Oli yang Bagus Buat Yamaha New Vixion

6 Oli yang Bagus Buat Yamaha New Vixion : Saran Terbaik

Posted on

Empat Pilar – 6 Oli yang Bagus Buat Yamaha New Vixion : Saran Terbaik. Temukan pilihan oli yang bagus buat Yamaha New Vixion untuk performa dan keawetan mesin yang optimal. Baca artikel ini untuk tips memilih oli terbaik dan menjaga kesehatan mesin motor kalian.

Motor Yamaha New Vixion merupakan salah satu kendaraan bermotor populer di Indonesia. Agar mesin tetap berjalan optimal dan awet, pemilihan oli yang tepat sangat penting. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai pilihan oli yang bagus untuk Yamaha New Vixion. Kami akan memberikan tips memilih oli terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mesin motor kalian.

Fungsi Oli Mesin Pada Motor

Selama ini, mungkin kalian hanya mengenal oli sebagai pelumas dalam mesin kendaraan yang berfungsi untuk melindungi mesin dari kerusakan dan keausan. Namun, sebenarnya oli memiliki peran yang lebih luas dan penting bagi kendaraan kalian. Berikut adalah beberapa fungsi lain yang dimiliki oleh oli:

1. Sebagai Pembersih

Oli pada mesin kendaraan berperan sebagai agen pembersih di dalam mesin. Setelah melewati proses penyaringan melalui filter, oli mengalir melalui berbagai komponen mesin. Saat oli melewati bagian-bagian yang terkontaminasi atau kotor, partikel-partikel kotoran dan endapan akan terbawa dan diangkat, membersihkan permukaan komponen tersebut. Inilah sebabnya mengapa secara berkala penggantian oli diperlukan, untuk memastikan kinerja optimal mesin dan menjaga komponen tetap bersih.

2. Merapatkan Celah

Oli yang telah terdistribusi di dalam mesin mampu membentuk lapisan tipis di antara permukaan-permukaan yang bergerak. Ini berfungsi untuk merapatkan celah di antara komponen yang bergerak, seperti poros dan cincin piston. Lapisan oli ini membantu mengurangi gesekan dan keausan, sehingga memperpanjang umur komponen serta meningkatkan efisiensi mesin.

3. Penyerap Panas

Fungsi lain dari oli adalah sebagai penyerap panas. Ketika mesin dihidupkan, suhu di dalam mesin meningkat secara signifikan. Oli yang mengalir di sekitar komponen mesin membantu menyerap dan mendistribusikan panas yang dihasilkan. Hal ini berkontribusi pada menjaga suhu operasional mesin tetap optimal, mencegah overheating, dan mengurangi risiko keausan akibat suhu yang tinggi.

4. Mencegah Karat

Mengganti oli secara teratur juga memiliki peran dalam mencegah terbentuknya karat pada komponen mesin. Oli tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, tetapi juga sebagai lapisan pelindung. Oli membantu melapisi permukaan logam di dalam mesin, mencegah logam tersebut teroksidasi atau terpapar kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan karat. Dengan demikian, oli membantu menjaga integritas material komponen dan memperpanjang umur mesin.

Oli yang Bagus Buat Yamaha New Vixion

Memilih oli untuk New Vixion memang bisa membuat Anda bingung. Kenyamanan dari mesin ini, sejujurnya, terasa hanya beberapa bulan awal saja dan alasan pastinya tidak diketahui. Oleh karena itu, mencoba berbagai jenis oli dengan harapan menemukan kembali sensasi nyaman saat berkendara adalah langkah yang bisa diambil. Beberapa oli yang biasa digunakan biasanya memiliki viskositas standar 10-40W.

Berikut adalah rekomendasi oli yang baik untuk Yamaha New Vixion:

1. Yamalube

Pengalaman menggunakan Yamalube pada awal-awal akselerasi dan tenaga New Vixion memang sangat positif. Meskipun menggunakan Yamalube, performanya tetap terasa sangat baik. Bahkan setelah mengganti oli Yamalube pada bulan kedua, sensasi penggunaan tetap terasa menyenangkan. Namun, ketika memasuki bulan ketiga, terjadi perbedaan yang cukup mencolok. Ada perubahan yang dirasakan secara signifikan. Kabarnya, kini telah hadir varian oli Yamalube yang didukung untuk penggunaan dalam kondisi sport. Kita tunggu saja ulasan mengenai varian ini. Semoga saja performanya lebih unggul.

Baca Juga :  Apa Saja Penyebab Segitiga Motor Bengkok ? Berikut Ulasannya

2. BM 1

Oli BM 1 memang sangat cocok untuk digunakan di daerah dengan kemacetan lalu lintas. Kita tahu bahwa dalam situasi macet, kipas radiator pada New Vixion sering kali berputar dengan cepat. Hal ini bisa menjadi hal yang mengganggu, terutama ketika suhu mesin naik dan menciptakan rasa tidak nyaman, terutama pada bagian paha pengendara. Dari pengalaman pribadi dan pendapat orang lain, penggunaan oli BM 1 memiliki efek yang positif terhadap mesin motor. Mesin terasa lebih dingin dan tarikannya menjadi lebih halus. Suara kasar yang mungkin terdengar dari mesin juga mengalami pengurangan. Namun, mungkin minusnya adalah peningkatan akselerasi yang tidak begitu terasa.

3. Motul Ester 5100

Oli Motul Ester 5100 10-40w memang merupakan pilihan yang sangat tepat untuk New Vixion. Dari segi suara mesin hingga kelancaran pergantian gigi, perbedaan dengan oli Yamalube sangat mencolok. Mesin terasa lebih berenergi dan responsif, dan bahkan napas mesin terasa lebih panjang daripada biasanya. Beberapa pengguna juga mengatakan bahwa oli racing ini sering digunakan dalam balapan lokal, karena diyakini mampu mengoptimalkan performa mesin dalam kondisi berakselerasi tinggi. Namun, ada satu hal negatif yang perlu dicatat, yaitu harga oli ini yang cukup mahal, bahkan mencapai lebih dari 100 ribu rupiah. Pengalaman terakhir menggunakan oli ini mencatatkan harga sebesar 125 ribu rupiah.

4. Oli Enduro 4T Racing

Oli Enduro 4T Racing merupakan salah satu produk dari Pertamina yang ditujukan untuk penggunaan pada motor 4-tak. Pada minggu pertama penggunaan, pengalaman nyaman yang diperoleh hampir mendekati kualitas oli Motul, jika dinilai secara sensoris. Namun, saat memasuki minggu kedua penggunaan, terjadi penurunan kenyamanan yang cukup signifikan. Suara mesin menjadi lebih kasar, mesin cenderung lebih panas, dan tarikan motor terasa lebih berat. Meskipun demikian, jika dibandingkan dengan penggunaan oli Yamalube, performa oli Enduro 4T Racing masih dinilai lebih baik.

5. Yamalube Super Sport

Yamalube Super Sport adalah varian oli terbaru yang dirancang oleh produsen Yamaha untuk motor-motor buatan mereka. Oli ini memiliki spesifikasi full synthetic dengan viskositas 10W-40. Konon, oli ini memiliki kemampuan untuk bertahan hingga jarak 5000 kilometer sebelum perlu diganti. Oli Yamalube Super Sport dapat ditemukan di dealer resmi dengan kisaran harga sekitar 70 ribu rupiah. Keunggulan utama dari oli ini adalah kemampuan sintetisnya yang dapat memberikan perlindungan optimal bagi mesin motor dalam berbagai kondisi.

6. Oli Diesel

Pertanyaan mengenai penggunaan oli diesel pada motor masih menjadi topik perbincangan. Pendapat yang beragam hadir di kalangan pengendara, ada yang setuju dan ada pula yang tidak. Lebih banyak informasi mengenai hal ini dapat ditemukan dalam artikel yang membahas Keunggulan Oli Diesel dan Apakah Bisa Digunakan Pada Motor. Meskipun demikian, pemilihan oli yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin motor tetap merupakan hal yang krusial untuk menjaga performa dan umur mesin secara optimal.

Penutup

Tentunya, pemilihan oli yang tepat adalah salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi performa dan keawetan mesin motor kalian. Khususnya untuk pemilik Yamaha New Vixion, memilih oli yang bagus bukan hanya sebuah opsi, melainkan keharusan.

Oli berkualitas akan membantu mengoptimalkan kinerja mesin, menurunkan suhu mesin, dan tentu saja memperpanjang umur mesin itu sendiri. Oleh karena itu, selalu lakukan riset dan konsultasi dengan ahli sebelum memilih oli yang akan kalian gunakan. Ingat, mesin adalah jantung dari sebuah kendaraan; maka dari itu, jangan sampai salah pilih oli. Selalu utamakan kualitas untuk menjamin perjalanan kalian selalu lancar dan aman.

Itu saja uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Oli yang Bagus Buat Yamaha New Vixion. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Ciri Water Pump Radiator Motor Rusak : Pahami dengan Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *