Mobil Matic Terpopuler

12 Daftar Mobil Matic Terpopuler dan Terjangkau Saat Ini

Posted on

Empat Pilar – 12 Daftar Mobil Matic Terpopuler dan Terjangkau Saat Ini. Temukan berbagai informasi menarik tentang mobil matic terpopuler di pasar saat ini. Pelajari fitur-fitur canggih, keunggulan, dan panduan memilih mobil matic yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Mobil matic terpopuler semakin mendapatkan perhatian di kalangan pecinta otomotif. Keunggulan transmisi otomatis membuat mobil matic menjadi pilihan menarik bagi banyak orang. Artikel ini akan membahas tentang mobil matic terpopuler, fitur canggih yang ditawarkan, serta panduan dalam memilih mobil matic yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan kalian.

Sekilas Mengenai Mobil Matic

Mobil matic adalah kendaraan yang didesain dengan transmisi yang dapat berpindah secara otomatis, tanpa perlu menginjak pedal kopling. Walaupun banyak yang berpendapat Mobil matic memiliki kekurangan, khususnya saat melewati jalanan menanjak atau menurun, namun kenyataannya, transmisi otomatis telah dirancang dengan teknologi canggih yang mampu bersaing dengan mobil manual. Dengan Mobil matic, pengemudi dapat lebih fokus pada kemudi.

Sebelum kalian mulai mengemudi Mobil matic, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui:

  1. Kenali dan ingat posisi dari setiap gigi pada Mobil matic kalian.
  2. Pelajari fitur pada tuas transmisi. Biasanya, ada kombinasi huruf dan angka seperti P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M (+/-).
  3. Ketahui posisi gigi terakhir saat kalian berhenti untuk antisipasi.

Beberapa tips saat mengemudi mobil dengan transmisi otomatis:

  • Gunakan posisi D (drive) untuk berkendara pada kecepatan normal.
  • Pastikan menginjak pedal rem saat ingin mengganti posisi tuas dari parkir, dan saat menyalakan mesin.
  • Dalam posisi D, transmisi bisa bekerja pada mode over drive, yang memberikan putaran mesin optimal untuk tenaga maksimal.
  • Tombol OD pada Mobil matic berfungsi untuk meningkatkan kecepatan, mirip dengan mengganti tuas dari posisi 4 ke 3 pada mobil manual.
  • Saat ingin mendahului, pastikan kecepatan kalian di atas 60-80 km/jam.
  • Posisi D tidak selalu cocok untuk setiap kondisi jalan. Di jalan menanjak atau menurun, kalian mungkin memerlukan transmisi L atau D 1-2.
  • Menggunakan D di jalan menanjak dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat.
  • Posisi L atau D 1-2 dianggap ideal saat melintasi jalan menurun atau menanjak karena merupakan gigi yang lebih rendah.
  • Mobil matic dilengkapi dengan sistem komputer yang mengatur perpindahan gigi sesuai dengan kecepatan dan putaran mesin.

Daftar Mobil Matic Terpopuler dan Terjangkau Saat Ini

Berikut adalah Daftar Mobil Matic Terpopuler dan Terjangkau Saat Ini yang bisa kalian jadikan sebagai rekomendasi sebelum membeli :

1. Varian New Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT

Mobil matic terjangkau pertama yang dapat diperhatikan adalah New Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT. Kendaraan ini telah dilengkapi dengan transmisi otomatis 4 percepatan yang dipadukan dengan mesin 3NR-VE, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.197cc yang sanggup menghasilkan daya sebesar 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 108 Nm pada 4.200 rpm.

Tampilan sportinya semakin ditekankan dengan adanya bodykit di setiap sisinya. Tak hanya itu, fitur Dual SRS Airbag turut disertakan untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan. Harga mobil matic ini berada di kisaran Rp. 146 Jutaan, menjadikannya pilihan yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil matic dengan fitur meriah.

2. Honda Brio Satya E CVT

Keunggulan Honda Brio Satya E CVT terletak pada mobil kecil dengan transmisi CVT 5 Speed. Mesin yang digunakan memiliki tenaga yang cukup dan harganya sangat terjangkau. Mobil matic murah ini dapat dibeli dengan harga sekitar Rp. 151 Jutaan dan didukung oleh mesin 1.2 Liter yang mampu menghasilkan daya sebesar 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 110 Nm pada 4.800 rpm.

Tenaga yang dihasilkan sudah cukup memadai, serta dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti Dual Front SRS Airbag dan sistem pengereman ABS + EBD. Fitur-fiturnya yang lebih lengkap dibandingkan Daihatsu Ayla, menjadikan Honda Brio Satya sebagai pilihan utama yang bisa dipertimbangkan.

3. Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe

Bagi Anda yang tengah mencari mobil keluarga dengan transmisi otomatis yang terjangkau, kami merekomendasikan Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe. Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini dapat Anda peroleh dengan harga sekitar Rp. 149 Jutaan dan telah dipasangi mesin 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.197cc.

Baca Juga :  Penyebab Gas Mobil Kosong : Cara Mudah Mengatasinya

Mesin ini identik dengan yang ada pada model Ayla, memberikan tenaga sebesar 88 PS dan torsi mencapai 108 Nm. Mengenai keamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Dual SRS Airbag dan sistem ABS (Anti-Lock Breaking System) yang mencegah penguncian roda saat pengereman tiba-tiba.

4. Daihatsu Sirion 1.3 Sport

Mobil matic terjangkau berikutnya adalah Daihatsu Sirion tipe Sport yang dijual dengan harga sekitar Rp. 187 Jutaan. Meskipun harganya agak lebih tinggi, Daihatsu Sirion menawarkan desain yang mengesankan dengan aura sporty yang lebih menonjol dibandingkan city car sekelasnya.

Mobil matic ekonomis ini didukung oleh mesin K3-VE, DOHC VVT-i berkapasitas 1.298cc yang tidak hanya hemat bahan bakar tetapi juga mampu menghasilkan tenaga sekitar 90 PS pada 6.000 rpm serta torsi mencapai 11.9 kg.m pada 4.400 rpm. Daihatsu Sirion juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti Brake Pedal Assist, Dual SRS Airbag, dan Parking Sensor.

5. Suzuki Ignis GX AGS

Suzuki mengandalkan Ignis sebagai pesaing di segmen mobil matic terjangkau. Mobil ini membedakan diri dari mobil matic lain dengan transmisi otomatis AGS (Auto Gear Shift). Mesinnya memiliki kapasitas 1.197cc dengan tenaga sebesar 83 PS pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Mesin ini sangat hemat bahan bakar dan menunjukkan responsivitas yang baik saat dipercepat. Harga Suzuki Ignis GX AGS adalah sekitar Rp. 169 Jutaan. Tersedia juga varian Suzuki Ignis GL AGS yang lebih terjangkau, sekitar Rp. 149.5 Jutaan. Meskipun memiliki harga terjangkau, mobil ini tidak termasuk dalam kategori mobil LCGC.

6. Suzuki Karimun Wagon R AGS Airbag

Transmisi Auto Gear Shift (AGS) mengoptimalkan kinerja mesin Suzuki Karimun Wagon R. Mesin ini menghasilkan tenaga sekitar 69 PS pada 6.200 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Meskipun tenaganya sedikit lebih rendah dibandingkan dengan mobil LCGC terbaik sekelasnya, ini sebanding dengan harga Suzuki Karimun Wagon R AGS yang dibanderol sekitar Rp. 135 Jutaan. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan airbag dan desain yang sederhana dengan velg Alloy Wheel berukuran 14 inci.

7. Toyota Agya 1.2 A/T TRD Baru

Toyota mempersembahkan tampilan eksterior baru yang lebih modis dan sporty untuk varian ini. Khususnya pada tipe TRD yang telah diperkaya dengan body kit dan spoiler. Performanya juga lebih optimal dan bertenaga, berkat mesin 1.2L NR berkapasitas 1.197cc yang mampu menghasilkan daya hingga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11.0 kgm pada 4.200 rpm.

Tenaga ini mengalir melalui transmisi otomatis 4 percepatan, meningkatkan akselerasi mobil matic terjangkau ini. Harga pembelian mencapai sekitar Rp. 152 Jutaan. Di samping itu, juga terdapat varian Agya 1.2 G A/T yang dapat diperoleh dengan harga sekitar 148 Jutaan.

8. Toyota Calya 1.2 E A/T

Kelebihan Toyota Calya terletak pada mobil MPV 7 penumpang dengan desain modern yang keren. Mobil ini diberkahi fitur-fitur keamanan lengkap, seperti Dual SRS Airbag, Sabuk Pengaman 3 Titik, ISOFIX, ABS, dan sensor parkir. Untuk harga, Toyota Calya tipe 1.2 G A/T dijual dengan kisaran harga sekitar Rp. 152 Jutaan.

Mobil ini dibekali mesin In-line 4 Silinder, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.197cc. Performa mesinnya sangat irit bahan bakar, menjadikan Toyota Calya sebagai salah satu pilihan mobil matic terjangkau paling ekonomis di Indonesia.

9. Kia Picanto A/T Terbaru

Kia juga menawarkan pilihan mobil matic terjangkau dengan harga sekitar Rp. 166 Jutaan. Mobil ini ditenagai oleh mesin 1.2 MPI yang mampu menghasilkan tenaga hingga 87 PS pada 6.000 rpm dan torsi 12.2 kg.m pada 4.000 rpm. Mesin ini memiliki tenaga yang cukup untuk memenuhi kebutuhan perjalanan sehari-hari. Tidak hanya itu, Kia Picanto memiliki desain kecil yang terlihat modis dan elegan. Ruang interior juga nyaman, dan kursi baris kedua dapat dilipat untuk meningkatkan kapasitas bagasi.

10. Mitsubishi Mirage GLS A/T

Mitsubishi Mirage GLS A/T adalah salah satu opsi mobil matic terjangkau dari Mitsubishi, dengan harga sekitar Rp. 185 Jutaan. Mobil ini ditenagai oleh mesin 1.193cc yang menghasilkan tenaga sekitar 77.5 PS pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm. Namun, perlu diingat bahwa Mitsubishi Mirage belum dilengkapi dengan sistem pengereman ABS. Meski begitu, mobil ini telah dilengkapi dengan Dual Airbag untuk pengemudi dan penumpang. Transmisi menggunakan teknologi CVT yang membantu mengoptimalkan performa mesin saat melakukan akselerasi.

11. Mitsubishi Xpander Sport A/T

Mitsubishi Xpander memiliki varian untuk mobil keluarga berkapasitas 7 penumpang dengan transmisi otomatis. Pilihan beragam, dengan varian terbaik yaitu tipe Ultimate A/T yang dihargai sekitar Rp. 245 Jutaan. Selain itu, tersedia juga tipe Sport A/T dengan harga Rp. 237 Jutaan dan tipe Exceed A/T sekitar Rp. 224 Jutaan.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Dunlop Yang Perlu Kalian Ketahui

Apapun pilihan tipe yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan mobil matic terjangkau dengan fitur-fitur lengkap seperti ABS, HSA (Hill Start Assist), AVC (Active Stability Control), Dual SRS Airbag, dan lainnya. Xpander juga ditenagai oleh mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve berkapasitas 1.499cc yang dijamin irit bahan bakar serta mampu menghasilkan tenaga sekitar 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi mencapai 141 Nm pada 4.000 rpm.

12. Toyota Avanza 1.3 G A/T

Toyota Avanza tetap menjadi salah satu pilihan mobil matic terjangkau, terutama untuk keluarga. Mobil populer ini tersedia dalam berbagai varian, termasuk mesin 1.3 Liter dan 1.5 Liter dengan transmisi manual dan otomatis. Untuk tipe matic, Avanza 1.3 G A/T memiliki harga sekitar Rp. 201 Jutaan untuk tipe E dan Rp. 219 Jutaan untuk tipe G.
Semua tipe Avanza dilengkapi dengan sistem pengereman ABS yang membantu mencegah tergelincir saat pengereman mendadak. Mesinnya juga hemat bahan bakar berkat teknologi Dual VVT-i dan kapasitas 1.329cc yang menghasilkan tenaga sekitar 96.5 PS pada 6.000 rpm dan torsi mencapai 12.3 kgm pada 4.200 rpm.

Penutup

Sebagai kesimpulan dari empatpilar.com, perkembangan teknologi dalam industri otomotif telah memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna melalui inovasi mobil matic. Kehadiran mobil-mobil matic terpopuler di pasaran menunjukkan bagaimana konsumen menyukai kemudahan dalam berkendara.

Di era modern ini, pilihan untuk memiliki mobil matic tidak hanya didasarkan pada tuntutan zaman, tetapi juga refleksi dari keinginan konsumen akan kenyamanan dan efisiensi. Dengan semakin banyaknya pilihan yang tersedia, masa depan industri otomotif dengan mobil matic tampaknya akan semakin cerah dan menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *