Biaya Cat atau Repaint Mobil

Ketahui, Biaya Cat atau Repaint Mobil Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Ketahui, Biaya Cat atau Repaint Mobil Secara Lengkap. Apakah mobil kalian terlihat kusam atau ingin mengubah tampilannya? Biaya cat atau repaint mobil secara lengkap adalah solusi sempurna untuk memberikan mobil kalian tampilan segar dan atraktif.

Dalam panduan ini, kami akan membahas setiap aspek dari proses ini, mulai dari langkah-langkah yang terlibat, perkiraan biaya, hingga tips untuk memastikan hasil akhir yang memuaskan. Jadi, jika kalian ingin menghadirkan kilau baru pada kendaraan kalian, simaklah informasi berharga ini!

Penting untuk memahami bahwa biaya cat atau repaint mobil dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran mobil, jenis cat yang digunakan, dan apakah kalian ingin melibatkan profesional atau melakukannya sendiri.

Namun, secara umum, biaya ini dapat berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah. Lalu, apa saja faktor yang mempengaruhi biaya cat atau repaint mobil secara lengkap?

Apa Itu Body Repair & Paint ?

Body Repair & Paint merujuk pada perbaikan dan pemulihan bagian luar mobil yang mungkin rusak karena tabrakan atau efek pemakaian sehari-hari. Ini bisa melibatkan perbaikan atau penggantian komponen body mobil.

Tujuan utama dari perbaikan body adalah untuk memperbaiki kerusakan yang mungkin dialami oleh mobil kalian. Sementara itu, pengecatan bertujuan untuk memulihkan atau memperbaharui warna mobil kalian yang mungkin telah memudar, tergores, atau terpengaruh oleh tabrakan hingga menyebabkan warna asli mobil hilang.

Kisaran Biaya Cat atau Repaint Mobil

Bagi kalian yang ingin mengecat ulang mobil favorit kalian, sangat penting untuk mengetahui perkiraan biayanya. Tentu saja, setiap bengkel cat mobil menawarkan tarif yang berbeda-beda. Tarif tersebut juga dipengaruhi oleh lokasi bengkel mobilnya.

1. Biaya Cat Mobil Per Panel

Ketika kamu memutuskan untuk melukis ulang mobil, tentu langkah pertama adalah melakukan perbaikan pada bodi mobil yang mungkin mengalami kerusakan, terutama jika ada bagian yang penyok. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan, termasuk biaya untuk melukis ulang tiap bagian mobil.

Biaya untuk melukis ulang mobil dapat bervariasi. Perbedaan juga terjadi antara bengkel resmi dan bengkel non-resmi. Untuk informasi yang lebih jelas, kamu dapat merujuk pada tabel perkiraan biaya melukis ulang mobil berikut ini. Tabel ini memberikan gambaran umum mengenai biaya melukis ulang bodi mobil :

No.Jenis PengecatanEstimasi Biaya
1. Kap dan BagasiRp.400.000,00 sampai Rp.600.000,00.
2.Atap MobilRp.500.000,00 sampai Rp.800.000,00.
3.Panel PintuRp.350.000,00 sampai Rp.500.000,00.
4.Per PanelRp.300.000,00 sampai Rp.450.000,00.

Tetap diingat bahwa sebelum memutuskan untuk melukis ulang bagian mobil per panel, kamu perlu menentukan dengan jelas bagian mana yang membutuhkan pengecatan ulang. Jika terdapat banyak goresan atau kerusakan lainnya, mungkin lebih baik untuk melukis ulang seluruh bodi mobil.

Tak hanya itu, perkiraan biaya melukis ulang bagian bodi mobil juga dapat dilihat dari sisi estimasi biaya terendah. Namun, tetap perlu diingat bahwa setiap bengkel mobil memiliki harga yang bervariasi tergantung pada lokasi mereka. Oleh karena itu, penting untuk tidak menganggap bahwa harga di satu tempat akan sama dengan tempat lainnya.

No.Jenis PengecatanEstimasi Biaya Cat atau Repaint Mobil
1.Kabin AtasRp.650.000,00.
2.Kap MesinRp.450.000,00.
3.Pintu Per PanelRp.350.000,00.
4.Bemper BelakangRp.350.000,00.
5.Bemper DepanRp.350.000,00.
6.Fender Per PanelRp.350.000,00.
7.Kap BagasiRp.350.000,00.

2. Biaya Cat Mobil Full

Namun, jika niatmu adalah untuk melakukan pengecatan menyeluruh pada bodi mobil, lebih baik untuk mempertimbangkan estimasi biaya cat full body. Harap diingat bahwa biaya untuk pengecatan full body akan lebih tinggi daripada biaya pengecatan per panel.

Untuk melakukan pengecatan full body dengan menggunakan merek cat seperti Nippont Paint, Apsara, Blinken, dan DuPont, kamu perlu menyiapkan anggaran mulai dari Rp. 4.000.000,00. Harga ini tentunya akan dipengaruhi oleh kondisi bodi mobil serta pilihan warna yang diinginkan.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Maxxis : Ketahui Sebelum Membeli

Sementara jika kamu berencana untuk melukis ulang full body dengan merek cat seperti Sikkens dan Spies Hecker, dana yang harus disiapkan berkisar antara Rp. 6.500.000,00 hingga Rp. 9.000.000,00, tergantung pada warna yang dipilih dan kondisi bodi mobilmu.

Perlu ditekankan bahwa tarif yang ditawarkan oleh bengkel umum dan bengkel resmi dapat berbeda. Jadi, pilihan jasa ada di tanganmu. Pastikan untuk membuat pilihan yang tepat dalam memilih jasa pengecatan atau pengulangan cat mobil, tanpa tergoda oleh harga yang murah. Ingatlah bahwa kualitas harus menjadi prioritas utama.

Fungsi Dilakukannya Body Repair Mobil

Apabila kalian menemukan cacat goresan yang cukup dalam dan tidak bisa diperbaiki hanya dengan dipoles, maka solusi terbaiknya adalah dengan melakukan body repair. Melakukan perbaikan ini bukan hanya masalah estetika semata, tetapi juga berkaitan dengan nilai jual mobil di masa mendatang. Mobil dengan kondisi body yang baik tentunya memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan mobil dengan banyak goresan atau penyok.

Selain itu, body repair juga penting untuk memastikan semua bagian mobil berfungsi dengan baik. Misalnya, kerusakan pada pintu bisa menghambat fungsi buka tutupnya dengan baik. Hal ini tentu saja bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan penggunaan mobil.

Setelah mengetahui Biaya Cat atau Repaint Mobil, selanjutnya Secara keseluruhan, body repair mobil memiliki peran penting dalam:

  • Memulihkan Tampilan Estetika Mobil:
    Kerusakan pada body mobil dapat mengurangi tampilan estetika mobil kalian. Oleh karena itu, perbaikan ini dapat membuat mobil kalian tampak baru kembali.
  • Menjaga Nilai Jual Mobil:
    Sebuah mobil dengan kondisi body yang prima tentunya memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil yang memiliki banyak kerusakan.
  • Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut:
    Goresan atau penyok yang dibiarkan terlalu lama bisa menjadi pintu masuk untuk karat. Perbaikan segera akan mencegah kerusakan lebih lanjut pada mobil kalian.
  • Meningkatkan Fungsi dan Keamanan:
    Kerusakan pada bagian tertentu dapat menghambat fungsi bagian tersebut, seperti pintu yang susah dibuka atau kaca yang retak.

Dengan demikian, body repair tidak hanya tentang memperbaiki tampilan mobil, tetapi juga menjaga kualitas, fungsionalitas, dan nilai jual mobil. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk segera mengatasi kerusakan yang terjadi pada body mobil agar dapat memanfaatkan mobil dengan optimal dan aman.

Hal-Hal yang Menyebabkan Kerusakan Lapisan Cat Mobil

Pemilik mobil perlu memberikan perhatian ekstra dalam merawat lapisan cat bodi mobil kesayangan mereka. Meskipun tampaknya sederhana, merawat cat mobil sebenarnya memiliki tingkat kesulitannya tersendiri, terutama untuk mobil berwarna gelap yang lebih rentan tampak kusam.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan cat mobil menjadi kusam. Sayangnya, seringkali sejumlah alasan di balik kerusakan tersebut dianggap remeh dan diabaikan oleh sebagian pemilik mobil. Beberapa penyebab kerusakan pada lapisan cat mobil meliputi:

1. Kotoran Burung

Apabila kalian mengabaikan hal ini, kalian sebaiknya segera bersiap untuk mencari tahu perkiraan biaya melukis ulang atau mewarnai ulang mobil. Biasanya, pemilik mobil hanya mengusapnya dengan sekedar lap tanpa memastikan apakah noda tersebut sudah benar-benar hilang atau belum.

Ternyata, tinja burung dianggap sebagai salah satu penyebab kerusakan paling parah pada cat mobil. Jika dibiarkan begitu saja, noda tersebut bisa menyerap ke dalam lapisan cat mobil yang lebih dalam. kalian pasti sudah dapat membayangkan kerusakan yang akan timbul sebagai akibatnya.

2. Pecahan Aspal

Karena sering melintas di jalan, terkadang banyak pengemudi yang meremehkan hal ini. Padahal, serpihan aspal juga mampu merusak cat mobil kalian. Apalagi jika noda bekas serpihan aspal diabaikan sebagaimana halnya tinja burung.

Ini tentu hanya akan menyebabkan kerusakan pada cat mobil. Terutama jika kejadian terjadi saat cuaca panas. Oleh karena itu, disarankan untuk segera mengunjungi bengkel mobil terdekat guna memeriksa dan memperbaiki kondisi mobil kalian.

3. Menabrak Serangga

Kejadian beberapa kali mobil berbenturan dengan serangga terasa cukup mengejutkan. Terlebih lagi setelah menyadari bahwa hal sepele seperti ini mampu memicu kerusakan pada cat mobil. Jika situasi semacam ini terjadi, disarankan untuk segera mempertimbangkan untuk mengunjungi bengkel mobil terdekat.

Lebih penting lagi jika kalian pernah mengabaikan pemeriksaan cat mobil setelah berbenturan dengan serangga. Meskipun terdengar sepele, hal ini bisa menimbulkan masalah yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, sebaiknya segera mengunjungi bengkel mobil terdekat di kota kalian.

Baca Juga :  4 Perbedaan Salon Mobil dan Auto Detailing : Ketahui Sebelum Melakukannya

4. Cara Pencucian Mobil Kurang Tepat

Apakah kalian menyadari bahwa metode pencucian mobil yang kurang tepat dapat berkontribusi pada kerusakan pada cat mobil? Bahkan ketika mencuci mobil, disarankan untuk menggunakan perlengkapan yang direkomendasikan.

Oleh karena itu, kalian tidak boleh sembarangan dalam memilih alat-alat untuk mencuci mobil. Justru daripada bersih, tindakan sembarangan ini bisa mengakibatkan goresan pada cat mobil. Bayangkan jika situasi tersebut terjadi. kalian mungkin akan mengalami kerugian dengan harus melakukan pengecatan ulang baik untuk sebagian area bodi mobil maupun seluruh bodi mobil.

Penutup

Dalam rangkuman dari empatpilar.com ini, biaya cat atau repaint mobil bukanlah sebuah angka yang dapat dengan mudah ditentukan tanpa mempertimbangkan berbagai faktor. Mulai dari kualitas cat yang dipilih, luas area yang dicat, hingga tangan ahli yang melakukan pekerjaan.

Namun, dengan investasi yang tepat, hasil repaint bisa memberikan tampilan baru pada mobil kalian dan meningkatkan nilai jualnya di masa depan. Pastikan selalu untuk melakukan riset mendalam dan konsultasi dengan profesional sebelum memutuskan untuk merogoh kocek demi tampilan mobil yang prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *