Cara Mengetahui Alamat IP Website

Cara Mengetahui Alamat IP Website dengan Mudah & Cepat

Posted on

Empat Pilar – Cara Mengetahui Alamat IP Website dengan Mudah & Cepat. Ingin tahu cara mengetahui alamat IP website dengan mudah? Ikuti panduan lengkap ini untuk memahami berbagai metode dalam melacak alamat IP suatu website.

Apakah Kalian pernah penasaran bagaimana cara mengetahui alamat IP website dengan mudah? Kalian tidak sendirian! Baik Kalian seorang pengembang web, blogger, atau hanya seseorang yang tertarik untuk menggali lebih dalam tentang dunia maya, mengetahui alamat IP suatu website bisa sangat berguna.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara mudah untuk melacak alamat IP website dan menjawab beberapa pertanyaan umum seputar topik ini. Jadi, ayo kita mulai!

Apa Itu IP Address ?

Alamat IP adalah serangkaian angka yang mewakili identitas perangkat saat terhubung ke internet atau jaringan infrastruktur lainnya.

Seperti nomor pada alamat rumah, alamat IP berfungsi untuk memastikan bahwa data dikirimkan ke perangkat yang benar. Rentang angka untuk alamat IP berkisar dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Pengertian Alamat IP

IP merupakan singkatan dari Protokol Internet atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Protokol Jaringan Internet.

Alamat IP atau Internet Protocol Address adalah alamat protokol internet yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan lokal.

Setelah memahami arti dari alamat IP, selanjutnya kami akan menjelaskan fungsi dan cara kerja alamat IP.

Fungsi IP Address

Ketika mengunjungi sebuah situs web, perangkat yang digunakan perlu menemukan lokasi data situs web tersebut untuk kemudian mengambil dan menampilkan data tersebut pada perangkat Kalian.

Kalian mungkin pernah memberikan alamat lengkap rumah Kalian dengan nomornya untuk menerima paket dari e-commerce. Fungsi alamat IP kurang lebih seperti itu.

Dalam analogi sederhana, alamat IP adalah nomor rumah yang berfungsi untuk memastikan bahwa data atau paket dikirim ke perangkat yang tepat, seperti mengirimkan paket ke alamat rumah yang benar.

Dengan kata lain, fungsi alamat IP adalah sebagai media komunikasi bagi perangkat agar permintaannya dapat diarahkan ke tujuan yang tepat melalui jaringan.

Cara Kerja IP Address

Berikut adalah cara kerja alamat IP:

  • Pertama, komputer terhubung ke router jaringan yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP).
  • Kemudian, router akan berkomunikasi dengan server tempat situs web disimpan untuk mengakses file yang perlu dikirimkan kembali ke komputer Kalian.
  • Komputer, router, dan server memiliki alamat IP tertentu yang dapat dikenali satu sama lain.

Oleh karena itu, dengan alamat inilah masing-masing perangkat dapat berkomunikasi, mengambil data, dan mengirimkannya.

Cara Mengetahui Alamat IP Website

Alamat IP adalah tKalian pengenal yang unik bagi setiap komputer dan perangkat yang terhubung dalam jaringan komputer.

Alamat IP terdiri dari dua bagian utama, yaitu Net Id dan Host Id. Kata “unik” di sini berarti setiap komputer atau perangkat terhubung harus memiliki alamat yang berbeda di dalam satu jaringan komputer.

Kalian dapat membaca artikel “Cara Mengetahui Alamat IP Website” untuk informasi lebih lanjut.

Salah satu fungsi utama dari alamat IP adalah memungkinkan Kalian untuk mengetahui atau melihat lokasi jaringan tertentu, dan dapat digunakan untuk mengetahui apakah koneksi internet Kalian stabil atau tidak.

Pada dasarnya, IP adalah jaringan komputer yang menghubungkan berbagai komputer untuk saling berkomunikasi di seluruh dunia.

Berikut Cara Mengetahui Alamat IP Website secara lengkap dan mudah :

1. Cek IP Internet

Untuk mengecek alamat IP akses internet Kalian, Kalian dapat mengunjungi situs web berikut:

  • ipku.in : Ketika Kalian mengakses situs web tersebut, alamat IP akses Kalian akan langsung muncul seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Selain itu, Kalian juga dapat menggunakan fitur Salin untuk menyalin alamat IP yang muncul, dan fitur Cek Informasi untuk memeriksa detail IP tersebut.
Baca Juga :  Perbedaan Username dan Password, Yang Perlu Kalian Ketahui

Selain itu, terdapat fitur lain yang memungkinkan Kalian untuk memeriksa detail domain atau alamat IP dari suatu alamat dengan mengklik tautan Cek IP/Domain Lainnya.

2. Cek IP Website Menggunakan CMD (Windows OS)

Pada tutorial ini, Kalian akan memerlukan CMD (Command Prompt) untuk menjalankan perintah pada sistem Windows.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka CMD dengan cara klik pada menu Start lalu cari CMD.
  • Klik pada aplikasi CMD tersebut. Atau Kalian juga dapat membukanya dengan cara lain, yaitu dengan menekan tombol Windows+r lalu ketik “cmd” dan tekan enter.
  • Ketikkan perintah “ping contohdomain.com” kemudian tekan enter. Untuk alamat “contohdomain.com” dapat diganti dengan domain yang ingin Kalian cek.

  • Setelah menekan enter, maka akan muncul hasilnya (alamat IP tertera di lingkaran merah pada hasil output).

Dengan cara ini, Kalian dapat dengan mudah mengecek alamat IP dari suatu domain menggunakan CMD.

3. Cek IP Website dengan Tool Web

Jika Kalian tidak memiliki PC berbasis Windows, Kalian tetap dapat mengetahui alamat IP dari sebuah domain tanpa perlu khawatir.

Kalian dapat memanfaatkan fitur yang disediakan oleh beberapa situs web untuk melakukan pengecekan informasi website.

Caranya adalah dengan memasukkan alamat website yang ingin Kalian cek, lalu klik tombol “Cek” atau “Analisis”. Berikut adalah dua situs web yang sering digunakan orang untuk melakukan pengecekan ini:

Dengan menggunakan situs web tersebut, Kalian dapat dengan mudah mengetahui alamat IP dari suatu domain tanpa perlu memiliki PC berbasis Windows.

Jenis IP Address

Setelah memahami Cara Mengetahui Alamat IP Website, selanjutnya terdapat beberapa kategori untuk jenis-jenis alamat IP, yang dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa aspek seperti cakupannya, cara memperolehnya, dan dari web hosting yang digunakan.

Salah satu pengelompokan berdasarkan cakupannya adalah dengan membagi alamat IP menjadi dua jenis, yaitu IP Publik dan IP Privat.

Cakupan yang dimaksud di sini adalah seberapa luas penggunaan alamat IP tersebut dalam sebuah jaringan. Berikut ini penjelasan tentang kedua jenis alamat IP tersebut :

1. IP Publik

IP Publik adalah jenis alamat IP yang menghubungkan pengguna ke jaringan internet secara global.

Alamat IP ini memiliki cakupan yang sangat luas dan digunakan oleh segala jenis perangkat yang digunakan untuk umum.

Dalam hal ini, pengguna IP Publik dapat mengakses internet karena jenis alamat IP ini yang menghubungkan perangkat ke jaringan internet.

Pengguna internet memperoleh alamat IP Publik melalui provider internet atau ISP (Internet Service Provider) yang mereka gunakan.

2. IP Privat

Berbeda dengan IP Publik, IP Privat digunakan hanya untuk jaringan lokal. Alamat IP ini umumnya digunakan untuk sistem jaringan lokal (LAN) seperti yang digunakan di perkantoran, hotel, dan sebagainya.

Setiap perangkat pada jaringan lokal memiliki alamat IP Privat masing-masing. Alamat IP Privat ini memungkinkan setiap perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain dalam lingkup lokal.

3. IP Dinamis

Seperti namanya, IP Dinamis merupakan jenis alamat IP yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Hal ini terjadi karena jumlah alamat IP yang semakin menipis, sehingga penggunaannya pun harus bergantian. Jenis alamat IP Dinamis biasanya digunakan untuk penggunaan umum.

Penyedia layanan internet (ISP) bertanggung jawab untuk mengatur alokasi pemberian alamat IP ke pelanggannya.

Oleh karena itu, alamat IP pengguna dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, melakukan restart pada perangkat atau router internet juga dapat menyebabkan terjadinya perubahan alamat IP.

4. IP Statis

Berbeda dengan IP Dinamis, IP Statis tidak akan berubah-ubah. Pengguna alamat IP ini melakukan pemesanan khusus terhadap alamat IP kepada ISP dengan membayar sejumlah biaya.

Umumnya, IP Statis digunakan oleh penyedia server, web hosting, ataupun lembaga penting yang sangat bergantung pada layanannya.

ISP akan memberikan alamat IP Statis kepada pelanggan yang melakukan reservasi dan memastikan alamat IP tidak akan berubah.

5. Shared IP

Shared IP merupakan jenis alamat IP yang digunakan oleh beberapa domain/situs dalam satu server yang sama. Jenis alamat IP ini biasanya digunakan pada layanan shared hosting.

Baca Juga :  Kelebihan Dan Kekurangan Iconnet PLN, Harga Paket Terbarunya

6. Dedicated IP

Berbeda dengan Shared IP, Dedicated IP hanya digunakan oleh satu domain. Jenis alamat IP ini hanya dimiliki oleh satu domain/situs saja.

Dengan menggunakan Dedicated IP, reputasi domain pengguna tidak akan terpengaruh oleh domain lainnya.

Dedicated IP umumnya digunakan oleh pengguna cloud VPS hosting dan pengguna dedicated hosting.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari empatpilar.com mengenai cara mengetahui alamat IP website dengan mudah dan cepat.

Dengan memahami langkah-langkah yang telah dijelaskan, kini Kalian tidak perlu khawatir lagi saat ingin melacak alamat IP sebuah website.

Pemahaman ini sangat berguna, baik untuk keperluan pribadi, bisnis, maupun keamanan dalam menjelajahi dunia maya.

Semoga informasi mengenai Cara Mengetahui Alamat IP Website, yang disampaikan bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kalian seputar teknologi. Selamat mencoba dan sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *