Kode Rahasia Meteran Listrik Hexing

Daftar Kode Rahasia Meteran Listrik Hexing : Ketahui Manfaatnya

Posted on

Empat Pilar – Daftar Kode Rahasia Meteran Listrik Hexing : Ketahui Manfaatnya. Meteran listrik merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam rumah kita. Namun, berapa banyak dari kita yang benar-benar memahami bagaimana cara kerjanya? Apakah Anda pernah mendengar tentang Daftar Kode Rahasia Meteran Listrik Hexing? Apa itu? Bagaimana cara kerjanya? Dalam artikel ini, kita akan membahas semua hal tersebut.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bahas apa itu Daftar Kode Rahasia Meteran Listrik Hexing. Ini adalah rangkaian kode unik yang memungkinkan kita untuk mengakses fungsi tersembunyi dari meteran listrik Hexing.

Namun, jangan tergesa-gesa untuk mencobanya tanpa pemahaman yang baik. Perlu diketahui, penyalahgunaan kode ini dapat mengakibatkan masalah serius, seperti kerusakan meteran atau, yang lebih buruk lagi, gangguan listrik.

Mengenal Meteran Hexing

Dalam pelaksanaan sistem Listrik Pra Bayar (LPB) di Indonesia, PLN menggunakan berbagai jenis atau merk meteran kWh listrik seperti Itron, Hexing, Star, dan lain-lain.

Kita sudah membahas tentang meteran Itron, maka kali ini gilirannya meteran Hexing untuk kita bahas. Mulai dari sekilas tentang produsennya, struktur perangkatnya, dan cara pengoperasiannya.

Meskipun kemungkinan kecil, tetapi berhati-hatilah, kesalahan dalam penggunaan bisa berakibat ledakan. Jadi, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, kan? 😀

Namun, meteran Hexing mengacu pada meter pra bayar HXE12 yang diproduksi oleh Hexing Electrical Co., Ltd dari China.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan fokus pada pengembangan teknologi dan produk yang berkaitan dengan meteran listrik (prabayar, pascabayar, dan juga software-nya), perangkat telekomunikasi, sistem perangkat lunak enterprise, alat pembayaran (cash metering), SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition, sistem kendali industri berbasis komputer), dan lain-lain.

Dalam hal kualitas dan keamanan, tidak perlu diragukan lagi, karena sampai saat ini mereka telah meraih berbagai sertifikasi, termasuk ISO9001, ISO14000, ISO18000, ISO17025, AAA dan 3C.

Kode Rahasia Meteran Listrik Hexing

Meteran listrik Hexing dilengkapi dengan kode tersembunyi yang memiliki fungsi sangat bermanfaat.

Menggunakan kode tersembunyi ini, Kamu dapat Menyetop Suara Meteran Listrik merk Hexing dengan sangat mudah.

Kode tersembunyi meteran listrik Hexing ini akan membantu Kamu dalam mendapatkan informasi dari meteran tanpa perlu meminta bantuan teknisi atau pergi ke kantor PLN terdekat.

Jadi, apa sajakah kode-kode tersembunyi pada meteran listrik Hexing ini? Berikut adalah beberapa Kode Rahasia Meteran Listrik Hexing tersebut.

Kode RahasiaFungsi Kode
800Start kWh Meteran Listrik
801Memeriksa Sisa Saldo / Token
802Melihat Tanggal
803Melihat Waktu / Jam
804Mengetahui Nomor Seri kWh Meteran Listrik Hexing
805Mengecek SGC Meteran Listrik Hexing
806Memeriksa Penyebab Listrik Padam
807Memeriksa Status Meteran Listrik Hexing
808Menghitung Nilai Meteran Listrik (pulse/kWh)
809Mengecek Jumlah Total Listrik Padam
812Mematikan Suara Alarm Meteran Pulsa
813Memeriksa Pemakaian kWh Hari Kemarin
814Memeriksa Pemakaian kWh Bulan Kemarin
815Mengetahui Tanggal Pengisian Token Terakhir
816Melihat Waktu Terakhir Isi Token Listrik
817Melihat Jumlah Pengisian Token Terakhir
821Mengetahui Penggunaan kWh 1 Bulan Terakhir
822Mengetahui Penggunaan kWh 2 Bulan Terakhir
823Mengetahui Penggunaan kWh 3 Bulan Terakhir
824Mengetahui Penggunaan kWh 4 Bulan Terakhir
825Mengetahui Penggunaan kWh 5 Bulan Terakhir
831Melihat Jumlah Total Pengisian 1 Bulan Terakhir
832Melihat Jumlah Total Pengisian 2 Bulan Terakhir
833Melihat Jumlah Total Pengisian 3 Bulan Terakhir
834Melihat Jumlah Total Pengisian 4 Bulan Terakhir
835Melihat Jumlah Total Pengisian 5 Bulan Terakhir
852Cek Sisa Token Listrik Sudah Terpakai atau Belum

1. Cara Menggunakan Kode Rahasia Meteran Listrik Hexing

Pada dasarnya, menggunakan kode rahasia MCB (Miniature Circuit Breaker) Hexing sangat mudah dan tidak berbeda dengan cara memasukkan kode token pulsa listrik.

Baca Juga :  Tabel Kode Meteran Listrik Prabayar PLN : Terlengkap dan UPDATE

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan Kode Rahasia Meteran Listrik Hexing yang bisa Kamu ikuti:

  • Siapkan kode meteran Hexing yang ingin Kamu gunakan.
  • Temukan tombol angka pada MCB. Tombol ini biasanya berada di bagian depan MCB dan terdiri dari beberapa tombol dengan angka dari 0 sampai 9.
  • Masukkan kode meteran Hexing dengan menekan tombol angka pada MCB sesuai dengan kode yang Kamu miliki. Misalkan jika kode Kamu adalah 1234, maka Kamu harus menekan tombol 1, kemudian 2, lalu 3, dan terakhir 4.
  • Setelah memasukkan semua angka dari kode meteran Hexing, tekan tombol “Enter”. Tombol ini biasanya berada di sisi kanan bawah pada MCB.
  • Tunggu sejenak dan perintah yang sesuai dengan kode meteran Hexing akan ditampilkan pada layar MCB. Misalkan jika kode meteran Hexing Kamu adalah untuk mengecek sisa kWh Token Listrik, maka informasi tentang sisa kWh akan ditampilkan pada layar.
  • Untuk menggunakan kode meteran Hexing lainnya, ulangi langkah-langkah di atas dengan kode yang baru.

Sekarang Kamu telah memahami bagaimana cara menggunakan kode rahasia MCB Hexing. Ingat, setiap kode memiliki fungsi yang berbeda, jadi pastikan Kamu memasukkan kode yang benar untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Selalu rujuk pada petunjuk penggunaan kode meteran Hexing Kamu jika Kamu merasa bingung atau tidak yakin.

2. Cara Cek Sisa kWh Token Listrik

Berikut adalah cara menggunakan kode rahasia Hexing untuk mengecek sisa kWh token listrik Hexing. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara kerjanya:

  • Pertama, persiapkan kode untuk mengecek sisa kWh token merek Hexing, yaitu 801. Kode ini merupakan kode spesifik yang diberikan oleh pabrikan untuk melakukan pengecekan sisa kWh.
  • Selanjutnya, tekan kode 801 pada tombol angka di meteran listrik. Mulai dengan menekan tombol ‘8’, diikuti oleh ‘0’, dan terakhir ‘1’. Pastikan Kamu menekan tombol angka dengan urutan yang benar.
  • Setelah memasukkan kode, langkah berikutnya adalah mengkonfirmasi perintah dengan menekan tombol “Enter”. Tombol ini biasanya berada di sisi kanan bawah dari panel MCB.
  • Setelah Kamu menekan tombol “Enter”, informasi tentang sisa kWh token akan muncul dan ditampilkan pada layar MCB meteran listrik Hexing Kamu. Dengan begitu, Kamu bisa mengetahui sisa kWh token listrik Kamu secara real-time.

Catatan penting, pastikan untuk memasukkan kode dengan benar dan mengikuti setiap langkah dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Jika Kamu merasa ada yang tidak beres atau mengalami kesulitan, segera rujuk kepada petunjuk penggunaan atau hubungi pihak layanan pelanggan dari penyedia listrik Kamu.

3. Cara Cek Sisa Token Listrik Sudah Terpakai atau Belum

Kamu juga bisa memanfaatkan kode rahasia Hexing untuk mengecek sisa token listrik yang telah terpakai atau belum. Langkah-langkahnya sama dengan cara mengecek sisa kWh token. Berikut ini penjelasannya:

  • Mulai dengan memasukkan kode untuk mengecek sisa token listrik Hexing, yaitu 852. Ini adalah kode yang telah diset oleh pabrikan untuk mengetahui status token Kamu, apakah sudah terpakai atau belum.
  • Masukkan kode tersebut ke dalam meteran listrik dengan menekan tombol angka yang sesuai. Mulailah dengan menekan tombol ‘8’, lalu ‘5’, dan terakhir ‘2’. Jangan lupa, urutan memasukkan kode ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang tepat.
  • Setelah kode dimasukkan, konfirmasikan perintah dengan menekan tombol “Enter”. Tombol ini biasanya terletak di sisi kanan bawah pada panel MCB.
  • Informasi mengenai sisa token listrik—apakah sudah terpakai atau belum—akan muncul dan ditampilkan di layar MCB Kamu.

Demikian langkah-langkah yang bisa Kamu ikuti untuk mengetahui sisa token listrik menggunakan kode rahasia Hexing.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pastikan untuk memasukkan kode dengan benar dan urutan yang tepat untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Jika Kamu mengalami kesulitan, sebaiknya rujuk kepada petunjuk penggunaan atau hubungi layanan pelanggan dari penyedia listrik Kamu.

Penutup

Sekian artikel dari empatpilar.com kali ini mengenai daftar kode rahasia meteran listrik Hexing. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu anda dalam mengecek dan memanfaatkan meteran listrik Hexing dengan lebih optimal.

Baca Juga :  Pengertian Tespen (Test Pen) : Fungsi dan Cara Menggunakannya Secara Lengkap

Perlu diingat, penggunaan kode-kode ini sebaiknya sesuai dengan peraturan dan petunjuk yang berlaku agar tidak menimbulkan kerusakan pada meteran atau kesalahan pembacaan yang bisa merugikan.

Tetap bijak dalam menggunakan teknologi dan jadilah konsumen yang cerdas. Terima kasih telah menyempatkan waktu Anda untuk membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *