Pengertian dan Contoh Pidato Singkat Secara Lengkap

Empat Pilar – Pengertian dan Contoh Pidato, Pidato adalah kegiatan yang sering dilakukan, tidak hanya oleh para petinggi negara, tapi juga oleh siapa saja dan dimana saja. Dalam pidato, seseorang dapat menyampaikan berbagai hal dengan berbagai tujuan.

Bukan kekuatan fisik atau senjata yang menjadikan bangsa ini terbentuk, tapi pidato Presiden Soekarno yang mampu melakukannya. Melalui pidatonya, ia menyampaikan gagasan bahwa bangsa ini adalah bangsa besar yang harus bersatu dan merdeka. Inilah yang menjadikan Indonesia sebagai negara merdeka.

Pengertian Pidato

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pidato adalah ekspresi pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. KBBI juga menjelaskan bahwa pidato adalah sebuah wacana yang disiapkan untuk diucapkan kepada orang banyak (publik).

Pengertian pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan banyak orang, dengan menggunakan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh pendengar. Dalam pidato, orang yang berpidato akan menyampaikan gagasannya, ide atau petunjuk kepada pendengarnya.

Terkadang juga memberikan nasihat-nasihat. Isi pidato tergantung pada konteks atau kondisi pidato tersebut. Pidato biasanya dilakukan oleh orang yang dianggap penting dan diperlukan untuk menyampaikan pernyataan atau pandangan melalui cara berorasi.

Tujuan Teks Pidato

Teks pidato memiliki beberapa tujuan, yaitu harus informatif, argumentatif, rekreatif, dan persuasif. Apa sih maksud dari masing-masing istilah tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Informatif

Maksudnya, teks pidato bertujuan untuk memberikan pemahaman atau informasi terhadap orang lain.

2. Argumentatif

Selain memberikan informasi, teks pidato juga harus meyakinkan para pendengar.

3. Rekreatif

Rekreatif yang dimaksud di sini adalah membuat orang lain senang dengan teks pidato yang disampaikan karena bersifat menghibur.

4. Persuasif

Teks pidato bertujuan untuk memberikan pengaruh pada orang lain agar bersedia mengikuti kemauan yang diinginkan oleh orator atau orang yang berpidato.

 

Macam-Macam Pidato

Dilansir dari KBBI, ada empat macam pidato yang biasa kamu temui sehari-hari. Apa saja, ya?

  1. Pidato kenegaraan adalah jenis pidato yang disampaikan oleh seorang kepala negara, seperti pidato presiden di depan DPR/MPR atau pidato resmi kepala negara.
  2. Pidato pengukuhan adalah jenis pidato yang diucapkan secara tradisional oleh seorang guru besar universitas pada saat diangkat secara resmi.
  3. Pidato radio adalah jenis pidato yang diucapkan atau disiarkan melalui radio.
  4. Pidato televisi adalah jenis pidato yang diucapkan atau ditayangkan melalui televisi.

Struktur Teks Pidato

Struktur teks pidato terdiri dari tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Berikut penjelasan rincinya:

1. Pembukaan

Bagian pembuka pidato terdiri dari empat bagian, yaitu:

  • Salam pembuka.
  • Ucapan penghormatan, biasanya menyebutkan orang-orang yang memiliki jabatan tertinggi sampai ke orang-orang yang memiliki jabatan di bawahnya.
  • Ucapan syukur, biasanya berisi ucapan rasa syukur orator (orang yang berpidato) karena diberikan kesempatan dapat menyampaikan pidato dan berkumpul dengan para tamu.
  • Pengantar ke topik utama.

Untuk membuat pembuka pidato berkesan, ada lima unsur yang harus diperhatikan, di antaranya:

  • Merebut perhatian: melalui pernyataan yang dramatis atau dengan bantuan visual.
  • Hubungan dengan penonton atau audiensi: menunjukkan kesamaan dan empati kepada audiensi.
  • Kelayakan: tunjukkan bahwa Anda layak berbicara dengan topik tersebut, dengan mengungkapkan pengalaman personal yang pernah Anda lakukan. Ungkapkan dengan santun dan berdasarkan fakta.
  • Tujuan: jelaskan apa harapan Anda setelah pidato selesai.
  • Peta jalan: katakan kepada audiens pokok-pokok pikiran pidato.

2. Isi

Isi pidato harus berisi informasi penting yang ingin disampaikan. Isi pidato sebaiknya didukung dengan alasan yang meyakinkan untuk mendukung pandangan Anda. Susun secara logis, gunakan sumber yang terpercaya, contoh yang logis, dan dikenal oleh audiensi/pendengar.

3. Penutup Pidato

Bagian penutup berisi kesimpulan dari hal yang disampaikan, permintaan maaf jika terjadi kesalahan saat menyampaikan suatu hal, dan salam penutup.

Metode Pidato

Saat berpidato, ada beberapa metode atau cara yang bisa digunakan, antara lain:

1. Impromptu

Metode impromptu adalah suatu metode pidato yang dilakukan secara langsung atau spontan tanpa persiapan terlebih dahulu.

2. Memoriter

Memoriter adalah metode berpidato dengan cara menghapal naskah teks pidato terlebih dahulu.

3. Naskah

Sesuai dengan namanya, metode naskah adalah metode berpidato dengan cara membacakan teks yang telah disiapkan saat berpidato.

4. Ekstemporan

Bedanya dengan metode naskah, metode ekstemporan adalah metode berpidato dengan menyiapkan konsep pidato secara garis besar dengan membuat catatan kecil.

Contoh Pidato Singkat

Berikut ini adalah beberapa contoh teks pidato singkat dengan berbagai tema.

1. Contoh Pidato Singkat Tentang Kedisiplinan

Assalamualaikum Wr.Wb.

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama, kita patut bersyukur atas kehadirat Tuhan yang maha esa. Dengan izin-Nya lah kita dapat berkumpul di hari yang cerah ini dan di tempat yang indah ini.

Pendidikan kedisiplinan merupakan suatu proses bimbingan yang memiliki tujuan untuk menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan kebiasaan tertentu, atau membentuk manusia dengan ciri ciri tertentu, terutama untuk meningkatkan kualitas mental dan moral. Di dalam keluarga, pendidikan kedisiplinan dapat diartikan sebagai metode bimbingan orang tua agar anaknya mematuhi bimbingan tersebut.

Setiap orang tua pasti mengerahkan segala usaha untuk mengajarkan disiplin kepada anak-anaknya dengan menanamkan perilaku yang dianggap baik dan menghindari perilaku yang dianggap tidak baik.Hal ini memang akan lebih mudah dilakukan jika anak sebagai seorang individu mematuhi kemauan orang tuanya. Namun demikian, tujuan utama dari disiplin bukanlah hanya sekedar menuruti perintah atau aturan saja. Patuh terhadap perintah dan aturan merupakan bentuk disiplin jangka pendek semata.

Sedangkan tujuan pendidikan kedisiplinan adalah agar setiap individu memiliki disiplin jangka panjang, yaitu disiplin yang tidak hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap aturan atau otoritas semata, tetapi lebih kepada pengembangan kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan individu.(kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri ter”ujud alam bentuk pengakuan terhadap hak dan keinginan orang lain, dan mau mengambil bagian dalam memikul tanggung jawab sosial secara manusiawi. Hal inilah yang sesungguhnya menjadi hakikat dari kedisiplinan.

Demikianlah pidato singkat tentang kedisiplinan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini,semoga saja kita bisa selalu disiplin dalam segala hal sehingga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik bagi nusa, bangsa, negara dan agama.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

Itulah ulasan mengenai Pengertian dan Contoh Pidato Singkat Secara Lengkap, semoga bisa menjadi bahan referensi dan penambah wawasan buat kalian. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pengertian dan Contoh Pidato Singkat Secara Lengkap yang dipublish pada January 24, 2023 di website Empat Pilar

Artikel Terkait

Leave a Comment