Pengertian Mesin Frais

Pengertian Mesin Frais : Cara Kerja dan Fungsinya Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Mesin Frais : Cara Kerja dan Fungsinya Secara Lengkap. Baca artikel ini untuk memahami sepenuhnya mesin ini, bagaimana cara kerjanya, dan apa fungsinya dalam industri.

Selamat datang! Kalian pernah mendengar tentang mesin frais, bukan? Nah, jika Kalian memiliki pertanyaan tentang apa itu mesin frais, cara kerjanya, dan apa fungsinya, Kalian telah datang ke tempat yang tepat. Mari kita jelajahi lebih dalam!

Mesin frais adalah alat yang digunakan dalam proses penggilingan, yang melibatkan pemotongan dan bentuk logam. Teknologi ini telah menjadi stKalianr industri dan merupakan bagian penting dalam produksi massal berbagai komponen mesin.

Pengertian Mesin Frais

Mesin frais adalah peralatan pemotong yang berfungsi menggunakan sistem Computer Numerical Control (CNC) untuk melakukan pemotongan material secara akurat. Prinsip kerja mesin frais dalam pemotongan adalah dengan memanfaatkan alat potong (milling cutter) yang berputar tegak lurus pada sumbunya.

Mesin ini merupakan mesin perkakas yang gerak utamanya adalah memutar alat potong. Dengan alat potong yang berputar secara otomatis, proses pemotongan benda dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Selain itu, mesin frais juga dapat digunakan untuk membentuk benda menjadi model tertentu sesuai dengan pola yang diinginkan oleh pengguna.

Mesin frais memiliki berbagai bagian yang cukup lengkap, sehingga prinsip kerjanya menjadi kompleks. Mesin ini memutar poros dengan menggunakan alat potong yang disebut pisau frais untuk memotong benda yang diproduksi.

Operator dapat mengatur gerakan pisau tersebut sehingga benda yang diproduksi dapat dibentuk sesuai dengan model yang diinginkan oleh konsumen atau pemesan.

Fungsi Mesin Frais

Setelah memahami Pengertian Mesin Frais, selanjutnya mesin frais atau mesin miling adalah perangkat yang digunakan dalam industri manufaktur untuk memotong dan membentuk berbagai jenis material, seperti logam dan plastik, menjadi ukuran dan bentuk tertentu. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang fungsi mesin frais:

  1. Memotong Material
    Fungsi utama mesin frais adalah memotong material menjadi ukuran dan bentuk yang diinginkan. Mesin ini dapat memotong berbagai jenis material, termasuk logam, plastik, dan kayu, dengan presisi yang tinggi.
  2. Pembentukan Permukaan
    Mesin frais juga dapat digunakan untuk membentuk permukaan material, baik itu permukaan yang datar, berlekuk, bersiku, silindris, atau profil khusus lainnya. Proses ini dilakukan dengan memutar pahat frais terhadap benda kerja yang diam.
  3. Permesinan CNC
    Banyak mesin frais modern dilengkapi dengan teknologi CNC (Computer Numerical Control) yang memungkinkan operator untuk memprogram dan mengontrol gerakan mesin dengan komputer. Hal ini sangat meningkatkan efisiensi dan presisi pengerjaan.
  4. Membuat Alur dan Lubang
    Selain memotong dan membentuk permukaan, mesin frais juga dapat digunakan untuk membuat alur dan lubang pada material. Alur bisa digunakan untuk jalur instalasi kabel, sedangkan lubang bisa digunakan untuk baut dan mur.
  5. Modifikasi dan Finishing
    Mesin frais juga bisa digunakan untuk melakukan modifikasi dan finishing pada benda kerja. Ini bisa berarti merapikan sisi-sisi benda, memoles permukaan, atau melakukan penyesuaian ukuran terakhir.

Dengan kemampuan yang sangat beragam ini, mesin frais menjadi alat yang penting dalam berbagai industri, seperti otomotif, aerospace, elektronik, dan banyak lagi.

Bagian-Bagian Mesin Frais

Berikut adalah penjabaran bagian-bagian mesin frais secara rinci:

  1. Alas Mesin (Base)
    Berperan sebagai lKaliansan atau pondasi mesin miling serta menjadi tempat untuk menampung coolant setelah digunakan.
  2. Kolom Mesin
    Berfungsi sebagai penyangga dan tempat berdirinya komponen-komponen mesin lainnya.
  3. Lutut (Knee)
    Ini adalah bagian yang memiliki dua alur tipe ekor burung yang berpotongan satu sama lain secara tegak lurus.
  4. Sadel (Dudukan Meja)
    Letaknya berada di antara lutut dan meja mesin frais.
  5. Meja Mesin (Table)
    Merupakan tempat dimana benda kerja ditempatkan dan dikunci selama proses pengefraisan.
  6. Lengan (Arm)
    Terletak di atas kolom pada mesin frais horisontal dan universal.
  7. Spindle
    Berperan sebagai penahan alat potong pada mesin frais vertikal dan tempat bagi arbor pada mesin frais horisontal.
  8. Arbor
    Digunakan sebagai ekstensi spindle pada mesin frais horisontal.
    Support Arbor (Pendukung Arbor): Berfungsi untuk menstabilkan gerakan arbor.
  9. Milling Head
    Terletak di bagian atas mesin frais vertikal.
  10. Ram
    Ini adalah bagian yang menonjol keluar pada mesin frais vertikal.
  11. Motor Penggerak
    Bertugas untuk mengkonversi energi listrik menjadi energi mekanik yang memberikan tenaga kepada mesin untuk beroperasi.
  12. Handle
    Digunakan untuk menggerakkan meja mesin secara manual, baik dalam arah vertikal maupun horizontal.
Baca Juga :  √ Pengertian Material Komposit : Arti, Klasifikasi, Contoh dan Aplikasinya

Cara Kerja Mesin Frais

Masih dalam pembahasan Pengertian Mesin Frais, Nah cara kerja mesin frais adalah mengurangi diameter benda kerja, baik dilakukan dengan penyayatan atau pemotongan. Gerak potongnya menyerupai teknik pahat, dengan bantuan putaran spindle dan gerak pisau yang berputar.

Mesin ini juga mampu membuat lubang pada objek, sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan persyaratan produksi.

Kalian dapat mengenali setiap tipe mesin dengan melihat ilustrasi mesin frais yang Kalian gunakan, serta memahami bagian-bagian mesin frais.

1. Secara garis besar, prinsip kerja mesin frais dibagi menjadi empat, yaitu:

  • Gerakan Vertikal: Gerakan meja naik turun yang dikendalikan oleh handle vertikal dalam proses pemberian makanan (feeding).
  • Gerakan Horizontal: Gerakan meja ke kanan dan ke kiri yang dikendalikan oleh cranked handle dengan skala 0.02 mm untuk kecepatan proses feeding.
  • Gerakan Melintang: Gerakan head stock bergerak secara melintang.
  • Gerakan Berputar: Gerakan putaran dari cutter miling atau alat yang digunakan untuk proses feeding benda kerja.

2. Selain itu, ada tiga variasi gerakan dalam mesin frais, yaitu:

  • Gerakan Berputar: Gerakan utama yang dilakukan oleh alat pemotong (Cutter). Saat proses pemotongan, pisau miling berputar di sekitar sumbunya.
  • Gerakan Feeding: Benda kerja dipindahkan di sepanjang area yang akan dipotong. Gerakan ini bisa berupa melingkar atau lurus.
  • Gerakan Pemotongan: Gerakan peningkatan yang memungkinkan sisi potong pisau (cutter) masuk ke dalam benda kerja, oleh karena itu benda kerja harus dijepit pada ragum.

3. Lalu, penting juga untuk Kalian ketahui bahwa ada tiga metode pemotongan dalam mesin miling (Frais):

  • Metode Pemotongan Searah: Pisau miling memotong searah dengan gerakan maju benda kerja.
  • Metode Pemotongan Berlawanan Arah: Putaran pisau miling memotong dengan cara berlawanan arah dengan gerakan maju benda kerja.
  • Metode Pemotongan Netral: Pemotongan dilakukan dengan menggunakan pisau miling yang memiliki diameter sama dengan lebar benda kerja yang akan dipotong. Pemotongan dimulai dengan berlawanan arah hingga setengah jalan pada benda kerja dan akan dilanjutkan dengan pemotongan searah.

Jenis Mesin Frais

Setelah mengetahui secara jelas mengenai Pengertian Mesin Frais. Nah untuk memudahkan Kalian membedakan mesin ini dengan mesin yang lain, berikut adalah informasi mengenai berbagai jenis mesinnya, antara lain:

1. Mesin Freis Universal

Mesin Freis Universal adalah jenis mesin yang menggabungkan model horizontal dan vertikal. Mesin ini memiliki posisi spindle yang bisa berdiri tegak atau mendatar. Keunggulan mesin ini adalah kemampuannya untuk digunakan dengan berbagai macam alat potong.

2. Mesin Freis Horizontal

Mesin Freis Horizontal memiliki posisi spindle yang mendatar dengan alat potong berbentuk helix atau pisau mantel. Mesin ini melakukan gerakan memanjang dan melintang.

3. Mesin Frais Omniversal

Mesin Frais Omniversal memiliki banyak variasi gerakan, yang membuatnya lebih praktis dibandingkan dengan mesin frais biasa. Parameter pemotongan pada mesin ini cukup sederhana, dan mesin ini dapat digunakan dengan tambahan meja yang dapat dimiringkan.

4. Mesin Frais Planner

Mesin Frais Planner, juga dikenal sebagai olano miller, merupakan mesin jenis frais yang khusus dirancang untuk pekerjaan berat. Seperti mesin universal, mesin ini dapat digunakan untuk melakukan gerakan spindle secara horizontal dan vertikal.

Dengan penjelasan mengenai berbagai jenis mesin frais ini, diharapkan Kalian dapat membedakan masing-masing jenis mesin dan menentukan jenis yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Penutup

Sebagai penutup, pengertian mesin frais, cara kerjanya, serta fungsinya telah dijelaskan secara lengkap dalam artikel ini.

Baca Juga :  √ Mengenal Plafon GRC : Kelebihan dan Model-Modelnya

Mesin frais, sebagai alat penting dalam proses permesinan, memiliki peran yang vital dalam membentuk dan memperhalus berbagai jenis bahan.

Semoga dengan memahami lebih dalam tentang mesin frais, Kalian dapat lebih mengapresiasi peran pentingnya dalam industri manufaktur dan mungkin juga menemukan inspirasi untuk melibatkan diri lebih dalam dalam bidang teknik ini.

Meski demikian, jangan lupa bahwa penggunaan mesin frais harus selalu disertai dengan pemahaman dan pelaksanaan protokol keamanan kerja yang tepat, untuk menjamin keselamatan dan efisiensi dalam penggunaannya.

Itu saja uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Pengertian Mesin Frais. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/pengertian-mesin-frais/,mesin frais

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *