Kerusakan TV LED Toshiba

Jenis Kerusakan TV LED Toshiba : Cara Perbaikannya Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Jenis Kerusakan TV LED Toshiba : Cara Perbaikannya Lengkap. Apakah TV LED Toshiba Anda mengalami kerusakan? Jangan khawatir, Anda tidak perlu segera membawanya ke teknisi atau bahkan membeli TV baru.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai kerusakan yang umum terjadi pada TV LED Toshiba dan memberikan solusi serta tips untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan membaca artikel ini, Anda dapat memperbaiki TV Anda sendiri dan menghemat biaya perbaikan yang mahal.

TV LED Toshiba merupakan salah satu merek televisi yang cukup populer di Indonesia. Namun, seperti produk elektronik lainnya, TV LED Toshiba juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan TV LED Toshiba bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari faktor internal hingga eksternal.

Jika Anda mengalami kerusakan pada TV LED Toshiba Anda, jangan panik. Artikel ini akan memberikan solusi dan cara mudah mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa kerusakan TV LED Toshiba yang sering terjadi dan cara mengatasinya.

Kelebihan dan Kekurangan TV Toshiba

Di tengah banyaknya merek yang beredar di pasaran, mungkin kamu sedang melihat katalog produk TV LED Toshiba. Lantas, membutuhkan informasi akurat terkait spesifiksi, fitur dan harga perangkat tersebut.

Oleh karena itu, kami telah merangkum kelebihan dan kekurangan TV Toshiba secara umum tanpa melihat tipe. Sebagai bahan pertimbangan tersendiri bagi calon pembeli dalam menentukan pilihan produk terbaik.

Kelebihan TV Toshiba

Semenjak format digital mengudara, industri pertelevisian indonesia mengalami pertumbuhan positif. Banyak orang beralih dari model tabung ke perangkat berjenis TV LED terutama merek toshiba yang mempunyai banyak kelebihan.

1. Gambar Natural

Walaupun desain TV LED hampir sama, merek Toshiba menawarkan keunggulan dalam aspek gambar. Dengan teknologi 10-bit Video processing, Toshiba mampu memproduksi 1 miliar warna, menghasilkan detail realistis.

Keunggulan ini 64 kali lebih baik daripada processor konvensional, sehingga tidak mengherankan jika gambar TV LED Toshiba sangat jernih. Ini berarti menonton siaran digital menjadi semakin nyaman ketika produk mendukung warna yang natural.

2. Mirror Display

TV LED Toshiba yang memiliki tuner digital DVB-T2 umumnya telah mendukung fitur Mirror Display. Fitur ini membantu konektivitas yang lebih baik terhadap sambungan eksternal, terutama untuk unit smartphone.

Dengan menggunakan koneksi MHL, kamu dapat berbagi tampilan sehingga konten ponsel kamu muncul pada layar TV LED Toshiba. Selain itu, perangkat seluler kamu secara otomatis akan terisi daya selama tersambung ke televisi.

3. Perekam Siaran

TV Toshiba mempunyai port sambungan yang lengkap seperti USB, HDMI, Antena, AV dan Audio. Ini menambah fungsionalitas produk menjadi semakin fleksibel mengakomodir beragam kebutuhan pengguna.

Selain itu, fitur Personal Video Recording memungkinkan pemilik untuk merekam siaran televisi dan menyimpan ke dalam flash drive. Selanjutnya, konten tersebut bisa kapanpun sehingga tak akan ketinggalan jadwal acara favorit.

4. Merek Ternama

Toshiba adalah merek ternama yang sudah sangat dikenal dengan reputasi kelas dunia. Produk-produk yang dirilis cenderung berkualitas tinggi dan tahan lama terhadap kemungkinan kerusakan.

Jika kamu mengutamakan merek dalam membeli perangkat elektronik, maka Toshiba dapat menjadi alternatif yang baik. Sejajar dengan pesaing lainnya, Toshiba adalah salah satu perusahaan besar yang memiliki standar kualitas yang ketat.

Kekurangan TV Toshiba

Toshiba, sebagai produsen ternama, memang menyediakan layanan pelanggan untuk mengatasi berbagai masalah. Namun, setiap perangkat elektronik pasti memiliki kekurangan sendiri menurut beberapa orang.

1. Harga Mahal

Meskipun memiliki banyak fitur, harga TV LED Toshiba dianggap mahal oleh sebagian orang, terutama di kalangan entry-level. Ternyata, merek lain yang menjadi pesaing memiliki spesifikasi yang relatif sama namun jauh lebih murah.

Sebaiknya, kamu membandingkan beberapa merek terlebih dahulu sebelum memilih yang terbaik. Faktor harga yang mahal pada TV Toshiba menjadi kekurangan tersendiri bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Baca Juga :  Apakah Hoodie Boleh Masuk di Mesin Cuci? Ini Penjelasannya

2. Service Center Kurang

Klaim garansi merupakan layanan purna jual yang berberan penting menumbuhkan kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, produsen harus menyediakan kantor perwakilan yang merata mengingat Indonesia negara kepulauan.

Namuan, service center TV Toshiba masih kurang karena hanya tersedia di beberapa kota besar saja. Lantas, konsumen pedalaman tentu kesulitan mendatangi kantor perwakilan tersebut saat ingin mengajukan garansi.

Penyebab & Cara Mengatasi Kerusakan TV LED Toshiba

Berikut merupakan kumpulan atau jenis jenis kerusakan yang sering ditemui pada TV LCD / LED Toshiba :

1. TV Toshiba Power Mati Standby

Permasalahan : Pada jenis kerusakan yang pertama, TV Toshiba tidak dapat dihidupkan tetapi tetap berada dalam kondisi siaga, di mana saat dihidupkan hanya lampu indikator LED yang berkedip. Baik menggunakan remote control maupun tombol daya pada televisi, TV tersebut tetap tidak mau menyala.

Solusi perbaikan : Biasanya masalah seperti ini disebabkan oleh kerusakan atau masalah pada firmware, sehingga untuk memperbaikinya perlu dilakukan flashing pada TV Toshiba tersebut. Proses flashing dapat dilakukan secara manual atau melalui ISP. Berikut adalah langkah-langkah cara flashing manual:

  • Pertama yang harus dilakukan yaitu melepas IC flash pada televisi.
  • Selanjutnya setelah dilepas, pasang IC flash ke tool eeplus 2. Pakai jumper kawat email guna menghubungkan ke arah soket IC eeplus 2.-Kemudian setelah proses flashing selesai , pasang kembali IC flash pada main board.

2. TV Toshiba Gambar Setengah

Permasalahan : Umumnya pada kerusakan seperti ini, ketika televisi dihidupkan, gambar yang ditampilkan hanya separuh saja. Biasanya, gambar yang baik hanya muncul di bagian kiri layar, sementara di bagian kanan hanya muncul garis vertikal atau bahkan hanya layar putih.

Solusi perbaikan : Kerusakan seperti ini akan sedikit sulit untuk diperbaiki karena ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan masalah tersebut. Salah satu penyebab yang sering ditemukan adalah masalah pada panel layar. Berikut adalah langkah-langkah perbaikan kerusakan yang disebabkan oleh masalah pada panel layar:

  • Yang pertama bongkar televisi dan buka panel screen, setelah itu lepaskan semua board yang terdapat pada body panel screen.
  • Kemudian bersihkan semua area dibelakang clean panel, pakai alat yang digunakan untuk mencongkel.
  • Selanjutnya letakan pada lapisan penutup screen lalu perhatikan nok pada area tersebut.
  • Berikutnya setelah terpisah, maka akan terlihat kabel yang berjumlah tiga sebagai penghubung PCP dengan layar screen.
  • Kalau kerusakan gambar terjadi pada bagian kanan, maka fokuskan pengecekan pada kabel penghubung yang ada disebelah kanan. Cara memperbaikinya cukup mudah yaitu hanya dengan cara memanaskan IC yang terdapat pada kabel penghubung tersebut, setelah dipanaskan maka televisi akan normal kembali.

3. TV Toshiba Mati Total

Permasalahan : TV tidak mau dinyalakan dan lampu indikator juga mati.

Solusi perbaikan : Jika mengalami masalah seperti ini, yang perlu dilakukan adalah memeriksa semua komponen untuk mengetahui komponen mana yang mengalami kerusakan terlebih dahulu. Lakukan pemeriksaan pada berbagai titik, seperti:

  • Sekring.
  • Tegangan 300 volt dari dioda.
  • Dioda penyearah sekunder, dengan tegangan 15 volt dan 5 volt.

Kalau terdapat masalah pada salah satu tegangan diatas, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Tetapi jika semua tegangan tersebut diatas semuanya normal, selanjutnya yang harus dilakukan pengukuran adalah IC strw605. Lakukan penggantian komponen tersebut jika terjadi masalah tegangan.

Biaya Service TV LED Toshiba

Jika Anda sudah berhasil menemukan beberapa kerusakan yang menyebabkan TV LED tidak menampilkan gambar dan tidak bersuara, selanjutnya Anda dapat menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki komponen yang rusak tersebut.

Biaya perbaikan TV LED juga sangat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan, jenis TV, penggantian komponen, dan jasa perbaikan.

Oleh karena itu, biaya perbaikan atau layanan TV LED dapat berbeda-beda, terutama untuk daerah-daerah tertentu.

Untuk biaya service TV LED tidak ada gambar dan suara yaitu sekitar Rp 250.000 hingga Rp 350.000. Namun, harga yang dipatok tersebut, bukanlah termasuk biaya sparepart penggantian komponen yang mengalami kerusakan.

Jadi, harga backlight Rp 175.000 dan speaker sekitar Rp 90.000. Nah, kalian bisa tambahkan saja harga komponen tersebut dengan jasa service yang dipatok oleh teknisi disana.

Baca Juga :  Daftar Frekuensi LNB Palapa D Terlengkap

Harga yang kami berikan diatas bukanlah menjadi patokan untuk berhitung. Karena, harga atau biaya jasa service tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kemudian, harga komponen tersebut saya dapatkan melalui situs jual beli online terpercaya.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai jenis kerusakan TV LED Toshiba beserta cara perbaikannya secara lengkap. Dengan mengetahui penyebab kerusakan dan cara perbaikannya, diharapkan dapat membantu Anda menghemat biaya perbaikan TV LED Toshiba.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan TV LED Toshiba Anda. Terima kasih telah membaca artikel tentang Jenis Kerusakan TV LED Toshiba : Cara Perbaikannya Lengkap. Semoga bermanfaat Kata Pencarian TerpopulerDaftar kerusakan TV LED Toshiba,Tv toshiba rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *