, kalian masih bisa menggunakan port Optical Audio untuk mendapatkan kualitas suara yang sama baiknya dengan menggunakan port HDMI.

Baca Juga :  5 Penyebab Mata Solder Tidak Panas dan Solusi Perbaikannnya

2. Dapat digunakan tanpa layar

Berbeda dengan kabel HDMI yang membutuhkan layar untuk dapat memutar suara, port Optical tidak memerlukan layar untuk dapat digunakan.

Sebagai contoh, jika kalian ingin menggunakan Blu-ray player sebagai CD player namun tidak ingin menyalakan TV atau layar untuk mendengarkan CD, maka port Optical Audio bisa digunakan untuk langsung mendengarkan musik melalui speaker atau receiver tanpa perlu menyalakan TV atau layar.

3. Tidak ada bunyi “menggumam” pada speaker

Pasti kalian pernah mendengar suara gumam dari speaker yang disebabkan oleh kabel-kabel yang berantakan dan tidak teratur.

Kabel yang bertumpuk-tumpuk akan mengganggu aliran listrik di dalamnya dan dapat merusak speaker jika terus menerus terjadi.

Meskipun terdengar sepele, suara gumam ini bisa menjadi masalah serius. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan merapikan kabel-kabel yang berantakan, tetapi hal ini bisa memakan waktu dan tidak selalu efektif.

Salah satu solusi mudah yang bisa kalian coba adalah menggunakan kabel TOSLINK. Kabel ini menggunakan serat optik murni berbahan plastik dan kaca sehingga tidak akan ada gangguan listrik yang dapat menyebabkan gumam pada speaker.

Cara Menyambungkan Audio Eksternal Dengan Kabel Optical

Terdapat beberapa cara untuk menghubungkan audio eksternal ke TV Kalian. Namun, salah satu pilihan populer adalah dengan menggunakan kabel optik yang dapat menghasilkan audio berkualitas tinggi.

Jika Kalian tertarik untuk menggunakan cara ini dalam menyiapkan sistem audio, artikel tentang cara menghubungkan kabel optik tersedia di bawah ini.

Salah satu keunggulan kabel optik adalah kehilangan transmisi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kabel logam.

Sehingga, kabel optik sangat cocok digunakan untuk transmisi jarak jauh dan dapat dijadikan sebagai solusi semi-permanen.

Namun perlu dicatat, metode yang diberikan dalam artikel ini adalah yang paling umum. Untuk informasi lebih detail tentang koneksi dan pengaturan sistem lain yang mungkin berbeda untuk model tertentu, Kalian dapat membaca petunjuk pengoperasian yang disertakan bersama produk Kalian.

Sambungkan dengan kabel optik

1. Masukan kabel audio optik ke port DIGITAL AUDIO OUT pada TV.

2. Masukan ujung yang lainnya dari kabel optik digital ke port DIGITAL AUDIO IN pada speaker eksternal.

3. Tekan tombol Home (BerKalian) pada remote control dan pilih Pengaturan.

4. Buka dan pilih Output Suara di menu Suara.

5. Pilih Audio Out/Optik.

Perbedaan dengan HDMI

Baik kabel optik maupun HDMI adalah metode koneksi yang memberikan suara yang bagus untuk Kalian. Akan tetapi, Kalian mungkin penasaran tentang perbedaan di antara keduanya.

Pertama dan paling penting, tidak ada perbedaan suara. Tipe mana pun yang Kalian pilih akan mengirimkan suara yang sama.

Keduanya dapat mengirimkan audio multi-saluran yang lebih baik daripada analog.

Perbedaan utama antara kabel optik dan HDMI adalah jumlah format audio yang didukung. Kabel optik mendukung 5.1 Dolby Digital dan DTS audio.

HDMI tidak hanya mendukung 5.1 Dolby Digital dan DTS audio, tapi juga Dolby Digital Plus, Dolby True HD, DTS-HD Master Audio, Dolby Atmos, dan DTS:X.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari empatpilar.com mengenai kabel optical digital audio out TV Samsung beserta pengertiannya dan fungsinya.

Dengan menggunakan kabel ini, Anda dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih baik saat menonton TV dengan sistem audio yang lebih canggih.

Kabel ini juga mudah digunakan dan cukup terjangkau dibandingkan dengan alternatif lainnya.

Pastikan untuk memilih kabel yang kompatibel dengan TV Samsung Anda dan perangkat audio yang Anda gunakan.

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan keamanan dan kebersihan kabel agar dapat menjaga kualitas suara yang dihasilkan.

Baca Juga :  Arti Warna Kabel Kipas Angin Miyako, Lengkap dengan Fungsinya

Dengan menggunakan kabel optical digital audio out TV Samsung yang tepat, Anda dapat menikmati pengalaman menonton TV yang lebih memuaskan dengan kualitas suara yang lebih baik. Kata Pencarian TerpopulerFungsi output tv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *