Satelit Dengan Siaran FTA Paling Banyak

Satelit Dengan Siaran FTA Paling Banyak : (C & Ku Band) Terbaru

Posted on

Empat Pilar – Satelit Dengan Siaran FTA Paling Banyak : (C & Ku Band) Terbaru. Apakah Anda bosan dengan biaya bulanan untuk layanan TV kabel atau satelit? Jika iya, maka Anda mungkin mempertimbangkan untuk beralih ke satelit dengan siaran FTA paling banyak.

Satelit dengan siaran FTA paling banyak menawarkan banyak saluran TV dan radio gratis yang dapat Anda nikmati tanpa harus membayar biaya bulanan. Namun, bagaimana cara memilih satelit dengan siaran FTA paling banyak? Artikel ini akan memberikan tips dan panduan untuk membantu Anda menemukan satelit dengan siaran FTA paling banyak.

Apa itu TV Free-to-Air (FTA)?

TV Free-to-Air (FTA)?

Free-to-air TV merujuk pada stasiun televisi yang disiarkan di seluruh dunia tanpa enkripsi untuk memblokir penerimaan. Stasiun ini berbeda dengan stasiun udara lokal karena mereka menyiarkan ke seluruh dunia daripada hanya secara lokal. Siapa pun dapat menerima siaran TV ini tanpa membayar layanan, selama mereka memiliki peralatan yang diperlukan.

Lantas mana yang lebih baik? Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan LNB C-BAND dan KU-Band, Anda bisa simak ulasannya berikut:

1. LNB C-Band

Sejak lama, LNB C-Band telah menjadi pilihan yang paling umum digunakan karena dianggap lebih stabil dan tahan terhadap segala cuaca. LNB ini memiliki frekuensi yang kecil, sehingga untuk memaksimalkannya perlu menggunakan antena minimal dengan ukuran 6 kaki (solid) atau 6-9 kaki (jaring).

Namun, kekurangannya adalah LNB C-Band memerlukan antena parabola dengan ukuran yang lebih besar dan memerlukan ruang yang lebih banyak. Jika Anda menggunakan dish dengan ukuran 100 cm, disarankan untuk menggunakan Conical Scalar Ring (CSR) atau yang biasa disebut Corong.

2. LNB KU-Band

Secara umum, jenis LNB KU-Band menggunakan dish parabola mini dengan ukuran 45cm, 60cm, dan 80cm yang beroperasi pada frekuensi 10,7 – 12,75 Ghz. Selain harganya lebih terjangkau, pemasangannya lebih mudah dan tidak memakan banyak tempat.

Namun, kekurangannya adalah LNB KU-Band atau Universal ini tidak tahan cuaca. Ketika cuaca sedang buruk seperti mendung atau hujan lebat, sinyal bisa terganggu dan gambar menjadi buram atau hilang.

Oleh karena itu, LNB C-Band lebih unggul dibanding LNB KU-Band, terutama di Indonesia yang dikenal dengan curah hujan yang tinggi.

Satelit Dengan Siaran FTA Paling Banyak

TV satelit memiliki cakupan siaran yang sangat luas, mulai dari perkotaan hingga ke pelosok. Hal ini disebabkan oleh sinyal siaran satelit yang disiarkan dari atas tanpa adanya halangan, berbeda dengan sinyal siaran terestrial UHF yang terbatas jangkauannya dan terkendala oleh kondisi geografis seperti laut, gunung, bangunan, dan lain-lain.

Bagi mereka yang ingin menikmati siaran TV Nasional secara lengkap, diperlukan penggunaan receiver khusus seperti K Vision, Nex Parabola, dan Nusantara HD.

Dengan menggunakan receiver tersebut, channel-channel seperti RCTI, MNC TV, GTV, SCTV, dan Indosiar dapat dinikmati secara langsung.

Sedangkan jika ingin menikmati siaran secara gratis, disarankan untuk berburu siaran FTA. Caranya bisa dengan menambah LNB untuk me lock beberapa satelit sekaligus, sehingga siaran gratis yang dapat ditonton bisa lebih banyak, hingga ratusan.

Berikut daftar satelit dengan siaran FTA paling banyak :

1. Satelit Siaran FTA Telkom 4 108.0°E C Band

Setelah berakhirnya masa orbit satelit Palapa D, banyak saluran televisi beralih ke satelit Telkom 4, yang membuatnya menjadi satelit dengan jumlah channel TV FTA terbanyak.

Baca Juga :  Cara Membuat File ISO dengan Winrar Secara Mudah

Dengan hanya melakukan blind scan pada receiver, siaran FTA dapat ditemukan dalam jumlah ratusan, termasuk channel TV Indonesia. Dengan cara ini, kita tidak perlu repot memasukkan frekuensi saluran TV satu per satu.

Untuk menonton siaran FTA TV satelit di satelit Telkom 4, tidak diperlukan receiver khusus. Receiver jenis atau merk apapun bisa digunakan, bahkan receiver tipe lama seperti MPEG 2 masih bisa digunakan. Namun, disarankan untuk tetap menggunakan receiver dengan format MPEG 4, karena kebanyakan saluran televisi saat ini sudah beralih ke format tersebut.

Satelit lain yang bersifat FTA untuk pengguna parabola jaring yaitu satelit Nusantara Satu 146.0°E, tetapi jumlah saluran FTA nya sangat minim. Selain itu juga bisa me lock satelit luar negri yang jangkauanya hingga Indonesia, diantaranya seperti Asiasat 5, Asiasat 7 dan Chinasat 10.

2. Satelit Siaran FTA Asiasat 9 122.0°E Ku Band

Bagi pengguna parabola mini, Ninmedia merupakan salah satu opsi terbaik untuk menikmati siaran FTA TV satelit. Meskipun Ninmedia sempat mengalami kemunduran setelah hilangnya channel MNC Group dan EMTEK, namun siaran FTA di satelit ini masih merupakan yang terbanyak.

Saat ini, Ninmedia berada di satelit Asiasat 9 setelah sebelumnya berada di satelit Chinasat 11. Siaran FTA di Ninmedia tidak hanya terbatas pada saluran lokal, tetapi juga dari beberapa saluran asing seperti Jepang, Korea, China, Qatar, dan masih banyak lagi.

Beberapa saluran TV nasional yang dapat ditemukan di Ninmedia antara lain Trans TV, Trans 7, TVRI, RTV, Kompas TV, dan lain-lain. Receiver yang digunakan untuk menonton siaran Ninmedia bisa berbagai jenis, asalkan sudah mendukung format MPEG 4.

3. Satelit Measat 3a 91.4°E Ku Band

Pada satelit ini merupakan siaran FTA dari K Vision atau bisa dibilang merupakan satelit siaran gratis dari K Vision, dengan tranponder 12436 H 31000. Memiliki siaran FTA paling banyak sekitar 20 an saluran FTA saja.

4. Satelit Measat 3b 91.5°E Ku Band

Jika Measat 3a dari K Vision, satelit Measat 3b merupakan satelit siaran gratis yang diberikan oleh Nusantara HD. Jumlah siaran FTA nya paling banyak sekitar belasan saja.

Satelit Measat 3a dan 3b berada di orbit yang berdekatan (beda 0,1 derajat), disini kita bisa memanfaatkan siaran FTA dari keduanya sebab siaran FTA dari kedua satelit tersebut berbeda jadi jika digabungkan siaran FTA Measat 3a dengan siaran FTA 3b bisa didapatkan siaran FTA paling banyak. Caranya yaitu dengan me lock kedua satelit tersebut bersama-sama.

5. Satelit SES 9 108.2°E Ku Band

Tak ingin kalah dengan K Vision, Nex Parabola dan Matrix Garuda juga menawarkan siaran gratis untuk Ku Band melalui satelit SES 9. Satelit SES 9 lebih mudah di-lock karena berada pada orbit 108.2° bujur timur.

Di sini, saluran FTA paling banyak adalah saluran religi, seperti Sunna TV, Rodja TV, AL Imam TV, Quran TV, Surau TV, dan Ahsan TV. Selain itu, ada beberapa saluran siaran FTA dari China, seperti channel berita.

Nah itu dia satelit – satelit dengan siaran FTA (Free To Air) paling banyak, yang bisa dijadikan referensi untuk me lock salah satu satelit diantaranya.

Penutup

Dengan begitu banyaknya satelit yang tersedia, menemukan siaran FTA bisa menjadi suatu tantangan. Namun, dengan pemilihan antena yang tepat, khususnya antena LNB C-Band dan KU-Band, Anda bisa menikmati siaran FTA terbaru dengan mudah. Jadi, jika Anda ingin menikmati siaran FTA paling banyak, jangan lupa untuk memilih antena yang tepat. Semoga bermanfaat Kata Pencarian TerpopulerSatelit dengan siaran FTA terbanyak,https://www empatpilar com/satelit-dengan-siaran-fta-paling-banyak/,satelit c band dengan siaran fta terbanyak,siaran fta apa saja,siaran fta ku band terbaru,siaran tv nasional fta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *