Sejarah Internet

Sejarah Internet dan Manfaatnya Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Sejarah Internet, Kehidupan manusia saat ini tidak dapat terpisahkan dari jaringan internet. Internet itu sendiri adalah sistem jaringan elektronik yang menghubungkan perangkat satu dengan yang lain dan terorganisir melalui telepon atau satelit. Dengan adanya jaringan ini, seseorang dapat mencari berbagai informasi yang diinginkan seperti berita terbaru hingga mengakses layanan streaming.

Menurut CNBC Indonesia, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 76,8% atau sebanyak 202,35 juta orang. Angka ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin gencar menggunakan internet dalam berbagai aspek kehidupan.

Pengertian Internet Secara Lengkap

Internet mungkin sudah dikenal sebagai satu kata, tetapi sebenarnya internet adalah singkatan dari interconnection-networking. Jika diterjemahkan, interconnection-networking adalah jaringan yang menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan melalui sambungan media komunikasi, seperti telepon, satelit, atau lainnya.

1. Menurut Wikipedia, internet didefinisikan sebagai keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol (TCP). Ada juga yang mengartikan internet dari bahasa Latin “Inter” yang berarti “di antara”.

2. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), internet dapat didefinisikan sebagai jaringan komunikasi elektronik yang memiliki peran untuk menghubungkan seluruh jaringan komputer secara terorganisir di seluruh dunia melalui sambungan telepon atau satelit.

3. Dari berbagai pengertian internet di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa internet adalah jaringan komunikasi yang berfifat global, terbuka dan menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia melalui berbagai jenis dan tipe komunikasi seperti satelit, telepon atau lainnya.

Nah untuk dapat terhubung ke internet, komputer atau perangkat harus melakukan penyatuan terlebih dahulu melalui sambungan TCP ataupun IP. Tpc ini memiliki peranan untuk memastikan bahwa semua koneksi yang berada dalam jaringan internet berjalan dengan baik. Sedangkan IP, memiliki fungsi untuk menjalankan transmisi paket data

Sejarah Internet Masuk ke Indonesia

Setelah muncul InterNIC, internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994. Saat itu, internet di Indonesia dikenal dengan sebutan Paguyuban Network. Beberapa tokoh yang tercatat dalam sejarah awal internet di Indonesia antara tahun 1992-1994 adalah RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto, dan Onno Purbo.

Saat ini, internet telah berkembang dengan sangat pesat. Banyak negara saling berlomba untuk meningkatkan jangkauan internet melalui satelit. Sementara itu, industri teknologi juga terus berusaha mengembangkan jaringan internet, mulai dari 2G, 3G, 4G, hingga saat ini sudah sampai pada jaringan 5G.

Manfaat Internet

Setelah memahami apa itu internet dan sejarahnya, mari mengenal apa manfaat internet. Jangan sampai Anda menggunakan internet untuk aktivitas harian, tapi masih bingung apa manfaatnya. Berikut manfaat internet yang mungkin belum Anda sadari.

1. Sumber Informasi

Internet menyediakan banyak informasi dari seluruh dunia karena kemampuannya dalam menghubungkan banyak perangkat di seluruh dunia untuk mendukung pertukaran data dan informasi.

Oleh karena itu, Anda dapat memperoleh berbagai informasi hanya dengan menggunakan internet. Cara untuk menemukan informasi di internet adalah dengan mengetik kata kunci pada mesin pencari, kemudian akan muncul pilihan informasi yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Baca Juga :  Kloset Duduk VS Kloset Jongkok Mana Yang Terbaik? Simak Ulasannya

2. Pendidikan

Selain sebagai sumber informasi, internet juga sangat berguna dalam bidang pendidikan dan budaya. Anda dapat belajar dengan mudah dengan menggunakan bantuan internet. Banyak penelitian, buku, atau sumber belajar lainnya yang dapat diakses melalui internet, sehingga Anda dapat mengunduh dan menggunakannya sebagai referensi pendidikan.

Selain itu, internet juga merupakan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, sehingga Anda dapat belajar mengenai nilai-nilai budaya dari berbagai daerah dan negara melalui internet.

3. Hiburan

Internet tidak hanya digunakan untuk kegiatan penting saja, tapi juga banyak digunakan sebagai sarana hiburan. Saat ini, banyak pilihan hiburan yang dapat diakses melalui internet, seperti menonton film dan serial, video di YouTube, konten-konten di media sosial, atau bermain game online.

Internet bahkan telah menggantikan peran dari media hiburan lain seperti TV dan radio. Beberapa orang lebih memilih mencari hiburan melalui internet dibandingkan harus bertemu langsung dengan orang lain.

4. Pendukung Kegiatan Ekonomi

Manfaat lain dari internet adalah dapat mendukung kegiatan ekonomi. Kecanggihan teknologi memungkinkan aktivitas ekonomi dilakukan secara online, melalui marketplace, e-commerce, atau toko online.

Ini membuat Anda tidak perlu repot untuk bertransaksi secara langsung saat melakukan jual beli barang. Cukup dengan menggunakan internet, transaksi dapat selesai tanpa harus beranjak dari tempat duduk atau bahkan dari tempat tidur.

Dampak Internet Bagi Kehidupan Sehari-hari

Menurut data dari internetworldstats, pada tahun 2021 Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak ketiga di Asia. Peringkat ini menunjukkan bahwa internet sudah menjadi bagian penting dari masyarakat Indonesia.

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penyedia layanan internet seperti IndiHome yang hadir untuk memenuhi kebutuhan digital masyarakat di Indonesia, baik untuk bekerja, belajar, maupun menikmati berbagai konten hiburan di seluruh dunia.

Kehadiran internet memang memberikan dampak yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan. Dampak tersebut di antaranya:

  1. Memudahkan dalam berkomunikasi dan mencari informasi
  2. Menghilangkan batasan waktu dan jarak dalam melakukan transaksi bisnis
  3. Memungkinkan pekerja untuk bekerja secara jarak jauh
  4. Memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan umum termasuk layanan pemerintah
  5. Menyediakan berbagai konten hiburan yang dapat diakses melalui berbagai platform digital
  6. Menyediakan kesempatan untuk mengenal budaya baru tanpa harus bepergian jauh
  7. Mendapatkan informasi terkini secara real time
  8. Memberikan kesempatan untuk menghasilkan karya, seperti tulisan, foto, video, dll

 

Demikian ulasan dari kami mengenai Sejarah Internet dan Manfaat Secara Lengkap, semoga bisa menambah wawasan kalian dan tetap berhati-hati karena saat ini internet benar-benar menjadi sumber utama informasi baik yang buruk atau yang bermanfaat. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *