Kerusakan TV Akari

Tabel Kerusakan TV Akari Terlengkap : Penyebab dan Solusinya

Posted on

Empat Pilar – Tabel Kerusakan TV Akari Terlengkap : Penyebab dan Solusinya. Semakin hari, teknologi semakin berkembang. Salah satu alat teknologi yang paling sering kita gunakan adalah televisi.

Akari, salah satu produsen televisi terkemuka, memiliki reputasi yang baik dalam hal kualitas dan durabilitas. Namun, seperti perangkat teknologi lainnya, TV Akari bisa saja mengalami kerusakan. Artikel ini akan membahas Macam-Macam Kerusakan TV Akari dan solusi untuk memperbaikinya.

Temukan berbagai Macam-Macam Kerusakan TV Akari dan solusi penyelesaiannya dalam artikel ini yang dibuat oleh pakar berpengalaman di bidang ini.

Mengenal Akari

Akari merupakan merek produk domestik Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992. Perusahaan ini terintegrasi dengan PT. Panggung Electric yang menghasilkan produk-produk elektronik dengan kualitas prima.

Merek Akari telah menjadi pilihan utama bagi konsumen Indonesia selama beberapa dekade. Ragam produk yang disediakan mencakup TV berwarna, TV LED, mesin cuci, AC, speaker aktif, dan beragam produk elektronik lainnya.

Nama “Akari” diambil dari bahasa Jepang yang memiliki arti “cahaya”. Merek ini bertujuan untuk “menyinari” industri elektronik di Indonesia dengan menawarkan produk-produk elektronik bermutu tinggi yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Salah satu produk andalan dari Akari adalah TV LED-nya.

Kerusakan TV Akari Secara Umum

Berikut ini adalah penjelasan lebih detail terkait beberapa Kerusakan TV Akari secara umum:

1. Gambar gelap suara normal

Kasus ini menjadi salah satu kerusakan yang paling sering dialami oleh pemilik TV Akari, khususnya tipe LED. Penyebab utama dari masalah ini adalah kerusakan pada salah satu lampu backlight.

Pada TV LED Akari, lampu-lampu ini dirangkai secara seri. Itu berarti, jika salah satu lampu mengalami masalah atau mati, maka semua lampu lainnya juga akan langsung mati dan tidak berfungsi.

Ini mengakibatkan gambar pada layar menjadi gelap, sementara suara masih bisa terdengar dengan normal. Untuk memperbaikinya, lampu yang rusak tersebut perlu diganti.

2. Masalah pada bagian regulator

Dari sepuluh daftar kerusakan yang umum terjadi pada TV Akari, sebagian besar disebabkan oleh masalah pada bagian regulator.

Bagian ini sangat penting karena berfungsi untuk mengatur tegangan yang masuk ke berbagai komponen dalam televisi.

Jika regulator ini bermasalah, bisa jadi beberapa bagian dari TV tidak mendapatkan suplai listrik yang cukup atau bahkan terlalu banyak, yang keduanya bisa menyebabkan kerusakan. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memeriksa dan memperbaiki atau mengganti regulator tersebut.

3. Horizontal konslet terus

Kerusakan lain yang juga sering terjadi adalah konslet pada bagian horizontal. Ini bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan, salah satunya adalah kerusakan pada flyback.

Flyback berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dibutuhkan oleh tabung sinar katoda (CRT) dalam televisi model lama. Jika flyback rusak, maka biasanya akan terjadi konslet pada bagian horizontal.

Selain itu, masalah juga bisa disebabkan oleh kapasitor di bagian horizontal yang bermasalah. Kapasitor yang rusak bisa mengakibatkan arus listrik tidak bisa mengalir dengan baik, sehingga menyebabkan konslet.

Untuk memperbaiki masalah ini, perlu dilakukan pemeriksaan dan penggantian pada komponen yang bermasalah, baik itu flyback atau kapasitor.

Tabel Kerusakan TV Akari Terlengkap

Pada artikel kali ini, kami sudah merangkum beberapa kerusakan TV Akari tabung ataupun LED lengkap beserta penyebab dan solusinya. Sehingga dapat mempermudah Anda saat analisa dan perbaikan.

1. Akari 14-20 Inch

Model14-20 Inch
Gejala kerusakanTR regulator selalu jebol (D1710)
PenyebabAda resistor yang rusak
SolusiPeriksa atau ganti R810 = 47k. Jika gambar tidak stabil, lakukan pemeriksaan pada C driver Horizontal 10uF/100V
Baca Juga :  4 Kelebihan Dan Kekurangan TV Akari : Ketahui Sebelum Membeli

2. Akari CTV14

ModelCTV14
Gejala kerusakanTidak ada suara, tetapi IC TA 8690AN dan IC Zilog normal
PenyebabAda elco yang bermasalah
SolusiPeriksa atau ganti Q06 = C3289

3. Akari IC-14M88R

ModelIC-14M88R
Gejala kerusakanRegulator tidak berfungsi
PenyebabMasalah pada TR Optocoupler
SolusiPeriksa transistor tegangan Optocoupler

4. Akari IC-1437RMD

ModelIC-1437RMD
Gejala kerusakanRegulator mati (tidak bekerja)
PenyebabMasalah pada dioda dan elco.
SolusiPeriksa C815 (100uf/25v), C820 (1uf/100v) dan dioda zener ZD812 (18v)

5. Akari 20M88R

Model20M88R
Gejala kerusakanRaster tidak stabil
PenyebabMasalah pada dioda.
SolusiPeriksa atau ganti IN4148 (D809) Regulator

6. Akari IC-14M88R (Sakura)

ModelIC-14M88R (Sakura)
Gejala kerusakanRegulator bermasalah atau tidak stabil dan terkadang standby
PenyebabAda dioda yang short
SolusiPeriksa atau ganti Dioda Zener 6v2 di VR B+

7. Akari IC-1439 R2N

ModelIC-1439 R2N
Gejala kerusakanRaster tidak tampil sedangkan Vcc normal
PenyebabAda resistor yang bermasalah
SolusiPeriksa atau ganti R411

8. Akari IC-1439 RMD

ModelIC-1439 RMD
Gejala kerusakanSuara normal, sedangkan B+ drop dan heater tidak ada
PenyebabMasalah pada elco dan resistor
SolusiPeriksa C561 dan R443

9. Akari 20M88R

Model20M88R
Gejala kerusakanRaster tidak stabil, terkadang membesar dan mengecil
PenyebabMasalah pada dioda bagian regulator
SolusiPeriksa atau ganti D809

10. Akari CTI14W9

ModelCT14W9
Gejala kerusakanVertikal tidak terbuka dan AN5534 dingin
Penyebab-
SolusiKemungkinan defleksi vertikal putus

Beberapa Cara Memperbaiki TV Akari Susah Start

Setelah memahami Kerusakan TV Akari, nah selanjutnya adalah penjelasan lebih lanjut mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki TV Akari yang susah start:

1. Mengecek tegangan pada titik kolektor TR

Langkah pertama dalam proses perbaikan ini adalah dengan memeriksa tegangan di titik kolektor transistor horisontal (TR).

Jika ternyata tidak ada tegangan yang terdeteksi, maka dugaan pertama adalah ada kerusakan pada spul transformator driver horizontal.

Perlu diingat bahwa dalam mengganti spul trafo ini, harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika Kalian menggunakan trafo dari mesin bekas dengan tipe yang sama. Hal ini penting untuk memastikan bahwa komponen pengganti sesuai dan tidak akan menimbulkan masalah lain.

2. Memeriksa resistor pembatas dari B+

Sebelum melepas trafo horizontal, Kalian perlu memeriksa resistor pembatas yang berfungsi sebagai penyedia daya B+ pada trafo.

Masalah yang sering terjadi adalah resistor ini memiliki nilai hambatan yang meleleh atau berubah dari nilai aslinya, yang bisa menghambat aliran listrik. Jika ini terjadi, resistor perlu diganti dengan yang baru yang memiliki nilai hambatan yang tepat.

3. Melepas dan memasang kembali trafo

Selanjutnya, Kalian perlu melepas trafo dari bagian primer dan memutuskan sambungannya. Setelah itu, pasang kembali trafo dan coba untuk menyalakan TV.

Jika langkah-langkah sebelumnya telah dilakukan dengan benar dan komponen yang bermasalah telah diperbaiki atau diganti, maka rangkaian horizontal seharusnya sudah berfungsi normal kembali. Hasilnya, TV akan dapat menyala seperti biasanya.

Perlu diingat bahwa proses perbaikan ini harus dilakukan oleh teknisi profesional atau orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memperbaiki elektronik.

Selalu utamakan keselamatan dan jangan lupa untuk mematikan dan mencabut TV dari sumber listrik sebelum melakukan proses perbaikan.

 

Baca juga artikel terkait :

  1. Kode Remot TV Akari Semua Merk : LED dan Tabung Terlengkap
  2. 4 Kelebihan Dan Kekurangan TV Akari : Ketahui Sebelum Membeli
  3. √ Menu Servis TV Akari : Lengkap dan Cara Masuk Service Mode

Penutup

Demikianlah artikel dari empatpilar.com kali ini, yang telah membahas tentang tabel kerusakan TV Akari terlengkap. Kami berharap informasi ini dapat menjadi rujukan yang bermanfaat bagi Kalian yang sedang menghadapi masalah pada TV Akari Kalian.

Ingatlah selalu bahwa pengetahuan yang tepat tentang kerusakan dan cara perbaikannya dapat menghemat waktu, uang, dan tenaga Kalian.

Baca Juga :  Apa Perbedaan AC Inverter, Standard dan Low Watt ? : Terlengkap

Jangan ragu untuk konsultasi dengan teknisi profesional jika Kalian merasa kerusakan di luar kemampuan Kalian. Semoga dengan adanya tabel ini, Kalian dapat lebih memahami dan menangani masalah TV Kalian dengan lebih baik.

Selalu kunjungi situs kami untuk mendapatkan update dan informasi terbaru seputar perangkat elektronik dan kerusakannya.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Kerusakan TV Akari, dan semoga TV Akari Kalian bisa berfungsi kembali dengan sempurna.

Selamat mencoba dan semoga sukses! Kata Pencarian Terpopulerkerusakan tv tabung akari ic 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *